Menolak Tawaran Kerja yang Tidak Sesuai Lamaran, Haruskah?

Menolak Tawaran Kerja yang Tidak Sesuai Lamaran, Haruskah?
Jobstreet tim kontendiperbarui pada 25 March, 2023
Share

Ketika melamar pekerjaan, tentu kamu telah mempertimbangkan suatu posisi yang sudah kamu incar. Apalagi ketika sudah menerima panggilan wawancara dari HRD, pasti ada harapan yang lebih besar agar kamu semakin dekat ke kesempatan untuk diberikan posisi yang kamu inginkan.

Namun, bagaimana jika posisi pekerjaan yang ditawarkan ternyata tidak seperti yang kita lamar di awal? Apakah kamu harus menolak tawaran kerja atau menerimanya? Bijak atau tidak, ya, untuk menolak tawaran kerja dari perusahaan yang telah kita lamar? Baca selengkapnya pada artikel berikut ini!

Mengapa HRD Memberikan Tawaran untuk Posisi yang Berbeda?

HRD perusahaan biasanya sudah memiliki beberapa kriteria untuk setiap posisi lowongan kerja yang akan dibuka. Ketika lamaran pekerjaan kamu diterima oleh HRD, mereka akan menyesuaikan pengalaman dan kemampuan kamu, dengan kriteria karyawan yang dicari.

Seorang HRD dapat menawarkan posisi kerja yang lain apabila pengalaman serta kemampuan yang kamu miliki, sebagai kandidat, lebih cocok dengan posisi pekerjaan lainnya. Hal ini karena, ketika melihat profil kamu, HRD menilai adanya potensi yang dapat dimaksimalkan untuk posisi yang lain.

Namun, bisa jadi kamu mendapat penawaran padaroleyang berbeda jika posisi yang ingin kamu lamar sudah diisi oleh kandidat lain. Hal ini dapat terjadi karena beberapa kantor biasanya menyimpan data para pelamar dalam sebuahdatabase, yang nantinya bisa digunakan ketika ingin mencari kandidat untuk mengisi posisi lainnya yang dibutuhkan.

4 Hal yang Perlu Dipertimbangkan saat Menerima Tawaran untuk Posisi yang Berbeda

Penawaran kerja merupakan sebuah rezeki bagi hampir seluruh orang yang sedang mencari pekerjaan. Namun, kamu pasti terkejut jika pekerjaan yang ditawarkan tersebut berbeda jauh dari posisi yang sebelumnya telah kita incar. Jika kamu sedang menghadapi situasi seperti ini, kamu bisa mempertimbangkan kembali penawaran kerja tersebut sebelum memberikan respon pada pihak HRD. Komunikasikan pada bagian HRD bahwa kamu butuh waktu untuk memikirkan kembali tawaran dari mereka. Berikut beberapa hal yang perlu kamu pertimbangkan.

Mekanisme Kerja

Dalam proses mempertimbangkan tawaran pekerjaan, pertama-tama kamu harus memahami dulu tanggung jawab dari posisi pekerjaan yang ditawarkan kepadamu.

Pelajari juga mekanisme kerja pada posisi tersebut. Dengan begitu, kamu punya bayangan seperti apa proses yang akan kamu lewati sehari-hari. Lihat juga sejauh apagapatau bedanya dengan posisi awal yang kamu lamar.

Jenjang Karir

Kamu perlu melihat potensi perkembangan karir pada posisi tersebut. Pasalnya, setiap posisi pekerjaan pasti memiliki jenjang karir yang juga berbeda. Tanyakan kepada HRD, seperti apa biasanya peluang promosi di posisi tersebut. Selain itu, kamu bisa melakukan riset terlebih dahulu mengenai apa yang akan kamu kerjakan nantinya jika mengambil kesempatan di posisi itu.

Gaji danBenefit

Salah satu hal yang bisa menjadi pertimbangan adalah gaji danbenefit.Bandingkanlah dari segibenefitkantor yang akan kita terima untuk posisi berbeda. Apakah gaji danbenefityang diberikan sepadan untuk kamu melalui proses yang berbeda dari yang kamu bayangkan di awal? Lihat juga apakah posisi baru ini punya skema bonus yang berbeda. Cari tahu besaran manfaat dari perusahaan yang akan diberikan pada posisi yang ditawarkan kepadamu.

Nilai Kemampuan Diri

Meyakinkan diri sendiri untuk mengambil peluang baru ini sangat diperlukan. Hal ini karena hanya diri kita sendiri yang mengetahui kapasitas diri dalam bekerja. Namun, pastikan kalau alasan kamu menerima kesempatan ini karena memang kamu merasa mampu serta memiliki pengalaman yang cukup di bidang tersebut. Jangan sampai kamu menerima tawaran hanya karena takut untuk menolak. Apalagi, di tengah banyaknyalayoffdi Indonesia, untuk menolak tawaran kerja mungkin terasa sulit karena ada rasa takut kurang bersyukur di sana.

Pastikan kalau alasan kamu menerima pekerjaan pada posisi itu bukan karena hanya karena mumpung ada peluang saja. Oleh sebab itu, saat mempertimbangkan tawaran peluang kerja baru, ambil jeda sejenak untuk memahami terlebih dahulu posisi pekerjaan yang ditawarkan kepadamu.

Jika setelah berbagai pertimbangan kamu memutuskan untuk tidak mengambil peluang tersebut, berikan alasan penolakan pekerjaan yang baik dan sopan, dengan jelas. Sampaikan juga intensi kamu yang baik terhadap tawaran peluang pekerjaan.

Cara Menolak Tawaran Kerja Dengan Baik

Dalam proses mempertimbangkan tawaran posisi kerja yang berbeda, tentunya kita juga bisa merasa tidak yakin akan tanggung jawab yang akan diberikan nantinya. Apabila memang kamu merasa tidak cocok dengan peluang yang diberikan, kamu bisa menolak tawaran kerja dari HRD. Tetapi, bagaimana cara memberikan alasan menolak tawaran kerja dengan baik? Berikut caranya.

  • Jangan terlalu lama mengulur waktu

Setelah kamu meminta beberapa waktu untuk mempertimbangkan tawaran posisi lain, penting untuk kamu segera memberikan respon pada HRD perusahaan kamu. Apalagi, jika kamu memang berniat untuk menolak tawaran kesempatan tersebut. Ada baiknya untuk kamu berikan respon dengan segera, namun tanpa tergesa-gesa. Semakin lama kamu mengulur waktu, proses rekrutmen mereka juga bisa terhambat. Untuk tetap menjalin hubungan baik dengan perusahaan, sebaiknya jangan buang waktu mereka terlalu banyak.

  • Ikuti cara berkomunikasi pihak perusahaan

Jika selama ini komunikasi yang kamu lakukan terhadap perusahaan sepenuhnya melalui email, kamu bisa menolak tawaran kerja menggunakan email juga. Namun, jika komunikasi yang digunakan lebih banyak melalui telepon, ada baiknya untuk memberikan respon melalui telepon sebagai bentuk etiket kita.

  • Tolak tawarannya, bukan perusahaannya

Ketika kamu menolak tawaran pekerjaan dari suatu perusahaan, penting untuk kamu menjelaskan bahwa kamu tetap terbuka terhadap peluang lainnya dan ingin menjaga hubungan baik dengan perusahaan tersebut. Membakar jembatan dengan memutus hubungan adalah hal buruk untuk perkembangan karier kamu nantinya. Maka dari itu, penting untuk tetap menjaga hubungan baik dengan pihak perusahaan walaupun tidak menerima tawaran kerjanya.

  • Jangan berharapcounter offerdari perusahaan

Merupakan sebuah ide yang buruk jika kamu berniat untuk menolak tawaran pekerjaan dengan harapan mendapatkancounter offeratau tawaran yang lebih besar dari perusahaan. Sebuah perusahaan pasti memiliki calon kandidat lainnya yang sudah mengantri untuk mengisi posisi pekerjaan tersebut. Dampaknya, kamu bisa kehilangan kesempatan yang sebenarnya kamu inginkan, namun terbuang sia-sia karena kamu yang tidak jujur dalam mengomunikasikan kebutuhan kamu.

  • Berikan respon dengan jujur.

Kamu perlu menjaga sikap untuk selalu sopan, profesional, dan jujur dalam merespon. Jika kamu merasa tidak punya kemampuan yang cukup untuk mengisi posisi tersebut, komunikasikan dengan baik dan jujur mengenai keadaan kamu. Tentunya, perekrut akan lebih menghargai jika kamu memberikan alasan penolakan yang jelas dan jujur.

Berikut beberapa contoh dialog untuk menolak tawaran kerja yang bisa kamu jadikan acuan.

Jika setelah berbagai pertimbangan kamu memutuskan untuk tidak mengambil peluang tersebut, b.

Itulah beberapa hal yang perlu kamu perhatikan sebelum menolak tawaran kerja dengan posisi yang berbeda dari perusahaan. Ada saatnya ketika kamu sadar bahwa kesempatan kerja tersebut memang tidak tepat untukmu setelah menyelesaikan proses wawancara. Ingatlah untuk memberikan alasan penolakan pekerjaan yang baik dengan sopan. Ini menunjukkan bahwa kamu memiliki intensi yang baik terhadap tawarannya.

Belum menerima surat penawaran kerja dari perusahaan yang kamu lamar? Coba perbarui profil JobStreet kamu sekarang! Ikuti juga berbagai pelatihan berkualitas di seekMAX untuk belajar keterampilan baru serta membangunnetworkingdengan komunitas JobStreet agar kamu bisa mencapai kesuksesan karir yang diinginkan secara maksimal.

Kunjungi juga laman Tips Karier kami untuk berbagai tips seputar cara melamar kerja, fitur latihan wawancara, hingga survei soal pekerjaan dengan gaji tinggi.

Untuk akses yang lebih mudah, unduh aplikasi JobStreet di Google Play Store dan juga Apple App Store. Dengan begitu, kamu bisa melihat lowongan kerja baru langsung darismartphone!

Di JobStreet kami selalu berupaya mengantarkan pekerjaan yang bernilai untuk Anda. Sebagai Partner karir, kami berkomitmen membantu pencari kerja menemukan passion dan tujuan dalam setiap langkah karir. Sebagai Partner Talent nomor 1 di Asia, kami menghubungkan perusahaan dengan kandidat tepat yang dapat memberikan dampak positif dan berkualitas kepada perusahaan.

Temukan pekerjaan yang bernilai untuk Anda. Kunjungi JobStreet hari ini.

Tentang SEEK Asia

SEEK Asia, gabungan dari dua merek ternama Jobstreet dan jobsDB, adalah portal lowongan pekerjaan terkemuka dan destinasi pilihan untuk pencari dan pemberi kerja di Asia. Kehadiran SEEK Asia menjangkau 7 negara yaitu Hong Kong, Indonesia, Malaysia, Singapura, Thailand, Filipina dan Vietnam. SEEK Asia adalah bagian dari SEEK Limited Company terdaftar di Bursa Efek Australia, portal lowongan pekerjaan terbesar di dunia berdasarkan kapitalisasi pasar. SEEK Asia dikunjungi lebih dari 400 juta kali dalam setahun.

Tentang SEEK Limited

SEEK adalah grup perusahaan yang beragam, dengan portofolio yang kuat  yang mencakup usaha lowongan pekerjaan daring , pendidikan, komersial dan relawan. SEEK hadir secara global (termasuk di Australia, Selandia Baru, Cina, Hong Kong, Asia Tenggara, Brazil dan Meksiko), yang menjangkau lebih dari 2,9 miliar orang dan sekitar 27 persen PDB global. SEEK memberikan kontribusi positif kepada orang-orang dalam skala global. SEEK terdaftar dalam Bursa Efek Australia, yang menempatkannya sebagai 100 perusahaan teratas dan telah diperingkat sebagai 20 Perusahaan Paling Inovatif oleh Forbes.

More from this category: Pengembangan karir

Telusuri istilah pencarian teratas

Tahukah Anda bahwa banyak kandidat yang menyiapkan resume dan meneliti suatu industri dengan menjelajahi istilah pencarian teratas?

Berlangganan Panduan Karir

Dapatkan saran karier dari ahli yang dikirimkan ke kotak masuk Anda.
Anda dapat membatalkan email kapan saja. Dengan mengklik 'berlangganan', Anda menyetujui Pernyataan Privasi Jobstreet.