Do's & Dont's saat Wawancara Kerja Informal

Jobstreet tim kontendiperbarui pada 30 June, 2022
Share

Do&dont to help you excel

Wawancara kerja informal menjadi semakin popular sebagai salah satu cara pewawancara untuk menilai kandidat dalam suasana yang lebih santai. Melakukan pembicaraan sambil menikmati kopi di tempat terbuka tentu akan menghilangkan ketegangan yang biasanya didapatkan ketika melakukannya ruang wawancara,akan tetapi anda harus lebih waspada supaya anda tidak terbuai ke dalam rasa aman yang salah. Terlalu santai akan membuat anda menjadi lengah, maka dari itu jangan jadi terlalu nyaman.

Berikut adalah 7 hal penting yang harus & jangan dilakukan untuk wawancara informal anda :

1. Lakukan: Jadilah santai tapi professional

Bersikap ramah memang penting, tetapi pastikan anda tetap professional setiap saat. Ingat, ini adalah wawancara, terlepas dimanapun wawancara tersebut dilakukan. Pewawancara akan lebih banyak mendapatkan kesempatan untuk mengevaluasi perilaku dan kepribadian anda dengan berada di situasi informal.

2. Lakukan: Persiapkan diri

Pastikan anda hadir dengan membawa resume dan portofolio (jika relevan) jika pewawancara perlu merujuk kepada resume dan portofolio anda. Kemungkinan pewawancara sudah membaca resume anda sebelum wawancara, tetapi itu merupakan latihan yang baik untuk membawa dokumen yang diperlukan.

3. Lakukan: Berpakaian dengan pantas

Tergantung dari jenis perusahaan dan pekerjaan yang anda lamar, bermain aman dengan berpakaian kasual atau pakaian formal bukanlah pilihan yang buruk. Mungkin ini wawancara santai, tetapi Anda harus membuat kesan pertama yang baik.

4. Jangan lakukan: Makan Berantakan

Jika wawancara dilakukan saat jam makan siang dan anda harus memesan makanan, jangan pesan makanan yang susah untuk dimakan seperti hamburger atau spaghetti. Anda harus sudah tahu tips dan trik ini, tetapi jika anda belum tahu, ketika makan, pastikan anda menelan makanan anda sebelum berbicara, dan tahan diri anda dari mengunyah dengan mulut terbuka. Detail-detail kecil inilah yang membuat perbedaan besar di dunia.

5. Lakukan: Ambil Isyarat dari Pewawancara

Sesuaikan nada dan cara dalam menanggapi pewawancara Anda. Anda harus berkaca dalam bagaimana Anda harus bersikap formal dan informal di hadapan mereka. Bagaimanapun juga, pewawancara menjalankan sebuah pertunjukan di dalam wawancara. Dan tidak pernah menjadi ide yang baik untuk mengkonsumsi alcohol semasa wawancara, bahkan jika bos Anda melakukannya.

6. Jangan: terlaluTalkative

Talk less, listen more.Pewawancara tidak hanya mengevaluasi kesesuaian Anda dengan perusahaan dan pekerjaan, ia juga menilai keterampilan social Anda dalam wawancara santai. Ini tidak berarti Anda tidak boleh berbicara, Anda wawancara untuk mengetahui tentang perusahaan dan posisi yang anda lamar, jadi ambil kesempatan untuk mendengarkan ketika pewawancara sedang bicara.

7. Jangan: Menerima tawaran pekerjaan di tempat

Ini tidak sering terjadi, tapi kandidat telah dikenal untuk mendapatkan tawaran pekerjaan di tempat. Jika Anda menjadi salah satu yang beruntung, jangan biarkan diri Anda ditekan untuk membuat keputusan dengan segera. Mengekpresikan apreasiasi Anda dari tawaran baik dan mintalah waktu untuk memikirkan jawaban anda matang-matang.

Sekarang Anda tau apa yang harus di ekspektasi dari Informal interview, santai dan hadir dalam keadaan siap untuk mendapatkan pekerjaan! Anda bisa melakukan nya!

More from this category: Interview pekerjaan

Telusuri istilah pencarian teratas

Tahukah Anda bahwa banyak kandidat yang menyiapkan resume dan meneliti suatu industri dengan menjelajahi istilah pencarian teratas?

Jelajahi topik terkait

Pilih bidang minat untuk menelusuri karier terkait.

Berlangganan Panduan Karir

Dapatkan saran karier dari ahli yang dikirimkan ke kotak masuk Anda.
Anda dapat membatalkan email kapan saja. Dengan mengklik 'berlangganan', Anda menyetujui Pernyataan Privasi Jobstreet.