6 Tanda Kerja Magang Kamu Bisa Berubah Menjadi Pekerjaan Tetap

6 Tanda Kerja Magang Kamu Bisa Berubah Menjadi Pekerjaan Tetap
Jobstreet tim kontendiperbarui pada 30 June, 2022
Share

6 Tanda Kerja Magang Kamu Bisa Berubah Menjadi Pekerjaan Tetap Menjadi anak magang bisa menjadi cara terbaik untuk mendapatkan pengalaman dan wawasan yang relevan dengan bidang karir yang kamu pilih. Beberapa minggu setelah kerja magang, kamu mungkin mulai memahami banyak hal dan merasa percaya diri. Tidak lagi meraba-raba dalam melakukan tugas, kamu mulai rileks dan menyadari bahwa kamu adalah bagian dari tim. Jika perusahaan tempat kamu bekerja dan lingkungan kerjanya sangat cocok dengan nilai-nilai kariermu, kamu tentu ingin magang tersebut berubah menjadi pekerjaanfull time. Selain berusaha lebih keras untuk terlihat menonjol dalam magang, kamu sebaiknya tetap waspada akan sinyal-sinyal dari rekan kerja dan atasanmu untuk memastikan kamu berada di jalur yang benar.

Baca juga: 5 Tips Sukses untuk Berhasil dalam Pekerjaan Magang

Apa itu magang?

Magang adalah pengalaman kerja sementara yang ditawarkan oleh perusahaan dan biasanya dilakukan oleh mahasiswa. Terdapat beberapa jenis magang yaitu magang berbayar dan tidak berbayar. Magang yang tidak berbayar biasanya menawarkan tambahan nilai kuliah sebagai keuntungan. Magang dapat memberimu pengalaman langsung di bidang yang kamu inginkan dan menjadi salah satu kunci sukses di industri yang kamu inginkan.

Selama magang, kamu pasti akan menghadapiperformance reviewatau evaluasi kinerja oleh atasanmu. Selain dapat memaksimalkan kinerja, memperhatikanperformance reviewdapat memberikan beberapa isyarat bahwa kamu dapat meningkatkan jenjang karier. Berikut adalah 6 tanda kerja magang dapat menjadi pekerjaan tetap:

  1. Kamu sering mendapatfeedbackpositif

Apakah kamu sering mendapatkan pujian dari orang-orang yang bekerja denganmu?Feedbackpositif seringkali merupakan pertanda baik, terutama ketika hal tersebut datang dari orang-orang di berbagai departemen atau pihak luar yang tidak mengenal kamu dengan baik. Mereka jelas cukup terkesan untuk memberi tahu bahwa kamu melakukan pekerjaan dengan baik. Jadi, ada baiknya untuk kamu meneruskan pekerjaan yang sudah baik!

  1. Atasan dan rekanmu merespon dengan baik

Apakah atasan dan rekan kerja suka bekerja denganmu? Apakah saran dan pandanganmu dihargai dan dihormati oleh lingkungan kerja? Hal tersebut seringkali merupakan tanda positif ketika kamu berhubungan cukup dekat dengan orang-orang yang bekerja sama denganmu, terlepas dari senioritas atau latar belakang mereka di perusahaan. Disukai banyak orang, terutama teman-teman yang berhubungan langsung dalam lingkup kerja, bisa menjadi tanda bahwa kamu merupakan aset berharga bagi tim.

  1. Kamu mulai terlibat dalam proyek yang penting dan menarik

Apakah kamu sering ditugaskan dan dilibatkan untuk proyek yang menarik dan menantang? Jika jawabannya ya, hal tersebut merupakan pertanda bahwa atasan menganggap kamu cukup kompeten untuk menghadapi tantangan dan ingin mengembangkan keterampilan serta bakatmu. Dengan memberikan tugas-tugas penting nan rumit, besar kemungkinannya bahwa atasan mempercayai dan terkesan dengan kinerjamu.

  1. Kamu sering diundang untuk makan siang dan kegiatan sosial setelah bekerja

Diajak makan siang dan kegiatan sosial setelah bekerja oleh rekan kerja, khususnya yang senior, merupakan pertanda bahwa mereka mengenalimu. Gunakanlah kesempatan ini untuk membangun hubungan yang bermakna di tempat kerja. Hal ini juga dapat membantu kamu mengembangkan hubungan profesional. Memiliki teman dan kenalan yang tepat dalam kapasitas profesional akan berperan penting dalam “berburu” pekerjaan dan pengembangan karier di masa depan.

  1. Atasan dan kolega senang meminta pendapatmu

Apakah kamu sering dimintai pendapat di tempat kerja? Itu merupakan tanda yang jelas bahwa kamu dipandang sebagai seseorang yang memiliki kontribusi yang nyata dan dihormati dalam tempat kerja. Biasanya, orang-orang hanya meminta pendapat jika mereka peduli dengan apa yang kamu katakan. Ini merupakan kesempatan yang sangat berharga, terutama untuk seorang anak magang.

  1. Bos kamu tidak mengatur (micromanage)kamu

Apakah atasan membebaskan kamu untuk melakukan hal-hal dengan cara sendiri daripada memberikan instruksi yang spesifik? Jika ya, hal tersebut dapat berarti bahwa beliau memiliki kepercayaan penuh pada kemampuanmu dan ingin memberi ruang untuk kamu tumbuh. Bisa jadi, atasanmu memang bukan tipe orang yang suka menekan karyawan, tapi jika kamu tidak melakukan pekerjaan dengan baik, sudah pasti beliau tidak akan lagi membebaskanmu untuk waktu yang lama.

Memang tidak ada cara pasti yang dapat menjamin bahwa magang akan berubah menjadi pekerjaanfull time, namun jika hal-hal di atas terjadi padamu, maka kamu kemungkinan besar memiliki peluang bagus untuk ditawari posisi permanen Namun, jika tanda-tanda tersebut belum pernah terjadi, kamu bisa mencoba langkah berikut untuk mendapatkan tawaran pekerjaan tetap dari perusahaan tempat magang.

  1. Lihat kembali pengalamanmu selama magang

Sebelum berbicara dengansupervisoratau manajer perekrutan, sangat penting bagi kamu untuk menyiapkan poin-poin alasan kamu menginginkan posisi pekerjaan tetap. Poin pertama harus menunjukkan bagaimana kamu telah berkembang selama magang dan apa yang telah kamu capai. Hal ini menunjukkan alasan kamu menghargai waktu selama berproses di sana. Kamu juga bisa menunjukkan alasan mengapa kamu dapat menjadi anggota yang kuat untuk tim mereka, jadi cobalah untuk tonjolkan setiap hasil positif yang telah kamu capai selama magang.

Selanjutnya, kamu bisa pikirkan tentang tujuan karirmu dan bagaimana posisi pekerjaan tetap di perusahaan ini selaras dengan hal tersebut. Kamu dapat terdengar lebih meyakinkan apabila sekaligus menjelaskan cara-cara spesifik yang diharapkan dapat mendukung misi dan tujuan perusahaan.

2. Jadwalkan pertemuan

Atur pertemuan dengansupervisormu untuk mendiskusikan pilihan karier selanjutnya selama minggu terakhir magang. Namun, pastikan kamu telah menyebutkan minatmu pada posisi pekerjaan tetap, setidaknya beberapa minggu setelah program magang dimulai. Hal ini dapat membantusupervisormengetahui target kariermu. Mulailah pembicaraan dengan berterima kasih kepada mereka atas kesempatan magang, kemudian tonjolkan apa yang kamu sukai dari pengalaman tersebut. Mengekspresikan rasa senang akan meninggalkan kesan yang baik dengan atasanmu dan memberikan awalan yang positif untuk pembicaraan ke depan.

3. Tanyakan kesempatan untuk pekerjaan tetap

Setelah berterima kasih kepada atasan, kamu perlu beralih ke poin pembicaraan selanjutnya tentang pencapaian dan tujuan utama yang telah dirancang. Jelaskan minatmu dalam bekerja untuk perusahaan dan tanyakan apakah mereka memiliki lowongan pekerjaan tetap. Jelaskan apa yang paling kamu sukai sebagai anggota magang dan pencapaianmu selama magang. Kamu juga bisa menjelaskan harapan dalam memanfaatkanskilluntuk terus berkontribusi pada perusahaan sebagai karyawan tetap. Sebutkan juga tujuan karier yang relevan dan bagaimana kamu yakin dapat mencapainya di perusahaan tersebut.

Jika perekrut memiliki peluang kerja dan yakin kamu merupakan seseorang yang tepat untuk posisi tersebut, mereka dapat memberikan instruksi tentang cara melamar atau memandumu pada langkah selanjutnya. Jika mereka tidak memiliki lowongan yang tersedia, kamu bisa tegaskan kembali minatmu pada perusahaan dan ekspresikan harapanmu apabila perusahaan dapat mempertimbangan kamu untuk peluang di masa depan.

4. Tetap berhubungan

Jika kamu tidak menerima tawaran pekerjaan tetap atau perlu kembali ke kampus setelah magang, tetaplah berhubungan dengan atasan dan rekan kerjamu. Kamu dapat berhubungan dengan mereka melalui media sosial dan berinteraksi dengan postingan mereka, atau tetap mengikuti informasi tentang berita perusahaan dan mengucapkan selamat atas keberhasilan mereka. Kamu tidak dapat menjamin bahwa mereka akan menghubungimu tentang lowongan apa pun, namun tetap berkomunikasi secara teratur dapat meningkatkan peluang.

Untuk dapat mengubah kerja magang menjadi pekerjaan tetap, pastikan kamu menggunakan waktu singkatmu selama magang dengan baik. Memiliki banyak pencapaian selama magang juga dapat menjadi salah satu cara menuju sukses untuk bekerja.

Selain itu, kamu juga dapat memulai mencari pekerjaan tetap setelah magang bersama JobStreet. Terdapat banyak opsi pekerjaan yang bisa dikerjakan secara jarak jauh di tengah pandemi COVID-19 ini.

Bersama JobStreet, kamu dapat mengeksplorasi berbagai magang yang kamu diinginkan dengan mengunjungi laman berikut. Perbarui profil setiap kali mendapatkan pengalaman atau keterampilan baru dari mengikuti berbagai pelatihan dan kursus. Inilah kesempatan untuk menunjukkan bahwa kamu adalah talent terbaik!

Tetap terkoneksi bersama kami kapanpun dan di manapun dengan mengunduh aplikasi JobStreet melalui Google Play Store atau Apple App Store. Kunjungi laman Tips Karier untuk mendapatkan tips, berita industri, dan informasi lainnya. Untuk mendapatkan lebih banyak informasi mengenai tren kerja, kamu dapat mengunduh laporan Mengupas Tren Talent Global 2021 dari JobStreet.

Di JobStreet kami selalu berupaya mengantarkan pekerjaan yang bernilai untuk Anda. Sebagai Partner Karier, kami berkomitmen membantu pencari kerja menemukan passion dan tujuan dalam setiap langkah karier. Sebagai Partner Talent nomor 1 di Asia, kami menghubungkan perusahaan dengan kandidat tepat yang dapat memberikan dampak positif dan berkualitas kepada perusahaan.

Temukan pekerjaan yang bernilai untuk Anda. Kunjungi JobStreet hari ini.

Tentang SEEK Asia

SEEK Asia, gabungan dari dua merek ternama Jobstreet dan jobsDB, adalah portal lowongan pekerjaan terkemuka dan destinasi pilihan untuk pencari dan pemberi kerja di Asia. Kehadiran SEEK Asia menjangkau 7 negara yaitu Hong Kong, Indonesia, Malaysia, Singapura, Thailand, Filipina dan Vietnam. SEEK Asia adalah bagian dari SEEK Limited Company terdaftar di Bursa Efek Australia, portal lowongan pekerjaan terbesar di dunia berdasarkan kapitalisasi pasar. SEEK Asia dikunjungi lebih dari 400 juta kali dalam setahun.

Tentang SEEK Limited

SEEK adalah grup perusahaan yang beragam, dengan portofolio yang kuat  yang mencakup usaha lowongan pekerjaan daring , pendidikan, komersial dan relawan. SEEK hadir secara global (termasuk di Australia, Selandia Baru, Cina, Hong Kong, Asia Tenggara, Brazil dan Meksiko), yang menjangkau lebih dari 2,9 miliar orang dan sekitar 27 persen PDB global. SEEK memberikan kontribusi positif kepada orang-orang dalam skala global. SEEK terdaftar dalam Bursa Efek Australia, yang menempatkannya sebagai 100 perusahaan teratas dan telah diperingkat sebagai 20 Perusahaan Paling Inovatif oleh Forbes.

More from this category: Melamar pekerjaan

Telusuri istilah pencarian teratas

Tahukah Anda bahwa banyak kandidat yang menyiapkan resume dan meneliti suatu industri dengan menjelajahi istilah pencarian teratas?

Jelajahi topik terkait

Pilih bidang minat untuk menelusuri karier terkait.

Berlangganan Panduan Karir

Dapatkan saran karier dari ahli yang dikirimkan ke kotak masuk Anda.
Anda dapat membatalkan email kapan saja. Dengan mengklik 'berlangganan', Anda menyetujui Pernyataan Privasi Jobstreet.