Tugas Sales Manager dan Skill yang Harus Dimiliki Agar Karir Cemerlang

Tugas Sales Manager dan Skill yang Harus Dimiliki Agar Karir Cemerlang
Jobstreet tim kontendiperbarui pada 25 October, 2022
Share

Setiap perusahaan pasti memiliki target penjualan atau pencapaian. Untuk mencapai target tersebut, penting bagi perusahaan untuk membuat produk barang atau jasa mereka dikenal oleh market. Namun, yang paling penting adalah mempertemukan barang dan jasa tersebut ke calon pembeli yang tepat, sesuai dengan kebutuhan mereka.

Di sini lah tugas Sales Manager berperan untuk memaksimalkan staff sales di bawah kepemimpinannya agar dapat menarik pelanggan yang menemukan produk yang dan berujung mencapai target penjualan perusahaan.

Tertarik untuk meniti karir sebagai Sales Manager ? Yuk pelajari dulu seluk beluk profesi ini lewat artikel berikut!

Berapa Gaji Sales Manager?

Jika kamu saat ini berkarir di bidang sales dan ingin meneruskan karir ke Sales Manager, maka gaji yang bisa kamu dapatkan bisa beragam. Hal ini karena gaji Sales Manager dipengaruhi faktor seperti di bidang apa sebuah perusahaan bergerak, nilai insentif dari target produk yang berhasil dicapai, hingga di kota mana kamu bekerja.

Namun, pada dasarnya gaji Sales Manager di kota seperti Jabodetabek dan sekitarnya dapat berkisar dari Rp5.000.000 hingga 18.000.000, dengan rata-rata gaji sekitar Rp9,000,000. Angka tersebut hanyalah kisaran gaji pokoknya.

Biasanya, sales akan mendapatkan insentif dari hasil penjualan sebesar 3-5% dari target atau harga barang dan jasa yang dijual, tergantung kebijakan perusahaan. Selain itu, ada juga perusahaan yang menerapkan skema di mana persentase insentif diambil dari totalrevenueper bulan atau per kuartal.

Soft Skillsuntuk Sales Manager

Tugas Sales Manager adalah memastikan bahwa target penjualan timnya tercapai. Selain itu, seorang Sales Manager juga harus menjaga performa timnya dan memastikan setiap individu bekerja dengan optimal. Untuk menjadi seorang Sales Manager, ada beberapasoft skillsyang perlu dimiliki.

Beberapa di antarnya mungkin sudah harus kamu miliki di level junior atau sebelum menjadi Sales Manager. Namun ketika menjadi Sales Manager,skilltersebut perlu dipertajam dan ditambahkan denganskill setlainnya juga. Berikut adalahsoft skillsyang perlu dimiliki seorang Sales Manager

  • Kemampuan organisasi

Kegiatansalesmerupakan proses yang cukup panjang, dari mulai penawaran hingga transaksi dilakukan. Proses ini sering melibatkan negosiasi, koordinasi dengan berbagai pihak, penyusunantimeline,dan dokumen-dokumen penting terkait penjualan.

Sebagai contoh, jika ada dokumen yang hilang atau jadwal yang terlewat, bisa saja proses produksi atau pengadaan barang menjadi terhambat dan meleset daritimeline. Karena itulah, seorang Sales Manager harus bisa mengatur waktu, jadwal, dan hasil diskusi dengan baik agar tidak terjadi kesalahan dalam proses penjualan.

  • Kemampuan delegasi

Ketika menjadi Sales Manager, kamu bukan hanya mengurus pekerjaan diri sendiri, tapi memperhatikan pekerjaan tim secara keseluruhan. Karena itu, seorang Sales Manager harus bisa mendelegasikan tugas ke anggota timnya sesuai porsi yang tepat.

Dalam proses ini, Sales Manager juga harus mengenal dengan baik anggota timnya agar pendelegasian bisa lebih sesuai dan memiliki kepercayaan untuk melepas tugas tertentu ke anggota tim.

  • Kepemimpinan

Di posisi Sales Manager, tentunya kamu akan memiliki tim yang akan dikelola yang berisi Sales Executive atau pun Senior Sales Executive. Anggota tim kamu bisa saja datang dari latar belakang yang berbeda, dengan kepribadian dan cara kerja yang berbeda pula.

Di sini lah seorang Sales Manager harus menerapkanskill leadershipdengan baik. Hal ini bisa terlihat dari cara seorang Sales Manager mendengarkan kebutuhan timnya, membagi tanggung jawab dengan baik, peduli terhadap perkembangan individu tim, dan menuntun tim dalam pemecahan masalah.

  • Kemampuan negosiasi

Seorang sales sejatinya memang harus memiliki kemampuan negosiasi dalam proses jual-beli. Ketika berdiskusi dengan calon konsumen, tentunya sales ingin meyakinkan konsumen bahwa harga dan barang yang diberikan adalah penawaran terbaik.

Namun, tugas Sales Manager dalam negosiasi bukan hanya kepada pembeli, tapi juga kepada tim internal kantor yang bersinggungan, misalnya tim produksi atau tim kreatif. Sales Manager harus bisa bernegosiasi dengan tim tersebut jika tim sales membutuhkan bantuan terkait keperluan klien, sambil juga memahamiloadkerja tim internal.

Hard Skills untuk Sales Manager

Selainsoft skills,Sales Manager juga perlu memilikihard skills yang akan diterapkan dalam proses penjualan dan juga manajemen tim.

  • Pemahaman produk danpolicy

Bahkan sebelum menjadi Sales Manager, seorang seseorang yang bekerja di bidang sales memang sudah harus memiliki pemahaman yang baik terhadap produk yang ingin dijual serta ketentuannya. Bukan hanya soal produknya, tetapi juga siapa yang cocok atau membutuhkan produk tersebut.

Ketika menjadi Sales Manager, pemahaman ini bukan hanya digunakan untuk diri sendiri saja, tapi juga untuk menuntun tim dalam menyusun strategi untuk mencapai target penjualan.

Karena itu, bisa saja produk yang perlu dipahami lebih beragam dan bukan satu jenis saja. Dengan pemahaman ini, Sales Manager juga siap menjadi acuan bagi timnya jika membutuhkan penjelasan terkait peraturan penjualan.

  • Pemahaman proses penjualan

Seorang Sales Manager harus memahami dengan baik setiap proses penjualan, mulai dari mulai riset pasar, menemukan prospek konsumen, menjalani proses negosiasi, hingga terjadi kesepakatan jual beli. Dengan memahami hal ini dan apa saja masalah yang mungkin timbul di prosesnya, Sales Manager bisa memastikan target penjualan tercapai. Dengan pengalamannya, Sales Manager juga bisa membantu anggota tim yang membutuhkan calon konsumen yang dapat diprospek.

  • Komunikasi efektif

Sebagai pihak yang menjembatani antara perusahaan dan konsumen/klien, sales harus memiliki kemampuan berkomunikasi. Sering kali sales juga perlu menyesuaikan cara berkomunikasi sesuai profil klien yang berbeda-beda.Selain komunikasi dengan konsumen atau klien, sales juga akan sering berkomunikasi dengan tim internal di kantor.

Sales Manager perlu memastikan bahwa anggota timnya dapat berkomunikasi dengan baik dan efektif. Berkomunikasi dengan baik bukan berarti harus selalu mengadakanmeeting.Justru, dengan Sales Manager yang mampu berkomunikasi dengan efektif, anggota tim dapat terhindar darimeetingberulang yang tidak perlu.

  • Analisis tren dan market

Tujuan akhir dari sales adalah pemenuhan target. Namun, untuk mencapai hal itu, tim sales sebaiknya memiliki pemahaman terhadap tren di industri perusahaan agar bisa memberikan solusi yang paling tepat untuk konsumen. Selain itu, tugas Sales Manager adalah melakukan riset tentang harga yang berlaku di pasar.

Riset dari tren market ini bisa dijadikan bahan diskusi untuk menyusun strategi penjualan, harga, hingga diskon atau penawaran agar produk yang dijual oleh perusahaan bisa bersaing dengan produk lainnya.

Tips Mengembangkan Karir sebagai Sales Manager

Setelah mengetahui kemampuan yang perlu kamu miliki jika ingin menjadi Sales Manager, ini saatnya kamu mulai merencanakan karir dan menyusun strategi agar kamu semakin siap untuk naik ke level Sales Manager.

Perlu diingat bahwa pengalaman dan jam terbang adalah salah satu hal utama untuk dapat menjadi Sales Manager. Namun, kamu juga bisa memperhatikan hal-hal berikut saat merencanakan karir.

  • Menjadipeople-oriented

Salah satu tugas utama Sales Manager memang mengejar target penjualan, namun hal ini sebaiknya dicapai denganmindset yang tepat.Memenuhi target bukan berarti harus membohongi pembeli atau memoles kata-kata semata supaya produk segera terjual.

Kamu perlu ingat bahwa sangat penting untuk memberikan solusi terbaik untuk klien atau konsumen. Dengan begitu, kamu bisa menumbuhkan rasa kepercayaan dan tidak menutup kemungkinan klien tersebut akanrepeat order. Dari sini, kinerja kamu juga bisa terlihat menjanjikan untuk posisi Sales Manager.

  • Bersaing dengan sehat

Di tim kamu mungkin bukan cuma kamu yang ingin naik menjadi Sales Manager. Ini berarti kamu harus bersaing dengan orang tersebut untuk dipromosikan sebagai Sales Manager. Namun, bukan berarti kamu harus saling sikut atau menjatuhkan satu sama lain.

Tetaplah bekerja sama dengan solid dengan teman satu tim. Jika memungkinkan, tetaplah bantu rekanmu sesuai kemampuanmu. Dengan begitu, kamu juga bisa menunjukkan bahwa kamu memiliki potensi sebagai Sales Manager, yaitu peduli dengan tim dan bukan cuma diri sendiri saja.

  • Perluas koneksi

Hampir setiap industri memiliki pekerjaan sales, sehingga cakupan bisa sales cukup luas, mulai dari sales retail, sales korporat, sales konsultan, dan lain-lain.Selama berkarir sebagai sales, sebisa mungkin bangunlah koneksi dengan sales dan klien dari berbagai perusahaan, sehingga kamu bisa menjadi Sales Manager yangresourceful.

Koneksi ini nantinya bisa berguna jika perusahaanmu membutuhkan koneksi tertentu. Tidak menutup kemungkinan, dengan memperluas koneksi, kamu diberikan tawaran untuk menjadi Sales Manager dari salah satu kenalanmu.

  • Mengasahskill

Setelah mengetahuiskillyang diperlukan, ini waktunya untuk mengasahskill-mu agar semakin siap menjadi Sales Manager yang andal. Luangkanlah waktu di sela kesibukan untuk mempertajam lagi kemampuan yang kamu miliki atau bahkan belajar kemampuan baru.

Kabar baiknya, sekarang kamu bisaupskillingdi mana saja lewat SeekMAX di aplikasi JobStreet. Di sana kamu bisa mengakses berbagai video pembelajaran secara gratis. Terdapat juga konten-konten yang dikemas secara simpel dan menarik yang bisa mengasah kemampuan teknismu seperti tutorial penggunaan Excelsheetuntuk perhitungan dan pencatatan sales kamu.

  • Membangun hubungan baik terhadap konsumen

Ketika menjadi Sales Manager, membangun hubungan baik dengan berempati terhadap konsumen adalah nilai yang baik untuk dimiliki.Selain berusaha memahami kebutuhan konsumen/klien, sensitif terhadap keadaan klien juga penting.

Misalnya, sales perlu berempati untuk tidak menawarkan produk atau membahas bisnis ketika klien sedang berduka. Selain itu, akan menjadi nilai tambah jika seorang sales mengingat ulang tahun klien dan memberikan ucapan.

Beberapa sales bahkan juga diberikanbudgetuntuk meng-entertainklien seperti makan bersama sambilmeeting. Tentunya semua ini perlu dilakukan dengan porsi yang tepat dan sewajarnya

Itulah penjelasan mengenaisoft skillsdanhard skillsyang dibutuhkan seorangsalesdan tips untuk mengembangkan karir menjadi Sales Manager. Sekarang, waktunya untuk mulai cek dan melamar ke lowongan kerja Sales Manager di perusahaan impian kamu lewat JobStreet!

Perbarui juga profil JobStreet kamu denganskill-mu yang paling baru, atau kamu bisa memulai dengan mendaftar jika belum memiliki akun.

Temukan juga informasi berguna lainnya untuk pengembangan karir kamu di laman Tips Karir kami. Di sana, kamu akan menemukan berbagai tips seputar cara melamar kerja, jenjang karir dan bidang tertentu, serta tips-tips lainnya mengenai pekerjaan.

Jadi, tunggu apa lagi? Download aplikasi JobStreet di Google Play Store dan Apple App Store sekarang!

Di JobStreet kami selalu berupaya mengantarkan pekerjaan yang bernilai untuk Anda. Sebagai Partner karir, kami berkomitmen membantu pencari kerja menemukan passion dan tujuan dalam setiap langkah karir. Sebagai Partner Talent nomor 1 di Asia, kami menghubungkan perusahaan dengan kandidat tepat yang dapat memberikan dampak positif dan berkualitas kepada perusahaan.

Temukan pekerjaan yang bernilai untuk Anda. Kunjungi JobStreet hari ini.

Tentang SEEK Asia

SEEK Asia, gabungan dari dua merek ternama Jobstreet dan jobsDB, adalah portal lowongan pekerjaan terkemuka dan destinasi pilihan untuk pencari dan pemberi kerja di Asia. Kehadiran SEEK Asia menjangkau 7 negara yaitu Hong Kong, Indonesia, Malaysia, Singapura, Thailand, Filipina dan Vietnam. SEEK Asia adalah bagian dari SEEK Limited Company terdaftar di Bursa Efek Australia, portal lowongan pekerjaan terbesar di dunia berdasarkan kapitalisasi pasar. SEEK Asia dikunjungi lebih dari 400 juta kali dalam setahun.

Tentang SEEK Limited

SEEK adalah grup perusahaan yang beragam, dengan portofolio yang kuat  yang mencakup usaha lowongan pekerjaan daring , pendidikan, komersial dan relawan. SEEK hadir secara global (termasuk di Australia, Selandia Baru, Cina, Hong Kong, Asia Tenggara, Brazil dan Meksiko), yang menjangkau lebih dari 2,9 miliar orang dan sekitar 27 persen PDB global. SEEK memberikan kontribusi positif kepada orang-orang dalam skala global. SEEK terdaftar dalam Bursa Efek Australia, yang menempatkannya sebagai 100 perusahaan teratas dan telah diperingkat sebagai 20 Perusahaan Paling Inovatif oleh Forbes.

More from this category: Melamar pekerjaan

Telusuri istilah pencarian teratas

Tahukah Anda bahwa banyak kandidat yang menyiapkan resume dan meneliti suatu industri dengan menjelajahi istilah pencarian teratas?

Jelajahi topik terkait

Pilih bidang minat untuk menelusuri karier terkait.

Berlangganan Panduan Karir

Dapatkan saran karier dari ahli yang dikirimkan ke kotak masuk Anda.
Anda dapat membatalkan email kapan saja. Dengan mengklik 'berlangganan', Anda menyetujui Pernyataan Privasi Jobstreet.