Kenali Macam-Macam Modus Penipuan Undangan Wawancara

Kenali Macam-Macam Modus Penipuan Undangan Wawancara
Jobstreet tim kontendiperbarui pada 30 June, 2022
Share

businessman-his-office-doing-bad-signal_1368-4594 Sebelumnya, modus penipuan marak ditemukan melalui email dengan menyertakan lampiran yang tidak diperlukan seperti dijelaskan di artikel yang berjudul Ciri Undangan Wawancara Palsu. Namun kali ini kamu harus lebih berhati-hati lagi JobStreeters! Berikut modus penipuan yang undangan wawancara yang harus kamu waspadai:

1. Phising

Sejenis penipuan di mana seseorang mengirimkan sebuah pesan, atas nama JobStreet.com ataupun perusahaan terkemuka lainnya, dan mencoba untuk mendapatkan username, password atau data kartu kreditmu. Ciri-ciri umum dariphisingyaitu:

  • Pengirim pesan tidak menyapa menggunakan namamu.
  • Sering terdapat pengejaan kata yang salah, struktur kalimat yang tidak tepat dan tanda baca atau grafik/gambar yang tidak konsisten.
  • Permintaan informasi yang bersifat sensitif atau konfirmasi keamanan akunmu.
  • Terkesan mendesak – para penipu sering berupaya memecahkan konsentrasi dengan bersikap seolah-olah ada hal yang sangat penting dan membutuhkan perhatian mendadak darimu.
  • Alamat pengirim pesan sering terlihat aneh dan mencurigakan.
  • Email/surel sering disertai dengan file attachment yang mencurigakan – jangan membuka file tersebut karena bisa saja mengandung perangkat lunak atau virus berbahaya.
  • Pengirim akan menginstruksikan kamu untuk mengklik tautan agar masuk/sign inke JobStreet.com atau membukafile attachmenttertentu.

2. Trojan

Malware adalah software/perangkat lunak berbahaya, atau disebut juga sebagai virus Trojan yang mana jika masuk ke sistem komputer akan bersifat membahayakan, misalnya mencuri data pribadi atau informasi keuangan. Tanda-tanda yang bisa kamu perhatikan:

  • Muncul kotak pesan mencurigakan yang meminta informasi pribadi atau keuanganmu, misalnya kartu kredit atau tanggal lahir.
  • Perubahan aneh terhadap lamanInternet Banking, misalnya pesan “upgrade” atau “situs sedang dalam maintenance”.
  • Penampilan situs yang tidak teratur, misalnya kolom yang tidak tampak atau tombol ekstra.
  • Proses log-in yang terasa lambat secara signifikan.
  • Pesan “Harap Tunggu” yang muncul setelah kamu menekan tombol “login”.

3. Penipuan dan Spam

Electronic junk maildikenal juga dengan sebutanspam. Biasanya surel sejenis ini dikirimkan tanpa permintaanmu dan bisa masuk ke alamat email, nomor telepon atau akun pesan instan. Isi dari pesan spam umumnya bervariasi. Beberapa pesan bersifat promosi atas produk atau layanan resmi, dan ada juga yang bersifat menipu melalui tautan ke situs palsu di mana kamu akan diinstruksikan untuk memasukkan data rekening bank atau informasi kartu kredit.

Setelah mengenali macam-macam penipuan yang ada, semoga kamu terhindar dari penipuan ya JobStreeters!

More from this category: Interview pekerjaan

Telusuri istilah pencarian teratas

Tahukah Anda bahwa banyak kandidat yang menyiapkan resume dan meneliti suatu industri dengan menjelajahi istilah pencarian teratas?

Jelajahi topik terkait

Pilih bidang minat untuk menelusuri karier terkait.

Berlangganan Panduan Karir

Dapatkan saran karier dari ahli yang dikirimkan ke kotak masuk Anda.
Anda dapat membatalkan email kapan saja. Dengan mengklik 'berlangganan', Anda menyetujui Pernyataan Privasi Jobstreet.