Oprah Winfrey, Acara Talk Show Paling Berpengaruh Sepanjang Sejarah

Oprah Winfrey, Acara Talk Show Paling Berpengaruh Sepanjang Sejarah
Jobstreet tim kontendiperbarui pada 30 June, 2022
Share

OW 2

“Rahasia terbesar dalam hidup adalah bahwa sebenarnya tidak ada rahasia. Anda akan berhasil mencapai tujuan jika Anda mau bekerja.” –Oprah Winfrey

Oprah Winfrey adalah salah satu milyuner yang berhasil dengan usahanya sendiri. Ia adalah seorang aktris, produser, dermawan dan pembawa acara talk show yang telah menyentuh hati jutaan pemirsa di seluruh dunia. Satu hal yang membuat nama Oprah sangat luar biasa adalah awal kehidupannya yang sangat sederhana. Oprah menjadi contoh dari American dream dimana ia mengejar mimpinya menggunakan bakat, kerja keras, dedikasi dan keteguhannya sehingga dapat menggapai sukses dalam hidupnya.

Oprah Winfrey lahir di Kosciuko, Mississippi pada tanggal 29 Januari 1954, ia tinggal di pertanian milik neneknya selama dua tahun sementara ibunya mencari pekerjaan di Utara Amerika. Kondisi kehidupannya sangat sederhana, akan tetapi ia selalu mendapat dukungan dan cinta dari neneknya dan komunitas gerejanya. Nenek Oprah pernah berkata bahwa bukan merupakan sebuah kejutan Oprah memilih dunia media, sejak Oprah mulai dapat berbicara ia selalu memainkan permainan wawancara dengan boneka jagung dan gagak di ladang milik neneknya.

Hidup memasuki bagian terburuk ketika ia pindah ke Milwaukee pada usia 6 tahun mengikuti Ibunya yang bekerja sebagai seorang pembantu rumah tangga. Oprah ditinggalkan sendirian di apartemen untuk waktu yang lama dan mulai mendapatkan pelecehan dari saudara laki-laki dan teman ibunya. Penganiayaan ini terjadi  selama beberapa tahun dan Oprah sangat tertekan dengan keadaan ini hingga sempat berusaha kabur beberapa kali dari rumah. Pada usia empat belas tahun ia tinggal sendiri dan Oprah hamil pada saat berusia remaja akan tetapi mengalami keguguran. Oprah pernah berkata ia memilih untuk tidak akan menjadi seorang ibu karena ia merasa tidak mendapatkan perawatan yang baik dari ibunya sendiri.

Oprah akhirnya dikirim untuk tinggal bersama Ayahnya di Tennessee untuk mengurangi beban keuangan yang dialami ibunya. Ayahnya menerapkan aturan yang ketat terhadapnya berupa aturan jam malam dan kewajiban untuk membaca buku setiap minggu, walaupun begitu Oprah tetap dapat bertahan dan berkata, “Seketat apapun aturan yang diberikan, Ayah memiliki kepedulian agar Aku dapat melakukan yang terbaik untuk hidupku, dan Ia tidak menerima apapun kecuali hal yang terbaik yang dapat kulakukan.”

Oprah memenangkan kontes kecantikan Tennessee pada usia 17 tahun dan mulai bekerja di sebuah stasiun radio melayani populasi masyarakat Afro-Amerika di Nashville. Ia mendapatkan beasiswa di Tennessee State University tempat ia mendapatkan gelar di bidang Speech Communication and Performing Arts. Ia bekerja di stasiun tv lokal sebagai reporter dan pembawa berita, dan pada tahun 1976 Ia pindah ke Baltimore menjadi pembawa berita pengganti di WJZ-TC News. Kepribadiannya yang kharismatik dan penuh empati membuatnya memiliki acara talk show pertamanya sendiri bernama People Are Talking.

Pada tahun 1984 Oprah diajak bergabung dengan sebuah acara talk show di Chicago bernama AM Chicago. Dalam beberapa bulan, kehangatan hati dan gayanya berhasil membuat acara tersebut menjadi acara talk show dengan rating tertinggi di kota tersebut. Ia pun mendapatkan tawaran untuk bermain dalam film besutan Steven Spielberg berjudul The Color Purple dan berhasil menjadi nominasi sebagai pemain pendukung terbaik dalam Academy Awards.

OW1

Pada tahun 1986, acara talk show berubah nama menjadi Oprah Winfrey Show dan program tersebut ditayangkan secara nasional. Dengan lebih dari 10 juta pemirsa dan menghasilkan US$125 Juta pada tahun pertamanya, Oprah langsung mengembangkan rumah produksi miliknya yang bernama Harpo Productions dan berhasil mengambil alih Oprah Winfrey Show dari ABC. Pada tahun 1987 acara Oprah Winfrey Show menerima 3 penghargaan Daytime Emmy Awards. Awalnya, acara tersebut di kategorikan sebagai acara talk show tabloid dengan tamu orang-orang aneh dan cerita yang luar biasa, akan tetapi, seiring perkembangan di tahun 1990 Oprah mulai membawa topik yang lebih luas seperti politik, penyakit, spiritual, dan isu sosial dalam acara ini yang membuat acara ini semakin populer lagi. Oprah juga memproduksi dan membintangi beberapa produksi sambil menjadi pembawa acara, contohnya adalah The Women of Brewster Place.

Pada tahun 1993 Oprah menjadi ujung tombak dari sebuah kampanye anti kekerasan pada anak, mengingat pengalamannya di masa kecilnya. Pada tahun 1993 gerakan ini dinamakan “Oprah Bill” dan terdaftar secara hukum. Oprah juga dikenal dengan kemmapuannya menurunkan berat badan, berbagi tips diet, dan saran fitnes dengan penggemarnya. Ia menggunakan acara miliknya untuk mempromosikan penulis yang dikaguminya seperti Maya Angelou dan pada tahun 1996 memulai sebuah klub buku on-air. Buku yang dipilih “Oprah Book Club” menjadi bestseller dalam waktu cepat, membuatnya memiliki kekuatan dalam industri penerbitan serta membuatnya mendapatkan medali emas atas jasanya terhadap buku dan penulis pada tahun 1999.

Sebagai tambahan dalam memiliki rumah produksinya sendiri, Oprah adalah rekanan dari Oxygen Media, Inc. dan telah menjadi salah satu dermawan yang terkenal, membuat Oprah Angel Network dan dikenal atas kontribusinya atas pendidikan anak gadis di Afrika. Business Week menyebutnya sebagai dermawan kulit hitam terbaik dalam sejarah Amerika, dengan yayasannya mengumpulkan lebih dari US$ 51 juta untuk berbagai program amal. Pada tahun 2011 Oprah menerima penghargaan Oscar khusus untuk Jean Hersholt Humanitarian Award. Kini Ia menerbitkan O, The Oprah Magazine, dan O at Home. Pada tahun 2003 Oprah Winfrey menjadi wanita Afro-Amerika pertama yang menjadi bilyuner.

Oprah Launches Leadership Academy for Girls

Acara Oprah Winfrey Show tetap sukses sepanjang tahun, disiarkan di lebih dari 100 negara di seluruh dunia. beberapa tamu regular di acaranya seperti Dr. Phil dan Dr. Oz telah berhasil membintangi acaranya sendiri. Di tahun 2009 Oprah mengumumkan akhir dari acara talkshownya yang telah disiarkan sebanyak 24 musim dan memiliki lebih dari 5.000 episode. Episode terakhir disiarkan pada tanggal 25 mei 2011. Kini ia memiliki stasiun TV sendiri bernama The Oprah Winfrey Network di jaringan TV kabel , bekerja sama dengan Discovery Communications.

Kekayaan Oprah Winfrey diperkirakan senilai US$ 2,9 milyar. Ia dianggap sebagai satu dari lima belas wanita paing berpengaruh di dunia. Oprah adalah artis yang memiliki bayaran termahal di televisi, wanita terkaya dengan usaha sendiri dan keturunan Afro-Amerika terkaya di abad 20. Ia dianggap memiliki pendapat yang dapat mempengruhi dunia dan sempat disebut sebagai wanita terkuat di dunia. pada tahun 2013 Oprah dianugerahi presiden Barrack Obama Presidentian Medal of Freedom, sebuah penghargaan tertinggi untuk warga sipil di Amerika. Oprah telah mnginspirasi jutaan pemirsa selama bertahun-tahun dengan wawancaranya yang menawan, ceritanya yang mendalam, berbagai sumbangan dan semangat dalam kepribadiannya. Dibalik semua yang dimilikinya, Oprah merasa Ia tetap jujur terhadap dirinya. “Walaupun saya sangat bersyukur dengan semua berkah dan kekayaan, hal tersebut tidak mengubah siapa diri saya. Kaki saya tetap berdiri diatas tanah, saya hanya menggunakan sepatu yang lebih baik.”

More from this category: Merubah karir

Telusuri istilah pencarian teratas

Tahukah Anda bahwa banyak kandidat yang menyiapkan resume dan meneliti suatu industri dengan menjelajahi istilah pencarian teratas?

Jelajahi topik terkait

Pilih bidang minat untuk menelusuri karier terkait.

Berlangganan Panduan Karir

Dapatkan saran karier dari ahli yang dikirimkan ke kotak masuk Anda.
Anda dapat membatalkan email kapan saja. Dengan mengklik 'berlangganan', Anda menyetujui Pernyataan Privasi Jobstreet.