Tips Perencanaan Karir ala Tokoh Pahlawan untuk Fresh Graduate

Tips Perencanaan Karir ala Tokoh Pahlawan untuk Fresh Graduate
Jobstreet tim kontendiperbarui pada 30 June, 2022
Share

Tepat pada tanggal 10 November, setiap tahunnya Indonesia akan merayakan hari besar yang sangat bersejarah, yakni Hari Pahlawan. Hari Pahlawan merupakan salah satu bentuk penghormatan negara atas jasa-jasa pahlawan revolusioner. Hari nasional ini ditetapkan melalui Keppres No. 316 Tahun 1959 tanggal 16 Desember 1959.

Saat masih berada di bangku sekolah, Hari Pahlawan biasanya diperingati dengan upacara bendera setengah tiang, lengkap dengan lantunan Gugur Bunga oleh tim paduan suara. Setelah menjadi seorang fresh graduate, kamu mungkin mempertanyakan bagaimana cara untuk memaknai Hari Pahlawan.

Tidak perlu khawatir! Yuk, memperingati Hari Pahlawan dengan mempelajari sejarah singkat serta sifat-sifat inspiratif yang bisa diambil dari tokoh pahlawan Indonesia!

Sejarah Hari Pahlawan

Hari bersejarah ini ditandai oleh insiden perobekan Bendera Merah Putih Biru di atas Hotel Yamato Surabaya oleh Harioyono dan Kunso Wibowo pada 19 September 1945. Perobekan bendera Belanda ini merupakan salah satu aksi simbolis yang dilakukan masyarakat untuk menyatakan Indonesia telah merdeka. Pertempuran antara Indonesia dan tentara Inggris pecah untuk pertama kalinya pada 27 Oktober 1945. Tiga hari kemudian, terjadi pengepungan dan penembakan Brigadir Jenderal A. W. S. Mallaby yang tengah melakukan perjalanan ke Surabaya. Kematian Jenderal Mallaby menjadi titik tolak yang amat signifikan terjadinya Pertempuran Surabaya. Barulah pada 10 November 1945, Pertempuran Surabaya memasuki puncaknya yang mengakibatkan 6.000-16.000 pejuang Indonesia gugur.

Belajar merencanakan karir dari tokoh pahlawan Indonesia

Selain memaknai sejarah singkatnya, kamu dapat memperingati Hari Pahlawan 10 November dengan melakukan perencanaan karir, lho! Hal ini dapat membantu kamu untuk bersemangat menjalani keseharianmu dalam mengambil keputusan yang mempermudah jalanmu untuk meraih karir impian.

Berikut beberapa sifat inspiratif dari para Pahlawan Nasional Indonesia yang dapat kamu terapkan dalam membangun perencanaan karir:

  1. Bertekad kuat seperti Bung Tomo

Bung Tomo merupakan salah satu tokoh paling berani dalam menyuarakan semangat perjuangan. Dengan tekad kuatnya, ia mendirikanRadio Pemberontakansebagai sarana solidaritas dan semangat perjuangan pemuda Surabaya. Bahkan, dengan dibantu menggunakan pemancar radio milik Radio Republik Indonesia (RRI) di Surabaya, siaran Radio Pemberontakan dapat tersiar ke kota besar lain di Indonesia seperti Solo, Malang, dan Yogyakarta. Tidak hanya itu, siaran ini juga dibawakan dalam beberapa bahasa daerah dan juga Bahasa Inggris.

Ketika Pertempuran Surabaya terjadi, karena RRI Surabaya terbakar, dengan menggunakan saluran Radio Pemberontakan, Bung Tomo dengan berapi-api menyampaikan orasinya. Ia terus menyemangati para pejuang agar terus maju mempertahankan kemerdekaan Indonesia dari kedudukan Inggris.

Keberanian dan tekad kuat Bung Tomo dalam menghadapi penjajah juga dapat diterapkan pada kehidupan sehari-hari, lho! Contohnya dalam dunia kerja, kamu mungkin akan ditawarkan untuk melakukan sesuatu yang jauh daricomfort zone-mu, sehingga kamu ragu dan takut untuk memulai atau mengerjakannya. Tapi, tidak ada salahnya untuk mencoba menghadapi tantangan baru tersebut. Dengan menunjukkan keberanian untuk menantang dirimu dengan hal-hal baru, kamu dapat meningkatkan rasa percaya dirimu. Selain itu, kamu juga dapat mengembangkan keterampilan baru, sekaligus menunjukkan tekad kuatmu untuk selalu berkembang di hadapan atasanmu, lho!

2. Penuh strategi layaknya Jenderal Soedirman

Sejarah perjuangan Republik Indonesia tidak akan lengkap tanpa membahas Jenderal Soedirman. Selain merupakan panglima dan jenderal termuda di Indonesia, Jenderal Soedirman terkenal akan kecerdikannya dalam melawan penjajah. Perang Gerilya merupakan strategi Jenderal Soedirman yang paling terkenal, di mana para pasukan Indonesia bergerak secara sembunyi lalu menyerang pasukan Belanda secara tiba-tiba.

Sebelum memasuki dunia kerja, menyusun strategi dan perencanaan karir adalah hal yang sangat penting untuk dilakukan,lho! Agar perjalananmu meraih kesuksesan karir semakin lancar, cobalah untuk menggali informasi secara detail mengenai industri dan bidang yang kamu minati, pelajari keseluruhanjob description, siapkan target tahapan prospek karir yang ingin diraih, serta lakukan riset tentang gaji yang dapat diperoleh dari posisi yang kamu inginkan.

Setelah mempersiapkan berbagai informasi tersebut, pastikan kamu menyiapkan CV atau resume yang sesuai dengan iklan lowongan kerja yang ditampilkan. Dengan penyesuaian ini, CV atau resume kamu pastinya akan menarik perhatian perekrut. Karena, jika mulai dari “babak pertama” proses seleksi calon karyawan terdapat kecocokan tersebut, maka perekrut akan semakin yakin bahwa kamu memanglah kandidat yang tepat bagi posisi yang dibutuhkan.

Baca juga: Raih Kesuksesan KarirInternshipdengan Resume Ini.

3. Belajar dari Ali Sastroamidjojo: perluas relasi

Tidak hanya berjuang secara “internal” dengan berhadapan langsung dengan penjajah, kemerdekaan Indonesia juga diraih dengan menjalin hubungan “eksternal”. Ali Sastroamidjojo merupakan Perdana Menteri Indonesia kedelapan dan kesepuluh. Beliau merupakan tokoh besar diplomasi Indonesia yang mendorong terselenggaranya Konferensi Tingkat Tinggi Asia-Afrika pada 1955. Ali Sastroamidjojo juga tokoh yang aktif mewakili negara Indonesia pada konferensi internasional lainnya. Terjalinnya hubungan inilah yang menjadi tonggak penting yang berdampak signifikan pada kerja sama antara Indonesia dengan negara luar.

Memiliki relasi yang luas seperti Ali Sastroamidjojo juga dapat memperkuat perencanaan karirmu. Mempunyai banyak jaringan dapat membuka banyak peluang baru. Mulai dari tawaran pekerjaan, magang, kolaborasi, hingga proses pertukaran ide yang bisa saja membantu meringankan pekerjaanmu. Selain itu, relasi yang luas juga dapat mempererat pertemanan yang dulu pernah kandas, lho!

4. Ibarat B. J. Habibie, bekali diri dengan ilmu pengetahuan

  1. J. Habibie merupakan presiden ketiga Republik Indonesia sekaligus profesor dan ilmuwan dalam teknologi aviasi atau penerbangan. Salah satu kontribusi terbesar B. J. Habibie dalam bidang tersebut adalah Habibie Theorem ataucrack progression theory. Teori ini berguna sebagai pedoman keselamatan dalam membangun struktur pesawat. Temuannya ini menjadi solusi yang dapat mendeteksi titik retak bagian sayap dan badan pesawat secara dini. Sehingga resiko kegagalan mendadak saattake offataulandingdapat dikurangi. Hasilnya, pembuatan dan perawatan pesawat lebih aman, murah, dan mudah.

Sama pentingnya seperti memilikisoft skills,hard skillsatau kemampuan spesifik merupakan hal yang wajib kamu miliki sebelum memasuki dunia kerja. Memilikihard skillsdapat membantu kamu untuk lebih mudah menyelesaikan pekerjaan secara optimal. Ilmu pengetahuan ini bisa didapatkan dari berbagai sumber. Mulai dari mempelajarinya melalui sistem belajar mengajar saat bersekolah, membaca buku yang relevan, hingga melalui kelas pelatihan gratis di FutureLearn. Melalui platform kami, kamu dapat mengakses banyak pelatihan dan pengetahuan baru, lho! Mulai daricybersecurity, robotics, digital marketing, hingga sumber daya manusia atauhuman resource.

5. Berpegang teguh pada nilai-nilai yang diyakini layaknya Raden Dewi Sartika

Raden Dewi Sartika, yang lebih dikenal sebagai Dewi Sartika, merupakan tokoh perintis pendidikan untuk kaum wanita. Keinginan Dewi Sartika dalam memperjuangkan emansipasi wanita membuatnya mendirikan Sakola Istri di Bandung pada 16 Januari 1904. Dengan berdirinya sekolah ini, untuk pertama kalinya Indonesia memiliki sekolah yang dikhususkan bagi kaum perempuan meraih kesempatan untuk berpendidikan. Pada tahun 1922, Dewi Sartika mendapatkan penghargaan Bintang Emas dari pemerintah Hindia-Belanda atas jasanya dalam memperjuangkan pendidikan bagi kaum perempuan Bumiputera.

Kegigihan Dewi Sartika dalam berpegang teguh pada nilai-nilai yang ia yakini juga dapat menjadi inspirasimu, lho! Beberapa nilai atauvalueyang dapat kamu perjuangkan meliputi sifat jujur, bertanggung jawab, dan pantang menyerah. Dengan mempertahankan tiga nilai di atas, kamu dapat menjadi pribadi yang dapat dipercaya serta diandalkan. Ketika sudah mengantongi kepercayaan dari atasan dan rekanan di perusahaan, bukan hal yang tidak mungkin bagi kamu untuk menapaki jenjang karir selanjutnya dengan “mulus”.

Itulah tadi nilai-nilai menginspirasi dari para Pahlawan Nasional Indonesia yang dapat kamu aplikasikan dalam merancang perencanaan karir. Selain memperingati Hari Pahlawan dengan menonton film perjuangan, memasangtwibbonHari Pahlawan, hingga mengunjungi makam para pahlawan, kamu juga bisa melakukan refleksi diri terhadap hal-hal yang sudah kamu lalui, untuk menjadi pribadi yang lebih baik lagi ke depannya. Tetap semangat dan jangan pernah menyerah, selamat memaknai Hari Pahlawan!

Jangan lupa untuk selalu memperbarui profil JobStreet-mu setiap mendapat kemampuan atau pengalaman baru. Untuk meningkatkan kemampuan dan keterampilan, baikhard skillsmaupunsoft skills, kamu dapat mengikuti kursus-kursus berikut dari JobStreet. Jika kamu masih bingung, jangan khawatir! Tips karir lengkap bisa kamu temukan di sini.

Unduh aplikasi JobStreet sekarang untuk akses layanan JobStreet lainnya secara praktis melalui Google Play Store dan Apple App Store.

Di JobStreet kami selalu berupaya mengantarkan pekerjaan yang bernilai untuk Anda. Sebagai Partner Karir, kami berkomitmen membantu pencari kerja menemukan passion dan tujuan dalam setiap langkah karir. Sebagai Partner Talent nomor 1 di Asia, kami menghubungkan perusahaan dengan kandidat tepat yang dapat memberikan dampak positif dan berkualitas kepada perusahaan.

Temukan pekerjaan yang bernilai untuk Anda. Kunjungi JobStreet hari ini.

Tentang SEEK Asia

SEEK Asia, gabungan dari dua merek ternama Jobstreet dan jobsDB, adalah portal lowongan pekerjaan terkemuka dan destinasi pilihan untuk pencari dan pemberi kerja di Asia. Kehadiran SEEK Asia menjangkau 7 negara yaitu Hong Kong, Indonesia, Malaysia, Singapura, Thailand, Filipina dan Vietnam. SEEK Asia adalah bagian dari SEEK Limited Company terdaftar di Bursa Efek Australia, portal lowongan pekerjaan terbesar di dunia berdasarkan kapitalisasi pasar. SEEK Asia dikunjungi lebih dari 400 juta kali dalam setahun.

Tentang SEEK Limited

SEEK adalah grup perusahaan yang beragam, dengan portofolio yang kuat  yang mencakup usaha lowongan pekerjaan daring , pendidikan, komersial dan relawan. SEEK hadir secara global (termasuk di Australia, Selandia Baru, Cina, Hong Kong, Asia Tenggara, Brazil dan Meksiko), yang menjangkau lebih dari 2,9 miliar orang dan sekitar 27 persen PDB global. SEEK memberikan kontribusi positif kepada orang-orang dalam skala global. SEEK terdaftar dalam Bursa Efek Australia, yang menempatkannya sebagai 100 perusahaan teratas dan telah diperingkat sebagai 20 Perusahaan Paling Inovatif oleh Forbes.

More from this category: Melamar pekerjaan

Telusuri istilah pencarian teratas

Tahukah Anda bahwa banyak kandidat yang menyiapkan resume dan meneliti suatu industri dengan menjelajahi istilah pencarian teratas?

Jelajahi topik terkait

Pilih bidang minat untuk menelusuri karier terkait.

Berlangganan Panduan Karir

Dapatkan saran karier dari ahli yang dikirimkan ke kotak masuk Anda.
Anda dapat membatalkan email kapan saja. Dengan mengklik 'berlangganan', Anda menyetujui Pernyataan Privasi Jobstreet.