Menjawab Keluhan HRD, JobStreet Rilis “Speed Dating Interview”

Menjawab Keluhan HRD, JobStreet Rilis “Speed Dating Interview”
Jobstreet tim kontendiperbarui pada 30 June, 2022
Share

Walaupun banyak pencari kerja yang kesulitan mendapat panggilan interview, anehnya banyak pula HRD perusahaan yang mengeluhkan kandidat yang sering tidak hadir saat diundang interview. Setelah ditelusuri oleh JobStreet.com, beberapa alasan yang menyebabkan kandidat tidak hadir di antaranya adalah lokasi yang kejauhan, jadwal yang tidak sesuai dan mereka merasa perusahaan yang mengundang tidak meyakinkan.

“Namun demikian, para kandidat seharusnya tetap berusaha memenuhi panggilan interview dari perusahaan karena hal ini akan berpengaruh pada pandangan perusahaan terhadap profesionalisme kandidat. Kita tidak pernah tahu kapan perusahaan tersebut akan membuka lowongan lagi dan kita membutuhkan pekerjaan tersebut,” ungkap Faridah Lim, Country Manager JobStreet.com Indonesia.

Kecenderungan kandidat untuk tidak hadir juga semakin tinggi karena tidak adanya rasa urgensi dari undangan interview biasa. Mereka dapat mengundur jadwal wawancara yang membuat proses rekrutmen perusahaan semakin lama dan tidak efektif.

Menjawab tantangan tersebut, JobStreet.com selakujob marketplaceterbesar di Indonesia akan menggelar sebuah acara yang merupakan terobosan baru di bidang rekrutmen yaitu “Speed Dating Interview” pada tanggal 5 Oktober di Gedung Patra Jasa. Berbeda dengan konsepjob fairumumnya, di acara Speed Dating Interview ini semua kandidat akan mendapat interview langsung dengan lebih dari 100 perusahaan ternama di Jabodetabek.

Acara ini diharapkan dapat menjawab tantangan ketidakhadiran kandidat saat interview biasa di kantor. Para HRD perusahaan juga mendapat kemudahan karena semua proses mengundang interview akan dilakukan oleh JobStreet.com. Jika kandidat yang terpilih tidak dapat hadir, maka ia akan otomatis digantikan oleh kandidat lainnya sehingga meningkatkan rasa urgensi dan mengedukasi para kandidat untuk sebisa mungkin tetap memenuhi undangan interview perusahaan.

Faridah mengungkapkan bahwa acara ini pada akhrinya adalah untuk membantu baik masyarakat yang mencari karir yang lebih baik maupun perusahaan yang mencari karyawan berkualitas untuk kemajuan perusahaan. “Untuk membantu masyarakat dan perusahaan yang selama 11 tahun ini setia menggunakan JobStreet.com, maka kami pun terus berupaya melakukan berbagai inovasi dan terobosan baru.”

More from this category: Melamar pekerjaan

Telusuri istilah pencarian teratas

Tahukah Anda bahwa banyak kandidat yang menyiapkan resume dan meneliti suatu industri dengan menjelajahi istilah pencarian teratas?

Jelajahi topik terkait

Pilih bidang minat untuk menelusuri karier terkait.

Berlangganan Panduan Karir

Dapatkan saran karier dari ahli yang dikirimkan ke kotak masuk Anda.
Anda dapat membatalkan email kapan saja. Dengan mengklik 'berlangganan', Anda menyetujui Pernyataan Privasi Jobstreet.