Korporasi Atau Start-Up Ya?

Korporasi Atau Start-Up Ya?
Jobstreet tim kontendiperbarui pada 30 June, 2022
Share

Mungkin ada beberapa di antara kalian yang sedang galau memilih korporasi ataustart-up. Apalagi kebanyakan orang tua menginginkan hidup anaknya lebih terjamin dengan bekerja di korporasi seperti BUMN atau badan hukum lainnya. Tapi, tidak sedikit juga yang ingin bekerja distart-upagar kemampuannya semakin berkembang. Bagi kamufresh graduatesyang sedang bingung untuk memilih kerja di korporasi ataustart-up, coba renungkan hal ini ya! Jangan sampai kamu salah mengambil jalan dan menyesal nantinya.

1. Budaya Kerja

pexels-photo-1438084

Budaya kerja distart-uplebih longgar dan santai. Bahkan ada beberapa perusahaanstart-upyang mengizinkan karyawannya untuk bekerja di rumah atau yang lebih sering disebutremote. Eits, walaupun bekerjaremotetapi ingat ya pekerjaannya pun juga harus sesuai target! Distart-upjuga biasanya banyak yang masih muda. Berbeda denganstart-up, kalau di korporasi kamu akan menemui suasana yang kantoran banget alias suasananya sangatprofessionaldan kamu juga harus siap dengan birokrasi perusahaan ya!

2. Pakaian Kerja

pexels-photo-1181527

Jika kamu memilih bekerja distart-up, kamu bisa memakai pakaiancasual. Berbeda jika kamu bekerja korporasi yang harus memakai pakaian formal. Namun dengan memakai pakaian formal, kamu bisa jadi terlihat lebih dewasa loh!

3. Fasilitas

222 Bicara soal fasilitas, sebenarnya tergantung dari perusahaannya. Adastart-upyang masih menyewa ruko, namun terdapat mesin kopi modern yang memudahkanmu untuk menyeduh kopi. Ada juga korporasi yang sudah punya gedung sendiri denganpantryyang luas dan nyaman.

4. Jenjang Karier

123

Ini merupakan hal yang paling penting! Jika kamu memilih untuk bekerja distart-up, kamu memiliki andil yang cukup besar dalam masa depan perusahaan. Namun jika di korporasi, kamu harus pintar dalam menyeimbangi kualitas kerja dannetworking.

5. Gaji

man-with-lot-bills_1154-93

Gaji memang sangat penting dan tidak boleh terlewatkan. Bekerja di korporasi memang mendapatkan gaji yang oke beserta dengan tunjangan. Bahkan bisa meningkatkan taraf hidup parafresh graduateshingga 3 kali lipat atau bahkan lebih. Kalau distart-upjangan mengharapkan gaji beserta tunjangan seperti di korporasi ya! Kebanyakanstart-upuntuk parafresh graduateshanya menggaji dengan batasan UMR atau tidak berbeda jauh dari itu.

Itulah hal yang harus pikirkan dengan matang sebelum kamu memutuskan untuk bekerja distart-upatau korporasi. Kamu juga harus berpikir realistis tentang kemungkinan-kemungkinan yang terjadi jika bekerja distart-upmaupun korporasi. Jika kamu adalah tipe yang tidak suka birokrasi, lebih suka bekerja denganpaceyang cepat, tidak masalah harusmulti-taskingmakastart-upmungkin lebih sesuai. Jika tidak masalah dengan birokrasi, tapi lebih memprioritaskan kestabilan kerja, fasilitas dan tunjangan, mungkin kamu cocok di korporasi. Jangan lupa untuksign upgratis di JobStreet karena ada lebih dari 30.000 lowongan pekerjaan distart-upmaupun korporasi!

More from this category: Melamar pekerjaan

Telusuri istilah pencarian teratas

Tahukah Anda bahwa banyak kandidat yang menyiapkan resume dan meneliti suatu industri dengan menjelajahi istilah pencarian teratas?

Jelajahi topik terkait

Pilih bidang minat untuk menelusuri karier terkait.

Berlangganan Panduan Karir

Dapatkan saran karier dari ahli yang dikirimkan ke kotak masuk Anda.
Anda dapat membatalkan email kapan saja. Dengan mengklik 'berlangganan', Anda menyetujui Pernyataan Privasi Jobstreet.