Panduan Rumus Excel Lengkap untuk Fresh Graduate

Jobstreet tim kontendiperbarui pada 23 September, 2022
Share

Ketika melihat-lihat lowongan kerja, kamu akan sering menemukan kemampuan Microsoft Excel sebagai salah satu syarat atau kriteria. Banyak posisi pekerjaan membutuhkan kemampuan Excel agar pekerjaan dapat dilaksanakan dengan baik.

Bahkan dalam posisi yang tidak membutuhkan Excel, kemampuan menggunakan program ini dilihat sebagai nilai plus. Nah, kamu sudah bisa menggunakan Excel belum? Belum? Ketika kamu belum pernah menggunakan Excel, program ini mungkin terlihat rumit.

Kalau kamu belajar menggunakannya tanpa panduan atau arahan, kamu mungkin akan sering mencari “apa itu rumus excel?” “apa itu rumus vlookup excel,” “bagaimana cara membuat …”, dan lainnya pada mesin pencari pilihanmu.

Daripada pusing dengan cara yang kurang efektif itu, sebaiknya kamu membaca suatu panduan terlebih dahulu, seperti artikel ini yang berisi penjelasan rumus Excel lengkap.

1. Rumus SUM

Rumus SUM digunakan untuk menjumlahkan data pada beberapacell(range) yang kamu pilih. Contoh: Kamu ingin menjumlahkan data yang ada padacolumnA. Data yang harus kamu jumlahkan berada padarow1 sampai 7.

Kamu ingin menaruh total dari penjumlahan data tersebut padacolumnB,row1. Maka, rumus yang akan kamu isi padacellB1 adalah

=SUM(A1:A7)

Dengan memasukkan rumus tersebut,cellB1 akan berisi total penjumlahan data daricellA1 hingga A7.

2. Rumus AVERAGE

Logika rumus AVERAGE hampir sama seperti rumus SUM. Rumus AVERAGE digunakan untuk mencari rata-rata dari data yang ada padarangeyang kamu tentukan. Contoh: Kamu ingin mencari rata-rata dari beberapa data yang ada padacolumnC.

Data tersebut berada padarow1 sampai 30. Kamu ingin menaruh hasil rata-rata tersebut padacolumnC,row31. Maka, rumus yang akan kamu isi padacellC31 adalah

=AVERAGE(C1:C30)

Dengan memasukkan rumus tersebut,cellC31 akan berisi rata-rata dari data yang berada padacellC1 hingga C30.

3. Rumus MIN - MAX

MIN dan MAX merupakan rumus yang serupa dan sangat sederhana. Rumus MIN digunakan untuk menampilkan nilai data terkecil dalam sebuahrange, sedangkan rumus MAX digunakan untuk menampilkan nilai data terbesar dalam sebuahrange.

Contoh: Kamu ingin menemukan nilai data terkecil darirangeD1:D50 dan menampilkan nilai data tersebut padacellE1. Maka, rumus yang akan kamu masukan dalamcellE1 adalah

=MIN(D1:D50)

Dengan memasukkan rumus tersebut,cellE1 akan berisi nilai terkecil dari data yang berada padacellD1 hingga D50. Sedangkan, jika kamu ingin menampilkan nilai data terbesar, kamu dapat memasukan rumus berikut ke dalamcellE1

=MAX(D1:D50)

Dengan memasukkan rumus tersebut,cellE1 akan berisi nilai terbesar dari data yang berada padacellD1 hingga D50.

4. Rumus COUNT

Rumus COUNT adalah salah satu rumus sederhana yang sangat berguna dan pastinya perlu kamu ketahui. Rumus COUNT digunakan untuk menghitung dan menampilkan jumlahcellpada suaturange.

Contoh: Kamu ingin menghitung dan menampilkan jumlahcellyang ada padarangedicolumnC.Cellyang berisi data padacolumnC adalahcell1 hingga 135. Kamu ingin menampilkan jumlahcelltersebut padacolumnD,row1. Maka, rumus yang akan kamu isi padacellD1 adalah

=COUNT(C1:C135)

Dengan memasukkan rumus tersebut,cellD1 akan berisi jumlahcellyang berada padarangeC1:C135.

5. Rumus ROUND

Logika rumus ROUND agak berbeda dengan rumus-rumus yang telah kita bahas di atas. Namun, jangan khawatir, rumus ini tidak rumit, kok. Rumus ROUND digunakan ketika kamu ingin membulatkan data berbentuk angka ke jumlah digit yang kamu inginkan.

Contoh: Kamu ingin membulatkan data yang ada padacellA1. Data yang ada padacelltersebut adalah 13,58792736. Kamu ingin menampilkan pembulatan data tersebut padacolumnB,row1 dengan pembulatan dua digit. Maka, rumus yang akan kamu isi padacellB1 adalah

=ROUND(A1, 2)

Dengan memasukkan rumus tersebut,cellB1 akan berisi data 13,58.

6. Rumus AND - OR - NOT

Rumus AND, OR, dan NOT memiliki logika yang cukuo serupa. Rumus AND digunakan ketika kamu ingin menentukan benar (TRUE) atau salah (FALSE) pada data dalamcellberdasarkan logika yang ingin kamu terapkan dengan dua kriteria.

Contoh: Kamu ingin mengetahui apakah data yang ada padacellA1 lebih dari 10 dan kurang dari 50. Kamu ingin menampilkan hasil rumus padacolumnB,row1. Maka, rumus yang akan kamu isi padacellB1 adalah

=AND(A1>10, A1<50)

Dengan memasukkan rumus tersebut,cellB1 akan berisi TRUE apabila benar dan FALSE apabila salah.

Rumus OR digunakan ketika kamu ingin menentukan benar (TRUE) atau salah (FALSE) pada data dalamcellberdasarkan logika yang ingin kamu terapkan hanya dengan satu kriteria.

Contoh: Kamu ingin mengetahui apakah data yang ada padacellA1 lebih dari 10 atau kurang dari 10. Kamu ingin menampilkan hasil rumus padacolumnB,row1. Maka, rumus yang akan kamu isi padacellB1 adalah

=OR(A1>10, A1<10)

Dengan memasukkan rumus tersebut,cellB1 akan berisi TRUE apabila benar dan FALSE apabila salah.

Rumus NOT merupakan kebalikan dari rumus AND dan OR. Apabila data tidak masuk pada kriteria dan logika yang kamu terapkan, ia akan mengeluarkan hasil TRUE. Apabila data masuk pada kriteria dan logika yang diterapkan, maka ia akan mengeluarkan hasil FALSE.

Contoh: Kamu ingin mengetahui apakah data yang ada padacellA1 tidak kurang dari 50. Kamu ingin menampilkan hasil rumus padacolumnB,row1. Maka, rumus yang akan kamu isi padacellB1 adalah

=NOT(A1<50)

Dengan memasukkan rumus tersebut,cellB1 akan berisi TRUE apabila nilai data tidak kurang 50 dari  dan FALSE apabila sebaliknya.

7. Rumus IF

Rumus IF memiliki banyak fungsi. Secara umum, rumus IF digunakan untuk mengeluarkan salah satu dari dua nilai berdasarkan logika yang diterapkan. Contoh: Kamu ingin mengetahui apakah data yang ada padacellA1 dianggap MASUK atau KELUAR.

Kriteria untuk MASUK adalah apabila nilai data A1 lebih dari nilai data B1. Kamu ingin menampilkan hasil rumus padacolumnC,row1. Maka, rumus yang akan kamu isi padacellC1 adalah

=IF(A1>B1;”MASUK”;”KELUAR”)

Dengan memasukkan rumus tersebut,cellC1 akan berisi MASUK apabila nilai datacellA1 lebih dari B1 dari  dan KELUAR apabila sebaliknya.

8. Rumus CONCATENATE

Rumus CONCATENATE digunakan untuk menggabungkan beberapa data. Contoh: Kamu ingin menggabungkan data yang ada padacellA1 dancellB1. Kamu ingin menampilkan penggabungan data padacolumnC,row1. Maka, rumus yang akan kamu isi padacellC1 adalah

=CONCATENATE(A1; B1)

Dengan memasukkan rumus tersebut,cellC1 akan berisi gabungan datacellA1 dancellB1. Apabila kamu ingin menambah spasi di antara data A1 dan B1, kamu dapat menambahkan (“ “) ke dalam rumus. Rumus tersebut ditulis seperti

=CONCATENATE(A1; “ “; B1)

9. Rumus VLOOKUP Excel dan HLOOKUP

Rumus VLOOKUP excel dapat terlihat cukup rumit dibandingkan rumus-rumus sebelumnya. Namun, rumus ini merupakan salah satu rumus penting untuk memudahkan pekerjaan menggunakan Excel. Rumus ini digunakan untuk mencari data yang ada pada suaturangesecara vertikal. Rumus yang digunakan adalah

=VLOOKUP(lookupvalue, tablearray, colindexnum, [range_lookup])

Rumus HLOOKUP serupa dengan rumus VLOOKUP. Apabila rumus VLOOKUP berlaku secara vertikal, rumus HLOOKUP digunakan untuk mencari data yang ada padarangesecara horizontal. Rumus yang digunakan adalah

=HLOOKUP(lookupvalue, tablearray, colindexnum, [range_lookup])

Keterangan:

Lookup_value = Nilai data yang ingin dicari

Table_array =Rangedata yang ingin dicari

Colindexnum = Nomor kolom dalam rentang yang berisi nilai yang akan dikeluarkan

Range_lookup = Opsional. Dapat dikosongkan apabila tidak dibutuhkan. Kamu dapat mengisi TRUE/1 apabila kamu ingin hasil yang dikeluarkan hanya mendekati/tidak persis atau FALSE/0 apabila kamu ingin hasil yang dikeluarkan persis.

Walaupun tidak semua posisi pekerjaan menuntut penguasaan Excel, kemampuanmu menggunakannya akan menjadi aset yang sangat berharga bagi perusahaan perekrut. Sehingga, menguasai dasar-dasar rumus Excel lengkap bisa menjadi nilaiplusuntuk diri kamu.

Memang, tidak mudah menguasai rumus-rumus Excel lengkap, tetapi banyak sekali langkah yang dapat kamu terapkan untuk melatih dan mengembangkan keterampilan Excelmu. Salah satu langkah tersebut adalah dengan mengikuti pelatihan Excel.

Kamu dapat mencari materi pembelajaran mengenai rumus Excel lengkap di SeekMAX. SeekMAX adalah platform berisi konten pembelajaran dan kursus online oleh para ahli danindustry leaderyang dapat kamu akses dalam aplikasi JobStreet.

Selain mengikuti kursusonline, kamu juga dapat melatih kemampuan Excelmu dengan membuat proyek pribadi. Contohnya, kamu dapat melakukan pencatatan keuangan pribadi menggunakan Excel.

Proyek pribadi dapat membiasakanmu menggunakan Excel. Semakin sering kamu menggunakan Excel, kamu akan semakin terampil dan nyaman menggunakan rumus-rumus yang telah kita bahas dalam artikel ini.

Yuk, rencanakan karirmu dengan perencanaan karir di JobStreet! Dan, jangan lupa memperbarui profil-mu di JobStreet sebelum mencari dan melamar kerja mudah dan bebas drama.

Kunjungi Tips Karier untuk membaca artikel serupa. Dapatkan juga akses lebih mudah dan konten SeekMAX dengan mengunduh aplikasi JobStreet di Apple App Store dan Google Play Store.

Di JobStreet kami selalu berupaya mengantarkan pekerjaan yang bernilai untuk Anda. Sebagai Partner Karier, kami berkomitmen membantu pencari kerja menemukan passion dan tujuan dalam setiap langkah karier. Sebagai Partner Talent nomor 1 di Asia, kami menghubungkan perusahaan dengan kandidat tepat yang dapat memberikan dampak positif dan berkualitas kepada perusahaan.

Temukan pekerjaan yang bernilai untuk Anda. Kunjungi JobStreet hari ini.

Tentang SEEK di Asia

SEEK adalah grup perusahaan, yang terdiri dari bisnis rekrutmen online, pendidikan, komersial dan nirlaba. SEEK memberikan kontribusi positif pada kehidupan orang banyak dalam skala global. SEEK terdaftar dalam Australian Securities Exchange, dan menjadi salah satu dari 100 perusahaan terbesar. Di Asia, SEEK beroperasi denganbrandJobStreet dan JobsDB, platform ketenagakerjaan terbesar di Asia dan pilihan utama bagi kandidat dan perusahaan. SEEK menarik lebih dari 500 juta kunjungan per tahun di enam pasar yang dioperasikannya, yaitu Hong Kong, Indonesia, Malaysia, Filipina, Singapura, dan Thailand.

Tentang SEEK Limited

SEEK adalah grup perusahaan, yang terdiri dari bisnis rekrutmen online, pendidikan, komersial dan nirlaba. SEEK memberikan kontribusi positif pada kehidupan orang banyak dalam skala global. SEEK terdaftar dalam Australian Securities Exchange, dan menjadi salah satu dari 100 perusahaan terbesar. Pada tahun 2022, SEEK diakui sebagai salah satu dari Australia’s Top Ten Places to Work in Tech dalam penghargaan AFR BOSS Best Places to Work. Tahun ini, SEEK merayakan 25 tahun membantu warga Australia menjalani kehidupan kerja yang lebih memuaskan dan produktif.

More from this category: Melamar pekerjaan

Telusuri istilah pencarian teratas

Tahukah Anda bahwa banyak kandidat yang menyiapkan resume dan meneliti suatu industri dengan menjelajahi istilah pencarian teratas?

Jelajahi topik terkait

Pilih bidang minat untuk menelusuri karier terkait.

Berlangganan Panduan Karir

Dapatkan saran karier dari ahli yang dikirimkan ke kotak masuk Anda.
Anda dapat membatalkan email kapan saja. Dengan mengklik 'berlangganan', Anda menyetujui Pernyataan Privasi Jobstreet.