Sukses Cari Lowongan Kerja melalui Virtual Career Fair

Sukses Cari Lowongan Kerja melalui Virtual Career Fair
Jobstreet tim kontendiperbarui pada 30 June, 2022
Share

Pada masa lalu, bursa kerja ataujob fairmerupakan kegiatan untuk para pencari kerja yang biasa diadakan di gedung-gedung yang besar agar bisa menampung ribuan calon kandidat yang hadir. Karena banyaknya orang yang ingin segera mendapatkan pekerjaan, antrean yang panjang sudah jadi pemandangan lumrah pada acara ini.

Karena pandemi, acarajob fairkian  marak dilakukan secara virtual. Bursa kerja virtual ini menjadi salah satu upaya untuk tetap memberikan lowongan kerja walaupun dilanda pandemi virus Corona. Pasalnya, dampak dari pandemi ini mengakibatkan angka pengangguran di Indonesia meningkat cukup signifikan.

Berdasarkan data BPS pada Februari 2021 diinformasikan dari 205,36 juta penduduk usia kerja, terdapat 19,10 juta jiwa terdampak pandemi COVID-19; baik itu penganggur karena COVID-19, bukan Angkatan kerja karena COVID-19, sementara tidak bekerja maupun bekerja dengan pengurangan jam kerja.

Maka dari itu, bursa kerja,job fair,ataucareer expo,secara virtual, menjadi harapan di tengah sulitnya keadaan akibat pandemi. Tentunya, ini dilihat sebagai peluang besar bagi banyak penduduk usia kerja yang menganggur di masa pandemi.

Virtual career fair adalah bagian darinew normal

Selain bekerja dari rumah atauWFH,bekerja secarahybrid, dan wawancara kerja online,virtual career fairjuga menjadi bagian dari kegiatan normal yang baru pasca badai pandemi. Konsepvirtual career fair(bursa kerja virtual) diharapkan bisa membuka peluang bagi para pencari kerja, baik bagi karyawan yang terdampak pemutusan hubungan kerja (PHK) saat pandemi, maupunfresh graduate.

Melalui kegiatan ini, para pencari kerja akan mendapatkan informasi mengenai lowongan kerja secara online dan informasi menarik seputar tren dunia kerja terkini; seperti strategi jitu menjalani wawancara kerja virtual, perencanaan karier di era digital, hingga tips beradaptasi saat memasuki dunia kerja dengan sistem digitalisasi.

Alasan berpartisipasi dalamvirtual career fair

Mencari pekerjaan di era digital ini kian sulit, dikarenakan semakin tingginya persaingan di antara para pencari kerja, baik dari dalam negeri maupun luar negeri. Ditambah lagi, hadirnya pandemi COVID-19 memperparah keadaan ini.

Banyaknya perusahaan yang terkena dampak dari pandemi, mengalami penurunan profit sehingga harus melakukan pemutusan kerja untuk menjaga efektivitas operasional perusahaan agar bisnisnya bisa tetap bertahan. Akibatnya, banyak karyawan yang kehilangan pekerjaannya, dan perusahaan-perusahaan menahan proses perekrutan karyawan baru sampai keadaan lebih stabil.

Seiring keadaan membaik dengan pemberlakuan sistem kerja jarak jauh, beberapa perusahaan pun mulai membuka rekrutmen karyawan yang familiar dengan lingkungan digital. Untuk memudahkan para perusahaan dan pencari kerja di tengah pandemi ini,virtual career fairbanyak diselenggarakan untuk pencari kerja dan jugatalent-talentyang dibutuhkan perusahaan.

Konsepvirtual career fairini merupakan pameran lowongan kerja berbasis online, yang memungkinkan perusahaan pemberi kerja dan pelamar kerja untuk bertemu dan mendiskusikan peluang kerja dari jarak jauh. Layaknya bursa kerja pada umumnya, bursa kerja virtual atauvirtual career fair, bersifat langsung, interaktif, dan diadakan pada waktu tertentu. Mulai dari pendaftaran, mencari pekerjaan, melamar, bertemu dengan wakil perusahaan secara virtual.

Virtual Career Fair JobStreet x Tech in Asia

Apakah saat ini kamu sedang mencari peluang untuk mendapatkan pekerjaan, ingin beralih karier, atau ingin menambah wawasan tentang tren kerja di era digital? Jika iya, tidak perlu bingung harus mulai dari mana karena JobStreet hadir untuk membantu kamu!

Kamu dapat berpartisipasi dalam Virtual Career Fair JobStreet x Tech in Asia pada tanggal 9 - 11 Maret 2022. Acara virtual ini merupakan pameran lowongan pekerjaantechdan digital terbesar di Asia, yang diisi oleh 200 lebih perusahaan terkemuka.

Lalu, keuntungan apa yang bisa kamu dapatkan dari mengikutivirtual career fair? Ini dia beberapa di antaranya.

  • Proses yang mudah dan tepat

Setiap pelamar kerja yang mengikutijob fair, biasanya akan melewati tahap kualifikasi dari perusahaan-perusahaan. Hal tersebut, juga berlaku divirtual career fair.Hanya perbedaannya, proses kualifikasi secara virtual ini tidak perlu melalui keadaan yang saling berdesakan antar pelamar kerja. Jadi, proses pencarian kerja divirtualcareer fairini akan lebih mudah, terarah, dan efektif.

  • Meminimalisir rasa gugup

Perasaan gugup biasanya hadir saat kita akan melamar pekerjaan di sebuah perusahaan, apalagi di tahapinterviewkerja. Tidak jarang, rasa gugup ini menjadi rintangan bagi para pelamar kerja dalam proses pencarian pekerjaan. Jika kamu tidak dapat mengontrol rasa gugup tersebut, maka bisa mengacaukan pikiran saat menjawab pertanyaan wawancara kerja yang bisa berujung gagal.Virtual career fairdapat meminimalisir rasa gugup tersebut karena kamu tidak perlu bertemu secara langsung.

  • Menghemat biaya dan waktu

Jika kita datang ke bursa kerjaoffline, kita harus menyiapkan waktu dan biaya akomodasi perjalanan, serta penginapan di kota tempat bursa kerja diadakan jika kita dari luar kota. Namun, dengan adanya bursa kerja virtual ini, setidaknya kita dapat menghemat waktu dan biaya tersebut. Kita hanya perlu menyiapkan biaya untuk kuota internet demi kelancaran pada saat mengikuti bursa kerja virtual.

  • Jaringan perusahaan lebih luas

Padajob fairatau bursa kerja yang dilakukan secara offline, biasanya perusahaan yang membuka lowongan kerja di acara tersebut hanya perusahaan yang berada di sekitar lokasi itu saja. Misalnya, jikajob fairdiadakan di Jakarta, maka hanya perusahaan sekitar Jakarta saja yang membuka lowongan di acara tersebut.

Hal ini berbeda denganvirtual career fairatau bursa kerja virtual. Dengan sistem online, memungkinkan banyak perusahaan dari berbagai tempat untuk membuka lowongan kerja di acara bursa kerja virtual. Dengan begitu, pilihan perusahaannya akan jauh lebih banyak dengan latar belakang beragam dari berbagai tempat.

Tips sukses mengikuti pameran kerja virtual

Mendapatkan pekerjaan menjadi sebuah harapan besar bagi setiap pelamar kerja. Bagi kamu yang ingin sukses di pameran kerja virtual sampai bisa melewati tahap interview kerja, kamu bisa coba tips berikut ini:

1. Pilih platformvirtual career fairyang terpercaya

Kamu perlu berhati-hati dalam memilih platform untuk mengikutivirtual career fairagar terhindar dari kasus penipuan yang menjebak para pencari kerja. Cari tahu informasi mengenai platform-platform yang biasa memberikan informasi mengenai lowongan kerja yang terpercaya. Misalnya seperti Tech Virtual Career Fair dari TIA x JobStreet.

Dengan membuat akun JobStreet, kamu bisa mendaftarkan diri untuk mengikuti kegiatan ini. Melalui ini, jika kamu memutuskan untuk melamar pekerjaan, kredibilitas mengenai data diri, pencapaian, hingga motivasi kariermu dapat secara otomatis diakses oleh pihak perekrut.

2. Persiapkan CV dan dokumen dengan baik

Curriculum Vitae (CV) menjadi hal yang esensial dalam proses melamar pekerjaan di setiap perusahaan. Melalui CV, perusahaan akan memfilter para kandidat yang sesuai dengan kriteria perusahaan tersebut. Maka dari itu, penting untuk kamu mempersiapkan CV ter-update.

Selain CV, jangan lupa siapkan juga dokumen penting seperti ijazah kelulusan, daftar nilai, pas foto, KTP, dan sertifikat–jika ada, dalam bentuksoft copy.Semua ini dapat kamu sertakan secara mudah hanya dengan memperbarui profil JobStreet, lho!

3. Cari tahu perusahaan yang akan hadir

Melakukan riset mengenai perusahaan yang akan menghadirivirtual career fairadalah hal yang penting. Kamu perlu mencari tahu latar belakang perusahaan-perusahaan yang masuklistbursa kerja virtual agar kamu dapat mengerti tentang perusahaan tersebut. Dengan begitu, kamu akan lebih menguasai tanya-jawab ketika kamu berhasil memasuki tahapinterviewkerja dari lowongan Virtual Career Fair nantinya.

Selain itu, agar persiapan semakin matang,kamu juga bisa berlatih untuk berbicara dan menjawab ketika wawancara virtual melalui fitur Simulasi Wawancara dari JobStreet, lho.

4. Pastikan perangkat memadai

Sebelum mengikutivirtual career fair, kamu perlu memastikan terlebih dahulu kalau perangkat yang kamu gunakan sudah memadai. Hal ini perlu kamu persiapkan demi kelancaran saat mengikuti kegiatan. Mengecek kesiapan perangkat menjadi sangat penting karena kalau ada kendala, maka kamu bisa kehilangan kesempatan untuk mendapatkan pekerjaan. Karena itu, pastikan untuk mengecek gawai dan jaringan internet yang akan kamu pakai nanti, ya!

Itu dia penjelasan mengenai keuntungan dan tips sukses mengikuti pameran bursa kerja virtual. Tunggu apa lagi? Segera perbarui profil JobStreetmu dan hadiri Virtual Career Fair Tech In Asia x JobStreet. Jangan sampai ketinggalan peluang karier yang akan meningkatkan potensimu, ya!

Untuk informasi lanjutan mengenai tips hybrid working, menghadapi tahap wawancara, hingga info terkini tentang gaji di berbagai industri, kunjungilah laman Tips Karier kami. Dapatkan juga akses lebih praktis dengan mengunduh aplikasi JobStreet melalui Google Play Store dan Apple App Store.

Di JobStreet kami selalu berupaya mengantarkan pekerjaan yang bernilai untuk Anda. Sebagai Partner Karier, kami berkomitmen membantu pencari kerja menemukan passion dan tujuan dalam setiap langkah karier. Sebagai Partner Talent nomor 1 di Asia, kami menghubungkan perusahaan dengan kandidat tepat yang dapat memberikan dampak positif dan berkualitas kepada perusahaan.

Temukan pekerjaan yang bernilai untuk Anda. Kunjungi JobStreet hari ini.

Tentang SEEK Asia

SEEK Asia, gabungan dari dua merek ternama Jobstreet dan jobsDB, adalah portal lowongan pekerjaan terkemuka dan destinasi pilihan untuk pencari dan pemberi kerja di Asia. Kehadiran SEEK Asia menjangkau 7 negara yaitu Hong Kong, Indonesia, Malaysia, Singapura, Thailand, Filipina dan Vietnam. SEEK Asia adalah bagian dari SEEK Limited Company terdaftar di Bursa Efek Australia, portal lowongan pekerjaan terbesar di dunia berdasarkan kapitalisasi pasar. SEEK Asia dikunjungi lebih dari 400 juta kali dalam setahun.

Tentang SEEK Limited

SEEK adalah grup perusahaan yang beragam, dengan portofolio yang kuat  yang mencakup usaha lowongan pekerjaan daring , pendidikan, komersial dan relawan. SEEK hadir secara global (termasuk di Australia, Selandia Baru, Cina, Hong Kong, Asia Tenggara, Brazil dan Meksiko), yang menjangkau lebih dari 2,9 miliar orang dan sekitar 27 persen PDB global. SEEK memberikan kontribusi positif kepada orang-orang dalam skala global. SEEK terdaftar dalam Bursa Efek Australia, yang menempatkannya sebagai 100 perusahaan teratas dan telah diperingkat sebagai 20 Perusahaan Paling Inovatif oleh Forbes.

More from this category: Melamar pekerjaan

Telusuri istilah pencarian teratas

Tahukah Anda bahwa banyak kandidat yang menyiapkan resume dan meneliti suatu industri dengan menjelajahi istilah pencarian teratas?

Jelajahi topik terkait

Pilih bidang minat untuk menelusuri karier terkait.

Berlangganan Panduan Karir

Dapatkan saran karier dari ahli yang dikirimkan ke kotak masuk Anda.
Anda dapat membatalkan email kapan saja. Dengan mengklik 'berlangganan', Anda menyetujui Pernyataan Privasi Jobstreet.