Mau Kerja Tapi Minder Karena Tidak Punya Pengalaman

Mau Kerja Tapi Minder Karena Tidak Punya Pengalaman
Jobstreet tim kontendiperbarui pada 30 June, 2022
Share

Pengalaman memang sangat dibutuhkan saat kamu melamar ke sebuah perusahaan. Dari pengalaman yang ada, kamu bisa dinilaiprofessionaldan memiliki potensi. Pengalaman yang umumnya dilihat darifresh graduateseperti magang,volunteeratau organisasi. Tapi, bagaimana jika tidak ada pengalaman sama sekali padahal sudah lulus? Jangan khawatir, kamu masih bisa mendapatkan pekerjaan dengan melakukan hal di bawah ini:

1. Magang atauvolunteer

aa Mumpung masih muda dan baru lulus, tidak ada salahnya juga kamu baru mencoba magang atauvolunteer. Magang atauvolunteersangat penting loh! Selain menambah pengalaman sebelum masuk ke dunia kerja, magang danvolunteerjuga bisa mengasah kemampuan kamu. Tidak hanya itu, magang atauvolunteerjuga ada yang digaji loh, hihi. Itung-itung bisa buat nabung untuk masa depan. Bedanya dengan magang,volunteerbiasanya masa kerjanya hanya beberapa hari tapi kalau magang bisa sampai 6 bulan atau bahkan lebih.

2. Freelanceataupart-time

portrait-happy-girl-browsing-internet-tablet_1262-20598 Walaupun kamu tidak memiliki pengalaman untuk melamar kerjafreelanceataupart-time, tidak ada salahnya mencoba. Kamu bisa memanfaatkanskillyang ada. Bahkan ada juga kokfreelanceataupart-timeyang menerima mahasiswa.

  1. Membuat projek kecil

young-man-taking-selfie-his-friend-sitting-mountain_23-2148182887 Kamu bisa mengembangkan kemampuanmu dengan membuat projek kecil. Misalnya bagi kamu yang menyukai fotografi, kamu bisa membuat akunsocial mediakhusus untuk hasil fotomu. Akan lebih bagus lagi jika hasil fotomu diberikan tema sesuai dengan keinginanmu. Kamu juga bisa mengajak temanmu yang jagodesigndalam membuat projek kecil ini.

  1. Membuatportfolio

side-view-graphic-designer-desk_23-2147652919 Nah, kalau yang tidak tertarik untuk magang, kamu bisa membuatportfolio. Biasanyaportfolioitu dibuat dari projek kecil yang kamu lakukan. Tapi kalau memang hobi, kamu juga bisa kok membuatportfolio. Tunjukan hasil karya terbaikmu dengan kreatif dan rapih diportfolio. Beberapa website yang bisa kamu pakai untuk membuatportfolio-mu seperti WordPress, Behance, Dribble, Kreavi, dan masih banyak lagi.

Semangat mencari kerja ya, JobStreeters! Semoga sukses dan berhasil!

More from this category: Melamar pekerjaan

Telusuri istilah pencarian teratas

Tahukah Anda bahwa banyak kandidat yang menyiapkan resume dan meneliti suatu industri dengan menjelajahi istilah pencarian teratas?

Jelajahi topik terkait

Pilih bidang minat untuk menelusuri karier terkait.

Berlangganan Panduan Karir

Dapatkan saran karier dari ahli yang dikirimkan ke kotak masuk Anda.
Anda dapat membatalkan email kapan saja. Dengan mengklik 'berlangganan', Anda menyetujui Pernyataan Privasi Jobstreet.