Tips Jaga Kesehatan saat WFO setelah Libur Lebaran 2022

Tips Jaga Kesehatan saat WFO setelah Libur Lebaran 2022
Jobstreet tim kontendiperbarui pada 30 June, 2022
Share

Tepat pada tanggal 2  dan 3 Mei 2022, para umat Islam akan  bersukacita merayakan Hari Raya Idulfitri dengan berkumpul bersama keluarga. Dengan adanya pandemi Covid-19, masyarakat tetap harus berhati-hati dan menerapkan protokol kesehatan dalam bersilaturahmi dengan keluarga.

Presiden Joko Widodo mengingatkan masyarakat agar waspada atas potensi lonjakan kasus baru COVID-19 pasca libur Lebaran 2022. Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan COVID-19 Indonesia, Wiku Adisasmito, pun menghimbau bagi kantor untuk mewajibkan pegawai yang mudik melakukan karantina mandiri selama lima hari.

Bagi kamu yang harus WFO setelah libur Lebaran, yuk simak tips berikut agar tetap selamat saat kembali ke kantor!

  1. Melakukan karantina mandiri

Walaupun merasa sehat dan tidak menunjukkan gejala, ada baiknya kamu tetap mengikuti anjuran Satgas COVID-19 untuk karantina mandiri selama 5 hari. Hindari bepergian dan kontak yang tidak perlu dengan orang luar rumah. Jika memungkinkan, kamu bisa mengambil Tes Swab-PCR agar lebih aman.

  1. Terapkan pola hidup sehat

Cobalah untuk mengatur pola makan yang bergizi dan teratur, tidur cukup, dan mengkonsumsi vitamin. Tiga hal tersebut dapat membantu imunitas tubuh meningkat. Jangan lupa juga untuk melakukan olahraga, disarankan aerobik, agar sel kekebalan tubuhmu terstimulasi.

  1. Patuhi protokol kesehatan

Kamu mungkin sudah bosan mendengar arahan ini, namun, tertib mematuhi protokol diyakini dapat menurunkan risiko penularan hingga 85 persen, lho! Pastikan untuk selalu menggunakan masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak satu meter.

Bila menggunakan masker kain, ada baiknya untuk kamu menggantinya secara berkala setiap 4 jam sekali. Untuk pengguna maskerdisposal, gunakanlah masker yang baru ketika hendak pulang ke rumah.

  1. Membawanew normal essential kit

New normal essential kityang dimaksud adalahhand sanitizer, tisu basah berbasis alkohol, sabun cuci tangan, sertatouchless toolyang dikemas rapi dalam satu kantong. Kamu juga bisa mengantisipasi lonjakan dengan membawa bekal atau alat makan sendiri dari rumah. Hal tersebut dapat mengurangi potensi penularan virus dari peralatan makan yang digunakan secara bergantian.

  1. Selalu siaga di kendaraan umum

Bila tidak memungkinkan untuk menaiki kendaraan pribadi, kamu harus tetap waspada ketika menaiki kendaraan umum. Jangan naiki kendaraan umum jika sudah cukup padat. Kendaraan yang penuh dapat membuat protokol jaga jarak tidak efektif.

Bagi pengguna fasilitas ojekonline, bawalah helm sendiri dari rumah untuk menghindari penggunaan helm secara bergantian. Sebagai alternatif, kamu juga bisa mengenakan penutup kepala ataushower capsebelum menggunakan helm yang disediakan.

  1. Segera mandi setelah sampai rumah

Ketika sampai di rumah, jangan lakukan aktivitas apapun dan langsung mandi. Kamu juga bisa membersihkan barang bawaan sepertihandphone, dompet, laptop, dan lain-lain, dengan cara menyemprotkan cairan desinfektan ke tisu atau tisu desinfektan. Gunakan tisu tersebut untuk mengelap bagian luar barang, termasukcase handphone. Jangan lupa juga untuk menghindari bagian terbuka seperti lubangchargeratauspeaker handphone.

Ketika sedang WFO, kamu harus memastikan bahwa kamu sedang dalam keadaan yang benar-benar sehat. Tubuhmu akan lebih rentan terserang virus dalam keadaan yang lemah. Hal ini juga dilakukan untuk melindungi teman sekantor agar tidak tertular penyakit yang kamu alami. Semoga beberapa tips tadi dapat membantumu untuk menjalankan WFO aman setelah libur Lebaran 2021, ya!Jika kamu merasa keberatan melakukan WFO, kamu bisa mencari pekerjaan WFH di sini. Jangan lupa juga untuk selalu memperbarui profil Jobstreet-mu untuk menemukan pekerjaan yang berarti. Tambahkan juga tagar #LangsungKerja agar perekrut tahu bahwa kamu dapat bekerja dalam waktu dekat. Tetap semangat dan jangan menyerah!

Tentang SEEK Asia

SEEK Asia , gabungan dari dua merek ternama Jobstreet dan jobsDB, adalah portal lowongan pekerjaan terkemuka dan destinasi pilihan untuk pencari dan pemberi kerja di Asia. Kehadiran SEEK Asia menjangkau 7 negara yaitu Hong Kong, Indonesia, Malaysia, Singapura, Thailand, Filipina dan Vietnam. SEEK Asia adalah bagian dari SEEK Limited Company terdaftar di Bursa Efek Australia, portal lowongan pekerjaan terbesar di dunia berdasarkan kapitalisasi pasar. SEEK Asia dikunjungi lebih dari 400 juta kali dalam setahun.

Tentang SEEK Limited

SEEK adalah grup perusahaan yang beragam, dengan portofolio yang kuat  yang mencakup usaha lowongan pekerjaan daring , pendidikan, komersial dan relawan. SEEK hadir secara global (termasuk di Australia, Selandia Baru, Cina, Hong Kong, Asia Tenggara, Brazil dan Meksiko), yang menjangkau lebih dari 2,9 miliar orang dan sekitar 27 persen PDB global. SEEK memberikan kontribusi positif kepada orang-orang dalam skala global. SEEK terdaftar dalam Bursa Efek Australia, yang menempatkannya sebagai 100 perusahaan teratas dan telah diperingkat sebagai 20 Perusahaan Paling Inovatif oleh Forbes.

More from this category: Kesejahteraan di tempat kerja

Telusuri istilah pencarian teratas

Tahukah Anda bahwa banyak kandidat yang menyiapkan resume dan meneliti suatu industri dengan menjelajahi istilah pencarian teratas?

Berlangganan Panduan Karir

Dapatkan saran karier dari ahli yang dikirimkan ke kotak masuk Anda.
Anda dapat membatalkan email kapan saja. Dengan mengklik 'berlangganan', Anda menyetujui Pernyataan Privasi Jobstreet.