Kemampuan Lintas Bidang: Mengapa Anda Memerlukannya dan Bagaimana Anda Dapat Memanfaatkannya

Kemampuan Lintas Bidang: Mengapa Anda Memerlukannya dan Bagaimana Anda Dapat Memanfaatkannya
Jobstreet tim kontendiperbarui pada 30 June, 2022
Share

Dunia kerja sedang berubah, dan begitu juga kualifikasi yang dicari pemberi kerja..

Salah satu perubahan tersebut adalah bagaimana kemampuan lintas bidang — atau kemampuan nyata yang dapat Anda kembangkan dan gunakan dalam pekerjaan berbeda, telah menjadi bekal berharga untuk mendapatkan pekerjaan idaman atau untuk membantu Anda naik jabatan seperti pengalaman kerja. Kemampuan lintas bidang ini mencakupi kepemimpinan, pengelolaan, komunikasi, dan sejenisnya.

Kemampuan lintas bidang ini memberi ruang kepada para pencari kerja untuk mempertimbangkan berbagai peluang kerja yang tersedia dalam pencarian peluang kerja. Inilah alasan-alasan Anda harus lebih memperhatikan kemampuan lintas bidang yang Anda miliki.

Teknologi baru tengah mengubah lingkungan kerja.

Setiap hari, teknologi baru diproduksi dan digunakan dalam lingkungan kerja. Dengan adanya ini, kita dapat melihat pekerjaan-pekerjaan monoton dikerjakan oleh mesin secara otomatis.

Orang-orang yang dulunya memiliki pekerjaan monoton ini sekarang harus memilih antara pindah karir atau tidak bekerja sama sekali. Namun demikian, masih ada kemampuan manusia berharga yang tidak dapat ditiru oleh mesin.

Kemampuan lintas bidang seperti kreativitas, kepemimpinan, dan penyelesaian masalah adalah contoh-contoh kecil yang dapat Anda pelajari untuk beradaptasi dengan pasar kerja yang senantiasa berubah.

Kemampuan lintas bidang dapat berguna ketika terjun ke industri-industri baru.

Saat ledakan teknologi berlangsung di akhir tahun 90an, banyak peluang kerja baru terbuka. Suatu hal yang dimiliki bersama oleh semua orang, karena masa ini adalah masa yang baru, adalah tidak ada orang yang memiliki benar-benar pengalaman kerja di bidang tersebut.

Pencari kerja lalu menggunakan kemampuan lintas bidang mereka seperti berkomunikasi dengan rekan, berpikir secara analitis dalam memproses informasi baru, mendengar secara cermat untuk belajar dari ahli industri, dan kemampuan-kemampuan sosial lainnya.

Cara Anda dapat memanfaatkan kemampuan lintas bidang.

Setelah mengetahui pentingnya mengidentifikasi kemampuan-kemampuan ini, Anda mungkin penasaran bagaimana ini berlaku untuk Anda dan bagaimana Anda dapat memanfaatkannya.

Maksimalkan kemampuan-kemampuan ini dengan cara menyesuaikan resume Anda dengan peluang kerja yang dituju. Perhatikan uraian kerja dan keterampilan yang dibutuhkan, lalu sesuaikan dengan kemampuan lintas bidang Anda. Beri penekanan pada kemampuan yang Anda miliki dan keuntungan nyata yang dimiliki kemampuan lintas bidang Anda untuk jenis pekerjaan tersebut.

Terapkan pemikiran yang sama pada saat wawancara tatap muka. Bicaralah tentang pengalaman Anda yang menunjukkan betapa kemampuan lintas bidang Anda terbukti memiliki manfaat atau telah memberi efek positif bagi

hidup Anda.

Agar dapat beradaptasi dengan pasar kerja yang senantiasa berubah, Anda perlu memantau kecenderungan terkini sehubungan dengan kemampuan yang dicari pemberi kerja dari seorang pencari kerja. Dengan adanya otomatisasi pekerjaan sekarang, keterampilan manusia yang tidak dapat ditiru mesin adalah keterampilan yang perlu Anda asah. Keterampilan-keterampilan ini adalah keterampilan yang Anda dapatkan dari kerja nyata dan berbuah hasil positif.

Apakah Anda baru sadar akan suatu kemampuan lintas bidang yang Anda miliki? Perbarui profil JobStreet Anda di sini dan cantumkan #LangsungKerja ke profil Anda untuk memberitahu pemberi kerja bahwa Anda siap untuk kerja. Cari #KerjaBerarti di JobStreet dan kunjungi Pusat Lowongan dan Informasi Kerja kami.

Sebagai mitra setia untuk para perekrut dan kandidat kerja, JobStreet telah meluncurkan kampanye #MajuBersama, dengan susunan khusus Pusat Lowongan dan Informasi Pekerjaan COVID-19 untuk memberi arahan kepada badan usaha dan individu selama masa pandemi ini.

#MajuBersama, kita atasi tantangan.

More from this category: Melamar pekerjaan

Telusuri istilah pencarian teratas

Tahukah Anda bahwa banyak kandidat yang menyiapkan resume dan meneliti suatu industri dengan menjelajahi istilah pencarian teratas?

Jelajahi topik terkait

Pilih bidang minat untuk menelusuri karier terkait.

Berlangganan Panduan Karir

Dapatkan saran karier dari ahli yang dikirimkan ke kotak masuk Anda.
Anda dapat membatalkan email kapan saja. Dengan mengklik 'berlangganan', Anda menyetujui Pernyataan Privasi Jobstreet.