Pertanyaan yang Sering Diberikan dalam Wawancara Programmer

Pertanyaan yang Sering Diberikan dalam Wawancara Programmer
Jobstreet tim kontendiperbarui pada 30 June, 2022
Share

Apakah kamu seorangprogrammeryang sedang bersiap untuk panggilan wawancara kerja?

Kalau kamu baru memulai peruntungan sebagai junior programmer, mungkin kamu belum memiliki bayangan soal wawancara kerjanya. Kalau kamu sudah punya pengalaman profesional sebagai senior programmer, kamu mungkin butuh penyegaran untuk menghadapi wawancara kerja baru tahun ini.

Kami telah merangkum beberapa pertanyaan yang paling sering ditanyakan atau diuji dalam seleksiprogrammeruntuk level junior maupun senior.

Contoh Pertanyaan Non-Teknis dalam WawancaraProgrammer

  1. Apa tugas umum seorangprogrammer?

Meskipun terdengar sepele, pertanyaan ini mungkin saja ditanyakan oleh perekrut untuk menguji seberapa paham kamu tentang deskripsi kerja yang kamu lamar. Jawablah dengan singkat, padat, dan jelas sesuai pemahamanmu.

2. Apa saja bahasa pemrograman yang kamu kuasai?

Pastikan kamu menjawab dengan percaya diri dan sesuai dengan yang tertera di CV agar perekrut lebih yakin atas kredibilitasmu. Menguasai bahasa pemrograman yang sedang naik daun seperti C++, Go, atau Java dapat menjadi nilai plus dalam penilaian.

  1. Bagaimanametode analisis masalah yang kamu lakukan sebelum mengimplementasikan solusi dalam pemrograman?

Programmerpada dasarnya berperan memberikan solusi atas suatu masalah atau untuk mencapai misi yang ditargetkan melalui sebuah program. Dengan pertanyaan ini, perekrut ingin mengetahui kerangka pemikiran yang kamu terapkan saat bekerja nanti.

  1. Apakahkamu lebih nyaman mengerjakan pemrograman secara tandem atau personal?

Tidak ada jawaban yang benar atau salah untuk pertanyaan ini. Perekrut hanya ingin tahu tipe kerja sama yang kamu miliki. Jawablah dengan jujur berdasarkan pengalamanmu selama ini agar pengalaman kerjamu nantinya juga sesuai dengan yang kamu harapkan.

  1. Apakahcontoh tantangan terberat yang pernah kamu selesaikan dalam pemrograman?

Kamu pernah membangun aplikasi sederhana dengantoolsseadanya? Atau, pernah ikut proyek sukarela untuk misi tertentu? Jabarkan pengalaman yang berharga bagimu dan tunjukkan bahwa kamu mampu bekerja di bawah berbagai tantangan.

6. Pentingkah sertifikasi dan pelatihan bagimu sebagai seorangprogrammer?

Adaprogrammeryang menempuh jalur otodidak. Ada juga yang memilih menimba ilmu di pelatihan. Manapun jalur yang kamu pilih, ceritakan preferensimu pada perekrut agar mereka mengerti dari jalur mana kamu berasal dan ke mana orientasimu di masa depan.

7. Adakah ilmu pemrograman yang ingin kamu pelajari dalam waktu dekat?

Jawabanmu atas pertanyaan ini akan mencerminkan semangat untuk belajar. Memiliki profesi di dunia IT, apalagi sebagaiprogrammer,kamu dituntut untuk terus belajar dan menambah pengalaman. Semangat atau tidaknya kamu untuk beradaptasi bisa jadi pertimbangan oleh perekrut.

Contoh Pertanyaan Teknis dalam WawancaraProgrammer

  1. Dalam bahasa pemrograman yang kamu kuasai, untuk melihat hasil dari program yang dikerjakan tekan tombol apa?

Pertanyaan dalam konteks struktur data ini akan mengarah ke jawaban yang menunjukkan kemampuan navigasi si kandidat di layarcoding. Nah, jawabannya pasti sudah di luar kepala, kan? Jika kamu belum yakin atas jawabanmu, boleh kok mulai riset ulang sebelum wawancara!

2. Bagaimana cara mencari elemen yang terduplikasi dalam integer larik/array?

Lagi-lagi ini soal efisiensi bekerja. Masing-masing bahasa pemrograman mungkin punya langkah spesifiknya sendiri. Bahkan di satu bahasa, Java misalnya, setidaknya ada 3 cara mencari duplikasi dalamarray. Jika kamu tahu ketiga caranya, jangan ragu untuk menjabarkan semua.

3. Bagaimana cara mencari permutasi dalamstring?

Menjelaskan cara menemukan permutasi dalamstringmenjadi penting untuk menunjukkan cara kamu menyelesaikan masalah dengan algoritmabacktracking. Jika tes ini dalam bentuk esai, gambarkan pula contohrecursion treedaristringtersebut untuk menyokong jawabanmu secara visual.

4. Bagaimana cara menentukan panjang sebuahlinked listtunggal?

Ada solusi yang bisa kamu tawarkan dalam dua metode, yaitu rekursif dan iterasi. Jika kamu sudah percaya diri dengan kedua metode tersebut, jabarkanlah dalam jawabanmu. Kamu berpotensi meraih nilai baik dalam asesmen jika memiliki wawasan metode dan teknik yang bervariasi.

5. Apa peranBinary Search Tree(BST) dalam struktur data?

Pastikan kamu tidak hanya menjelaskan definisitreeini, tetapi juga menjabarkan peran fundamentalnya dalam struktur data. Jabarkan secara mendetail fungsi BST ketika menyimpan struktur data yang abstrak. Semakin dalam penjelasanmu akan fungsi dan turunannya, dijamin si perekrut semakin yakin akan kompetensimu.

6. Apa kepanjangan dari akronim WYSIWYG? Apa manfaatnya dalam proses pemrograman?

Sebuah akronim bisa saja ditanyakan karena sehari-hari dipakai oleh timprogrammingdi perusahaan tersebut. Dalam konteks WYSIWYG, atauWhat You See Is What You Get, jelaskan pula manfaatnya kepada si perekrut dalam proses pemrograman, misalnya saat mengerjakanuser interfaceuntuk proyekwebsite.

7. Demonstrasikan contohcodingdengan bahasa pemrograman yang kamu kuasai!

Hal ini umum diujikan karena perekrut ingin melihat penguasaan teknismu secara langsung. Sebaiknya kamu membuat demonstrasi dari contoh kasus perusahaan yang sedang kamu lamar tersebut. Dengan begitu, perekrut akan lebih mudah melihat pemahamanmu dalam konteks perusahaan.

Nah, itu dia kisi-kisi yang sering diuji dan ditanyakan dalam wawancaraprogrammer.Jika kamu sedang mencari peluang sebagai programmer, pastikan kamu dilirik para perekrut. Caranya adalah dengan memasang resumemu di profil JobStreet. Jika kamu sudah punya profil JobStreet,updateterusskilldan pengalaman terbarumu agar perekrut terkesan.

Selamat bersiap untuk wawancara!

Tentang SEEK Asia

SEEK Asia , gabungan dari dua merek ternama Jobstreet dan jobsDB, adalah portal lowongan pekerjaan terkemuka dan destinasi pilihan untuk pencari dan pemberi kerja di Asia. Kehadiran SEEK Asia menjangkau 7 negara yaitu Hong Kong, Indonesia, Malaysia, Singapura, Thailand, Filipina dan Vietnam. SEEK Asia adalah bagian dari SEEK Limited Company terdaftar di Bursa Efek Australia, portal lowongan pekerjaan terbesar di dunia berdasarkan kapitalisasi pasar. SEEK Asia dikunjungi lebih dari 400 juta kali dalam setahun.

Tentang SEEK Limited

SEEK adalah grup perusahaan yang beragam, dengan portofolio yang kuat  yang mencakup usaha lowongan pekerjaan daring , pendidikan, komersial dan relawan. SEEK hadir secara global (termasuk di Australia, Selandia Baru, Cina, Hong Kong, Asia Tenggara, Brazil dan Meksiko), yang menjangkau lebih dari 2,9 miliar orang dan sekitar 27 persen PDB global. SEEK memberikan kontribusi positif kepada orang-orang dalam skala global. SEEK terdaftar dalam Bursa Efek Australia, yang menempatkannya sebagai 100 perusahaan teratas dan telah diperingkat sebagai 20 Perusahaan Paling Inovatif oleh Forbes.

More from this category: Interview pekerjaan

Telusuri istilah pencarian teratas

Tahukah Anda bahwa banyak kandidat yang menyiapkan resume dan meneliti suatu industri dengan menjelajahi istilah pencarian teratas?

Jelajahi topik terkait

Pilih bidang minat untuk menelusuri karier terkait.

Berlangganan Panduan Karir

Dapatkan saran karier dari ahli yang dikirimkan ke kotak masuk Anda.
Anda dapat membatalkan email kapan saja. Dengan mengklik 'berlangganan', Anda menyetujui Pernyataan Privasi Jobstreet.