Dapatkan pekerjaan lewat kegiatan volunteer!

Dapatkan pekerjaan lewat kegiatan volunteer!
Jobstreet tim kontendiperbarui pada 30 June, 2022
Share

Membantu sesama merupakan hal yang mulia. Sebuah rasa kepuasan bisa diciptakan saat kita bisa membuat kehidupan orang lain lebih baik. Sebuah laporan yang dilakukan oleh The Corporation for National and Community Service – sebuah agen federal di Amerika Serikat yang mempromosikan kegiatanvolunteermenyatakan bahwa kamu bisa meningkatkan peluang kesempatan mendapatkan pekerjaan  sebesar 27%!

Kamu ingin seberapa penting kegiatanvolunteeruntukmu?

Memberikanmu keterampilan tambahan

Bagi kamu yang sedang mencari pekerjaan, pernakah berpikir cara untuk menambah keterampilan yang nantinya bisa digunakan saat bekerja? Kegiatanvolunteerbisa menjadi cara yang tepat untuk melakukan hal tersebut.

Jangan pernah berpikir kalau kegiatanvolunteertidak bisa dikategorikan sebagai pengalaman pekerjaan ketika menulis resume. Pastikan kalau keterampilan yang kamu dapatkan saat melakukan kegiatanvolunteerbisa diaplikasikan di tempat bekerja.

Misalnya, kamu baru bergabung dengan grup penggiat isu lingkungan untuk melakukan promosi tentang acara penggalangan dana. Nah, beberapa hal yang harus lakukan seperti berita ke pers atau sponsorship bisa kamu ceritakan saat wawancara pekerjaan!

Ceritakan sisi menarikmu

Disaat kamu sedang mencari pekerjaan, maka kegiatanvolunteerbisa menjadi pengisi waktu luangmu! Walau kegiatan tersebut tidak akan berbayar, tetapi pengalaman yang kamu dapatkan akan sangat berguna di tempat pekerjaan.

Saat perusahaan sedang mencari kandidat yang tepat, mereka akan melihat seseorang yang melakukan kegiatan volunteer dengan sepenuh hati. Hal tersebut menunjukkan bahwa kandidat tersebut memiliki etos bekerja keras serta motivasi yang tinggi.

Menambah jaringan baru

Sadarkah kamu bahwa dengan melakukan kegiatanvolunteer, kamu bisa menambah jaringan baru? Betul sekali! Kegiatanvolunteermenuntut dirimu untuk bertemu dengan banyak orang. Tanpa kamu sadari  kamu akan mendapatkan banyak kenalan baru!

Bagi kamu yang memiliki sifat malu? Jangan merasa putus asa.Let your work speak for you. Lakukan pekerjaanmu dengan baik! Dengan begitu, kamu bisa saja mendapat tawaran posisi permanen dari kegiatanvolunteer! Jangan lupa untuk merawat hubungan dengan orang-orang tersebut karena kelak mereka bisa menjadi sumber informasi yang sangat berguna!

volunteers-601662_640

Berikan dirimu waktu untuk mengeksplorasi karir

Apakah kamu ingin berganti karir tapi masih bingung? Atau, kamu masih berusaha mencari pekerjaan yang pas dengan jati dirimu? Jawaban untuk pertanyaan-pertanyaan itu adalah dengan mencoba melakukan kegiatanvolunteerdi industri yang berbeda sambil menyelami peran kerja yang lebih menantang!

Bekerja di lembaga swadaya masyarakat akan sedikit berbeda dengan lingkungan kantor. Kamu memiliki fleksibilitas untuk menyelesaikan tugasmu. Tugas yang akan kamu lakukan tidak terbatas karena pendidikan yang kamu dapatkan. Akan tetapi, peran yang akan kamu mainkan terletak pada tekad dirimu untuk berkontribusi ke masyarakat.

Sekarang sudah tahu kan, keuntungan dari kegiatanvolunteer?Yuk, mulai dicari kegiatanvolunteeryang membuatnya tergelitik membantu masyarakat!

More from this category: Melamar pekerjaan

Telusuri istilah pencarian teratas

Tahukah Anda bahwa banyak kandidat yang menyiapkan resume dan meneliti suatu industri dengan menjelajahi istilah pencarian teratas?

Jelajahi topik terkait

Pilih bidang minat untuk menelusuri karier terkait.

Berlangganan Panduan Karir

Dapatkan saran karier dari ahli yang dikirimkan ke kotak masuk Anda.
Anda dapat membatalkan email kapan saja. Dengan mengklik 'berlangganan', Anda menyetujui Pernyataan Privasi Jobstreet.