Tips mendapatkan pekerjaan dari media sosial

Tips mendapatkan pekerjaan dari media sosial
Jobstreet tim kontendiperbarui pada 30 June, 2022
Share

Media sosial dijadikan perusahaan sebagai alat penting untuk mengetahui latar belakang calon pekerja. Nah, mereka menggunakan media sosial untuk mengetahui siapa diri Anda. Apakah kamu sedang dalam proses mencari kerja? Atau sedang berpikir untuk berpindah kerja?

JobStreet.com punya tips jitu agak Anda bisa menemukan pekerjaan impianmu dengan memiliki halaman media sosial yang baik!

Menurut sebuah survei yang dilakukan oleh Harrir Interactive, sekitar 2 dari 5 perusahaan menggunakan media sosial untuk mencari tahu kandidatnya. 43% dari perusahaan mengatakan bahwa mereka tidak akan merekrut kandidat tersebut apabila ditemukan hal-hal yang senonoh.

Hal-hal seperti foto yang kurang sopan ataupostmedia sosial yang memiliki nada yang negatif bisa menurunkan kesempatanmu untuk mendapatkan pekerjaan impianmu.

Hapusposts¸gambar dan komen yang senonoh

Temapostingsyang berbagu SARA sebaiknya bisa Anda hapus. Selain itu, mulailah mengatur halaman media sosialmu agar tidak dilihat oleh orang-orang yang Anda tidak begitu dekat. Pastikan halaman sosial media Anda dengan konten yang berguna dan informatif.

Koneksi teman yang mungkin membuatmu terlihat buruk

Apabila Anda merasa memiliki terlalu banyak teman yang tidak begitu dikenal, maka ini adalah waktu yang tepat untuk menghapus mereka. Mengapa? Mereka mungkin memiliki reputasi yang kurang baik, sehingga menimbulkan kesan negatif pada diri Anda.

Optimized-pict for sosmed posting 2

Perbanyak koneksi yang mendukung karir profesional Anda

Internet mempermudah diri kita untuk terhubung dengan orang-orang yang dapat menginspirasi diri kita. Carilah orang-orang tersebut dan lakukan inisiatif untuk bertemu dengan mereka. Siapa tahu mereka bisa merekomdendasikan pekerjaan yang berguna untukmu? Kamu bisa mulai berkenalan dengan mereka lewatsharepostingdari orang-orang tersebut sambil memberikan komen pribadi. Perusahaan yang nantinya ‘mampir’ ke halaman Anda akan memiliki kesan yang positif. Mereka menggangap bahwa calon kandidatnya sadar akan isu terbaru dan memiliki rasa ingin tahu yang tinggi.

Berpikirlah sebelum mengunggah

Pikir sebelum dirimu memasukkan konten apapun di media sosial. Anda tidak ingin kan perusahan memiliki kesan buruk? Apabila akan menulis atau memberi komen, pikirkan dampak yang akan diberikan. Tanya pada diri Anda, apakah hal yang ditulis akan memberikan dampak yang negatif? Akankah ada pihak yang tersinggung dengan pernyataan yang ditulis?

More from this category: Melamar pekerjaan

Telusuri istilah pencarian teratas

Tahukah Anda bahwa banyak kandidat yang menyiapkan resume dan meneliti suatu industri dengan menjelajahi istilah pencarian teratas?

Jelajahi topik terkait

Pilih bidang minat untuk menelusuri karier terkait.

Berlangganan Panduan Karir

Dapatkan saran karier dari ahli yang dikirimkan ke kotak masuk Anda.
Anda dapat membatalkan email kapan saja. Dengan mengklik 'berlangganan', Anda menyetujui Pernyataan Privasi Jobstreet.