Tips Mudah Mendapat Pekerjaan Untuk Fresh Graduate

Tips Mudah Mendapat Pekerjaan Untuk Fresh Graduate
Jobstreet tim kontendiperbarui pada 30 June, 2022
Share

Wisuda atau lulus kuliah menjadi momen yang paling menggembirakan bagi seorang mahasiswa. Selain berhasil mendapatkan gelar, mereka juga bersemangat untuk memasuki dunia kerja. Namun sayang karena terkadang semangat itu kendur ditengah jalan.

Mereka mengeluhkan bahwa seorangfresh graduatesulit untuk mendapatkan pekerjaan. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan untuk mendapatkan pekerjaan bagi seorangfresh graduate. Simak ulasan berikut ini:

Perluas Koneksi

Coba tanyakan pada teman-teman Anda yang berusia sekitar 5 tahun di atas Anda, kebanyakan akan mengatakan bahwa mereka dapat pekerjaan dari teman, kenalan, saudara dan sebagainya. Memang tidak menutup kemungkinan Anda mendapat pekerjaan dari iklan atau job fair, namun banyaknya koneksi akan semakin memuluskan jalan Anda, karena biasanya mereka yang tahu info lowongan pekerjaan sebelum disebarkan di iklan atau job fair.

fresh graduate

Ambil Kesempatan Yang Ditawarkan

Banyak lulusan yang tidak mau bekerja jika tidak searah dengan jurusan saat kuliah. Ini kembali lagi pada Anda, karena kadang dunia kerja sangat berbeda jauh dengan bangku kuliah, bahkan jika pekerjaan Anda masih sealur dengan jurusan, Anda tetap harus belajar lagi. Maka jangan sia-siakan kesempatan yang ada di depan mata.

Percaya Diri

Sebagus apapun nilai Anda, ketika wawancara dilakukan, maka nilai tertinggi adalah dari rasa percaya diri Anda. Terlalu diam akan mengesankan Anda tidak percaya diri dan tidak dapat diandalkan, namun terlalu percaya diri akan membuat Anda tampak angkuh dan sulit mengikuti peraturan. Makan buatlah diri Anda percaya diri dalam kadar yang pas.

Perhatikan Tingkah Laku Anda

Jangan lupakan bagaimana sikap Anda. Perusahaan tidak hanya menilai hasil tes atau kinerja Anda, tetapi juga tingkah laku, apalagi selama masa percobaan. Beri sapaan pada atasan dan teman kerja Anda. Jangan lupa mengucapkan "Tolong", "Terima kasih", dan "Maaf". Ingat, sikap Anda menentukan apakah perusahaan akan terus bekerja dengan Anda, atau berhenti walaupun nilai tes Anda memuaskan.

Sumber: Forbes

More from this category: Melamar pekerjaan

Telusuri istilah pencarian teratas

Tahukah Anda bahwa banyak kandidat yang menyiapkan resume dan meneliti suatu industri dengan menjelajahi istilah pencarian teratas?

Jelajahi topik terkait

Pilih bidang minat untuk menelusuri karier terkait.

Berlangganan Panduan Karir

Dapatkan saran karier dari ahli yang dikirimkan ke kotak masuk Anda.
Anda dapat membatalkan email kapan saja. Dengan mengklik 'berlangganan', Anda menyetujui Pernyataan Privasi Jobstreet.