Pekan Komunikasi 2016: Shift Happen

Pekan Komunikasi 2016: Shift Happen
Jobstreet tim kontendiperbarui pada 30 June, 2022
Share

Himpunan Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Indonesia (HMIK UI) telah dengan sukses menyelenggarakan Pekan Komunikasi 2016 pada tanggal 25 hingga 29 April lalu.

Pekan Komunikasi merupakan salah satu program kerja unggulan HMIK UI yang pada perhelatan ke-9 ini mengusung tema “Shift

Happens.” Tema ini diangkat karena melihat pengaruh new media yang sangat melekat di dalam dunia komunikasi, khususnya kelima program studi di

Universitas Indonesia, yaitu jurnalisme, kajian media, periklanan, hubungan masyarakat, dan industri kreatif penyiaran.

IMG_1943

Pekan Komunikasi membuka kesempatan sebesar-besarnya kepada para insan komunikasi di Indonesia untuk menambah pengalaman dan pengetahuan mengenai new media melalui Journalight, Adwar, Creabo, PR Vaganza, dan juga Media Matters. Journalight adalah mata acara yang mewadahi bidang jurnalisme.

Adwar untuk periklanan, Creabo untuk penyiaran, PR Vaganza untuk hubungan masyarakat, dan Media Matters untuk bidang kajian media. Dalam setiap mata acara tersebut, diselenggarakan kompetisi, seminar, workshop, dan company visit yang melibatkan praktisi dan akademisi yang ahli dalam bidangnya.

Sebelumnya, Pekan Komunikasi melaksanakan road show di 24 universitas terkemuka di Indonesia. Dalam kesempatan tersebut, Pekan Komunikasi mempublikasikan semua rangkaian acara dan mengajak mahasiswa dari unviersitas-universitas tersebut untuk ikut menjadi peserta di Pekan

Komunikasi 2016. Ratusan mahasiswa mendaftarkan diri untuk menjadi finalis terpilih yang diundang ke Universitas Indonesia untuk melombakan karya-karya terbaiknya.

IMG_5632

Menutup lima hari rangkaian acara Pekan Komunikasi, Commweekend, yang membawa tema “Star Wars”, digelar sebagai ajang penghargaan bagi seluruh

finalis beserta karya-karyanya. Acara yang dilaksanakan pada Jumat malam, 29 April 2016 ini, menyuguhkan hiburan berupa band, modern dance, dan vocal group yang para penampilnya merupakan mahasiswa dan mahasiswi Universitas Indonesia.

Finalis dari Universitas Padjadjaran berhasil meraih juara pertama pada mata acara Journalight. Finalis perwakilan dari Universitas Indonesia meraih gelar juara pertama pada mata acara Adwar. Dalam mata acara Media Matters dan PRVaganza, Atma Jaya Yogyakarta berhasil meraih juara pertama. Sementara, dalam lomba desain program radio dan TV, Universitas Airlangga dan Universitas Diponegoro berhasil meraih gelar juara. Creabo yang juga menyuguhkan festival film dalam rangkaian acaranya, memberikan penghargaan kepada karya berjudul “Kepunen” dari Institut Kesenian Jakarta sebagai film terbaik.

More from this category: Tren gaji & profesi

Telusuri istilah pencarian teratas

Tahukah Anda bahwa banyak kandidat yang menyiapkan resume dan meneliti suatu industri dengan menjelajahi istilah pencarian teratas?

Jelajahi topik terkait

Pilih bidang minat untuk menelusuri karier terkait.

Berlangganan Panduan Karir

Dapatkan saran karier dari ahli yang dikirimkan ke kotak masuk Anda.
Anda dapat membatalkan email kapan saja. Dengan mengklik 'berlangganan', Anda menyetujui Pernyataan Privasi Jobstreet.