Prospek kerja untuk bidang IT di Indonesia

Prospek kerja untuk bidang IT di Indonesia
Jobstreet tim kontendiperbarui pada 30 June, 2022
Share

Di era industri 4.0, tentu saja pekerjaan di bidang teknologi informasi atau IT sangat dibutuhkan. Pada era ini, hampir semua  bisnis menggunakan sistem daring agar bisa berkompetisi dan berkembang. Maka dari itu, istilah-istilah sepertibig data,cloud computing, danmachine learningsudah banyak didengar masyarakat di era ini. Jika kamu mendalami bidang teknologi informasi, atau berkuliah di  jurusan tersebut, prospek kerja ini sedang berkembang dan bisa menjadi pertimbangan untukmu untuk menentukan profesi yang akan kamu pilih.

  • IT Programmer

Setiap saat kita butuh bantuan perangkat berbasis komputer untuk beraktivitas, contohnya ponsel, laptop, jam pintar, dan lainnya. Nah, ketika mengembangkan sebuahsoftwareyang ada di dalam perangkat tersebut, seorangprogrammermelakukancodingagar fungsi-fungsi task di dalamnya berjalan dengan baik. Melalui coding, seorang programmer bisa membuatvideo game, situs web, dan aplikasi ponsel yang kini diperlukan oleh perusahaan untuk memperkuatbranding-nya.

Untuk menjadi seorang programmer, kamu tentunya harus mahir melakukancodingmelalui berbagai bahasa pemrograman seperti; Phyton, Java, dan JavaScript, mengoperasikan komputer dan sistemnya, dan menganalisis data. Berbagai skill tersebut kemudian didukung oleh kemampuan berkomunikasi, menganalisis, mengatur waktu yang baik. Kamu bisa kunjungi laman ini untuk melihat lokerprogammerdi JobStreet.

  • Web Developer

Saat ini, hampir semua perusahaan bersaing memiliki situs web untuk menghadirkan profil perusahaan, mempromosikan, bahkan menjual produk mereka. Jika kamu mengembangkan situs web, bekerja sebagaiweb developerjuga merupakan salah satu prospek yang menjanjikan. Web developer dibagi ranahnya menjadi tiga, yaknifront-end developer,back-end developer danfull-stack developer.

Front-end developerbertanggung jawab pada tampilan depan situs web,back-endpada infrastrukturnya seperti server dan database, danfull-stack developerbertanggung jawab pada keduanya. Memiliki kemampuan dalam mengoperasikan HTML/CSL, JavaScript,testing,debuggingdan menganalisis dengan baik akan sangat mendukung untuk bekerja sebagai web developer. Untuk melihat lokerweb developerdi JobStreet, kamu bisa kunjungi laman ini.

  • IT Support

Di hampir semua industri, karyawan maupunuser-nya pasti mengoperasikan komputer. Seorang IT support ini yang bertugas memastikan bahwa sistemnya berjalan dengan baik. Selain itu juga, IT support memiliki tanggung jawab untuk memelihara perangkat-perangkat yang ada sehingga dapat berfungsi dengan baik. Kemampuan yang dibutuhkan untuk menjadi IT support yakni mahir mengoperasikan perangkat lunak, perangkat keras, dan sistem jaringan serta melakukan proses perbaikan jika terdapat kerusakan.

Karena seorang IT support harus dapat menyelesaikan permasalahan di saat yang hampir bersamaan, kamu juga tidak hanya diharapkan mahir dalam problem solving tetapi juga dalammultitasking. Adanya profesi IT support memungkinkan pekerjaan dalam segala industri berjalan dengan lancar. Jika kamu tertarik, kamu bisa mengunjungi JobStreet untuk tahu loker IT support yang tersedia.

  • Java Developer

Sebelumnya kita sudah membahas salah satu bahasa pemrograman yakni Java. Java merupakan salah satu bahasa pemrograman yang cukup populer saat ini karena selain bisa dioperasikan dengan ponsel, membuat situs web, danvideo game, Java juga dapat digunakan untuk memprogram aplikasi di lebih dari satu sistem operasi. Kemampuan ini membuat Java menjadi salah satu bahasa pemrograman yang unggul sehingga minat terhadap pekerjaanJava developertinggi.

Untuk menjadi seorangJava developer, kamu diharapkan menguasai bahasa pemrograman Java mulai dari tingkat dasar hingga lanjutan. Selain itu, hasil akhir dari pengembangan produk juga akan sangat dipertimbangkan. Untuk itu, tidak hanya pengetahuan, namun pengalaman juga dibutuhkan. Di JobStreet, ada lokerJava developeryang bisa kamu lihat. Klik laman ini untuk segera melihatnya!

  • Android Developer

Android developer merupakan profesi yang bertanggung jawab atas pengembangan aplikasi yang digunakan di sistem Android. Di Indonesia khususnya, Android menjadi salah satu sistem operasi yang palin banyak digunakan. Fenomena ini membuat aplikasi Android tinggi permintaan karena target pasar perusahaan adalah para penggunanya.

Ketika mengembangkan sebuah aplikasi berbasis Android, dibutuhkan skill mengoperasikan bahasa pemrograman Java, Kotlin, atau keduanya, mendesain dan membangun infrastruktur aplikasi, mengolah database, juga memahami Software Development Kits (SDK) Android dan eXtensible Markup Language XML. Skill-skill ini kemudian harus juga didukung oleh kemampuan berkomunikasi, dan kerja sama tim yang baik. Kamu tertarik? Jika ya, kamu bisa mengunjungi JobStreet untuk melihat loker Android developer yang tersedia.

  • Business Analyst

Dalam melakukan bisnis di era serba teknologi informasi, seorangbusiness analystbertanggung jawab untuk melakukan analisis data terkait perkembangan teknologi saat ini dan mengaitkannya ke dalam perspektif bisnis. Hal ini berguna agar sebuah perusahaan dapat bersaing dengan memanfaatkan perkembangan teknologi, khususnyadatabase manager. Profesi sebagaibusiness analystmeliputi mengumpulkan, mengolah, menganalisis, dan mempresentasikan data-data yang terkumpul.

Hasil dari data ini kemudian akan menjadi sumber informasi bagi perusahaan untuk menjadi pertimbangan pengambilan keputusan seperti menilai kelayakan proyek, kemungkinan yang terjadi, dan lainnya. Seorang business analyst harus dapat menguasai setidaknya programdatabase managerdan ilmu bisnis. Kemampuanbusiness analystperlu dilengkapi dengan mengobservasi, dan menyelesaikan masalah. Jika profesi ini sesuai denganmu, kamu bisa mengunjungi JobStreet untuk melihat lokerbusiness analyst yang tersedia.

Berbagai prospek kerja teknologi informasi di atas bisa menjadi pilihan untukmu. Jangan khawatir, jika kamu bukan lulusan dari jurusan IT kamu juga bisa memiliki kesempatan. Kamu bisa membuat portofolio yang baik dan menunjukkan minat besarmu dalam bidang ini.

Agar menjadi kandidat yang relevan, kamu bisa terus mempelajari perkembangan teknologi informasi yang terus berkembang. Maka dari itu, segera perbarui CV di profil JobStreet -mu dan pasang tagar #LangsungKerja agar berbagai perusahaan melirikmu.

Jika kamu ingin melihat informasi dan tips kerja lainnya, kunjungi laman Tips Karier di situs JobStreet atau unduh aplikasinya di Google Play Store atau Apple App Store.

Tentang SEEK Asia

SEEK Asia , gabungan dari dua merek ternama Jobstreet dan jobsDB, adalah portal lowongan pekerjaan terkemuka dan destinasi pilihan untuk pencari dan pemberi kerja di Asia. Kehadiran SEEK Asia menjangkau 7 negara yaitu Hong Kong, Indonesia, Malaysia, Singapura, Thailand, Filipina dan Vietnam. SEEK Asia adalah bagian dari SEEK Limited Company terdaftar di Bursa Efek Australia, portal lowongan pekerjaan terbesar di dunia berdasarkan kapitalisasi pasar. SEEK Asia dikunjungi lebih dari 400 juta kali dalam setahun.

Tentang SEEK Limited

SEEK adalah grup perusahaan yang beragam, dengan portofolio yang kuat  yang mencakup usaha lowongan pekerjaan daring , pendidikan, komersial dan relawan. SEEK hadir secara global (termasuk di Australia, Selandia Baru, Cina, Hong Kong, Asia Tenggara, Brazil dan Meksiko), yang menjangkau lebih dari 2,9 miliar orang dan sekitar 27 persen PDB global. SEEK memberikan kontribusi positif kepada orang-orang dalam skala global. SEEK terdaftar dalam Bursa Efek Australia, yang menempatkannya sebagai 100 perusahaan teratas dan telah diperingkat sebagai 20 Perusahaan Paling Inovatif oleh Forbes.

More from this category: Tren gaji & profesi

Telusuri istilah pencarian teratas

Tahukah Anda bahwa banyak kandidat yang menyiapkan resume dan meneliti suatu industri dengan menjelajahi istilah pencarian teratas?

Jelajahi topik terkait

Pilih bidang minat untuk menelusuri karier terkait.

Berlangganan Panduan Karir

Dapatkan saran karier dari ahli yang dikirimkan ke kotak masuk Anda.
Anda dapat membatalkan email kapan saja. Dengan mengklik 'berlangganan', Anda menyetujui Pernyataan Privasi Jobstreet.