Panduan Proaktif untuk Review Kinerja Selanjutnya (Infografis)

Jobstreet tim kontendiperbarui pada 30 June, 2022
Share

Tinjauan kinerja (Performance review) dapat menjadi sebuah pengalaman yang berguna atau pun mengecewakan tergantung pada hasilnya. Jika Anda berharap mengambil keuntungan dari tinjauan tersebut, mungkin inilah saatnya untuk melakukan pendekatan yang lebih proaktif. Lagipula hal ini merupakanreviewtentang kinerja Anda.  Hal ini bergantung pada Anda yang akan mempengaruhi penilaian atasan Anda dengan usaha dan kontribusi Anda.

Infografis kami menyediakan 7 langkah penting yang dapat Anda lakukan untuk memastikan sebuah evaluasi positif pada kinerja Anda berikutnya. Perencanaan adalah segalanya, dan hal yang sama berlaku untukreviewAnda. Selama berbulan-bulan menjelang tanggalreviewAnda, lakukan pendekatan lebih proaktif dan centang list berikut untuk menyiapkannya.

Panduan Proaktif untukReviewKinerja Anda berikutnya:

Ambil pendekatan proaktif terhadapreviewkinerja Anda selanjutnya dengan langkah-langka berikut:

1.      Lakukanreviewpribadi yang jujur

Evaluasikan tujuan vs pencapaian Anda selama beberapa tahun terakhir. Mengetahui masukan yang akan disampaikan akan membantu Anda tetap tenang dan utuh selamareviewyang sebenarnya.

2.      Tantang diri Anda sendiri

Berdasarkanreviewpribadi Anda, tetapkan beberapa tantangan baru untuk meningkatkan kelemahan yang Anda miliki. Hal ini akan menunjukkan pada atasan Anda bahwa Anda keluar dari zona aman Anda untuk bekerja lebih baik.

3.      Tunjukkan Kepemimpinan

Berbicara didalammeetingdan mengajukan ide-ide serta solusi baru untuk meningkatkan produktivitas tim. Kemampuan dalam kepemimpinan merupakan kontribusi bernilai bagi perusahaan.

4.      Tingkatkan kelengkapan ketrampilan Anda

Mempelajari ketrampilan baru memungkinkan nilai Anda bertambah untuk pekerjaan dan perusahaan Anda. Catat kemajuan atau sertifikasi yang diberikan untuk kerja keras Anda.

5.      Memulai projek

Memiliki Inisiatif selalu dapat memberi nilai lebih dalamreviewkinerja Anda. Mulailah projek baru yang berkontribusi dalam misi perusahaan.

6.      Tentukan tujuan untukreviewAnda

Kenalilah 3 hal terpenting yang ingin Anda capai saat me-reviewkinerja dengan atasan Anda. Mempunyai rencana akan membantu Anda tetap fokus selama diskusi tersebut.

7.      Kenalilah kesempatan perkembangan karir

Hal ini adalah waktu yang ideal untukreviewdan mendiskusikan arah perkembangan karir untuk tahun mendatang.

Ingat:

Ini adalah waktu terbaik Anda untuk terlibat secara proaktif dalamreviewkinerja Anda. Kesempatan terbaik untuk mengevaluasi arah perkembangan karir Anda dan untuk memastikan bahwa hal ini tetap sesuai dengan visi dan tujuan perusahaan.

PERFORMANCE REVIEW

More from this category: Hubungan kerja

Telusuri istilah pencarian teratas

Tahukah Anda bahwa banyak kandidat yang menyiapkan resume dan meneliti suatu industri dengan menjelajahi istilah pencarian teratas?

Berlangganan Panduan Karir

Dapatkan saran karier dari ahli yang dikirimkan ke kotak masuk Anda.
Anda dapat membatalkan email kapan saja. Dengan mengklik 'berlangganan', Anda menyetujui Pernyataan Privasi Jobstreet.