Pertanyaan Wawancara Kerja dalam Bahasa Inggris dan Cara Menjawabnya

Pertanyaan Wawancara Kerja dalam Bahasa Inggris dan Cara Menjawabnya
Jobstreet tim kontendiperbarui pada 30 June, 2022
Share

Pertanyaan Wawancara Kerja dalam Bahasa Inggris

Wawancara kerja bisa jadi menegangkan, apalagi jika kamu harus berbicara dalam bahasa kedua atau ketiga. Selain menjual dan menonjolkan nilai yang bisa dibawa ke perusahaan, kamu juga harus menggunakan istilah bisnis yang tepat dengan perusahaan.

Apa yang bisa kamu lakukan untuk mengurangi rasa cemas saat wawancara dalam bahasa Inggris? Sama seperti hal lainnya dalam proses melamar pekerjaan, yang bisa kamu lakukan adalah mempersiapkan diri. Lakukan riset soal perusahaan dan tampilkan dirimu sebagai anggota ideal tim mereka. Cari tahu tips yang bisa kamu gunakan agar terlihat lebih percaya diri meskipun gugup. Berlatihlah menjawab pertanyaan sebaik mungkin baik itu untuk wawancara tatap muka atau daring.

Berikut delapan pertanyaan yang lazim ditanyakan saat wawancara dan tips cara menjawabnya.

1. Describe yourself in five words[Deskripsikan dirimu dalam lima kata]

Pertanyaan ini cukup menjebak karena kamu punya banyak pilihan untuk menjawabnya. Tipsnya, pilih lima kata yang menunjukkan bahwa kamu adalah pekerja yang memiliki kompetensi beragam. Tunjukkan bahwa kamu memiliki gabungan keterampilan dan sifat yang sesuai untuk pekerjaan sekaligus memperlihatkan kepribadianmu.

Contoh Jawaban:

I am driven, dependable, creative, organized, and results-oriented. I enjoy looking for new ways to achieve project milestones and collaborating with others to make that happen. I always push for the best results in my assigned tasks. I suppose that’s because I take pride in my work. It feels great to get a job done well.

[Saya orang yang termotivasi, dapat diandalkan, kreatif, rapi, dan berorientasi pada hasil. Saya senang mencari cara baru untuk mencapai tujuan projek dan berkolaborasi dengan rekan kerja untuk mewujudkannya. Saya selalu berusaha menghasilkan yang terbaik di setiap tugas yang diberikan. Itu karena saya bangga dengan pekerjaan saya. Sangat menyenangkan jika saya berhasil mengerjakannya dengan baik.]

2. Why do you want to work with us and what do you know about us? [Mengapa Anda ingin bekerja dengan kami dan apa yang Anda ketahui tentang kami?]

Riset yang mendalam adalah kunci keberhasilan menjawab pertanyaan ini. Sebelum menghadiri wawancara, kunjungi situs perusahaan dan baca informasi produk atau layanannya, nilai-nilai perusahaan, serta visi dan misi keseluruhan perusahaan.

Selain itu, cari tahu materi relevan lainnya seperti artikel berita dan siaran pers untuk mengetahui pencapaian terbaru mereka. Tunjukkan kepada perekrut bahwa kamu memiliki pengetahuan yang cukup soal perusahaan untuk membantunya menjadi lebih sukses.

Akan bermanfaat juga kalau kamu menunjukkan mengapa posisi ini adalah pekerjaan yang penting bagimu. Apakah posisi ini selaras dengan tujuan pekerjaan dan keahlianmu? Sampaikan dengan jujur dan sedetail mungkin ketika menyampaikan betapa pekerjaan dan perusahaan menyulut minat dan tujuan kerjamu. Tekankan juga bahwa kamu adalah karyawan yang berharga untuk tim mereka.

Contoh Jawaban:

You are a market leader because of your commitment to innovation and nation-building. I recently read in The Jakarta Post that you are launching a new line of products specifically for low-income markets. That product line will make a difference in people’s lives, and that’s the kind of endeavor that I feel passionate about and have the skills for.

[Perusahaan Anda adalah market leader karena komitmen perusahaan terhadap inovasi dan pembangunan bangsa. Saya baca di The Jakarta Post bahwa perusahaan saat ini sedang meluncurkan lini produk baru khusus untuk pasar berpenghasilan rendah. Lini produk tersebut akan mengubah kehidupan banyak orang. Sifat berusaha keras itulah yang memicu minat saya, dan saya punya keterampilan untuk hal itu.]

3. How would you describe your current work style? [Deskripsikan cara atau gaya Anda dalam bekerja]

Jadikan pertanyaan ini sebagai kesempatanmu untuk menekankan betapa kamu bisa bekerja dalam ekosistem perusahaan. Kamu lebih suka bekerja sendiri atau bersama tim? Apakah kamu terbuka bagi masukan dan saran dari anggota tim lain? Mampukah kamu bekerja dengan orang yang memiliki posisi lebih tinggi darimu? Jawablah dengan seimbang antara keterampilan untuk kerja mandiri dan tugas bersama.

Contoh Jawaban:

While I feel I have the skills and expertise for independent work, I also see the value of working with a team. My previous work experience has trained me to collaborate with employees of different levels and from various departments. Because of this, I think I would be a good fit for your company’s collaborative culture.

[Meskipun saya memiliki keterampilan dan keahlian untuk bekerja mandiri, saya juga senang bekerja dalam tim. Pengalaman kerja sebelumnya telah melatih saya untuk berkolaborasi dengan karyawan dari berbagai departemen dan tingkatan. Karenanya, saya cocok dengan budaya perusahaan yang kolaboratif ini.]

4. What kind of challenges have you experienced in your past or current job? [Tantangan apa yang telah Anda hadapi di pekerjaan sebelumnya atau pekerjaan saat ini?]

Jawablah pertanyaan ini dengan contoh kesulitan yang relevan dan kongkret yang tentunya sudah kamu atasi. Perluas jawabanmu dengan mengambil contoh yang sesuai dengan posisi dan kultur tempat kerjamu. Ketika melakukannya, tunjukkan kepada perekrut bahwa kamu bisa menangani stres dan kesulitan di tempat kerja dengan tenang.

Pertimbangkan untuk menggunakan metode CAR (Change, Action, Result) ketika memberikan jawaban yang substansial terhadap pertanyaan seperti ini. Utarakantantanganyang kamu hadapi dengan mendeskripsikan situasi kerjanya. Setelah itu, jelaskan tentangtindakanyang diambil danhasilatau dampak yang kamu raih dari tantangan tersebut.

Contoh Jawaban:

In my last position, I was tasked to increase sales in one of our key regions by 20%. I brought our digital marketing, IT, and sales teams together to create and launch a social media campaign that drove new customers to our website. As a result, the team was able to meet our new sales target.

[Di pekerjaan terakhir, saya ditugaskan untuk meningkatkan penjualan sebesar 20% di salah satu wilayah utama kami. Saya menggabungkan tim pemasaran digital, TI, dan penjualan untuk membuat dan meluncurkan kampanye media sosial yang menarik pelanggan baru ke situs kami. Hasilnya, tim kami berhasil meraih target penjualan baru.]

5. What are your strengths and weaknesses? [Apa kelebihan dan kekurangan Anda?]

Berbicara mengenai kelebihan, cobalah untuk menonjolkan sifat unik dirimu. Bicarakan tentang kombinasi keterampilan teknis dantransferable skills, khususnya yang sesuai dengan persyaratan kerja. Berbanggalah dengan apa yang kamu bisa lakukan, namun jangan sampai terlihat sombong.

Tidak ada salahnya berkata  jujur ketika berbicara mengenai kekurangan diri. Sebutkan satu keterampilan yang perlu kamu kembangkan dan sampaikan rencanamu dalam mengatasi kekurangan tersebut. Contohnya, jika kekuranganmu berbicara di depan umum, bahas tentang rencanamu mengambil kursuspublic speakinguntuk memperbaikinya.

Contoh Jawaban:

I focus on measurable results, and I feel that this is one of my biggest strengths. To run a creative team successfully and efficiently, you have to champion groundbreaking ideas, but I work on getting the numbers to support those proposed innovations.

I also recognize that my field has innovated quite a lot since I started. Digital marketing has taken the reins when it comes to reaching more consumers at the right time. I must admit that it is not my strongest suit. At least, not yet. To go beyond my basic knowledge of digital marketing, I'm currently taking my Master's Degree in Digital Marketing online.

[Saya fokus pada hasil yang terukur dan hal tersebut merupakan kelebihan utama saya. Untuk menjalankan tim kreatif dengan sukses dan efisien, kita harus memiliki ide-ide cemerlang, tetapi saya memerlukan statistik untuk mendukung inovasi yang diusulkan tersebut.

Saya juga sadar bahwa bidang yang saya tekuni telah berkembang pesat sejak saya pertama kali menekuninya. Pemasaran digital memegang kendali dalam hal meraih lebih banyak pelanggan di waktu yang tepat. Saya akui bahwa ini adalah bukan--atau tepatnya, belum--menjadi kelebihan saya. Untuk mengatasi terbatasnya pengetahuan dalam pemasaran digital, saya sedang menjalani S2 secara daring di bidang Pemasaran Digital saat ini.]

6. How do you handle pressure at work? [Bagaimana Anda menghadapi tekanan dalam pekerjaan?]

Perekrut ingin mengetahui seberapa baik performa kerjamu ketika berada di kondisi yang penuh tekanan. Berikan contoh konkret bagaimana kamu menghadapi stres di tempat kerja secara kompeten. Jika pengalaman kerja sebelumnya berkaitan dengan tenggat waktu yang padat, bicarakan bagaimana kamu tetap terorganisir dan mengelola waktu dengan baik. Jika kamu seorang manajer atau pemimpin tim, berikan contoh bagaimana kamu membantu karyawan lain ketika berhadapan dengan tenggat waktu.

Contoh Jawaban:

I’ve been in this industry for quite some time and I am all too familiar with how stressful it can be. As a leader, I’ve made it a habit to check in with my team members regularly. Letting them air their concerns or feelings not only helps ease the pressure. It's also an opportunity for us to troubleshoot the situation and come up with a better workflow process.

On a personal level, I’ve taken up yoga. It helps me start my day on a positive note--and end it on a calmer one if it's been a stressful workday.

[Saya sudah bekerja di industri ini cukup lama dan sudah biasa dengan betapa stresnya bekerja di industri ini. Sebagai seorang pemimpin, saya terbiasa akrab dengan anggota tim. Mendengarkan keluh kesah atau kekhawatiran mereka tidak hanya membantu meringankan tekanan yang dialami mereka. Hal tersebut juga merupakan kesempatan bagi kami untuk memecahkan masalah dan menciptakan proses alur kerja yang lebih baik.

Dari sisi personal, saya mulai melakukan yoga karena membantu saya memulai hari dengan semangat positif--dan mengakhirinya dengan lebih tenang jika hari kerja tersebut membuat saya stres.]

7. What are your long-term goals? [Apa tujuan jangka panjang Anda?]

Sebagian besar kandidat akan membicarakan tujuan umum kariernya saat menjawab pertanyaan ini. Untuk membedakan kamu dari kandidat lainnya, bingkai jawabanmu  dalam konteks kesempatan khusus yang ditawarkan perusahaan. Tunjukkan bahwa kamu telah merencanakan cara berkembang bersama perusahaan, baik sebagai karyawan maupun sebagai anggota yang berkontribusi kepada masyarakat.

Contoh Jawaban:

This company has always championed innovation, which is something I have always felt strongly about. In life and business, one has to keep looking ahead. You have to move forward while thinking of ways to improve your products or services in a way that meets emerging trends or changing consumer needs. The impact my career has on other people’s lives is important to me. My long-term goal is to ideate and develop products that will make a positive change in the lives of consumers.

[Perusahaan ini selalu mengutamakan inovasi, yaitu hal yang selalu saya utamakan. Dalam pekerjaan dan kehidupan, seseorang harus selalu melihat ke depan. Kita harus maju sambil memikirkan cara untuk memperbarui produk dan layanan yang sesuai dengan tren atau kebutuhan konsumen yang berubah. Penting bagi saya jika pekerjaan saya berdampak positif terhadap kehidupan orang lain. Tujuan jangka panjang saya adalah mencari ide dan mengembangkan produk yang akan berdampak positif terhadap kehidupan konsumen.]

8. Why should we hire you? [Mengapa kami perlu memilih Anda untuk pekerjaan ini?]

Biasanya ini adalah pertanyaan terakhir wawancara. Anggaplah pertanyaan ini sebagai kesempatan akhir untuk membedakan dirimu dari kandidat lainnya. Persiapkan diri dengan melihat kembali lowongan kerja tersebut dan perhatikan tanggung jawab utama posisinya. Simpulkan bahwa kamu memiliki keterampilan yang dibutuhkan untuk posisi tersebut, tegaskan minatmu terhadap pekerjaan tersebut, dan tunjukkan bahwa kamu bisa menjadi aset perusahaan.

Contoh Jawaban:

I understand that other candidates are also vying for this position. I think what would set me apart from them is my experience working with various departments and companies in our field. Leading cross-functional teams has sharpened my collaborative, communication, and analytical skills. It has allowed me to effectively manage employees with different work styles to achieve their tasks and goals. I feel that’s an asset for someone who would be in this high-level position.

[Saya mengerti kandidat lainnya juga mengincar posisi ini. Yang membedakan diri saya dari mereka adalah pengalaman kerja saya dengan berbagai departemen dan perusahaan di bidang ini. Memimpin tim lintas fungsi telah menajamkan keterampilan kolaboratif, komunikasi, serta analisis saya. Keterampilan tersebut membantu saya mengelola karyawan yang memiliki cara kerja berbeda dengan efektif untuk mencapai tugas dan tujuan mereka. Saya rasa hal tersebut adalah aset penting bagi seseorang untuk berada di posisi tinggi ini.]

Wawancara dapat membuka kesempatan kerja yang berarti bagimu. Entah itu wawancara dilakukan dalam bahasa Inggris atau bahasa ibu, kamu harus tetap percaya diri berhadapan dengan para perekrut. Terapkan pola pikir positif dan fokus terhadap tujuan saat menampilkan nilai lebih dirimu sebagai karyawan.

Apakah kamu siap untuk wawancara selanjutnya? Perbarui profil kamu dan mulai cari pekerjaan yang berarti. Jadikan JobStreet partner dalam membangun kariermu yang penuh denganpassion, tujuan, dan kesuksesan.

Untuk saran dan tips lebih lanjut, kunjungi Halaman Tips Karier kami.

Tentang SEEK Asia

SEEK Asia , gabungan dari dua merek ternama Jobstreet dan jobsDB, adalah portal lowongan pekerjaan terkemuka dan destinasi pilihan untuk pencari dan pemberi kerja di Asia. Kehadiran SEEK Asia menjangkau 7 negara yaitu Hong Kong, Indonesia, Malaysia, Singapura, Thailand, Filipina dan Vietnam. SEEK Asia adalah bagian dari SEEK Limited Company terdaftar di Bursa Efek Australia, portal lowongan pekerjaan terbesar di dunia berdasarkan kapitalisasi pasar. SEEK Asia dikunjungi lebih dari 400 juta kali dalam setahun.

Tentang SEEK Limited

SEEK adalah grup perusahaan yang beragam, dengan portofolio yang kuat  yang mencakup usaha lowongan pekerjaan daring , pendidikan, komersial dan relawan. SEEK hadir secara global (termasuk di Australia, Selandia Baru, Cina, Hong Kong, Asia Tenggara, Brazil dan Meksiko), yang menjangkau lebih dari 2,9 miliar orang dan sekitar 27 persen PDB global. SEEK memberikan kontribusi positif kepada orang-orang dalam skala global. SEEK terdaftar dalam Bursa Efek Australia, yang menempatkannya sebagai 100 perusahaan teratas dan telah diperingkat sebagai 20 Perusahaan Paling Inovatif oleh Forbes.

More from this category: Interview pekerjaan

Telusuri istilah pencarian teratas

Tahukah Anda bahwa banyak kandidat yang menyiapkan resume dan meneliti suatu industri dengan menjelajahi istilah pencarian teratas?

Jelajahi topik terkait

Pilih bidang minat untuk menelusuri karier terkait.

Berlangganan Panduan Karir

Dapatkan saran karier dari ahli yang dikirimkan ke kotak masuk Anda.
Anda dapat membatalkan email kapan saja. Dengan mengklik 'berlangganan', Anda menyetujui Pernyataan Privasi Jobstreet.