Tips Persiapan Karir Fresh Graduate Untuk Awal Tahun Baru!

Tips Persiapan Karir Fresh Graduate Untuk Awal Tahun Baru!
Jobstreet tim kontendiperbarui pada 30 June, 2022
Share

Setiap akhir dan awal tahun baru, ada banyak orang di sosial media menyerukan frasa“new year, new me”sebagai resolusi untuk memulai awal yang baru dalam menyambut tahun baru tersebut. Perwujudan resolusi tersebut bisa saja dalam bentuk harapan untuk menjalani gaya hidup sehat, menjalin hubungan yang baik dengan orang sekitar, menemukan cinta sejati, hingga memiliki pekerjaan dan menjadi karyawan yang berkualitas.

Kebanyakan orang yang baru lulus kuliah memiliki harapan untuk mendapatkan pekerjaan sebagai resolusi tahun baru mereka. Agar resolusi tahun baru dapat tercapai, khususnya dalam ranah pekerjaan, resolusimu harus disertai dengan perencanaan karir yang matang.

Selain itu, jika kamu ingin segera mendapatkan pekerjaan yang sesuai dengan harapanmu, kamu juga perlu mempelajari cara menjadi karyawan yang berkualitas. Yuk simak tips terbaik persiapan memasuki dunia kerja untuk meraih kesuksesan karir sebagaifresh graduatemelalui artikel ini!

Tips mempersiapkan karir untukfresh graduate

Sebagaifresh graduate, kamu mungkin merasa kurang percaya diri ketika ingin melamar kerja karena belum memiliki pengalaman sama sekali. Perlu kamu ketahui, kesempatan seseorang untuk mendapatkan pekerjaan sangat bergantung pada kesungguhannya dalam mempersiapkan rencana karirnya. Liburan tahun baru ini merupakan momen yang tepat untuk mempersiapkan dirimu dalam memasuki dunia kerja. Berikut adalah beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk mempersiapkan karirmu.

  • Cari tahupassionkarirmu

Untuk menemukan profesi yang tepat, kamu harus mencari tahu apa minat dan keinginan kamu dalam berkarir. Mengerjakan profesi yang sesuai denganpassionakan membuatmu lebih bersemangat dan termotivasi dalam bekerja. Dengan mengetahui hal ini, kamu dapat mengetahui profesi dan bidang industri yang akan menjadi target karirmu. Selain itu, kamu juga akan mendapatkan pengetahuan mengenaiskilldan kualifikasi lain yang dibutuhkan jika ingin mendapatkan pekerjaan tersebut. Dengan ini, kamu dapat menyesuaikan kemampuan yang kamu punya dengan deskripsi kualifikasi kerja pada iklan lowongan yang akan kamu lamar.

  • Kenali perusahaan tempat kamu akan melamar kerja

Mengenali seluk-beluk perusahaan dapat menjadi nilai plus bagi kamu ketika akan melamar kerja. Dengan mengenali perusahaan, kamu dapat mengetahui keterkaitanskilldan pengalaman yang kamu miliki dengan pekerjaan yang kamu lamar. Pastikan kamu mencari informasi mengenai visi dan misi perusahaan, produk atau jasa yang dihasilkan oleh perusahaan, kultur kerja, hingga tujuan jangka pendek dan panjang yang ingin diraih oleh perusahaan tersebut.

Memiliki pengetahuan akan hal tersebut dapat menguntungkan saat menghadapi tahapinterviewkarena kebanyakan perekrut akan bertanya mengapa kamu ingin bekerja di perusahaan tersebut. Jika kamu dapat memberikan alasan yang tepat, perekrut akan berpikir bahwa kamu tidak asal-asalan dalam memilih pekerjaan dan antusias untuk bekerja di perusahaan tersebut. Selain itu, mengenali perusahaan dapat membantu kamu mengetahui kecocokan antara kamu dengan pekerjaan tersebut sehingga kamu tidak akan menyesal ke depannya.

  • Mengasahskilldan mengikuti pelatihan

Suatu posisi pekerjaan tertentu membutuhkanskillyang relevan dengan bidangnya. Maka dari itu, untuk melamar profesi tertentu, kamu harus membekali diri dengan beragamskilldan kualifikasi yang dibutuhkan. Selainhard skillkhusus yang sudah pasti menjadi persyaratan untuk suatu profesi, penting untuk memiliki transferable skills yang nantinya akan mendukung optimalisasi dan efisiensi dalam bekerja.

Jika kamu ingin mengasah beragamskilltersebut, kamu dapat membaca buku, mengikuti webinar, atau mengakses beragam kelas online gratis dari JobStreet dengan bergabung dengan FutureLearn.

  • Membangun relasi yang luas

Relasi yang luas akan memiliki banyak manfaat dalam proses pencarian karir yang kamu inginkan. Jika kamu sudah mengetahui profesi dan bidang industri yang ingin kamu jalani, memiliki relasi yang tepat dapat membuka berbagai macam peluang untukmu. Kamu bisa mendapat banyak informasi penting tentang lowongan pekerjaan, bertukar pendapat tentang tantangan yang mungkin dihadapi, hingga mempererat hubungan pertemanan dengan rekan kerja dari relasi yang kamu miliki.

  • Membuat CV yang menarik

Fresh graduatesering kali merasa bingung cara membuat CV yang menarik agar dilirik sebagai kandidat terbaik oleh perekrut. Jika kamu ingin menyusun CV yang informatif dan menarik, kamu perlu menyertakan semua detail informasi penting seperti tujuan karir, deskripsi diri, pengalaman kerja yang relevan, dan jugaskillsyang dibutuhkan oleh posisi tersebut.

Namun, hindari memasukkan informasi yang terlalu panjang dan tidak penting karena perekrut biasanya hanya menghabiskan 6 detik untuk menentukan CV yang baik. Karena itu, pastikan CV dibuat dengan informatif, jelas, dan sederhana sehingga perekrut akan lebih nyaman dan mudah untuk membacanya.

  • Latihan menjawab pertanyaaninterview

TahapInterviewkerja bisa menjadi momen yang menentukan apakah kamu akan mendapatkan pekerjaan tersebut atau tidak. Karena itu, wajar saja jika kamu merasa gugup untuk menghadapi tahap ini. Maka dari itu, untuk mengurangi rasa tegang saat menjalaniinterview, kamu bisa mempersiapkan diri lebih awal dengan latihan menjawab pertanyaan yang sering diajukan kepadafresh graduate.

Jangan lupa untuk memperhatikan faktor yang dapat membuat kamu lolosinterview agar kamu semakin siap jika nantinya dipanggil untuk wawancara. Selain itu, banyak perekrut juga lebih menyukai calon karyawan yang menunjukkan antusiasmenya dengan mengajukan pertanyaan yang tepat saat wawancara. Dengan mempersiapkan berbagai hal yang sudah disebutkan di atas, kamu dapat mengurangi kekhawatiran dalam berhadapan dengan perekrut, serta semakin percaya diri dalam menjawab pertanyaan yang nantinya diajukan.

  • Melakukanresearchgaji

Sebagai seorangfresh graduate, kamu mungkin bingung tentang nominal gaji yang pantas kamu dapatkan karena belum memiliki pengalaman kerja sama sekali. Wajar saja jika kamu memiliki upah ideal yang kamu inginkan namun, sebagaifresh graduate,sebelum kamu mengajukan nominal kepada perekrut, pastikan untuk melakukan survei tentang standar gaji yang didapatkan oleh profesi yang akan kamu lamar.

Jika kamu meminta nominal yang terlalu tinggi, mungkin saja perusahaan tidak memilikibudgetyang sesuai untukentry-level jobsehingga kemungkinan besar mereka akan menolakmu. Sedangkan jika kamu meminta gaji yang terlalu rendah, perekrut bisa saja meragukan potensi kinerja kamu di masa yang akan datang karena menganggapmu tidak percaya diri dengan kemampuan yang dimiliki.

Untuk menghindari hal ini, melakukan riset menyeluruh tentang standar gaji akan mempermudah kamu dalam menjawab pertanyaan mengenai ekspektasi gaji yang pastinya akan diajukan oleh perekrut. Kamu bisa memberikan rentang kisaran gaji harapanmu yang telah disesuaikan dengan hasil riset pasar kerja untuk posisi tersebut agar proses negosiasi dapat berjalan lancar secara dua arah. Agar semakin mudah, gunakanlah kalkulator gaji untuk menghitung perkiraan besaran gaji bersih yang akan kamu terima sesuai dengan gaji yang ditawarkan di wilayah tertentu di mana kamu akan bekerja.

  • Mencari pekerjaan dengan mudah bersama JobStreet

Membuat profil karir melaluiplatform job portalseperti JobStreet dapat membuka peluang yang lebih besar untukmu agar cepat dilirik oleh perusahaan. Dengan membuat profil JobStreet, kamu dapat mencari profesi yang diinginkan, mencantumkan nominal gaji yang diharapkan, hingga bidang industri yang diminati.

Dengan informasi ini, JobStreet akan mempertemukan kamu dengan pekerjaan dan perusahaan yang paling cocok untukmu secara cepat, mudah, dan efisien. Bahkan, kamu juga dapat mempromosikan dirimu dengan mencantumkan deskripsi diri, motivasi danpassionkarir, pencapaian yang dimiliki, hingga detail info kontak dalam profil JobStreet.

Tips persiapan memasuki dunia kerja

Setelah diterima di posisi yang kamu harapkan, kamu harus memastikan bahwa kamu dapat melakukan pekerjaan dengan baik dan menjadi karyawan yang berkualitas. Hal ini dilakukan untuk menjamin prospek kesuksesan karirmu, serta meyakinkan pihak perusahaan bahwa mereka telah merekrut karyawan yang tepat untuk membantu mencapai kesuksesan bisnis perusahaan. Berikut adalah tips yang bisa kamu aplikasikan untuk  menjadi karyawan berkualitas.

Baca Juga : Perencanaan Karir Fresh Graduate untuk Mendapatkan Pekerjaan di Tahun 2022

  • Bekerja dengan penuh tanggung jawab

Melakukan pekerjaan dengan baik berarti dapat bertanggung jawab atas setiap pekerjaan yang harus dipenuhi sesuai dengan kontrak kerja yang tertera. Artinya, kamu juga harus siap menerima konsekuensi jika kamu tidak dapat memenuhi kewajiban tersebut. Dengan berkomitmen untuk bertanggung jawab, kamu dapat lebih fokus dalam bekerja agar dapat memikirkan strategi terbaik untuk melakukan pekerjaanmu dengan optimal.

  • Disiplin dalam bekerja

Sikap disiplin merupakan salah satu kualitas terbaik  yang harus dimiliki oleh seorang karyawan. Bekerja dengan disiplin berarti dapat mematuhi ketentuan yang berlaku di tempat kerja. Misalnya, jika peraturan mengatakan bahwa kamu harus tiba di tempat kerja pada pukul 7 pagi, maka kamu harus berusaha untuk tiba tepat pada waktu tersebut atau bahkan lebih awal.

Sama halnya dengandeadlineyang diberikan pada suatu pekerjaan, kamu harus bisa menyelesaikan pekerjaanmu sesuaideadlineyang ditentukan. Apabila ada suatu hal yang menghambat atau mempersulitmu untuk disiplin, kamu dapat secara terbuka dan profesional membicarakannya dengan atasanmu agar dapat berdiskusi untuk mencapai solusi yang terbaik.

  • Jadilah karyawan yang profesional dan beretika baik

Etika adalah hal penting yang dapat mempengaruhi kualitas seorang karyawan. Karyawan dengan etika baik tentu akan menjadi karyawan yang berkualitas baik pula. Beretika baik berarti mengerti apa yang baik dan apa yang buruk, dapat membedakan antara hak dan kewajiban, serta dapat memosisikan diri dengan baik.

Beberapa hal yang dapat menunjukkan bahwa kamu memiliki etika yang baik adalah bersikap jujur dalam bekerja, menghormati setiap orang di lingkungan kerja, berpakaian sesuaidresscodeyang ditentukan, dan menjaga sopan santun. Selain itu, tunjukkan bahwa kamu karyawan yang profesional dengan memanfaatkan keahlian yang kamu miliki dalam menyelesaikan sebuah pekerjaan agar hasilnya optimal

  • Menjalin hubungan baik dengan atasan dan rekan kerja

Ketika diterima bekerja di suatu perusahaan, kamu harus mengerti bahwa kamu tidak bekerja sendirian. Bahkan, banyakprojectataueventyang harus dikerjakan secara berkelompok. Karena itu, penting untuk menjalin hubungan baik dengan atasan mau pun rekan kerja. Dengan ini,  jika nantinya kamu diharuskan untuk berdiskusi bersama untuk meraihgoalsatau memecahkan suatu permasalahan, proses ini akan berjalan dengan baik.

  • Terbuka dalam menerima kritik dan saran

Tidak semua pekerjaan yang dilakukan akan membuahkan hasil yang sempurna. Suatu pekerjaan bisa saja memiliki hasil yang kurang memuaskan sehingga perlu diberi evaluasi melalui kritik dan saran. Jika suatu saat kamu diberikan kritik atau saran dari atasan atau rekan kerjamu, pastikan untuk bersikap terbuka dalam menerimanya. Jangan berpikir bahwa hal tersebut merupakan hal memalukan dan membuatmu takut untuk mengerjakan hal baru di masa yang akan datang karena takut melakukan kesalahan yang sama. Jadikanlah kritik dan saran pemberian atasan dan rekan kerja sebagai dorongan yang dapat membuat dirimu berkembang menjadi lebih baik lagi.

Sekian tips tentang berbagai hal yang harus disiapkan sebelum memasuki dunia kerja sebagaifresh graduate. Jadi, tunggu apa lagi? mulai mencari pekerjaan yang kamu impikan sekarang juga dengan membuat profil JobStreet. Jangan lupa untuk selalu updateprofilmu setiap kali memperoleh pengalaman danskillbaru, ya!

Jika kamu masih bingung tentang pekerjaan yang cocok, jangan khawatir! Mulai resolusi tahun baru kamu dengan membuat perencanaan karir bersama JobStreet. Tetap semangat dalam menjalani tahun yang baru dengan menjadi versi dirimu yang lebih baik!

Untuk lebih banyak tips membuat resume, menghadapi wawancara, dan berbagai informasi tentang dunia kerja kunjungi laman Tips Karir. Tetap terkoneksi bersama kami kapan saja dan di mana saja dengan mengunduh aplikasi JobStreet melalui Google Play Store atau Apple App Store.

Di JobStreet kami selalu berupaya mengantarkan pekerjaan yang bernilai untuk Anda. Sebagai Partner Karir, kami berkomitmen membantu pencari kerja menemukan passion dan tujuan dalam setiap langkah karir. Sebagai Partner Talent nomor 1 di Asia, kami menghubungkan perusahaan dengan kandidat tepat yang dapat memberikan dampak positif dan berkualitas kepada perusahaan.

Temukan pekerjaan yang bernilai untuk Anda. Kunjungi JobStreet hari ini.

Tentang SEEK Asia

SEEK Asia, gabungan dari dua merek ternama Jobstreet dan jobsDB, adalah portal lowongan pekerjaan terkemuka dan destinasi pilihan untuk pencari dan pemberi kerja di Asia. Kehadiran SEEK Asia menjangkau 7 negara yaitu Hong Kong, Indonesia, Malaysia, Singapura, Thailand, Filipina dan Vietnam. SEEK Asia adalah bagian dari SEEK Limited Company terdaftar di Bursa Efek Australia, portal lowongan pekerjaan terbesar di dunia berdasarkan kapitalisasi pasar. SEEK Asia dikunjungi lebih dari 400 juta kali dalam setahun.

Tentang SEEK Limited

SEEK adalah grup perusahaan yang beragam, dengan portofolio yang kuat  yang mencakup usaha lowongan pekerjaan daring , pendidikan, komersial dan relawan. SEEK hadir secara global (termasuk di Australia, Selandia Baru, Cina, Hong Kong, Asia Tenggara, Brazil dan Meksiko), yang menjangkau lebih dari 2,9 miliar orang dan sekitar 27 persen PDB global. SEEK memberikan kontribusi positif kepada orang-orang dalam skala global. SEEK terdaftar dalam Bursa Efek Australia, yang menempatkannya sebagai 100 perusahaan teratas dan telah diperingkat sebagai 20 Perusahaan Paling Inovatif oleh Forbes.

More from this category: Melamar pekerjaan

Telusuri istilah pencarian teratas

Tahukah Anda bahwa banyak kandidat yang menyiapkan resume dan meneliti suatu industri dengan menjelajahi istilah pencarian teratas?

Jelajahi topik terkait

Pilih bidang minat untuk menelusuri karier terkait.

Berlangganan Panduan Karir

Dapatkan saran karier dari ahli yang dikirimkan ke kotak masuk Anda.
Anda dapat membatalkan email kapan saja. Dengan mengklik 'berlangganan', Anda menyetujui Pernyataan Privasi Jobstreet.