20 Opsi Kerja Online dari Rumah: Lokasi Bebas, Tanpa Modal!

20 Opsi Kerja Online dari Rumah: Lokasi Bebas, Tanpa Modal!
Jobstreet tim kontendiperbarui pada 17 January, 2024
Share

Kerja online dari rumah kini telah menjadi pilihan yang menarik bagi banyak orang. Siapa sih yang tidak mau kerja di rumah menghasilkan uang? 

Bekerja online artinya kamu bisa bekerja dengan waktu yang fleksibel alias kerja remote. Bahkan, kerja online bisa dilakukan tanpa keluar modal sepeser pun, lho

Mau tahu peluang kerja online tanpa modal apa saja yang tersedia? Simak informasi selengkapnya di sini!


⁠Temukan lowongan kerja dari rumah (WFH) hanya di situs dan aplikasi Jobstreet by SEEK.

Bisakah Kerja Online dari Rumah? 

Seorang pria sedang bekerja secara online dari rumah sebagai design grafis.

Jawabannya adalah bisa! Menurut laporan Forbes, ada 12.7% pekerja full-time yang bekerja dari rumah. Pilihan posisinya juga sangat beragam. 

Selama memiliki skill yang sesuai, siapa saja bisa bekerja secara online dari rumah. Pekerjaan ini cocok untuk mahasiswa, ibu rumah tangga, atau pekerja freelance

Tak hanya itu, para karyawan yang ingin mendapatkan penghasilan tambahan juga bisa memanfaatkannya. 

Syaratnya, kamu memiliki koneksi internet yang stabil, perangkat yang mumpuni, dan waktu yang cukup.

Lowongan Kerja Online dari Rumah 

Seorang pria sedang mencari lowongan kerja online dari rumah.

Dunia pekerjaan online menyediakan banyak opsi menarik. Berikut beberapa lowongan kerja dari rumah yang mungkin sesuai dengan keahlian dan minatmu: 

1. Operator Data Entry

Ini dia lowongan kerja yang bisa dikerjakan di rumah tanpa perlu skill advanced. Sebagai operator data entry, tugas utamamu adalah memasukkan data ke dalam sistem. 

Pekerjaan ini cocok untuk kamu yang cekatan dalam mengetik dan mampu mengolah data dengan baik.  

2. Penerjemah 

Jika kamu menguasai lebih dari satu bahasa, menjadi penerjemah online bisa menjadi pilihan. Selain menguntungkan, posisinya juga dibutuhkan untuk berbagai bidang. 

Profesi ini memberikan kesempatan bagimu untuk memanfaatkan keahlian bahasa yang kamu miliki, baik sebagai pekerjaan utama maupun pekerjaan sampingan di rumah. Kamu pun bisa kerja freelance atau bergabung dengan platform penerjemahan online

3. Private Trainer Online 

Selanjutnya, pekerjaan yang bisa dikerjakan di rumah adalah menjadi private trainer online. Pekerjaan ini cocok buat kamu yang ahli dalam bidang olahraga, kebugaran, atau seni bela diri. 

Sebagai pelatih privat, kamu ternyata tidak harus selalu bertatap muka. Pasalnya, kerjaan dari rumah ini bisa kamu lakukan dengan memanfaatkan platform video call seperti Zoom, Discourse, dan sebagainya.  

4. Call Center Representative 

Pekerjaan sebagai call center representative cocok untuk kamu yang memiliki keahlian komunikasi. Tugas utamamu adalah berinteraksi dengan pelanggan melalui telepon atau media komunikasi lainnya. 

Sebagai call center representative, kamu juga akan memberikan bantuan dan menangani pertanyaan atau keluhan dengan profesional. 

5. Digital Marketer 

Kalau kamu memiliki keterampilan digital marketing, peluang kerja online sangat besar. Pasalnya, banyak perusahaan yang mencari digital marketer untuk mempromosikan produk atau layanan mereka secara online

Sebagai digital marketer, tugasmu menentukan strategi pemasaran digital untuk meningkatkan visibilitas dan penjualan, termasuk di antaranya mengelola campaign iklan, media sosial, dan website. 

6. Editor 

Sebagai editor, tanggung jawabmu adalah memeriksa dan menyunting naskah dari klien. Editor harus memastikan naskah sesuai dengan standar tata bahasa, gaya, dan memeriksa kesalahan .

Cakupan bidang editor juga beragam, seperti editor buku, artikel online, materi periklanan, hingga copy editor. 

Ketika menjadi editor online, semua bentuk komunikasi, pengiriman file, hingga pembayaran honor bisa dilakukan secara online. Jadi, kamu bisa kerja dari rumah online dengan waktu yang fleksibel. 

7. Penulis Konten 

Siapa sih yang tidak mau kerja di rumah dapat uang? Nah, jika kamu memiliki kemampuan menulis, peluang kerja sebagai penulis konten patut dipertimbangkan. Sebagai content writer, kamu bisa membuat artikel, blog, dan konten lainnya yang disesuaikan dengan target audiens. 

Umumnya, pekerjaan sebagai penulis konten bersifat freelance. Artinya kamu menjadi penulis lepas yang bisa kerja fleksibel dari mana saja. 

8. Desainer Grafis 

Pekerjaan remote lainnya yang bisa dilakukan secara freelance adalah desainer grafis. Pekerjaan ini cocok untuk kamu yang memiliki bakat dalam desain grafis dan kreativitas visual. 

Dalam dunia digital, desainer grafis diperlukan untuk menciptakan materi visual yang menarik, seperti logo, brosur, dan materi marketing lainnya.  

9. Akuntan 

Apakah kamu memiliki latar belakang akuntansi? Cobalah melamar sebagai akuntan online di perusahaan. Pasalnya, profesi akuntan sangat dibutuhkan oleh setiap perusahaan, terutama menjelang akhir periode pembukuan. 

Tugasmu termasuk pembuatan laporan keuangan dan memberikan konsultasi finansial kepada klien. 

10. Social Media Specialist 

Pekerjaan sebagai social media specialist cocok untuk kamu yang berpengalaman mengelola media sosial. Tugasmu mengelola konten untuk diposting di media sosial dan campaign media sosial. 

Kamu juga bertanggung jawab untuk membangun interaksi dengan followers untuk meningkatkan online presence perusahaan atau brand

11. Sales Representative 

Jika kamu memiliki kemampuan persuasif, menjadi sales representative online juga patut dicoba. Sebagai sales representative, kamu akan terlibat dalam penjualan produk atau jasa. 

Peranmu untuk membantu perusahaan dalam mencapai target penjualan. 

12. Business Consultant 

Jika memiliki pengalaman bisnis, menjadi konsultan bisnis online juga menjadi peluang kerja online yang menjanjikan. 

Sebagai konsultan bisnis, kamu memberikan saran dan strategi kepada perusahaan atau klien individu. 

13. HR Manager 

Pekerjaan sebagai HR manager cocok untuk kamu yang memiliki pengalaman dalam manajemen SDM. 

Tugasmu termasuk melakukan perekrutan karyawan, mengelola kebijakan SDM, dan mengembangkan kompetensi karyawan. 

14. Tutor Bahasa Asing 

Kemampuan bahasa asing juga sangat berguna untuk mendapatkan pekerjaan yang bisa dikerjakan di rumah. Lewat kemampuan bahasa asing, kamu bisa menjadi tutor bahasa secara online

Kamu bisa berbagi pengetahuanmu dengan banyak orang dan membantu mereka meningkatkan keterampilan berbahasa. 

Target market-nya pun sangat luas, mulai dari siswa sekolah, mahasiswa, pegawai kantoran yang ingin meningkatkan skill, hingga mereka yang berencana ke luar negeri.  

15. Virtual Assistant 

Pekerjaan sebagai virtual assistant cocok untuk kamu yang memiliki kemampuan administratif secara online. Sebagai virtual assistant, tugasmu termasuk mengatur jadwal keseharian klien, mengelola email, hingga tugas-tugas administratif lainnya. 

Dengan fleksibilitas kerja, peran sebagai virtual assistant bisa kamu jadikan sebagai kerja part time di rumah. Kamu juga bisa sembari mengerjakan tanggung jawab lain. 

16. Software Engineer 

Skill di bidang IT menjadi senjata andalan untuk mencari cuan di era digital ini. Salah satunya dengan menjadi software engineer online. 

Sebagai software engineer, kamu akan terlibat dalam pengembangan software, pemrograman, dan pemecahan masalah teknis. 

17. Editor Foto 

Bagi kamu yang ahli dalam pengeditan foto, banyak perusahaan mencari editor foto online, lho. Umumnya, tugas editor foto adalah untuk meningkatkan kualitas visual materi advertising, situs web, hingga campaign marketing

Selain untuk perusahaan, editor foto juga bisa menyasar klien individu, misalnya untuk keperluan posting media sosial para influencer

18. Konsultan Perjalanan 

Apakah kamu memiliki hobi-hobi jalan-jalan? Jika iya, pastinya kamu punya pengalaman traveling dan pengetahuan luas seputar destinasi wisata. 

Nah, kamu bisa memanfaatkannya untuk mendulang cuan sebagai konsultan perjalanan. 

Tugasmu adalah memberikan saran tentang destinasi wisata, transportasi, akomodasi, dan kegiatan seru di berbagai lokasi. 

19. Guru Privat 

Menjadi guru privat online juga termasuk opsi kerja sampingan di rumah tanpa modal. Sebagai guru privat, kamu dapat membimbing siswa dalam memahami pelajaran sekolah dan meraih keberhasilan akademis. 

Nah, untuk mendapatkan siswa, kamu bisa membuka usaha sendiri ataupun bergabung dengan platform pendidikan online. 

20. Video Editor 

Konten video saat ini sangat diminati sebagai konten informatif maupun media promosi. Wadahnya juga cukup banyak, seperti YouTube atau TikTok. 

Nah, jika kamu mahir dalam bidang ini, pekerjaan sebagai editor video cocok untukmu. 

Sebagai editor video, tugas utamamu adalah menghasilkan konten video yang menarik. Hal ini termasuk mengatur efek visual dan memilih musik agar video tampak menarik bagi penonton.

Tips Kerja Online dari Rumah Agar Lebih Efektif 

Seorang wanita sedang bekerja secara online dari rumah sebagai editor video.

Bekerja dari rumah memang memberikan keleluasaan. Supaya tetap produktif, kamu bisa menerapkan beberapa tips berikut ini ketika bekerja secara online dari rumah:

Membuat rutinitas harian yang terstruktur 

Memiliki rutinitas harian yang terstruktur akan membantu kamu menjaga produktivitas. Tetapkan jadwal kerja yang konsisten, termasuk kapan waktu bekerja dan kapan waktu istirahat. 

Dengan memiliki rutinitas yang terstruktur, kamu bisa menciptakan pola kerja yang stabil. 

Pastikan memiliki ruang kerja sendiri 

Meski kerja online di rumah, kamu harus memiliki ruang kerja sendiri di dalam rumahmu. Ini membantu menciptakan batasan antara kehidupan pribadi dan pekerjaan. Ketika berada di ruang kerja, kamu akan menerima sinyal bahwa ini saatnya bekerja. 

Tak lupa, pastikan ruang kerjamu nyaman dan bebas dari gangguan agar kamu bisa fokus. 

Mempelajari teknik manajemen waktu yang efisien 

Manajemen waktu sangat penting buat kamu yang bekerja freelance online di rumah. Pasalnya, pengelolaan waktu yang baik akan membantumu meningkatkan produktivitas. 

Pelajari teknik-teknik manajemen waktu yang efisien. Hal ini meliputi memprioritaskan tugas dan membuat to-do list harian.  

Tetap terhubung dengan rekan kerja 

Menjalani pekerjaan online dari rumah membuat kamu sering bekerja sendiri. Tapi, bukan berarti kamu harus sendirian. Terlebih, sejumlah pekerjaan online memerlukan koordinasi dan komunikasi intensif dengan tim. 

Oleh karena itu, upayakan menjaga komunikasi dengan rekan kerja. Jagalah hubungan sosial, komunikasi, dan kolaborasi tim agar tetap baik. Selain mejaga efektivitas, terhubung dengan rekan kerja juga bisa mengurangi rasa kesepian yang mungkin kamu rasakan saat kerja online di rumah. 

Seimbangkan fleksibilitas dengan produktivitas 

Salah satu tantangan pekerjaan dari rumah adalah menjaga keseimbangan antara fleksibilitas dan produktivitas. Bekerja dari rumah memang memberikan fleksibilitas waktu kerja. Tapi ingat, kamu harus tetap bertanggung jawab menyelesaikan tugas-tugas sesuai tenggat. 

Jadi, temukan keseimbangan yang tepat agar kamu bisa menikmati fleksibilitas tanpa mengorbankan produktivitas. 

Tujuannya agar kamu bisa menciptakan lingkungan kerja online yang efektif dan nyaman.

Kelebihan Kerja Online dari Rumah 

Seorang pria sedang bekerja secara online dari rumah sebagai software engineer.

Pekerjaan online bukan hanya sekadar tren. Berbagai kelebihan kerja remote membuatnya menjadi pilihan yang menarik. Berikut adalah beberapa kelebihan yang dapat dinikmati dengan kerja online

Work-life balance lebih baik 

Salah satu keunggulan utama dari kerja online adalah terciptanya work-life balance. Artinya, akan ada keseimbangan antara kehidupan kerja dan kehidupan pribadi. 

Dengan bekerja dari rumah, kamu bisa lebih mudah mengatur waktu kerjamu sesuai dengan kebutuhan pribadi dan keluarga. Dengan begitu, kamu pun bisa menghindari burnout dan menjaga kesehatan mental. 

Fleksibilitas jam kerja 

Kerja online di rumah memungkinkan fleksibilitas dalam menentukan jam kerja. Kamu bisa mengatur jadwal kerjamu sesuai dengan produktivitas pribadi dan ritme biologis. 

Jadi, kamu bisa bekerja pada saat-saat yang paling efektif dan menghindari jam-jam sibuk atau tidak produktif. 

Hemat waktu dan uang 

Kerja online berarti kamu tidak perlu lagi menghabiskan waktu dan uang untuk berangkat ke kantor setiap hari. 

Dengan begitu, ini dapat mengurangi beban finansial untuk biaya transportasi. Selain itu, kamu juga akan terbebas dari stres akibat macet di perjalanan. 

Lingkungan kerja yang dapat disesuaikan 

Bekerja dari rumah dapat memberikan keleluasaan menciptakan lingkungan kerja yang sesuai dengan kebutuhanmu. 

Misalnya, dengan menata ruang kerja sesuai selera. Hal ini dapat membantu tercipta suasana yang nyaman dan membangkitkan semangat kerja. 

Otoritas pribadi lebih besar 

Ketika bekerja online, kamu memiliki kendali lebih besar atas pekerjaanmu. Dalam hal ini, kamu bisa mengatur prioritas dan mengelola waktu. 

Berbeda dengan kerja kantoran, kerja online memberikan keleluasaan untuk mengambil keputusan tanpa perlu terlalu banyak campur tangan dari atasan atau rekan kerja. 

Lebih ramah lingkungan 

Kelebihan kerja online lainnya adalah ramah lingkungan. Dengan bekerja dari rumah, kamu tidak perlu commute pergi-pulang setiap hari dari rumah ke kantor dan sebaliknya. 

Dengan begitu, kamu membantu mengurangi dampak lingkungan karena emisi gas buang kendaraan.

Kekurangan Kerja Online dari Rumah 

Seorang wanita sedang bekerja secara online dari rumah sebagai virtual assistant.

Meski punya banyak kelebihan, kerja online juga memiliki kekurangan. Hal ini secara tidak langsung menghadirkan tantangan tersendiri. 

Berikut adalah sejumlah kekurangan kerja online di rumah:

Merasa terisolasi 

Salah satu tantangan utama dari kerja online adalah perasaan terisolasi. Perasaan ini mungkin muncul sebagai akibat dari berkurangnya interaksi sosial sehari-hari. 

Memang interaksi yang toxic di kantor bisa memengaruhi kesehatan mental dan emosional. Namun, perasaan kesepian karena bekerja sendiri juga bisa berdampak negatif. 

Tantangan komunikasi dan kolaborasi dengan tim 

Kendala berikutnya saat bekerja online di rumah adalah hambatan komunikasi dengan tim. Memang benar, kini tersedia berbagai alat komunikasi yang memudahkan koordinasi. 

Namun, kendala komunikasi bisa terjadi apabila respons lambat. Di samping itu, komunikasi online khususnya komunikasi tertulis menghadirkan tantangan sendiri, terutama terkait membaca ekspresi tubuh lawan bicara. 

Sulit memisahkan urusan pribadi dan pekerjaan 

Para remote worker mungkin merasakan sulitnya memisahkan antara urusan pribadi dan pekerjaan. 

Tanpa batasan fisik yang jelas antara ruang kerja dan ruang pribadi, seringkali sulit menentukan waktu yang tepat untuk bekerja dan waktu untuk istirahat. Namun, hal ini bisa diatasi dengan menyediakan ruang kerja yang jelas di rumah. 

Banyak gangguan 

Kendala berikutnya adalah banyaknya gangguan dan distraksi di rumah, seperti lingkungan yang bising hingga distraksi pekerjaan rumah tangga. Meski terdengar sepele, gangguan semacam ini bisa membuyarkan fokus dan konsentrasi. 

Jika tidak ditangani, produktivitas kerja bisa menurun akibat distraksi ini. 

Tergantung pada teknologi 

Kerja online sangat bergantung pada teknologi. Maka, ketika terjadi masalah teknis, seperti internet lelet atau perangkat rusak, pekerjaanmu pun akan terganggu. 

Oleh karena itu, selalu sediakan back-up plan untuk berjaga-jaga. 

Sulit melacak produktivitas 

Ketika bekerja secara online, kamu bertanggung jawab atas produktivitas-mu sendiri. Tidak ada pengawasan langsung dari atasan layaknya pekerjaan di kantor. 

Oleh karena itu, melacak produktivitas terbilang sulit. Untuk mengatasi kendala ini, kamu harus disiplin dan rajin mencatat progres pekerjaan.

Kesimpulan 

Seorang content writer sedang bekerja online dari rumah.

Itulah sejumlah opsi pekerjaan online dari rumah yang bisa kamu pertimbangkan. Kamu bisa menawarkan jasa sebagai freelance ataupun melamar loker online dari rumah. 

Walaupun ada beberapa hambatan dalam kerja online, banyak orang bisa dengan sukses mengatasinya. Buatlah rutinitas to do list menggunakan tools produktivitas agar lebih efisien. Kamu juga harus menetapkan batasan yang jelas antara urusan kerja dan urusan pribadi. 

Dengan sedikit kreativitas dan semangat, tidak ada yang mustahil untuk diatasi. 

Tertarik kerja remote dari rumah tapi bingung mau mulai dari mana? Tenang, kamu bisa mencari lowongan kerja online dari rumah di situs atau aplikasi Jobstreet by SEEK. 

Kamu bisa memilih kategori kerja, mulai dari IT, keuangan, hingga desain grafis di situs Jobstreet. Dengan fitur pencarian yang canggih, kamu bisa saring pekerjaan sesuai keahlian dan keinginanmu.  

Dapatkan juga tips seputar perkembangan skill dan karier di laman Tips Karier Jobstreet by SEEK. 

Yuk, unduh aplikasi Jobstreet by SEEK di Google Play atau Apple App Store dan nikmati kemudahan untuk mengakses informasi terbaru seputar dunia kerja hanya dalam satu
genggaman saja! Semoga berhasil!


⁠Pertanyaan Seputar Kerja Online dari Rumah

  1. Apa saja posisi kerja online dari rumah?
    ⁠Berikut ini pilihan posisi pekerjaan yang bisa dikerjakan secara online di rumah:
    ⁠- Operator Data Entry
    ⁠- Penerjemah
    ⁠- Private Trainer Online
    ⁠- Call Center Representative
    ⁠- Digital Marketer
    ⁠- Editor
    ⁠- Penulis Lepas
    ⁠- Desainer Grafis
    ⁠- Akuntan
    ⁠- Social Media Manager
    ⁠- Sales Representative
    ⁠- Business Consultant
    ⁠- HR Manager
    ⁠- Tutor Bahasa Asing
    ⁠- Virtual Assistant
    ⁠- Software Engineer
    ⁠- Editor Foto
    ⁠- Konsultan Perjalanan
    ⁠- Guru Privat
    ⁠- Editor Video
  2. Kerja online dari rumah itu seperti apa?
    ⁠Kamu bekerja menggunakan internet tanpa harus hadir di lokasi fisik tertentu. Asalkan ada akses internet dan perangkat yang memadai, kamu bisa kerja remote dengan lancar dari rumah.
  3. Bagaimana caranya kerja online dari rumah?
    ⁠Untuk bekerja online dari rumah, kamu memerlukan akses internet yang stabil dan perangkat kerja, seperti laptop, komputer, atau smartphone.

    ⁠Setelah itu, langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah melamar loker kerja dari rumah sesuai minat dan keterampilanmu. Kamu bisa mendaftar di platform pekerjaan online ataupun bekerja freelance.

    Untuk menunjang peluang mendapatkan pekerjaan online, kamu bisa memanfaatkan media sosial untuk mempromosikan skill-mu dan mengembangkan personal branding. Jangan lupa membuat portofolio sebagai bukti atas kompetensi yang kamu miliki. Setelah kerja freelance dari rumah, jalani tanggung jawab dan menjalin komunikasi dengan klien. 
  4. Apa pekerjaan online yang menghasilkan uang dari rumah?
    ⁠Ada banyak opsi kerja di rumah menghasilkan uang. Misalnya menjadi penulis lepas, manajer media sosial, desainer grafis, web developer, digital marketeronline tutor, dan banyak lagi. Kamu bisa memilih pekerjaan sesuai skill dan minat kamu.

More from this category: Mencari pekerjaan untukmu

Telusuri istilah pencarian teratas

Tahukah Anda bahwa banyak kandidat yang menyiapkan resume dan meneliti suatu industri dengan menjelajahi istilah pencarian teratas?

Jelajahi topik terkait

Pilih bidang minat untuk menelusuri karier terkait.

Berlangganan Panduan Karir

Dapatkan saran karier dari ahli yang dikirimkan ke kotak masuk Anda.
Anda dapat membatalkan email kapan saja. Dengan mengklik 'berlangganan', Anda menyetujui Pernyataan Privasi Jobstreet.