Ingin karir yang sukses? Jadikan kesalahan teman baikmu

Ingin karir yang sukses? Jadikan kesalahan teman baikmu
Jobstreet tim kontendiperbarui pada 30 June, 2022
Share

Saat kamu memulai karir profesionalmu, kegagalan pasti akan dialami. Akan tetapi, hal inilah yang justru membuatmu menjadi seorang diri yang lebih baik. Kegagalan dapat menurunkan tingkat kepercayaan diri serta moral seseorang karena membuat mereka merasa tidak berdaya.

Kegagalan tidak dapat dihindari. Oleh karena itu, bagaimana cara terbaik untuk bisa bangkit dari sebuah kegagalan?

Nah, mantra berikut bisa membantu kamu untuk meningkatkan kepercayaan dirimu setelah mengalami sebuah kegagalan.

‘Aku tahu kesalahanku.’

Langkah pertama untuk memulihkan diri kita dari sebuah kegagalan ialah mengetahui alasan mengapa kita gagal. Cari tahu area dari diri kamu yang harus segera dibenahi. Jangan menyalahkan orang lain atau sibuk menyalahkan diri sendiri. Beranikan dirimu untukmove ondan melihat kesalahan tersebut sebagai kesempatan untuk memperbaiki diri menjadi lebih baik.

‘Membuat salah itu tidak masalah’

Ada suatu saat dimana semua usaha yang kamu kerahkan membuahkan hasil yang nihil. Jangan khawatir! Walaupun kami yakin bahwa usaha yang sudah dikerahkan telah maksimal, tapi ada kalanya suatu hal tidak akan berjalan sesuai dengan recana. Seseorang yang ingin sukses harus memberikan dirinya ruang untuk berbuat salah agar bisa sukses.

road-sign-464659_1920

‘Kesalahan yang ku buat bukan bagian dari diriku’

Jangan mendengarkan orang lain apabila mereka mengatakan kalau usaha yang kita lakukan tidak berhasil. Hal tersebut justru akan membuat dirimu semakin terperosok ke dalam jurang penyesalan! Kamu tidak bisa membuat orang lain tidak menghakimi dirimu. Ingat untuk selalu percaya pada kemampuan dirimu dan buktikan kepada mereka kalau kamu bisa menghasilkan sesuatu yang lebih baik!

‘Aku siap bertanya saat tidak tahu’

Kamu tidak harus mengetahui tentang semua hal. Bertanyalah pada teman atau rekan saat ingin mendapatkan jawaban yang tidak kamu ketahui. Selain itu, cari teman atau rekan yang siap untuk membantu kamu saat membutuhkan bantuan. Jangan pernah takut untuk bertanya, karena pasti sesat dijalan.

More from this category: Kesejahteraan di tempat kerja

Telusuri istilah pencarian teratas

Tahukah Anda bahwa banyak kandidat yang menyiapkan resume dan meneliti suatu industri dengan menjelajahi istilah pencarian teratas?

Berlangganan Panduan Karir

Dapatkan saran karier dari ahli yang dikirimkan ke kotak masuk Anda.
Anda dapat membatalkan email kapan saja. Dengan mengklik 'berlangganan', Anda menyetujui Pernyataan Privasi Jobstreet.