Apa itu Management Trainee? Ini 4 Manfaatnya untuk Fresh Graduate!

Apa itu Management Trainee? Ini 4 Manfaatnya untuk Fresh Graduate!
Jobstreet tim kontendiperbarui pada 30 August, 2022
Share

Beralih dari mahasiswa menjadifresh graduate, akhirnya kamu siap menghadapi tahapan hidup baru. Dengan semangat yang membara, berbagai tantangan dan harapan di depan mata menantimu. Salah satunya adalah menjadimanagement trainee.Apakah kamu sudah siap untuk bersaing denganfresh graduatelainnya?

Management traineetermasuk salah satu program favorit bagifresh graduatedengan jenjang karir menjanjikan, lho. Kalau kamu ingin menjadifuture leaderdi perusahaan impian, pastikan kamu mencoba cara ini.Management traineeakan jadi batu loncatan yang sangat penting untuk karirmu.

Jadi, apa itumanagement trainee? Kenapa, sih,fresh graduatebersaing untuk program ini? Lalu, apa aja tips agar lulus seleksimanagement trainee? Tenang saja, JobStreet punya informasinya. Baca terus agar kamu sukses mengikuti programmanagement trainee!

Apa ituManagement Trainee?

Gak cuma di perjalanan, dalam karir juga terdapat jalan pintas. Ya, bisa dibilang programmanagement traineeatau MT adalah salah satu jalan pintas. Dengan mengikuti program ini, kamu bisa mempercepat jenjang karir menuju posisimanager. Singkatnya,management traineedidesain untuk melatihfresh graduateyang punya maksimal 2 tahun pengalaman atau tanpa pengalaman untuk menjadimanagerdi suatu perusahaan.

Sistemmanagement traineetentunya berbeda di setiap perusahaan. Contohnya, adamanagement traineedengan sistem rotasi di mana parafresh graduateakan belajar di satu departemen dan di departemen lainnya dengan durasi tertentu.

Mereka akan dilatih dengan mengerjakan tugas sehari-hari sambil diajarkan oleh supervisor,manager, atau mentor mengenai fungsi perusahaan, kebijakan, dan tugas staf. Dengan begitu, pegawaimanagement traineeakan menjadimanagerterbaik yang paham mengenai berbagai aspek dalam dan antar departemen.

Lalu, apa saja tugas anggotamanagement trainee? Berikut ini beberapa tugasmanagement traineeyang akan kamu hadapi saat mengikuti program.

  1. Mempelajari alur kerja departemen dan perusahaan
  2. Membantumanagerdalam mengevaluasi pekerjaan dengan membuat laporan atau menganalisis data
  3. Melakukan pekerjaan administratif
  4. Berpartisipasi dalam pembuatan perencanaan strategis perusahaan
  5. Membuat dan melakukan presentasi
  6. Belajar dari supervisor untuk mempelajari standar, prosedur, dan metode yang digunakan di setiap departemen

Pelatihan berlangsung selama satu hingga dua tahun, tergantung kebijakan tiap perusahaan. Secara spesifik, program ini biasanya diadakan untuk bidang keuangan, marketing, sales, retail, dan HR. Jika performa kamu selama program sangat baik, maka kamu bisa menjadimanagermasa depan di perusahaan tersebut.

4 ManfaatManagement TraineeuntukFresh Graduate

Gak cuma sebagai jalan pintas seperti yang sudah dibahas sebelumnya,management traineejuga memiliki berbagaibenefityang menjadi alasan kenapa program ini sangat diminati. Simak 4 manfaatmanagement traineebagi jenjang karirmu berikut.

1. Mendapatkan BerbagaiHard SkillsdanSoft Skills

Dengan adanya kesempatan terlibat di berbagai departemen, kamu akan mendapatkan berbagaisoft skillsbernilai selama pelatihan. Karena kamu akan dilatih untuk menjadimanager, makaskillutama yang akan kamu dapatkan adalahleadership. Selain diajarkan langsung olehmanagerberpengalaman, kamu akan belajar bagaimana cara mengarahkan tim, bekerja dengan tekanan, berpikir kreatif untuk pemecahan masalah, dan tentunya memimpin alur kerja tim.

Dengan adanya kelompok selama pelatihanmanagement trainee, pastinya kamu akan memiliki kemampuan kerja sama yang baik. Selain anggota kelompok, berinteraksi dengan pegawai di departemen lain juga diperlukan. Dengan begitu, kamu bisa memiliki kemampuanteamworkdalam menjalankan dan menyelesaikan tugas.

Gak cumaleadershipdanteamwork, kamu tentu akan mendapatkan berbagaisoft skillslainnya, sepertiskillkomunikasi,customer service, manajemen waktu, negosiasi, dan pengambilan keputusan. Seluruhsoft skillstersebut akan terlatih dalam dirimu melalui pelatihan sehari-hari yang akan kamu lakukan dengan mengamati supervisor.

Kemampuan lain yang terjamin akan kamu miliki selama programmanagement traineeadalahhard skills. Karena kamu akan bekerja langsung di tempat selama pelatihan, kamu akan mempelajaritoolstertentu yang digunakan oleh departemen. Contohnya, kamu bisa aja mempelajaricopywriting, SEO, atau Microsoft Office yang digunakan departemen tertentu selama pelatihan.

2. Jenjang Karir Menjanjikan

Seperti penjelasan mengenaimanagement traineesebelumnya, kepastian jenjang karir ada di depan mata. Hal tersebut tentunya karena kamu memang akan dilatih untuk mengisi posisi manajemen. Pastikan kamu mengerjakan pekerjaan sebaik mungkin sehingga kesempatan besar untuk mencapai posisimanagerakan ada di genggamanmu.

Berbeda denganinternship, pegawaimanagement traineediakui sebagai pegawai tetap danfull-time, tentu dengan adanya kontrak. Selain itu, biasanya kamu juga mendapatkan gaji danbenefitlainnya, seperti tunjangan untuk akomodasi, kesehatan, atau transportasi. Walaupun konsepinternshipdanmanagement traineemirip, biasanya seorangmanagement traineeakan diberikanprojectserta tanggung jawab lebih besar daripada seorangintern.

Kamu juga tentunya akan bekerja sesuai dengan minat dan bakat yang juga berdasarkan evaluasi supervisor ataumanagerselama pelatihan. Selain tidak membutuhkan banyak pengalaman, programmanagement traineebisa jadi poin bagus di CV bagi perusahaan jika kamu pindah tempat bekerja nantinya. Jadi, ini bisa memperbesar peluang karirmu ke depannya.

3. Belajar dan Mendapatkan Gaji secara Bersamaan

Tak diragukan lagi, kamu akan mengetahui gambaran besar bagaimana bisnis perusahaan bekerja dengan mempelajari berbagai detail dari setiap departemen selama rotasi departemen. Dengan begitu, kamu memiliki pengetahuan di berbagai bidang. Kamu juga akan tahu sistem kerja perusahaan, tanggung jawab posisi tertentu, klien, termasuk dirimu sendiri.

Gak cuma itu, semua kerja kerasmu selama pelatihan akan berbuah dengan gaji. Rata-rata gajimanagement traineeadalah Rp5.000.000,00. Dengan catatan, gajimanagement traineebisa berbeda di setiap perusahaan tergantung lokasi, kebijakan perusahaan, UMP, dan UMK daerah masing-masing.

4. Kesempatan MemperluasNetworking

Ingat dengan baik bahwa selama pelatihan kamu akan terlibat dengan supervisor, mentor,manager, senior, dan staf di berbagai departemen. Mereka semua berpotensi menjadinetworkingyang berharga. Dengan mengenal dan membantu mereka, kamu memiliki kesempatan untuk mendapatkan dukungan pekerjaan, bantuan,project, atau bahkan bisnis bersama di kemudian hari.

Selain itu,management traineelainnya yang akan dilatih menjadimanagerbersamaan denganmu tentu juga memiliki kelebihan masing-masing, karena itu tidak ada salahnya bekerja sama dengan mereka. Ditambah lagi, terdapat beberapa perusahaan yang melaksanakan pertemuan tertentu bagi paramanagement traineedengan orang-orang penting di perusahaan, lho. Karena itu, tetap jaga hubungan baik dengan orang-orang yang kamu temui, ya!

3 Tips Sukses SeleksiManagement Trainee

Setelah tahu kalau mengikutimanagement traineebisa sangat bermanfaat bagi karirmu, kamu pastinya mempertimbangkan program ini bukan? Bisa jadimanagement traineemerupakan pilihan terbaik untukgoalskamu. Yuk, simak 3 tips berikut sebelum kamu klik “Lamar Sekarang” untuk management trainee di JobStreet.

1. MenambahSkills

Semakin banyakfresh graduateyang mendaftar, maka persaingan pun akan semakin sengit. Pastikan kamu melamar program ini dengan CV terbaikmu. Salah satu cara untuk membuat CV lebih menonjol adalahskills.

Sangat penting bagimu untuk memilikisoft skillsyang dimiliki seorangmanageruntuk mengikuti program ini. Perolehlah kemampuan komunikasi yang baik,leadership, problem solving,analytical skill, daninterpersonal skill. Dengan begitu, perusahaan tidak akan ragu untuk memilih kamu.

Jadi, memilikisoft skillsyang mendukung sama pentingnya dengan IPK dan gelar pendidikan. Denganskillsyang dimiliki, perusahaan akan yakin bahwa kamu akan berdampak baik dan efektif. Gunakan pengalaman kerja, organisasi,workshop, atau kursus sebagai bukti dariskillsyang kamu cantumkan di CV.

2. Memperbanyak Pengalaman

Terdapat banyak cara untuk mendapatkan pengalaman. Kamu bisa mendapatkan pengalaman dengan mengikuti organisasi di dalam atau di luar kampus. Bertambahnya pengalaman akan membuatmu lebih cepat beradaptasi di lingkungan kerja baru.

Pengalaman magang akan menunjukkan bahwa kamu tahu cara bekerja secara profesional dan sistem kerja di perusahaan. Sedangkan denganfreelance, kamu menunjukkan bahwa kamu terbiasa memegang tanggung jawab dan mengatur waktu sendiri. Pengalaman magang danfreelancejuga pertanda bahwa kamu memiliki jam terbang lebih banyak darifresh graduatelainnya yang tidak berpengalaman.

Selain itu, pengalaman pun bisa diperoleh dari kegiatanvolunteer. Dengan begitu, perusahaan akan lebih mempertimbangkan kamu saat perekrutan. Karena itu, sebaiknya gunakan waktu luangmu selama kuliah untuk mengisi pengalaman, ya.

3. Cari Tahu Lebih Jauh tentangManagement Trainee

Pastikan kamu mencari tahu segala informasi mengenai programmanagement traineeyang dituju. Cari tahu persyaratan dan alur programmanagement traineedi internet atau melaluijob portalseperti JobStreet karena tiap perusahaan mempunyai alur program tersendiri. Pastikan juga kamu telah memenuhi persyaratan yang tercantum di lowongan tersebut, seperti jenjang pendidikan, IPK, dan kecocokan program studi.

Jika kamu memiliki kenalan senior lulusanmanagement trainee, kamu bisa bertanya padanya mengenai pengalaman selama pelatihan. Tanyakan langsung juga pada pihak perusahaan jika terdapat informasi yang kurang jelas. Selain itu, cari tahu tentang profil perusahaan tujuan termasuk produk, kompetitor, danvaluesyang dipegang oleh perusahaan. Dengan begitu, kamu memiliki pengetahuan lebih ketika proses seleksi berlangsung.

Itulah manfaat serta tips untuk mengikuti programmanagement trainee. Jika dijalani dengan baik,management traineeakan menjadi langkah yang tepat dan cepat untuk karirmu. Sebagai informasi tambahan, Toyota Astra Financial Services, APP Sinarmas, dan BCA Insurance sedang membuka kesempatanmanagement traineeuntukmu, lho. Langsung cek informasinya di JobStreet, ya!

Yuk, #BebasDrama dan siapkan diri dengan update profil JobStreet. Cari tahu kisaran gaji, pelatihan wawancara, dan tips lainnya di Bantuan Karir. Jangan lupadownloadaplikasi JobStreet di Google Play Store atau Apple App Store untuk kemudahan akses sekarang juga!

Tentang SEEK di Asia

SEEK adalah grup perusahaan, yang terdiri dari bisnis rekrutmen online, pendidikan, komersial dan nirlaba. SEEK memberikan kontribusi positif pada kehidupan orang banyak dalam skala global. SEEK terdaftar dalam Australian Securities Exchange, dan menjadi salah satu dari 100 perusahaan terbesar. Di Asia, SEEK beroperasi dengan brand JobStreet dan JobsDB, platform ketenagakerjaan terbesar di Asia dan pilihan utama bagi kandidat dan perusahaan. SEEK menarik lebih dari 500 juta kunjungan per tahun di enam pasar yang dioperasikannya, yaitu Hong Kong, Indonesia, Malaysia, Filipina, Singapura, dan Thailand.

Tentang SEEK Limited

SEEK adalah grup perusahaan, yang terdiri dari bisnis rekrutmen online, pendidikan, komersial dan nirlaba. SEEK memberikan kontribusi positif pada kehidupan orang banyak dalam skala global. SEEK terdaftar dalam Australian Securities Exchange, dan menjadi salah satu dari 100 perusahaan terbesar. Pada tahun 2022, SEEK diakui sebagai salah satu dari Australia’s Top Ten Places to Work in Tech dalam penghargaan AFR BOSS Best Places to Work. Tahun ini, SEEK merayakan 25 tahun membantu warga Australia menjalani kehidupan kerja yang lebih memuaskan dan produktif.

More from this category: Melamar pekerjaan

Telusuri istilah pencarian teratas

Tahukah Anda bahwa banyak kandidat yang menyiapkan resume dan meneliti suatu industri dengan menjelajahi istilah pencarian teratas?

Jelajahi topik terkait

Pilih bidang minat untuk menelusuri karier terkait.

Berlangganan Panduan Karir

Dapatkan saran karier dari ahli yang dikirimkan ke kotak masuk Anda.
Anda dapat membatalkan email kapan saja. Dengan mengklik 'berlangganan', Anda menyetujui Pernyataan Privasi Jobstreet.