Orang Asia berpindah dari Perusahaan Lokal ke MNC, kenapa?

Orang Asia berpindah dari Perusahaan Lokal ke MNC, kenapa?
Jobstreet tim kontendiperbarui pada 30 June, 2022
Share

p

Sebagai lanjutan dari Survei 10 Perusahaan Teratas 2016yang dilakukan tahun lalu, studi tahun 2017 oleh JobStreet.com dan jobsDB atau studi 2017 oleh  jobsDB dan JobStreet.com mensurvei 26,349 responden di Malaysia, Singapura, Hong Kong, Filipina, Thailand, Indonesia, dan Vietnam. Tahun ini, para responden kembali diminta untuk mendaftar 3 perusahaan teratas yang menginspirasi mereka untuk bekerja, dengan urutan pilihan.

Hasilnya mengindikasikan suatu hubungan yang dekat antara perekrut local vs perekrut asing saat sampai pada hal perekrut yang dipilih oleh orang Asia. Baca lagi untuk informasi lebih lanjut.

Orang Asia Berpindah dari Perekrut Lokal ke MNC dalam Survei Perusahaan Terbaik

  • Hasil Wilayah: Sebuah perpindahan yang jelas dari MNC dan perusahaan lokal

Dari suatu sudut pandang regional, hasil-hasil mengindikasikan sebuah perpindahan yang jelas antara MNC dan perusahaan lokal sebagai perekrut pilihan. 4 dari 7 negara menyatakan MNC sebagai perekrut pilihan teratas, dengan Indonesia, Filipina, dan Thailand menyatakan perusahaan lokal sebagai pilihan nomor 1.

No.NegaraPerekrut Teratas
1.Hong KongGoogle
2.IndonesiaPT Pertamina
3.MalaysiaGoogle
4.FilipinaThe Manila Electric Company (Meralco)
5.SingapuraGoogle
6.ThailandPTT
7.VietnamUnilever
  • Tingkat Negara: Perekrut lokal dipilih oleh 4 dari 7 negara-negara Asia

Analisis data di tingkat negara mengungkapkan bahwa para responden di Hong Kong, Indonesia, Malaysia dan Thailand memilih perekrut lokal daripada MNC. MNC mendominasi daftar untuk Singapura, dengan Changi Airport dan Singapore Airlines yang menjadi 2 perusahaan lokal yang bisa diperhitungkan. Vietnam memiliki 6 MNC di 10 teratas, sedangkan Filipina memiliki hasil seri 50-50.

  • Google mendominasi sebagai perekrut yang paling diinginkan untuk orang Asia

Untuk pelaksanaan tahun kedua, Google mendominasi sebagai MNC yang paling diinginkan untuk bekerja di Asia dan bahkan berkembang lebih penting lagi. Disamping dinyatakan sebagai perekrut pilihan teratas di Hong Kong, Singapura dan Malaysia, organisasi yang menginspirasi ini berada di urutan ketiga untuk Indonesia, Filipina, dan Thailand, dan urutan keempat untuk Vietnam.

  • Perusahaan lokal teratas yang mewakili negara-negara

Masing-masing dari 7 negara mungkin dapat diwakili oleh perekrut lokal peringkat teratas berikut:

No.NegaraPerekrut Lokal Teratas
1.Hong KongMTR Corporation
2.IndonesiaPT Pertamina
3.MalaysiaPetronas
4.PhilippinesThe Manila Electric Company (Meralco)
5.SingaporeSingapore Airlines
6.ThailandPTT
7.VietnamVinamilk
  • Perekrut MNC Pilihan:  Brand Perusahaan-PerusahaanTech & FMCG masih tetap menjadi favorit

Melanjutkan tren dari survei tahun lalu, brand perusahaan-perusahaan teknologi & FMCG masih tetap menjadi favorit sebagai perekrut MNC untuk orang Asia.

Teknologi: Google, Apple, Facebook

FMCG: Unilever, P&G, Nestlé

Hasil dari Survei Perusahaan Teratas 2017 ini mendukung laporan Go Glocal 2016 ( Go Glocal report ) oleh Nielsen yang menyatakan bahwa “diberdayakan oleh biaya pelaksanaan yang rendah, jaringan yang mapan, pemahaman mendalam akan kebutuhan dan selera lokal, dan kemampuan untuk bergerak cepat, brand perusahaan lokal FMCG yang tumbuh di daerahnya sendiri kini menjadi lawan seimbang dari perusahaan multinasional yang besar”. Lokal vs Asing

Lokal Teratas

Bisnis dalam negri

Bisnis dalam negri

ssss

Sepertinya Multi National Company memang berusaha sebaik-baiknya untuk mempertahankan daya tarik mereka sebagai perekrut yang diinginkan para kandidat.

More from this category: Tren gaji & profesi

Telusuri istilah pencarian teratas

Tahukah Anda bahwa banyak kandidat yang menyiapkan resume dan meneliti suatu industri dengan menjelajahi istilah pencarian teratas?

Jelajahi topik terkait

Pilih bidang minat untuk menelusuri karier terkait.

Berlangganan Panduan Karir

Dapatkan saran karier dari ahli yang dikirimkan ke kotak masuk Anda.
Anda dapat membatalkan email kapan saja. Dengan mengklik 'berlangganan', Anda menyetujui Pernyataan Privasi Jobstreet.