Temukan Tipe Kepribadianmu untuk Dapat Pekerjaan yang Cocok

Temukan Tipe Kepribadianmu untuk Dapat Pekerjaan yang Cocok
Jobstreet tim kontendiperbarui pada 30 June, 2022
Share

Mengenali Kepribadian

Gelar perguruan tinggi dan pengalaman kerja sebelumnya seakan-akan mendikte jalur karier seseorang. Hal ini memang tidak salah, namun demikian pula kepribadian kamu. Bagaimana pun, karaktermu-lah yang menentukan bagaimana kamu berperilaku di tempat kerja dan bagaimana kamu memotivasi diri untuk mencapai target atau tujuanmu.

Untuk setiap pencari kerja, penting untuk mengenali kepribadianmu dan bagaimana ia mempengaruhi pengambilan keputusanmu. Hal ini akan menuntun kamu dalam mencari peluang kerja ideal yang selaras dengan identitas dirimu. Memahami diri sendiri memungkinkanmu untuk mengidentifikasi kelebihan dan kelemahanmu. Dengan demikian, kamu dapat mengetahui cara memanfaatkan kelebihan dan meningkatkan aspek yang lemah, dan ini akan membantu kesuksesanmu dalam menempuh jalur karir yang kamu pilih.

Kepribadianmu dalam Empat Huruf

Sejak Katharine Cook Briggs dan putrinya Isabel Briggs Myers menciptakan Myers-Briggs Type Indicator (atau MBTI) pada akhir 1910-an, penelitian dan studi mereka tentang berbagai tipe kepribadian manusia telah sangat mempengaruhi proses perekrutan pegawai. Ini merupakan tes kepribadian populer yang digunakan di bidang HR meskipun beberapa pakar lain masih mempertanyakan validitasnya.

Tes ini mengkategorikan sifat manusia ke dalam empat kategori:Extraversion(E) atauIntroversion(I),Sensing(S) atauIntuitive(N),Feeling(F) atauThinking(T), danJudging(J) atauPerceiving(P). Kombinasi keempat kategori tersebut menghasilkan 16 tipe kepribadian yang memungkinkan. Memahami di kategori mana kamu berada, akan menghasilkan penilaian yang lebih akurat tentang diri kamu dalam lingkungan kerja, sekolah, bahkan hubungan interpersonal.

Setiap tipe diberi nama sesuai keempat kode huruf mereka:ISTJsebagaiThe Inspector,ISTPsebagaiThe Crafter,ISFJsebagaiThe Protector,ISFPsebagaiTheArtist,INFJsebagaiTheAdvocate,INFPsebagaiTheMediator,INTJsebagaiTheArchitect,INTPsebagaiTheThinker,ESTPsebagaiThePersuader,ESTJsebagaiTheDirector,ESFPsebagaiTheDebater, danENTJsebagaiTheCommander.

Karakteristik, misalnya, seorang INTJ (the Architect) versus ENTJ (the Commander) secara umum dijelaskan sebagai berikut: Seorang INTJ merupakan individu yang intelektual, imajinatif, strategis, dan memiliki keterampilan perencanaan yang kuat. CEO Facebook Mark Zuckerberg, aktor dan mantan politisi Arnold Schwarzenegger, dan fisikawan teoritis Stephen Hawking adalah para INTJ yang terkenal.

Sedangkan ENTJ adalah seseorang yang berani, imajinatif dan merupakan sosok pemimpin. ENTJ terkenal termasuk raja bisnis Amerika Bill Gates, mantan Wakil Presiden AS Al Gore, dan pembawa acara TV Amerika David Letterman.

Perbandingan lain: ENFP vs INFP. Keduanya merupakan tipe kepribadian kreatif. ENFP terkenal termasuk Walt Disney, yang antusias, kreatif, dan mudah bergaul — ciri khas seorang juara. Kami memiliki tempat paling bahagia di dunia, terima kasih padanya. INFP terkenal, di sisi lain, termasuk penulis terkenal J. K. Rowling dan J.R.R. Tolkien: intuitif, sensitif, dan altruistik — orang-orang yang terbiasa menjadi mediator.

Situs Penilaian Karir menyimpulkan bahwa ini merupakan pekerjaan atau profesi terbaik untuk setiap tipe kepribadian dengan profil MBTI : koki untuk ESTJ,systems administratoruntuk ISTJ, perawat atau suster untuk ESFJ, guru TK untuk ISFJ, perwira militer untuk ESTP, polisi untuk ISTP, bartender untuk ESFP, ahli perhiasan untuk ISFP, dokter untuk ENTJ, ahli mikrobiologi untuk INTJ, menteri untuk ENFJ, dokter hewan untuk INFJ, reporter untuk ENTP, profesor perguruan tinggi untuk INTP, arsitek lanskap untuk ENFP, dan seniman untuk INFP. Anda juga dapat mengunjungi situs ini yang memberikan detail pekerjaan spesifik yang sesuai dengan kepribadian Anda.

The “Big Five”

Model kepribadian lainnya adalah Big Five, yang merupakan analisis tipe kepribadian yang lebih luas diterima. Dikenal dengan sebutanFive-Factor Modelatau Model Lima Faktor, teori ini mengemukakan bahwa kepribadian manusia dapat dikategorikan dalam lima ciri utama:agreeableness(keramahan),openness(keterbukaan),conscientiousness(kehati-hatian),extraversion(ekstraversi), danneuroticism(neurotisme).

TeoriBig Fivetidak menggabungkan ragam kepribadian berbeda. Sebaliknya, kepribadian dianggap sebagai sebuah spektrum, dimana tiap individu memiliki ‘takaran’ yang berbeda-beda akanopennessatauextraversion. Manusia tidak langsung digolongkan sebagai ekstrovert atau intovert semata.

Sebagai contoh, apabila kamu mendapat skor tinggi dalamagreeablenessdanneuroticism, maka kamu tepat untuk pekerjaan yang berfokus pada kerja tim. Jika kamu memiliki sifat ekstroversi yang tinggi, peran kepemimpinan dalamsalesatau manajemen mungkin paling cocok untukmu. Ingin tahu berapa skorBig Fivekamu? Coba ikutites ini.

Jika kamu tahu bahwa kamu sudah berada di jalur karier yang ideal, selamat! Kamu masih bisa menggunakan tes kepribadian diatas untuk membantu menyempurnakan tujuan atau targetmu sesuai dengan sifat kamu. Tetapi jika kamu masih dalam proses memahami diri sendiri, jangan khawatir. Cobalah untuk mengenal dirimu dengan lebih baik agar dapat membuat keputusan terbaik yang memungkinkanmu membuat pilihan karier yang tepat.

Untuk tips lain tentang bagaimana cara meraih pekerjaan yang bermakna, kunjungi Pusat Bantuan Karir.

Di JobStreet, kami berupaya menghadirkan #JobsThatMatter untuk kamu. Sebagai sebuah Career Partner, kami berkomitmen untuk membantu para pencari kerja menemukan hasrat dan tujuan dalam setiap pilihan karier mereka. Dan sebagai Talent Partner nomor 1 di Asia, kami menghubungkan perusahaan dengan kandidat tepat yang memberikan dampak positif dan berkelanjutan bagi perusahaan.

TemukanJobs that Matter. Kunjungi JobStreet hari ini.

Tentang SEEK Asia

SEEK Asia, kombinasi dari dua brand terkemuka, JobStreet dan jobsDB, merupakan portal pekerjaan terkemuka dan pilihan utama bagi kandidat dan perekrut di Asia. SEEK Asia hadir di 7 negara yaitu Hong Kong, Indonesia, Malaysia, Singapura, Thailand, Filipina, dan Vietnam. SEEK Asia adalah bagian dari SEEK Limited Company yang terdaftar di Bursa Efek Australia, yang merupakan portal pekerjaan terbesar di dunia berdasarkan kapitalisasi pasar. SEEK Asia menarik lebih dari 400 juta kunjungan setiap tahunnya.

Tentang SEEK Limited

SEEK merupakan kelompok perusahaan yang beragam, dengan portofolio solid yang terdiri dari serta bisnis ketenagakerjaan online, pendidikan, komersial, dan volunteering. SEEK hadir secara global (termasuk di Australia, Selandia Baru, Cina, Hong Kong, Asia Tenggara, Brasil, dan Meksiko), menjangkau lebih dari 2,9 miliar kandidat dan sekitar 27 persen dari PDB (GDP) global. SEEK memberikan kontribusi positif bagi kehidupan individu dalam skala global. SEEK terdaftar di Bursa Efek Australia sebagai salah satu perusahaan top 100 dan masuk dalam daftar Top 20 Most Innovative Companies menurut Forbes.

More from this category: Melamar pekerjaan

Telusuri istilah pencarian teratas

Tahukah Anda bahwa banyak kandidat yang menyiapkan resume dan meneliti suatu industri dengan menjelajahi istilah pencarian teratas?

Jelajahi topik terkait

Pilih bidang minat untuk menelusuri karier terkait.

Berlangganan Panduan Karir

Dapatkan saran karier dari ahli yang dikirimkan ke kotak masuk Anda.
Anda dapat membatalkan email kapan saja. Dengan mengklik 'berlangganan', Anda menyetujui Pernyataan Privasi Jobstreet.