Kisi-kisi 7 Pertanyaan Tentang Marketing di Tahap Wawancara

Jobstreet tim kontendiperbarui pada 30 June, 2022
Share

Marketingadalah salah satu aspek yang tidak bisa terlepas oleh suatu perusahaan. Untuk memastikan bahwa perusahaan bisa “menjual” produknya dengan efektif, timmarketinglah yang berperan besar. Dalam menjalankan tugasnya, timmarketingperlu memantau tren pasar, mengidentifikasi calon konsumen, hingga menyusun strategi pemasaran dancampaignagar produk perusahaan bisa tersampaikan ke target konsumen dengan efektif.

Mungkin kamu sering bertanya-tanya tentangmarketingitu sendiri. Seperti apa prospek kerjanya? Ada posisi apa saja di bidang itu? Berikut adalah penjelasan singkat beserta contoh pekerjaannya!

Seperti apa jenjang karir di bidangmarketing?

Seperti jenjang karir pada umumnya, bidang marketing memiliki beberapa “level” yang dimulai dari junior/entry-level hingga senior.

Tingkat Junior

  • Social Media Specialist
  • Account Coordinator
  • Public Relations Associate
  • SEO Specialist

Tingkat Mid (Pengalaman >2 tahun)

Tingkat Senior (>3 tahun)

  • Director of Advertising
  • Director of Marketing Communications

Setelah tingkat senior, ada lagi posisi di atasnya yaitu Chief Marketing Officer atau Vice President of Digital Marketing. Karena ini adalah posisi paling senior, kamu memerlukan pengalaman yang sudah sangat mumpuni, biasanya juga disertai dengan gelar S2 di bidang yang relevan.

Apa saja keterampilan yang diperlukan untuk bekerja di bidangmarketing?

Pekerjaan di bidangmarketingpastinya tidak lepas dari komunikasi. Karena itu, sangat penting untukmu menguasaisoft skillsyang berhubungan dengan komunikasi sebelum melamar kerja.

Namun, tidak hanya itu. Seorang pekerja di bidangmarketingjuga diharapkan memiliki keterampilan kerja sebagai berikut.

Hard skills:

  1. SEO
  2. Analisis pasar
  3. Pemasaran media sosial
  4. Pemahaman terhadapcustomer experience

Soft skills:

  1. Komunikasi
  2. Negosiasi
  3. Kreativitas
  4. Problem-solving
  5. Manajemen waktu

Dengan menguasai keterampilan-keterampilan di atas, kesempatanmu untuk diterima kerja di pekerjaanmarketingyang kamu inginkan akan semakin besar!

Apa yang perlu dipersiapkan untuk wawancara kerja bidangmarketing?

Penilaian terhadap dirimu ketika sesi wawancara tidak hitam-putih. Kesuksesan wawancara tidak tergantung pada jumlah jawaban yang “benar” atau “salah”, tetapi kepada pemahaman dan kualitas responmu terhadap pertanyaan-pertanyaan yang diberikan. Karena itu, ketimbang fokus kepada memberi jawabantemplateyang dianggap “benar”, kamu perlu fokus berlatih merangkai jawaban yang benar-benar menggambarkan keunggulan dirimu.

Berikut adalah 7 pertanyaan kunci yang perlu kamu antisipasi ketika melakukan wawancara kerja di bidang marketing.

1. Aspekmarketingapa yang paling menarik minat Anda?

Ketika menanyakan ini, pewawancara ingin mengetahui apa yang membuat kamu termotivasi untuk melamar di pekerjaan bidang ini.

Untuk menjawabnya, kamu bisa menceritakan aspek proses di bidang marketing yang menurutmu paling menarik untukmu. Misalnya, jika kamu memilih bercerita tentang proses kreatifnya, kamu bisa menjelaskan apa yang menarik dari kolaborasi bersama anggota tim kreatif yang lain. Kamu juga bisa menyebutkan aspeknetworkingdi mana kamu juga bisa menguntungkan perusahaan.

Buatlah jawaban yang personal dan spesifik karena jawaban untuk pertanyaan ini menunjukkan minat dan ketulusanmu.

2. Apa saja kualitas penting yang perlu dipertahankan agar sukses dalam menjalankan tugasmarketing?

Meskipun pertanyaannya tidak menjurus ke dirimu, kamu perlu membuat jawaban yang menunjukkan pandangan pribadimu. Kenapa? Karena pertanyaan ini sebenarnya digunakan untuk mengetahui kepribadian dan nilai-nilai yang kamu pegang. Dengan mendengarkan jawabanmu, pewawancara akan bisa memiliki gambaran mengenai sifatmu ketika bekerja nanti. Kamu bisa menyebutkan beberapa sifat yang terpikirkan, misalnya: integritas, kemampuan untuk mengenal dan membangun hubungan baik dengan orang lain, kegigihan untuk meningkatkanskilldigital, dan yang lainnya. Kemudian berikan alasan mengapa kamu berpikir sifat tersebut penting.

3. Jika kami meminta Anda untuk mengevaluasi media sosial kami, apa yang akan Anda lakukan?

Pewawancara ingin mengetahui tingkat pemahamanmu terhadapmarketingyang dilakukan melalui media digital, apalagi sekarang semuanya sudah serbaonline.

Untuk pertanyaan ini, akan lebih baik jika kamu banyak bertanya. Kamu tidak akan bisa memberi masukan jika belum mengetahui semua fakta yang relevan. Karena itu, jangan sampai kamu asal memberi masukan sebelum paham betul mengenai apa saja pertimbangan dalam pengelolaan media sosial perusahaan tersebut.

Utamakan bahwa kamu bertanya mengenai tujuan dibuatnya akun-akun media sosial yang ada, tipe postingan yang paling populer, serta tingkatengagementdi tiap media sosial yang digunakan. Gunakan informasi yang diberikan untuk merumuskan rekomendasimu terhadap perusahaan.

4. Ada banyak jenis media yang bisa dimanfaatkan untukmarketing, misalnya video, podcast, webinar, hingga berbagai macam media sosial. Apakah kita harus menggunakan semuanya?

Pertanyaan ini bertujuan untuk menguji kemampuanproblem-solvingdan analisamu terhadap trenmarketingyang terus berubah.

Sebagai seseorang yang berminat untuk bekerja di bidangmarketing, pastinya cukup mudah untukmu menjawab pertanyaan ini. Semuanya tergantung pada prioritas perusahaan. Inti dari program kerjamarketingadalah untuk memastikan bahwa produk perusahaan bisa tersampaikan ke target konsumen, sementara tiap tipe konsumen memiliki kebutuhan yang berbeda-beda. Karena itu, akan lebih efektif jika perusahaan menggunakan beberapa media saja, tetapi yang paling digunakan oleh target konsumen.

Untuk menjawab pertanyaan ini, pastinya kamu perlu memiliki informasi tentang target perusahaan terlebih dulu. Maka dari itu, banyak-banyak lakukan riset mengenai perusahaan yang ingin kamu tuju dancase studydari berbagaicampaignyang pernah berjalan, ya!

5. Menurut Anda, apa aspek yang penting dimiliki sebuah situs untuk mempertahankan jumlah pengunjung yang konsisten?

Dengan mengajukan pertanyaan ini, pewawancara akan bisa melihat tingkat pengetahuanmu mengenai desain web sertamarketingmelalui halaman web. Meskipun bukan kamu yang akan membuat web-nya, tetap saja penting untuk mengetahui aspek-aspek dari halaman web yang efektif menarik perhatian calon konsumen. Dengan begitu, kamu pun akan bisa memberikan masukan untuk tim desainer web nantinya.

Nah, bagaimana cara menjawab pertanyaan ini? Kamu bisa memulai dengan memikirkan suatu situs yang kamu sukai desainnya. Jika kamu membawa telepon genggam atau tablet, kamu bisa menjelaskan sambil menunjukkan contohnya secara langsung.

Jabarkan aspek-aspek pada situs tersebut yang kamu anggap efektif untuk menarik pengunjung. Misalnya, kerapianlayout, pemilihan warna, ataupun tampilan situs secara keseluruhan. Tentunya, hubungkan pula evaluasimu dengan target konsumen dan tujuan dari perusahaan yang sedang kamu tuju.

6. Ceritakan kepada kami tentang sebuahmarketing campaignyang pernah Anda lakukan dengan sukses. Rincikan tantangan-tantangan yang Anda hadapi dan apa yang Anda pelajari dari pengalaman tersebut.

Melalui pertanyaan ini, pewawancara ingin tahu caramu menanggapi berbagai tantangan yang biasanya ada pada pekerjaan marketing. Pastinya, sebelum mereka menerimamu sebagai karyawan, mereka juga harus yakin bahwa kamu bisa menghadapi rintangan yang akan datang.

Kamu bisa menjawab pertanyaan ini dengan memberikan contoh pengalaman yang spesifik dan menunjukkan ketanggapan serta kreativitasmu. Contoh tantangan di pengalamanmu yang bisa kamu sebutkan misalnyadeadlineketat,budgetyang terbatas, atau menyusuncampaignproduk lama yang inginre-brandingagar lebih dikenal.

Gabungkan pula dengan penjelasanmu mengenai kontribusi yang kamu berikan kepada tim-mu pada saat itu. Rincikan kesalahan-kesalahan yang sempat kamu buat, namun sertakan juga caramu memperbaikinya. Dengan begitu, kamu akan bisa meyakinkan pewawancara bahwa kamu merupakan pribadi yang kreatif dan sigap.

7. Menurut Anda, apa saja tantangan pekerjaan terbesar dalam bagian marketing? Bagaimana cara Anda mengatasinya?

Maksud dari pertanyaan ini adalah pewawancara ingin mengetahui kelemahanmu serta apa yang telah (atau sedang) kamu lakukan untuk mengatasinya.

Semua orang pasti memiliki kelemahan dan pewawancara pasti tahu itu. Karena itu, jawablah dengan jujur mengenai kelemahanmu. Namun, jangan lupa juga untuk menyertai jawaban tersebut dengan apa saja upayamu untuk mengatasinya. Poin penting dari jawaban untuk pertanyaan ini adalah inisiatif untuk memperbaiki dan mengembangkan diri.

Nah, itulah penjabaran tentang contoh 7 pertanyaan kunci dalam wawancara bidang marketing, tapi jangan berhenti baca dulu! JobStreet punya tips terakhir untukmu, yaitu untuk selalu menyiapkan diri akan pertanyaan-pertanyaan lain yang berada di luar dugaan. Jangan sampai kamu terlalu fokus menyiapkan jawaban untuk 7 pertanyaan ini saja, tetapi bingung ketika tiba-tiba ditanya hal yang lain. Tetap tenang dan jangan panik, sehingga jawaban yang keluar pun juga akan bagus. Ingat, di wawancara kerja, tidak ada jawaban yang benar atau salah. Sebagai persiapan, kamu juga bisa menggunakan Fitur Simulasi Wawancara dari JobStreet, lho!

Selain itu, jika ada sesuatu yang ingin kamu tanyakan ke pewawancara, kamu bisa langsung menanyakannya. Justru, mengajukan pertanyaan yang relevan dengan pekerjaan yang kamu lamar akan meyakinkan pewawancara bahwa kamu benar-benar berminat untuk bekerja di sana.

Jangan lupa untuk selalu memperbarui profil JobStreet-mu untuk persiapan maksimal kerja #BebasDrama bersama JobStreet! Kunjungi juga laman Bantuan Karir kami untuk mendapatkan lebih banyak tips wawancara dan lamaran kerja!

Pastikan kamu sudah mengunduh aplikasi JobStreet di App Store atau Play Store untuk proses lamaran kerja yang lebih mudah di mana saja dan kapan saja!

Tentang SEEK di Asia

SEEK adalah grup perusahaan, yang terdiri dari bisnis rekrutmen online, pendidikan, komersial dan nirlaba. SEEK memberikan kontribusi positif pada kehidupan orang banyak dalam skala global. SEEK terdaftar dalam Australian Securities Exchange, dan menjadi salah satu dari 100 perusahaan terbesar. Di Asia, SEEK beroperasi dengan brand JobStreet dan JobsDB, platform ketenagakerjaan terbesar di Asia dan pilihan utama bagi kandidat dan perusahaan. SEEK menarik lebih dari 500 juta kunjungan per tahun di enam pasar yang dioperasikannya, yaitu Hong Kong, Indonesia, Malaysia, Filipina, Singapura, dan Thailand.

Tentang SEEK Limited

SEEK adalah grup perusahaan, yang terdiri dari bisnis rekrutmen online, pendidikan, komersial dan nirlaba. SEEK memberikan kontribusi positif pada kehidupan orang banyak dalam skala global. SEEK terdaftar dalam Australian Securities Exchange, dan menjadi salah satu dari 100 perusahaan terbesar. Pada tahun 2022, SEEK diakui sebagai salah satu dari Australia’s Top Ten Places to Work in Tech dalam penghargaan AFR BOSS Best Places to Work. Tahun ini, SEEK merayakan 25 tahun membantu warga Australia menjalani kehidupan kerja yang lebih memuaskan dan produktif.

More from this category: Interview pekerjaan

Telusuri istilah pencarian teratas

Tahukah Anda bahwa banyak kandidat yang menyiapkan resume dan meneliti suatu industri dengan menjelajahi istilah pencarian teratas?

Jelajahi topik terkait

Pilih bidang minat untuk menelusuri karier terkait.

Berlangganan Panduan Karir

Dapatkan saran karier dari ahli yang dikirimkan ke kotak masuk Anda.
Anda dapat membatalkan email kapan saja. Dengan mengklik 'berlangganan', Anda menyetujui Pernyataan Privasi Jobstreet.