Tips Sukses Cari Kerja Impian, Yuk Kenali AI JobStreet!

Tips Sukses Cari Kerja Impian, Yuk Kenali AI JobStreet!
Jobstreet tim kontendiperbarui pada 30 June, 2022
Share

Cepatnya penyebaran informasi lewat platform digital dan kemudahan akses internet telah memengaruhi proses perekrutan pegawai. Banyak perusahaan sudah meninggalkan metode konvensional seperti menayangkan iklan lowongan kerja lewat koran atau pun menyebar poster. Saat ini, kebanyakan perekrut lebih memilih menggunakanjob portalatau situs lowongan kerja terpercaya seperti JobStreet untuk mencari kandidat yang diinginkan.

Apakah kamu tertarik untuk menggunakan JobStreet atau sedang aktif mencari kerja melalui platform kami? Jika iya, agar lamaranmu sukses lolos ke tahap selanjutnya, berikut adalah beberapa hal yang perlu kamu pelajari.

MengenalArtificial IntelligenceJobStreet

Mendapatkan pekerjaan melalui JobStreet bisa dikatakan mirip dengan mencari “jodoh” melalui aplikasi online dating. Kami berkomitmen untuk mempertemukan kandidat dengan perekrut dengan didasari kecocokan antara satu sama lain. Karena itu, pihak kandidat dan perekrut sama-sama perlu mengisi informasi yang diperlukan. Seluruh informasi ini nantinya akan diproses menjadi sebuahdatabase. Pada akhirnya, sistem artificial intelligence adalah yang menentukan kecocokan ini.

JobStreet juga menawarkan fitur “Job Alert” bagi kandidat. Dalam halaman ini,artificial intelligencekami akan menunjukkan seluruh iklan lowongan pekerjaan yang paling sesuai dengan informasi yang ada dalam profil kandidat. Setelah kandidat melamar sebuah pekerjaan, seluruh informasi dalam profil kandidat dapat diakses oleh pihak perusahaan melalui akun khusus perekrut yaitu SiVa Recruitment Centre. Semakin cocok data yang dimiliki oleh kandidat dengan kualifikasi yang diinput oleh perekrut, semakin besar juga peluang kandidat tersebut masuk ke halaman pertama data pelamar posisi yang diiklankan.

Nantinya, halaman perekrut akan menunjukkan seluruh data kandidat sesuai urutan dari yang paling cocok dengan posisi yang dibutuhkan hingga kandidat yang tidak memenuhi kualifikasi yang diminta. Karena itu, sebagai pencari kerja, penting sekali untuk mengisi informasi mengenai diri kamu selengkap mungkin sehingga AI kami dapat segera menghubungkan kamu dengan perekrut dan pekerjaan yang cocok dengan impian karirmu.

Melengkapi Profil JobStreet

Setelah menyusun perencanaan karir, lalu mengunjungi website kami untuk membuat profil, inilah saatnya kamu melengkapi informasi mengenai dirimu. Perlu dicatat, informasi yang kamu sertakan harus didasari kejujuran. Hal ini sangat penting karena ketika melamar pekerjaan, informasi dalam profilmu adalah hal pertama yang dilihat oleh perekrut dan menjadi penentu kecocokanmu dengan pekerjaan yang diinginkan. Berikut adalah detail yang perlu kamu lengkapi.

  • Identitas Diri dan Riwayat Pendidikan

Dalam bagian “About Me” kamu harus menuliskan nama lengkap, nomorhandphoneatau kontak yang bisa dihubungi, tempat tinggal, serta alamat email. Agar kredibilitasmu semakin baik, pastikan kamu juga memasang foto profil diri paling baru.

Kamu juga perlu melengkapi bagian “Education” atau riwayat pendidikanmu. Di sini kamu cukup memasukkan dua pendidikan paling baru yang telah kamu selesaikan. Mulai dari nama institusi pendidikan, tanggal kelulusan, gelar akademik, fakultas dan program studi, serta IPK atau nilai yang didapatkan sesuai dengan ijazah.

Kedua informasi ini akan berguna agar perekrut dapat melakukanbackground checking. Jadi, pastikan kamu memberi data terbaru dan tidak memanipulasi informasi apa pun. Jika ditemukan ketidaksesuaian, bisa saja kamu di-blacklistoleh perusahaan yang kamu impikan.

  • Riwayat Pekerjaan

Bagian “Experience” akan berguna sebagai salah satu data mengenai kualifikasi yang kamu miliki. Informasi tersebut wajib diisi karena ketika perekrut membuat iklan lowongan pekerjaan, mereka juga perlu mengisi kualifikasi yang dicari untuk posisi yang dibutuhkan. Sistem AI JobStreet akan mencocokkan kualifikasi yang dimiliki oleh kandidat dengan kualifikasi yang diinginkan oleh perekrut. Semakin sesuai kecocokannya, semakin besar peluang kamu untuk muncul sebagai kandidat terbaik di laman perekrut.

Karena itu, ketika mengisi bagian ini kamu harus menyertakan nama posisi atau jabatan, nama perusahaan, juga rentang waktu lamanya kamu bekerja di posisi tersebut. Sangat penting juga untuk mengisi bagian spesialisasi pekerjaan yang kamu tekuni, serta bidang industri perusahaan tempatmu bekerja sebelumnya. Pastikan juga untuk menyertakan informasi mengenai posisi levelmu dalam berkarir misalnyafresh graduate, Staf, Supervisor/Coordinator, Manager/Assistant Manager, atau CEO/General Manager/Director/Senior Manager.

  • Skills yang dikuasai

Dalam profil JobStreet, kamu bisa memasukkan beragam keterampilan yang kamu miliki. Misalnya, kamu bisa menyertakansoft skillssepertileadership, time management, teamwork,dancritical thinking. Atau, kamu bisa memasukkan hard skills sepertigraphic design, microsoft excel, data analytics,ataucreative writing. Seluruh keterampilan ini dapat kamu isi sesuai dengan tingkatan yang dikuasai misalnyabeginner, intermediate,atau punadvanced.

Selain itu, kamu bisa menyertakan kemahiran bahasa yang dimiliki ke dalam skala 1-10. Bahkan, JobStreet juga menyediakan tes kemampuan Bahasa Inggris atau JobStreet English Language Assessment (JELA) yang dapat kamu akses dengan mudah. Tes ini berisi empat aspek penilaian yaitu; Percakapan, Tata bahasa, Perbendaharaan dan Pemahaman, dengan 10 pertanyaan dalam masing-masing bagian. Tes ini berlangsung selama 20 menit dan rincian skornya dapat langsung kamu akses setelah tes selesai.

  • Resume, Preferensi Gaji, dan Lokasi

Memastikan resume atau CV kamu unik dan relevan sangat penting karena ini adalah faktor utama yang menentukan kredibilitas dan kapabilitas kamu di mata perekrut pada tahap awal melamar pekerjaan. Perlu diingat bahwa data diri yang dituliskan ke dalam resume perlu sama dengan data diri yang tertera dalam profilmu. Jika tidak sesuai, perekrut bisa saja merasa bingung dan mempertanyakan kebenaran dari informasi yang kamu berikan. Bahkan, hal ini bisa memberikan impresi buruk kepada perekrut.

Karena perekrut bisa menggunakan filter info tentang preferensi gaji dan lokasi kerja yang diinginkan kandidat, pastikan kamu memasukkan info ini sesuai dengan keinginanmu. Nantinya, hal ini menjadi salah satu faktor yang membantu AI JobStreet menentukan kecocokan kamu dengan posisi yang diiklankan oleh para perekrut. Dengan cara ini, kamu akan semakin mudah dipertemukan dengan pekerjaan yang kamu impikan dan perekrut dapat bertemu dengan kandidat yang mereka ekspektasikan.

Pentingnya Menuliskan 300 Karakter Deskripsi Diri

Setelah melengkapi data diri dan menemukan iklan lowongan kerja yang ingin dilamar, kamu hanya perlu klik tombol “Lamar Sekarang.” Setelahnya, kamu akan diarahkan ke halaman di mana kamu bisa mengecek kembali profil diri dan resume yang akan dilihat oleh perekrut. Kamu dapat memperbarui resume kamu dengan upload resume yang telah dipersonalisasi agar semakin relevan dengan posisi yang ingin dilamar.

Selain itu, terdapat bagian “Make your pitch!” untuk menuliskan deskripsi singkat tentang dirimu yang nantinya akan muncul di akun perekrut dengan keterangan “Why hire me?”. Bisa dibilang, bagian ini adalah tempat kamu mempromosikan dirimu kepada perekrut dalam 300 karakter. Sebelumsubmitlamaranmu, sangat direkomendasikan untuk menuliskan deskripsi diri singkat ini secara unik, menarik, efektif, dan profesional agar kamu dapat menjadi kandidat yang kuat di mata perekrut. Berikut adalah tips untuk membuatnya.

  • Menuliskan dengan bahasa yang baik dan benar

Menggunakan Bahasa Inggris atau Bahasa Indonesia diperbolehkan asal kamu mengikuti tata penulisan, tanda baca, serta menggunakan ejaan yang baik dan benar. Pastikan juga tidak adatypoatau pun penggunaan huruf kapital yang tidak tepat. Berikut adalah contoh deskripsi promosi diri yang relevan.

“Seorang yang tekun berkarir sebagai Desain Grafis. Menguasai Adobe Illustrator, Photoshop, dan Adobe Premiere. Berpengalaman 2 tahun sebagai Head of Creative Design di PT AckerFashion. Memiliki kemampuan leadership dan teamwork yang baik, serta termotivasi mencapai target yang diekspektasikan.”

  • Menghindari penjelasan yang terlalu umum

Dalam bagian ini kamu harus menunjukkan kualitas dan kekuatan diri yang membedakan kamu dari kandidat lainnya. Penting untuk menggambarkan dirimu agar bisa memberi impresi bahwa kamu adalah salah satu kandidat terbaik. Berikut adalah contoh promosi diri yang terlalu general.

“Salam sejahtera untuk Bapak/Ibu pihak perekrut. Saya sudah bekerja selama 5 tahun di bidang digital marketing. Besar harapan saya untuk diterima di perusahaan ini. Jika diterima di posisi ini, saya akan berkomitmen untuk selalu bekerja keras. Silakan membaca resume yang terlampir. Terima kasih.”

Manfaatkan Fitur JobStreet dengan Maksimal

Setelah mengenal sistem AI kami, mencari lowongan, dan melamar pekerjaan yang kamu impikan, pastikan kamu memanfaatkan beragam fitur JobStreet yang dapat mendukungmu dalam proses mendapatkan pekerjaan. Jika kamu berhasil lolos ke tahap wawancara, temukan tips untuk mempersiapkan diri menghadapi wawancara dengan mempelajari pertanyaan yang sering muncul dan cara menjawabnya dan latihan secara gratis dengan Simulasi Wawancara.

Informasi dan berita terkini mengenai tren industri, saran para ahli, hinggaupskilling eventdapat kamu akses di laman Tips Karir. Cari tahu juga kemungkinan nominal gaji yang bisa didapatkan untuk posisi yang diinginkan dengan fitur Kalkulator Gaji. Kamu juga bisa mendapatkan informasi tentang profil, kultur kerja, testimoni pegawai, dan kredibilitas berbagai perusahaan melalui Company Review.

Kami juga menyediakan berbagai pelatihan gratis melalui Future Learn. Mulai dari kelas Cyber Security, Data Analyst, Digital Marketing, Self-management, hingga pelatihan keterampilan Bahasa Inggris, Mandarin, atau Jepang. Jadi, sambil mencari kerja dan menunggu hasil lamaran, kamu bisa tetap produktif mengasah skills dan wawasanmu agar semakin siap menghadapi dunia kerja.

Untuk akses yang semakin mudah ke seluruh fitur di atas, tetaplah terkoneksi bersama kami kapan pun dan di mana pun dengan mengunduh aplikasi JobStreet melalui Google Play Store atau Apple App Store. Tetap semangat dan semoga berhasil.

Di JobStreet kami selalu berupaya mengantarkan pekerjaan yang bernilai untuk Anda. Sebagai Partner Karir, kami berkomitmen membantu pencari kerja menemukan passion dan tujuan dalam setiap langkah karir. Sebagai Partner Talent nomor 1 di Asia, kami menghubungkan perusahaan dengan kandidat tepat yang dapat memberikan dampak positif dan berkualitas kepada perusahaan.

Temukan pekerjaan yang bernilai untuk Anda. Kunjungi JobStreet hari ini.

Tentang SEEK Asia

SEEK Asia, gabungan dari dua merek ternama Jobstreet dan jobsDB, adalah portal lowongan pekerjaan terkemuka dan destinasi pilihan untuk pencari dan pemberi kerja di Asia. Kehadiran SEEK Asia menjangkau 7 negara yaitu Hong Kong, Indonesia, Malaysia, Singapura, Thailand, Filipina dan Vietnam. SEEK Asia adalah bagian dari SEEK Limited Company terdaftar di Bursa Efek Australia, portal lowongan pekerjaan terbesar di dunia berdasarkan kapitalisasi pasar. SEEK Asia dikunjungi lebih dari 400 juta kali dalam setahun.

Tentang SEEK Limited

SEEK adalah grup perusahaan yang beragam, dengan portofolio yang kuat  yang mencakup usaha lowongan pekerjaan daring , pendidikan, komersial dan relawan. SEEK hadir secara global (termasuk di Australia, Selandia Baru, Cina, Hong Kong, Asia Tenggara, Brazil dan Meksiko), yang menjangkau lebih dari 2,9 miliar orang dan sekitar 27 persen PDB global. SEEK memberikan kontribusi positif kepada orang-orang dalam skala global. SEEK terdaftar dalam Bursa Efek Australia, yang menempatkannya sebagai 100 perusahaan teratas dan telah diperingkat sebagai 20 Perusahaan Paling Inovatif oleh Forbes.

More from this category: Melamar pekerjaan

Telusuri istilah pencarian teratas

Tahukah Anda bahwa banyak kandidat yang menyiapkan resume dan meneliti suatu industri dengan menjelajahi istilah pencarian teratas?

Jelajahi topik terkait

Pilih bidang minat untuk menelusuri karier terkait.

Berlangganan Panduan Karir

Dapatkan saran karier dari ahli yang dikirimkan ke kotak masuk Anda.
Anda dapat membatalkan email kapan saja. Dengan mengklik 'berlangganan', Anda menyetujui Pernyataan Privasi Jobstreet.