Panduan Memulai Karir di Bidang Teknologi Informasi untuk Fresh Graduate

Panduan Memulai Karir di Bidang Teknologi Informasi untuk Fresh Graduate
Jobstreet tim kontendiperbarui pada 30 June, 2022
Share

Dengan memasuki Industri 4.0, permintaan untuk orang yang ahli dalam bidang teknologi informasi terus meningkat pesat. Mulai beralihnya dunia yang menjadi serba digital, membuat teknologi informasi tentunya sangat dibutuhkan. Banyak perusahaan yang mencariskillIT agar tidak ketinggalan untuk terjun ke dunia digital. Selain itu, kita juga bisa melihat bagaimana orang awam mulai berbondong-bondong mempelajari seluk beluk dunia maya, misalnya dalam wujudmetaverseyang sedang menjadi perbincangan.

Semua fenomena ini membuat bidang teknologi informasi menjadi salah satu yang memiliki peminat yang tinggi. Namun sayangnya, walaupun mengetahui bidang teknologi informasi memiliki karir yang menjanjikan, masih banyakfresh graduateyang bingung merencanakan karir mereka setelah lulus. Mereka tidak tahu apa yang harus mereka lakukan ketika mereka memasuki industri teknologi informasi. Jangan sia-siakan kesempatanmu sebagai lulusan jurusan teknologi informasi jika tidak memiliki perencanaan karir yang tepat.

Kebingungan kamu akan berhenti di sini. Yuk, simak tips-tips berikut untuk membantumu merencanakan karirfresh graduatedi dunia IT!

Prospek Kerja di Bidang Teknologi Informasi

Sebelum memasuki industri teknologi informasi, kamu harus tahu prospek kerja yang ditawarkan karena industri ini memiliki berbagai profesi. Dengan begitu, kamu bisa mencocokkan pekerjaan yang kamu pilih dengan kemampuan dan keahlian yang kamu miliki. Berikut adalah beberapa minat/keahlian dalam bidang teknologi informasi disertai dengan posisi yang kamu parafresh graduatebisa pertimbangkan.

  • Development

Industri teknologi informasi sangat mengandalkancodingdanprogrammingdalam operasinya. Hampir semua perusahaan kini memerlukan tenaga untuk merancang dan mengembangkan perangkat-perangkat lunak dan web-nya. Posisi-posisi ini akan sangat cocok untuk kamu yang memiliki minatcodingdanprogrammingdalam ranahtech development.

  • Web Developer

Kini, perusahaan memakai situs resmi mereka untuk mengenalkan, mempromosikan, dan juga menjual produk yang mereka miliki. Web Developer adalah seorangprogrammeryang bertugas membuat dan mengembangkan sebuah situs web. Hal mendasar yang perlu dikuasai Web Developer meliputi elemen, fitur, dan fungsi dari kode program dan web. Rentang gaji yang bisa kamu dapatkan jika menjadi Web Developer mulai dari Rp5.240.200,00 hingga Rp8.000.000,00 per bulan.

  • Software Developer

Hampir semua lini kehidupan kini menggunakan perangkat lunak atausoftware. Maka dari itu, posisi Software Developer khususnya menjadi sebuah komoditas yang penting bagi industri yang beroperasi dan berinteraksi dengan konsumennya menggunakan perangkat lunak. Tugas kamu sebagai seorang Software Developer meliputi riset serta perancangan dan pengembangan suatu perangkat lunak mulai dari konsep sampai pada proses pengujiannya. Gaji yang bisa kamu peroleh ketika menjadi Software Developer mulai dari Rp6.000.000,00 sampai Rp9.000.000,00

  • Design

Industri teknologi informasi tidak hanya meliputicodingdanprogramming, tetapi juga desain. Hal ini karena banyak perusahaan sekarang yang memasarkan produknya secara daring. Jika kamu memiliki mina desain yang disertai dengan keahlian dalam bidang teknologi informasi, berikut adalah posisi yang dapat kamu pertimbangkan.

  • UI/UX Designer

Pada dasarnya, UI/UX Designer bertugas untuk membuat sebuah produk yang sudah dibuat nampak menarik di mata para konsumen.Tentunya ada perbedaan yang mendasar antara UI (User Interface) dan UX (User Experience). Seorang UI Designer memiliki tugas menentukan tampilan dari sebuah situs atau aplikasi berdasarkan keindahan estetika dan kemudahan penggunaan konsumen. Sedangkan seorang UX Designer merancang dan menentukan tampilan dari sebuah situs atau aplikasi berdasarkan berbagai macam riset pengguna agar lebih mudah diakses dan digunakan. Angka gaji yang bisa kamu dapatkan dalam posisi UI/UX Designer mulai dari Rp4.500.000,00 hingga Rp12.000.000,00 per bulan

  • Analysis

Bisnis memerlukan analisis untuk berbagai aspek, seperti untuk pemasaran, human resource, dan bidang-bidang lainnya. Dalam bidang teknologi informasi, analisis juga penting dalam menjaga efisiensi dan efektifitas suatu perusahaan. Jika kamu memiliki minat dan keahlian di bidang analisis—tentunya dalam sektor IT—kamu dapat mempertimbangkan posisi-posisi berikut.

  • System Analyst

Kualitas dari sistem dan ekosistem kerja suatu perusahaan sangat berpengaruh terhadap efisiensi dari perusahaan tersebut. Di sini, seorang System Analyst penting untuk dimiliki banyak perusahaan. Seorang System Analyst bertanggung jawab atas penelitian, perencanaan, pengkoordinasian, dan rekomendasi pemilihan perangkat lunak dan sistem yang paling sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Posisi ini juga dapat menjadi penghubung antara perusahaan penjual perangkat lunak dengan perusahaan pembelinya. Kisaran gaji seorang System Analyst mulai dari Rp4.800.000,00 hingga Rp9.000.000,00 per bulan.

  • Data Analyst

Banyak perusahaan yang menjual suatu produk atau layanan memerlukan pertimbangan dari berbagai macam data untuk memaksimalkan penjualannya. Di mana ada data, tentu saja diperlukan adanya seorang analis untuk mengkaji data tersebut untuk merekomendasikannya pada sektor-sektor lain perusahaan tersebut. Analis tersebut merupakan Data Analyst. Posisi tersebut bertugas menganalisis dan mengolah data mentah dan membuat visualisasi dari data tersebut. Rentang dari gaji seorang Data Analyst mulai dari Rp4.500.000,00 hingga Rp8.000.000,00 per bulan.

  • Maintenance

Pemeliharaan sistem sangatlah penting bagi perusahaan yang mengandalkan teknologi dalam kesehariannya. Ini karena kemungkinan ada sesuatu di sistem yang akan mengalami masalah, baik itu besar maupun kecil. Seseorang yang bekerja dalam sektor ini memerlukan kemampuan memecahkan masalah yang cukup baik. Jika kamu memilikinya, posisi-posisi berikut dapat kamu pertimbangkan.

  • IT Support

IT Support adalah posisi yang penting dalam internal perusahaan. Posisi ini bertugas memastikan sistem berjalan dengan baik dari segi pengembangan sistem jaringan, peningkatan dan evaluasi terhadap komputer yang dipakai, dan instalasi software. IT Support juga bertugas mengatasi masalah-masalah yang dialami sistem. Kisaran gaji seorang IT Support beragam, mulai dari Rp5.500.000,00 hingga Rp7.400.000,00 per bulan.

  • Cyber Security Specialist

Hackingdan pencurian data sering diarahkan kepada teknologi yang dipakai bisnis. Besar kemungkinan ada resiko kehilangan aset dan informasi pribadi konsumen. Di sinilah peran Cyber Security Specialist untuk mencegah dan mengatasi serangan-serangan tersebut. Cyber Security Specialist bertugas melindungi komputer, server, sistem jaringan, sistem elektronik, dan data perusahaan. Pekerja pada posisi ini dituntut untuk memahamimalwaredancloud securityagar dapat mengantisipasi ketika berhadapan dengan ancaman seranganmalware. Gaji yang dapat kamu terima jika kamu terjun ke industri ini berkisar antara Rp5.000.000,00 hingga Rp10.000.000,00 per bulan.

PersiapanInterviewIT untukFresh Graduate

Tahap interview adalah pintu utama untuk kamu memasuki dunia kerja. Karenanya, tahap ini sangatlah penting untuk kamu parafresh graduatesiapkan. Pada tahap inilah HRD akan menilaimu secara mendalam untuk mengetahui apakah kamu cocok untuk menjadi bagian dari perusahaannya. Berikut adalah keterampilan dan informasi yang dapat dapat kamu masukkan ketika kamu di-interview.

  • Kemampuan Lintas Bidang (Transferable Skills)

Kemampuan lintas bidang atautransferable skillsadalah kemampuan umum yang bisa diaplikasikan di berbagai bidang industri. Kemampuan ini biasanya bisa kamu dapatkan melalui pengalaman pribadi kamu ataupun pengalaman kamu bekerja. Kemampuan lintas bidang yang bisa menambah nilai kamu seperti memiliki kemampuan komunikasi, baik itu mendengar ataupun berbicara dengan baik. Selain itu, keinginan untuk belajar juga bisa menjadi nilai tambah buat kamu. Apalagi dalam dunia teknologi informasi adalah dunia yang rumit dan bergerak dengan cepat.

  • Menguasai Bahasa Pemrograman

Ketika kamu sudah masuk tahapinterview, tidak heran perekrut akan menguji bahasa pemrograman yang kamu kuasai. Bisa jadi kamu akan diuji kemampuannya dalam salah satu atau beberapa dari bahasa-bahasa pemrograman yang sedang populer. Di antaranya ada bahasa Python, Javascript, atau C++. Atau bisa saja kamu diminta untuk memperlihatkan kemampuancoding-mu secara langsung. Jika kamu menguasai lebih dari satu bahasa pemrograman, jangan malu-malu untuk menunjukkannya!

  • Menguasai BerbagaiOperating System

Dengan menguasai berbagaioperating systemkesempatan kamu untuk tembus ke industri teknologi informasi akan semakin luas. Semakin banyakoperating systemyang kamu kuasai, semakin banyak juga kesempatan kamu untuk belajar dan mengoptimalkan kemampuan. Selain itu, kamu juga bisa bekerja secara fleksibel dan dapat ditempatkan di mana saja. Ingat, jangan hanya terpaku denganoperating systemseperti Windows, MacOS, dan Linux saja, ya. Kamu dapat memperluas pemahamanmu dalamoperating systemseperti Android dan iOS juga.

Sekian tips-tips untuk kamu yang ingin terjun ke dunia teknologi informasi. Ingat! jika kamu benar-benar ingin berkarir di industri ini, perencanaan karirmu harus matang agar kamu bisa mendapatkan jenjang karir yang kamu inginkan.

Kamu bisa membaca tips-tips lain mengenai karir di sini. Setelah itu, perbarui profil JobStreet-mu, dan lamarlah pekerjaan pertamamu hari ini! Unduh aplikasi JobStreet sekarang untuk akses layanan JobStreet lainnya secara praktis melalui Google Play Store dan Apple App Store.

Di JobStreet kami selalu berupaya mengantarkan pekerjaan yang bernilai untuk Anda. Sebagai Partner Karir, kami berkomitmen membantu pencari kerja menemukan passion dan tujuan dalam setiap langkah karir. Sebagai Partner Talent nomor 1 di Asia, kami menghubungkan perusahaan dengan kandidat tepat yang dapat memberikan dampak positif dan berkualitas kepada perusahaan.

Temukan pekerjaan yang bernilai untuk Anda. Kunjungi JobStreet hari ini.

Tentang SEEK Asia

SEEK Asia, gabungan dari dua merek ternama Jobstreet dan jobsDB, adalah portal lowongan pekerjaan terkemuka dan destinasi pilihan untuk pencari dan pemberi kerja di Asia. Kehadiran SEEK Asia menjangkau 7 negara yaitu Hong Kong, Indonesia, Malaysia, Singapura, Thailand, Filipina dan Vietnam. SEEK Asia adalah bagian dari SEEK Limited Company terdaftar di Bursa Efek Australia, portal lowongan pekerjaan terbesar di dunia berdasarkan kapitalisasi pasar. SEEK Asia dikunjungi lebih dari 400 juta kali dalam setahun.

Tentang SEEK Limited

SEEK adalah grup perusahaan yang beragam, dengan portofolio yang kuat  yang mencakup usaha lowongan pekerjaan daring, pendidikan, komersial dan relawan. SEEK hadir secara global (termasuk di Australia, Selandia Baru, Cina, Hong Kong, Asia Tenggara, Brazil dan Meksiko), yang menjangkau lebih dari 2,9 miliar orang dan sekitar 27 persen PDB global. SEEK memberikan kontribusi positif kepada orang-orang dalam skala global. SEEK terdaftar dalam Bursa Efek Australia, yang menempatkannya sebagai 100 perusahaan teratas dan telah diperingkat sebagai 20 Perusahaan Paling Inovatif oleh Forbes.

More from this category: Melamar pekerjaan

Telusuri istilah pencarian teratas

Tahukah Anda bahwa banyak kandidat yang menyiapkan resume dan meneliti suatu industri dengan menjelajahi istilah pencarian teratas?

Jelajahi topik terkait

Pilih bidang minat untuk menelusuri karier terkait.

Berlangganan Panduan Karir

Dapatkan saran karier dari ahli yang dikirimkan ke kotak masuk Anda.
Anda dapat membatalkan email kapan saja. Dengan mengklik 'berlangganan', Anda menyetujui Pernyataan Privasi Jobstreet.