Otomatisasi dan Kepunahan Pekerjaan: Ancaman atau Keuntungan untuk Perkerja

Jobstreet tim kontendiperbarui pada 30 June, 2022
Share



Melihat kecepatan pergeseran dunia saat ini dan dinamikanya, sangat logis bagi individu untuk mempertanyakan keberlanjutan pekerjaan mereka. Dengandronememberikan pizza dan robot memberikan salam dan melayani Anda di hotel kemungkinan besar bagi siapa pun bertanya-tanya, apakah mereka akan melihat robot yang duduk di meja mereka keesokan harinya.

Apakah ancaman ini benar-benar besar? Apakah otomatisasi akan mengambil alih setiap pekerjaan manusia? Setelah kita melihat dari dekat kita menyadari bahwa tidak setiap pekerjaan dapat di-otomatis-i, ini bukan hanya tentang potensi manusia yang dapat digantikan oleh robot, ada berbagai faktor lain juga, seperti biaya otomatisasi. Sebuah bisnis idealnya tidak akan menggantikan juru masak (dengan gaji rata-rata sekitar Rp 6,000,000.-) dengan robot mahal, sama halnya dengan industri di mana pelanggan / klien ingin keterlibatan emosional; manusia memiliki kelebihan, seperti perawatan, pekerjaan desain yang mengikuti selera pelanggan dll

Sektor-sektor yang paling tidak mungkin akan terpengaruh oleh sumber daya manusia yang digantikan oleh mesin pada waktu dekat adalah pendidikan dan desain, terutama karena interaksi mereka dengan orang-orang.

Dengan pernyataan diatas, teknologi semakin sangat canggih dan mengambil alih beberapa pekerjaan dan akan terus berlanjut. Sebuah contoh yang sangat besar dari kasus ini adalah penggantian kamera digital atas kamera film. Industri film foto harus mengurangi produksi film mereka.Eastman Kodak Companymengumumkan pada tanggal 22 Juni 2009 yang akan menghentikan penjualanKodachrome Color Filmtahun itu, mengakhiri 74 tahun yang dijalankan sebagai ikon fotografi. Tapi apa yang cerdas adalah bahwa alih-alih menutup bisnis mereka mengupgrade diri dengan teknologi baru dan menyelidiki produksi format digital. Sama dengan kamar gelap pengolahan film berganti pengolahan digital.

Automation and Job Extinction-Cover



Beberapa industri dan pekerjaan, yang akan menghadapi otomatisasi dalamwaktu mendatang, adalah:

Door-to-Door Salesman:

Dengan meningkatnya tren pemasaran & belanja online dan, kita melihat pergeseran perilaku pembelian dari konsumen, yang tidak mempengaruhi belanja ritel sampai batas tertentu tetapi sebagian besar akan berfungsi pekerjaandoor-to-door salesman. Tidak hanya itu, pembangunan daerah pemukiman terjaga keamanannya dan situasi keamanan juga akan menyebabkan jatuhnyadoor-to-door salesmanship.





Penterjemah:Dengan kecanggihan yang tinggi dalamArtificial Intelligence(AI) dan kehadiran alat terjemahan modern dan apt, pekerjaan penerjemah manusia akan punah. “Neural Machine Translation”, telah dibangun dengan kemampuan untuk melatih dirinya sendiri, dapat mengurangi kesalahan penerjemahan hingga 87%. Melihat potensi dalam alat ini, perusahaan teknologi berinvestasi besar-besaran dalam perangkat lunak terjemahan. Tidak akan lama lagi kita dapat memiliki 100% akurasi dalam terjemahan.



Wasit Olahraga:

Dengan fasilitas sederhana seperti“replay”untuk wasit komputerisasi canggih, pekerjaan dari wasit manusia akan segera menjadi sesuatu yang mubazir. Sebuah wasit komputerisasi disebutHawk-Eyetelah diperkenalkan di Tennis,‘robo-ump’ini membantu kepala wasit membuat panggilan garis dekat. Pemain dapat "tantangan" panggilan, di mana sistemHawk Eyeakan menampilkan di mana bola mendarat dan apakah itu dalam atau keluar. KeputusanHawk Eyeadalah final.



AgentPerjalanan:Dengan meningkatnya tren pemesanan tiket dan hotel secara online, tampaknya ada tren penurunan pemesanan tiket melalui agen perjalanan. Perilaku akan segera membuat fungsi agen perjalanan menurun, tetapi pemesanan skala besar pebisnis maupun liburan keluarga besar mungkin masih menggunakan agen perjalanan (fisik) tapi itu juga tidak akan bertahan lama.



Call Center Agents:

Dari memesan makanan hingga membuat produk komplain, layanan pelanggan otomatis tampaknya menjadi hal yang sangat rutin sekarang. Sangatsophisticatedlyterintegrasi, software ini diperuntukkan untuk masalah perusahaan dan hasilnya cukup efisien. Hal ini menjadi pelayanan dasar sehari-hari; dan layanan pelanggan yang modern bergerak ke fase canggih; fase wajah otomatis. ‘Chatbots’untuk lebih tepatnya.

Sebuah perusahaan dengan namaSoul Mesinbekerja menciptakan wajah digital yang sangat mirip manusia untuk agen layanan pelanggan. Agen layanan pelanggan otomatis ini memiliki kemampuan untuk mengukur ekspresi pelanggan dan menanggapi keluhan masing-masing. Sebuah layanan pelanggan agen‘Nadia’, disuarakan oleh aktris Cate Blanchett, telah dibuat untuk pemerintah Australia, sementara‘Rachel’perbankan agen CS dekat selesai. Dengan kemajuan yang menjanjikan seperti di bidang ini, kepunahan kategori pekerjaan ini cukup terlihat.



Apa yang harus dilakukan jika pekerjaan Anda terlihat rentan?

Dalam skenario ini dan adaptasi masa depan adalah kunci, dengan otomatisasi mengambil alih, disarankan bagi karyawan untuk membuat diri mereka lebih dan lebih mudah beradaptasi, memperoleh pendidikan yang lebih dan memperluas ruang lingkup mereka. Kemajuan teknologi akan selalu membantu manusia, hal itu akan membuat proses lebih cepat dan lebih efisien, menghasilkan lebih banyak pendapatan; pendapatan ini akan menghasilkan lebih banyak pekerjaan menciptakan lapangan kerja bagi semua.

Adalah wajar bahwa robot tidak pernah bisa mengambil alih dunia; akan selalu ada kebutuhan untuk kekuatan manusia untuk mendorong otomasi ini. Jika seorang pria terus meningkatkan dan memperkaya potensi mental, dunia bisa menjadi dunia manusia dan mesin tetapi tidak pernah dunia yang didominasi oleh robot.

More from this category: Tren gaji & profesi

Telusuri istilah pencarian teratas

Tahukah Anda bahwa banyak kandidat yang menyiapkan resume dan meneliti suatu industri dengan menjelajahi istilah pencarian teratas?

Jelajahi topik terkait

Pilih bidang minat untuk menelusuri karier terkait.

Berlangganan Panduan Karir

Dapatkan saran karier dari ahli yang dikirimkan ke kotak masuk Anda.
Anda dapat membatalkan email kapan saja. Dengan mengklik 'berlangganan', Anda menyetujui Pernyataan Privasi Jobstreet.