Tips Bikin CV BUMN dari Vina Muliana

Tips Bikin CV BUMN dari Vina Muliana
Jobstreet tim kontendiperbarui pada 08 May, 2024
Share

Rekrutmen Bersama BUMN 2024 telah resmi dibuka, dengan 1.830 lowongan pekerjaan yang tersedia bagi para pencari kerja, mulai dari jenjang SMA/SMK, D3, D4/S1, dan S2, di berbagai posisi.

Setelah itu, para pelamar yang berhasil lolos dalam rekrutmen ini, akan disebar ke banyak perusahaan BUMN, termasuk Pertamina, Kimia Farma, Pegadaian, BTN, BNI, KAI, Jasa Marga, dan masih banyak lagi.

Buat kamu yang sudah lama menanti-nanti, yuk segera siapkan diri dan juga CV! Terlebih, CV merupakan salah satu dokumen penting yang perlu dipersiapkan selain tentunya KTP, ijazah, transkrip nilai, hingga SKCK.

Tapi perlu diketahui, bahwa CV BUMN itu memiliki format dan template yang berbeda, sehingga kamu harus memperhatikan hal penting ini. Yuk langsung saja simak ulasan lengkap, terkait format dan template CV BUMN yang benar, dalam artikel ini!


⁠Apa Itu CV BUMN?

Seperti yang diketahui, CV atau Curriculum Vitae termasuk CV BUMN, merupakan sebuah kartu identitas diri, yang berisi informasi tentang karir seseorang.

Sama seperti CV pada umumnya, CV BUMN juga berisi informasi seputar riwayat pendidikan, pengalaman kerja, organisasi, achievement, keahlian, dan kualifikasi-kualifikasi lain yang menjual, dan bisa menambah poin untuk mendapatkan pekerjaan.

Sehingga, penting bagi kamu untuk membuat CV BUMN yang menarik agar lebih dilirik oleh perusahaan BUMN. Tapi, CV BUMN yang menarik tuh seperti apa? CV ATS atau yang kreatif? Ternyata bukan dua-duanya lho!


BUMN Ternyata Jarang Mintain CV, Karena Punya Template Sendiri

Perlu diketahui, bahwa dalam proses seleksi administrasi, ternyata pihak BUMN jarang meminta para pelamar, untuk melampirkan CV buatan mereka, baik yang ATS maupun kreatif. Kok sekelas BUMN, bisa nggak dimintain CV?

Hal tersebut dilakukan, karena BUMN memang memiliki sekaligus menyiapkan template CV khusus, untuk para pelamar. Sehingga para pelamar hanya tinggal mengisi atau submit data, di website khusus rekrutmen BUMN.

Di website khusus tersebut, para pelamar diminta untuk mengisi atau submit data terbaru secara rinci, lengkap, dan jelas. Cara mengisinya juga mudah, dan hampir sama seperti mengisi data CV di aplikasi jobseeker.

Mulai dari mengisi data terkait pendidikan, pengalaman kerja, organisasi, keahlian, sertifikasi, dan lainnya. Setelah itu, nantinya tim backend dari program rekrutmen BUMN, akan mengambil data-data tersebut untuk dikonversikan menjadi CV template BUMN, yang seragam.


⁠Tips Isi Data CV di
Website Rekrutmen Bersama BUMN

Agar data yang di-submit bisa terlihat lebih menarik dan dilirik oleh para perusahaan BUMN, kamu bisa ikuti tips berikut ini:

  • Pertama, tuliskan posisi yang mau kamu lamar, nama perusahaannya (jika sudah ditentukan), serta deskripsi pekerjaan secara jelas. Pastikan para pelamar sudah tahu ingin melamar di perusahaan BUMN apa.
  • Cek kualifikasi-kualifikasi yang dicari oleh perusahaan BUMN tersebut, dan pastikan kamu memiliki kualifikasi yang diminta.
  • Sesuaikan informasi kualifikasi, dengan pengalaman yang dimiliki untuk dimasukkan ke website. Pastikan juga bahwa kualifikasi yang diminta, selaras dengan background pendidikan, pengalaman, dan keahlian kamu.
  • Saat menulis deskripsi pekerjaan, usahakan isinya mencakup 3-4 poin utama yang relevan dengan posisi yang mau kamu lamar. Gunakan kata kunci yang sesuai dengan posisi tersebut agar lebih menarik perhatian.
  • Mulailah menggunakan kata kerja aktif, setiap poin deskripsi pekerjaan. Hal itu akan membuat CV BUMN kamu jadi lebih mudah dimengerti serta menunjukkan kemampuanmu dengan lebih jelas.
  • Cantumkan hasil dan dampak terukur pada deskripsi pekerjaan. Misalnya, "Meningkatkan penjualan online produk X sebesar 30% dalam 3 bulan pertama."
  • Isi tugas kuliah yang relevan dengan posisi yang hendak kamu lamar, jika belum ada pengalaman kerja. Sehingga, tidak perlu cemas jika kamu belum memiliki pengalaman kerja. Hal tersebut juga dapat memberikan gambaran kepada perekrut tentang kemampuan dan keahlian yang kamu miliki.


⁠Cara Melengkapi Data Diri di
Website Rekrutmen Bersama BUMN

Meski pendaftaran atau registrasi Rekrutmen Bersama BUMN 2024 sudah ditutup, namun kamu bisa mempelajari cara ini, untuk persiapan Rekrutmen Bersama BUMN jika dibuka kembali. Berikut ini adalah cara melengkapi data diri di website Rekrutmen Bersama BUMN:

1. Registrasi Akun

  • Kunjungi website rekrutmen bersama BUMN untuk melakukan registrasi akun, yang link-nya bisa kamu lihat di akun media sosial resmi Forum Human Capital Indonesia (FHCI BUMN) atau Kementrian BUMN. Karena situs Rekrutmen Bersama BUMN biasanya berubah setiap tahunnya.
  • Setelah buka website, klik tombol "Register" di pojok kanan atas, dan isi formulir dengan informasi data diri, email address, serta kata sandi. 
  • Setelahnya, isi kode Captcha dan pilih "Saya menyetujui ketentuan dan persyaratan yang berlaku".
  • Kemudian klik "Register Now" dan konfirmasikan datamu dengan memilih opsi "Benar".

2. Isi Daftar Riwayat Hidup 

Langkah selanjutnya adalah mengisi daftar riwayat hidup atau CV BUMN, yang template-nya sudah disediakan. Bagian ini biasanya berisi informasi tentang pendidikan, pengalaman kerja, keahlian, dan prestasi yang kamu raih. 

3. Isi Data Diri 

Cara mengisi data diri BUMN berikutnya adalah masukkan data diri lengkap kamu, mulai dari nama lengkap, tempat dan tanggal lahir, jenis kelamin, kewarganegaraan, nomor telepon, dan alamat email. 

4. Cantumkan Riwayat Pendidikan 

Berikutnya, tambahkan riwayat pendidikanmu. Tuliskan nama institusi pendidikan, jurusan, gelar yang kamu dapatkan, dan tahun lulus. 

5. Isi Detail Alamat Lengkap 

Pastikan kamu menyertakan alamat lengkap, termasuk kode pos. Informasi itu bakal memudahkan pihak perekrut untuk menghubungi kamu saat lolos ke tahap selanjutnya. 

6. Tambahkan Detail Pengalaman Kerja 

Jika kamu sudah memiliki pengalaman kerja, masukkan informasi tersebut secara lengkap. Cantumkan nama perusahaan, jabatan, periode bekerja, dan deskripsi tugas yang kamu lakukan.

7. Isi Pengalaman Organisasi 

Kalau kamu punya pengalaman organisasi atau kegiatan lainnya, jangan lupa untuk mencantumkannya juga. Ini bisa jadi nilai tambah buat kamu! 

8. Cantumkan Keahlian yang Relevan 

Tuliskan semua keahlian kamu yang relevan dengan pekerjaan yang diincar. Misalnya, keahlian dalam penggunaan software tertentu, bahasa asing, atau keterampilan teknis lainnya. 

9. Unggah Dokumen yang Dibutuhkan 

Di tahap akhir, kamu biasanya akan diminta untuk mengunggah dokumen-dokumen tertentu, seperti CV, transkrip nilai, sertifikat, atau dokumen pendukung lainnya.  


⁠Alur Mengisi Daftar Riwayat Hidup di
Website Rekrutmen BUMN

Berikut adalah tata cara mengisi daftar riwayat hidup BUMN pada laman resminya yang perlu kamu perhatikan:

  1. Daftar dan aktifkan akun di situs resmi Rekrutmen Bersama BUMN
  2. Isi data diri dengan detail, mulai dari alamat, pendidikan, pengalaman kerja, informasi keluarga, pastikan semua informasi itu diisi dengan benar!
  3. Upload foto profil yang jelas dan representatif sesuai permintaan. Mulai dari ukuran file-nya maksimal 500 KB, latar belakang merah, ekstensi. Jpg atau .jpeg.
  4. Verifikasi data dan pastikan semua data benar, karena kesalahan data bisa membuat peluangmu untuk lolos seleksi jadi berkurang.
  5. Gunakan format CV profesional yang mudah dibaca, seperti gunakan subjudul atau poin-poin, agar rapi, bersih dan terstruktur!
  6. Simpan perubahan, dengan klik "Ubah Data" di pojok kanan atas. Simpan perubahannya dan kamu pun siap untuk melangkah ke tahap selanjutnya!


⁠Pelamar Masih Harus Bikin CV Sendiri Nggak?

Sebenarnya tidak ada salahnya jika kamu menyiapkan CV terbaik, ketika ingin melamar di BUMN. Terlebih, jika kamu ingin melamar melalui proses professional hire.

Untuk format CV-nya, juga bisa disesuaikan dengan situasi, bidang perusahaan, dan juga posisi yang dibutuhkan. Karena sesuai namanya, CV kreatif lebih pas jika digunakan untuk melamar ke industri kreatif (desain grafis, animator, fotografer, dan lainnya). 

Namun, untuk kebutuhan melamar ke perusahaan besar, seperti BUMN, tentunya CV yang ATS-friendly jauh lebih tepat. Hal ini juga berlaku untuk kamu yang berencana melamar lewat portal lowongan kerja. 


⁠Kesimpulan

Sama seperti pekerjaan pada umumnya, melamar kerja di perusahaan BUMN juga membutuhkan CV yang baik dan jelas untuk menarik perhatian perekrut.

Terkait Rekrutmen Bersama BUMN, ada baiknya kamu menggunakan format CV ATS-friendly untuk memperbesar peluang lolos seleksi administrasi.

Pastikan kamu menulis setiap informasi penting mulai dari data dan ringkasan diri, riwayat pendidikan, keahlian, hingga kualifikasi lain ketika membuat CV BUMN.

Penulisan CV BUMN yang lengkap, rapi, dan terstruktur, tentunya akan menambah nilai diri kamu di mata perekrut!

Untuk kamu yang sedang mengikuti rangkaian Rekrutmen Bersama BUMN 2024, Jobstreet siap membantu kamu lewat berbagai konten eksklusif #LolosBUMN bersama pakar.

Kamu hanya perlu membuka KarirKu dalam aplikasi Jobstreet dan temukan banyak konten #LolosBUMN mulai dari cara cepat menjawab soal Tes Online BUMN hingga tips lolos interview BUMN.

Jadi, tunggu apa lagi! Segera download aplikasi Jobstreet di Play Store atau App Store dan nikmati kemudahan mengakses informasi terbaru seputar rekrutmen BUMN atau dunia kerja lainnya dalam satu genggaman! Semoga berhasil!

More from this category: Melamar pekerjaan

Telusuri istilah pencarian teratas

Tahukah Anda bahwa banyak kandidat yang menyiapkan resume dan meneliti suatu industri dengan menjelajahi istilah pencarian teratas?

Jelajahi topik terkait

Pilih bidang minat untuk menelusuri karier terkait.

Berlangganan Panduan Karir

Dapatkan saran karier dari ahli yang dikirimkan ke kotak masuk Anda.
Anda dapat membatalkan email kapan saja. Dengan mengklik 'berlangganan', Anda menyetujui Pernyataan Privasi Jobstreet.