Menyiapkan Diri Sebelum Kerja melalui Karang Taruna

Menyiapkan Diri Sebelum Kerja melalui Karang Taruna
Jobstreet tim kontendiperbarui pada 30 June, 2022
Share

Karang Taruna merupakan sebuah organisasi sosial yang berisikan anak muda yang berfungsi sebagai wadah untuk mengembangkan potensi diri dalam bidang kesejahteraan sosial. Biasanya, setiap desa/kelurahan memiliki anggota karang tarunanya masing-masing yang aktif membuat kegiatan-kegiatan yang menyejahterakan sosial.

Perkembangan teknologi yang begitu pesat menjadi tantangan tersendiri bagi Karang Taruna. Hal ini dikarenakan perkembangan teknologi mendorong anak muda menjadi lebih apatis akibat tingginya penggunaan gawai ataugadget.Namun, adanya teknologi ini juga dapat dimanfaatkan secara positif untuk memperluas akses untuk kegiatan seperti Karang Taruna. Simak artikel berikut untuk mengetahui dampak program kerja Karang Taruna untuk mempersiapkan diri sebelum memasuki dunia kerja.

Tujuan Karang Taruna

Adanya Karang Taruna merupakan sebuah bentuk dari semangat kepedulian generasi muda untuk turut mencegah dan menanggulangi masalah kesejahteraan sosial masyarakat, terutama yang dihadapi oleh generasi muda di lingkungannya. Masalah yang biasanya dihadapi seperti putus sekolah, kemiskinan, kenakalan remaja, dan masalah kesejahteraan sosial lainnya.

Manfaat Karang Taruna bagi pesertanya

Dengan mengikuti kegiatan Karang Taruna seseorang dapat melatih kemampuan berorganisasi sejak dini di lingkungan rumah. Pada lingkungan kampus, juga terdapat kegiatan BEM yang juga melatih kemampuan berorganisasi namun dampaknya belum dapat langsung ke masyarakat, melainkan ke mahasiswa di dalam lingkungan kampus tersebut.

Melalui Karang Taruna, generasi muda yang kurang beruntung juga dapat melatih pengembangan diri dengan kegiatan-kegiatan positif. Selain melatih kemampuan berorganisasi, Karang Taruna juga dapat menumbuhkan kesadaran dan tanggung jawab sosial setiap generasi muda dalam mencegah, menangkal, menanggulangi dan mengantisipasi berbagai masalah sosial di sekitar tempat tinggalnya.

Program kerja Karang Taruna

Anggota Karang Taruna dapat membuat kelas belajar bersama dan taman baca untuk menanggulangi masalah pendidikan di sekitarnya. Program-program yang dirancang akan lebih mudah untuk disesuaikan dengan kebutuhan lingkungannya.

Toleransi merupakan salah satu sikap yang perlu kita tumbuhkan untuk menjaga keharmonisan dalam bermasyarakat. Program kerja Karang Taruna akan menumbuhkan sikap toleransi antar warga dengan kerja sama yang dijalin di antara anggota yang datang dari latar belakang yang beragam.

Networkingdi Karang Taruna

Kerja sama antar anggota Karang Taruna juga merupakan salah satu upaya dalam membangunnetworking. Dengan membangunnetworkingdi sekitar lingkungan, kamu dapat saling bertukar pengetahuan serta wawasan. Kamu juga dapat memperluasnetworkingsecara internasional dengan mengikuti program yang memang ditujukan untuk mempromosikan Indonesia dan anak-anak mudanya ke negara-negara lain.

Beberapa program tersebut adalah

Kegiatan Karang Taruna dapat menyejahterakan sosial, selain itu juga bisa meningkatkan nilai diri. Baca artikel untuk mengetahui dampak mengikuti program Karang Taruna, organisasi, dan kegiatan relawan untuk persiapan sebelum memasuki dunia kerja.

, Indonesia Youth Foundation , IYD(Indonesian Youth Diplomacy) .Jika kamu ingin mengikuti program yang dapat terjun langsung ke masyarakat dan lingkungan, kamu juga dapat mendaftar menjadi relawan seperti Greenpeace untuk menanggulangi masalah lingkungan, Indonesia Mengajar untuk menangani masalah pendidikan yang belum merata di Indonesia, atau kamu dapat mencari informasi mengenai pendaftaran menjadi relawan di bidang-bidang tertentu melalui Indorelawan.

Selain dapat berpartisipasi dalam menanggulangi masalah sosial di sekitar kita, keuntungan dari mengikuti program-program tersebut adalah untuk membentuk karakter dan melatih kepemimpinan diri sebelum akhirnya memasuki dunia kerja.

Kesimpulannya, dengan mengikuti program pengembangan diri tersebut kamu dapat berkesempatan meningkatkan nilai diri dan juganetworkingyang nantinya dapat berguna memperluas peluang kerjamu. Hal ini karena terkadang perekrut juga melihat pengalaman kamu dalam berorganisasi untuk melihat etos kerja diri. Ingin tahu info lainnya mengenai tips karier dan/atau seputar dunia kerja sekarang ini? Kunjungi laman Tips Karier di situs JobStreet.

Tentang SEEK Asia

SEEK Asia , gabungan dari dua merek ternama Jobstreet dan jobsDB, adalah portal lowongan pekerjaan terkemuka dan destinasi pilihan untuk pencari dan pemberi kerja di Asia. Kehadiran SEEK Asia menjangkau 7 negara yaitu Hong Kong, Indonesia, Malaysia, Singapura, Thailand, Filipina dan Vietnam. SEEK Asia adalah bagian dari SEEK Limited Company terdaftar di Bursa Efek Australia, portal lowongan pekerjaan terbesar di dunia berdasarkan kapitalisasi pasar. SEEK Asia dikunjungi lebih dari 400 juta kali dalam setahun.

Tentang SEEK Limited

SEEK adalah grup perusahaan yang beragam, dengan portofolio yang kuat  yang mencakup usaha lowongan pekerjaan daring , pendidikan, komersial dan relawan. SEEK hadir secara global (termasuk di Australia, Selandia Baru, Cina, Hong Kong, Asia Tenggara, Brazil dan Meksiko), yang menjangkau lebih dari 2,9 miliar orang dan sekitar 27 persen PDB global. SEEK memberikan kontribusi positif kepada orang-orang dalam skala global. SEEK terdaftar dalam Bursa Efek Australia, yang menempatkannya sebagai 100 perusahaan teratas dan telah diperingkat sebagai 20 Perusahaan Paling Inovatif oleh Forbes.

More from this category: Melamar pekerjaan

Telusuri istilah pencarian teratas

Tahukah Anda bahwa banyak kandidat yang menyiapkan resume dan meneliti suatu industri dengan menjelajahi istilah pencarian teratas?

Jelajahi topik terkait

Pilih bidang minat untuk menelusuri karier terkait.

Berlangganan Panduan Karir

Dapatkan saran karier dari ahli yang dikirimkan ke kotak masuk Anda.
Anda dapat membatalkan email kapan saja. Dengan mengklik 'berlangganan', Anda menyetujui Pernyataan Privasi Jobstreet.