17 Contoh Surat Lamaran Kerja Bahasa Inggris (Mudah dan Simpel)

17 Contoh Surat Lamaran Kerja Bahasa Inggris (Mudah dan Simpel)
Jobstreet tim kontendiperbarui pada 22 January, 2024
Share

Membuat surat lamaran kerja bahasa Inggris zaman sekarang bukan lagi keistimewaan, melainkan kewajiban. Industri dan koneksi global yang semakin terhubung membuka berbagai kesempatan kerja di luar negeri untuk orang Indonesia, bahkan tanpa meninggalkan rumah. 

Nah, jika kamu belum pernah membuat surat lamaran kerja bahasa Inggris, tenang. Artikel ini akan mengulas tips dan contoh lamaran kerja dalam bahasa Inggris yang tepat. Pastikan simak sampai habis, ya. 


⁠⁠Pengertian Surat Lamaran Kerja Bahasa Inggris

surat lamaran kerja bahasa Inggris

Lamaran kerja bahasa Inggris biasa disebut dengan application letter atau job application letter. Secara garis besar, job application letter adalah dokumen lamaran kerja yang ditulis dalam bahasa Inggris. 

Application letter ditulis dengan memerhatikan grammar yang tepat, serta pemilihan kata atau tone of voice yang formal.

Perbedaan Surat Lamaran Kerja Bahasa Inggris dan CV

Ketika mencari contoh application letter (surat lamaran) bahasa Inggris, kamu mungkin akan menemukan istilah CV. Lantas, apa perbedaan keduanya? Berikut penjelasannya:

Application Letter 

Application letter adalah surat pengantar yang menjelaskan tujuanmu sebagai pelamar kerja. Kamu bisa menulis application letter di badan email agar isinya tidak kosong sekaligus sebagai tata krama melamar kerja. 

Contoh job application letter atau surat lamaran bahasa Inggris sebenarnya tidak jauh berbeda dengan surat lamaran kerja bahasa Indonesia. 

Surat lamaran kerja bahasa Inggris idealnya terdiri dari satu halaman dan hanya berupa ringkasan tujuan melamar kerja, keahlian, dan kontribusimu untuk perusahaan. 

CV 

Di sisi lain, CV atau Curriculum Vitae adalah dokumen informasi diri yang berisi riwayat pendidikan serta pengalaman kerja yang mencakup durasi kerja, nama perusahaan, posisi, dan deskripsi tugas. 

Selain itu, CV juga berisi informasi dasar seperti nama, kontak (nomor telepon dan email), profesi saat ini, serta skill yang dikuasai.


⁠⁠Struktur Surat Lamaran Kerja Bahasa Inggris  

Contoh surat lamaran kerja bahasa Inggris.

Struktur surat lamaran pekerjaan bahasa Inggris sebenarnya hampir sama dengan versi Indonesia. Bedanya terletak pada istilah yang digunakan untuk setiap bagiannya. 

Berikut ini struktur yang harus kamu perhatikan saat menulis surat lamaran kerja bahasa Inggris:

Judul (Heading) 

Judul surat lamaran kerja bahasa Inggris ditulis di subject email. Idealnya, judul harus singkat dan informatif, misalnya: “Cover Letter – Graphic Designer Position”.  

Salam Awal (Opening Greeting) 

Salam pembuka bahasa Inggris biasanya cukup singkat. Misalnya, kamu bisa mengetik kata “Dear…” diikuti nama penerima. 

Paragraf Pendahuluan (Introductory Paragraph) 

Paragraf pendahuluan surat lamaran kerja bahasa Inggris berisi penjelasan singkat tentang identitas pelamar serta posisi yang ingin diambil. 

Contohnya, untuk melamar posisi senior graphic designer, kamu bisa membukanya dengan menulis nama, kemudian pengalaman sebagai desainer selama sekian tahun, dan terakhir penjelasan singkat terkait keingingan untuk melamar posisi tersebut. 

Paragraf Utama (Highlight Paragraph) 

Paragraf utama surat lamaran kerja bahasa Inggris menjelaskan pengalamanmu secara lebih detail serta keunggulan dan kualifikasimu. 

Intinya, kamu mencoba meyakinkan perusahaan bahwa kamu adalah kandidat unggul. 

Paragraf Penutup (Closing Paragraph) 

Paragraf penutup surat lamaran kerja bahasa Inggris berisi harapan dan pengingat bahwa kamu bisa dihubungi lewat kontak tertentu. 

Contoh sederhananya adalah “I hope my qualifications are worth your consideration, and I would love to meet and discuss my experiences. You can reach me at (phone numbers) or this email."

Salam Penutup (Closing) 

Bagian salam penutup surat lamaran kerja bahasa Inggris berisi ucapan terima kasih dan kalimat penutup standar. Misalnya, kamu bisa mengakhiri surat dengan kalimat: "Thank you for your consideration”. 

Tanda Tangan (Signature) 

Bagian tanda tangan juga termasuk standar yang perlu dicantumkan dalam application letter atau surat lamaran kerja bahasa Inggris. Kamu bisa menulis “Best Regards”, kemudian memberi jeda dua spasi di bawahnya, dan menulis namamu. 

Baca Juga: Pertanyaan Wawancara Kerja dalam Bahasa Inggris dan Cara Menjawabnya 


⁠Cara Menulis Surat Lamaran Kerja Bahasa Inggris

Seorang wanita sedang menulis surat lamaran kerja bahasa Inggris.

Tata cara menulis surat lamaran kerja bahasa Inggris mengikuti standar yang sama dengan semua jenis surat profesional. Ketika membuat surat lamaran kerja bahasa Inggris, pastikan kamu mengikuti langkah-langkah berikut ini:

Gunakan bahasa Inggris formal 

Ketika menulis surat lamaran kerja bahasa Inggris, hindari menggunakan bahasa yang casual, singkatan, dan istilah yang tidak baku. 

Meskipun banyak tempat kerja memiliki suasana yang tidak terlalu formal, melamar kerja tetap membutuhkan profesionalisme. Untuk itu, kamu harus tetap menggunakan bahasa Inggris yang formal.

Hindari kata-kata ambigu 

Ketika menulis surat lamaran pekerjaan dalam bahasa Inggris, gunakan kosakata umum yang jelas dan tidak ambigu. Kamu tidak perlu repot memilih kosakata rumit untuk memoles isi suratmu. 

Lebih baik gunakan kata-kata standar yang enak dibaca daripada kosakata sulit yang membingungkan. 

Perbanyak penggunaan kalimat aktif 

Ketika menulis surat lamaran kerja bahasa Inggris, pastikan jumlah penggunaan kalimat aktif lebih banyak dari pasif. 

Selain terlihat lebih profesional, kalimat aktif dalam bahasa Inggris menggunakan lebih sedikit kata. Dengan demikian, suratmu akan terlihat ringkas dan enak dibaca. 

Gunakan gaya bahasa yang konsisten 

Gaya bahasa yang kamu gunakan dalam surat lamaran kerja bahasa Inggris sebaiknya sesuai dengan format surat lamaran kerja pada umumnya. Hal ini menghindari kesalahpahaman dari pihak penerima dan membuat suratmu terlihat profesional. 

Agar suratmu terlihat konsisten, kamu bisa menggunakan format yang sudah umum, misalnya seperti yang ada dalam berbagai contoh surat lamaran kerja bahasa Inggris standar. 


⁠17 Contoh Surat Lamaran Kerja Bahasa Inggris

Contoh surat lamaran kerja bahasa Inggris.

Kamu ingin membuat surat lamaran kerja bahasa Inggris tapi bingung mulai dari mana? Kamu bisa meniru surat lamaran pekerjaan bahasa Inggris berikut ini (semua formatnya dibuat untuk email):

1. Surat Lamaran Kerja Supervisor

Dear Mr. X 

My name is Y, and I am writing to apply for the supervisor position at Z company. With seven years of experience in team leadership and management, I possess the skills required to run a supervisor position in this company. 

My latest position was a supervisor at ABC Store, where I was responsible for managing a team of 10 people. I was responsible for managing daily customer service operations and ensuring the highest level of customer satisfaction. Our team consistently reached the monthly goal, and I was good at motivating my team members. 

I am confident that my experiences and skills will benefit your company. I would love to discuss my experiences with you. Thank you for your time and consideration. 

Regards, 

(Your Name) 

Dalam surat lamaran kerja bahasa Inggris singkat di atas, pelamar menyebutkan tujuh tahun pengalaman bekerja dalam manajemen serta skill memimpin tim. Pengalaman sebelumnya adalah supervisor di Toko ABC, di mana dia memimpin tim berisi 10 orang dan bertanggung jawab memastikan kepuasan konsumen. 

Selain itu, pelamar juga menyebut bahwa timnya selalu berhasil mencapai target bulanan, dan dia pandai memotivasi anggota timnya. 

Berikut terjemahan contoh surat lamaran kerja di atas dalam bahasa Indonesia: 

Kepada Bapak X, 

Nama saya Y dan saya menulis surat ini untuk melamar posisi sebagai supervisor di Perusahaan Z. Dengan tujuh tahun pengalaman dalam kepemimpinan dan manajemen, saya memiliki keahlian yang dibutuhkan untuk menjalankan tugas sebagai supervisor di perusahaan ini. 

Pekerjaan terakhir saya adalah supervisor di Toko ABC, di mana saya menangani tim yang berisi 10 pegawai. Saya bertanggung jawab dalam mengelola operasional harian terkait customer service serta menjamin kepuasan pelanggan. Tim saya secara rutin sukses mencapai target bulanan dan saya memiliki kemampuan besar dalam memotivasi mereka. 

Saya yakin pengalaman dan keahlian saya dapat bermanfaat bagi perusahaan Anda. Saya berharap bisa berdiskusi lebih lanjut dengan Anda. Terima kasih atas waktu dan pengertiannya.

Dengan hormat, 

(Nama lengkap) 


⁠2. Surat Lamaran Kerja Guru

Dear Ms. A 

I am writing to apply to EFG International School. With ten years of experience and ability to connect with students of various backgrounds, I believe I can be an asset to your institution.  

I am a certified ESL teacher, and I have taught English for high school and course classes for adults for over 10 years. My last position was as an English instructor for employees at J English Institution, some of whom were at managerial levels.  

I have strong communication skills and experience working with different types of students. My observation skills are beneficial for helping students learn and achieve the skill levels they need. I believe that my skills and experiences are strong assets for EFG International School. 

I look forward to hearing from you. 

Regards, 

(Your Name) 

Contoh lamaran kerja bahasa Inggris ini cocok untuk guru atau tenaga pengajar serupa yang ingin melamar kerja di sekolah internasional, tempat persiapan kuliah asing, atau tempat kursus bahasa khusus ekspatriat. 

Dalam surat lamaran kerja di atas, pelamar menyebut bahwa dia memiliki pengalaman 10 tahun mengajar murid dengan latar belakang beragam. Berikut terjemahan surat lamaran kerja bahasa Inggris untuk menjadi guru: 

Kepada Ibu A, 

Saya menulis surat ini untuk melamar di EFG International School. Dengan 10 tahun pengalaman serta kemampuan berkomunikasi dengan siswa dari berbagai latar belakang, saya yakin mampu menjadi aset bagi institusi Anda. 

Saya adalah guru ESL bersertifikasi yang punya pengalaman mengajar di SMA serta tempat kursus bagi siswa dewasa selama 10 tahun. Pekerjaan terakhir saya adalah instruktur bahasa Inggris untuk karyawan di J English Institution, dan beberapa dari siswa saya memiliki posisi manajerial. 

Saya memiliki kemampuan berkomunikasi yang baik dan pengalaman interaksi dengan berbagai jenis siswa. Kemampuan observasi saya sangat bermanfaat dalam membantu setiap siswa untuk belajar serta mencapai level keahlian yang mereka butuhkan. Saya percaya keahlian dan pengalaman saya akan menjadi aset penting bagi EFG International School. 

Saya mengharapkan kabar baik dari Anda. 

Hormat saya, 

(Nama lengkap) 


⁠3. Surat Lamaran Kerja Manajer

Dear Mr. A

My name is (your name) and I am writing to fill the position of office manager at B Supermarket. I have eight years of experience that will help your store in achieving your goal.

My last position was a supervisor at a medium-sized public office, where I led a team of 15 people. I was responsible for maintaining a smooth daily operation and coordinating all office functions. I was able to perform tasks in a high-pressure environment.

I managed to lead my team in achieving our monthly and yearly goals. I also had a strong sense of leadership and responsibility, and was able to motivate my team members. I am sure my skills and experiences will be an asset for B Supermarket.

I look forward to discussing my skills and experiences with you. Thank you for your time and consideration.

Regards,

(Your name)

Contoh surat lamaran pekerjaan bahasa Inggris ini membidik posisi manajer. Terjemahan contoh surat lamaran kerja bahasa Inggris di atas adalah sebagai berikut:

Kepada Bapak A,

Nama saya (nama lengkap) dan saya menulis surat ini untuk melamar posisi manajer kantor di Supermarket B. Saya memiliki pengalaman kerja selama delapan tahun yang bisa membantu supermarket Anda mencapai target rutin.

Posisi terakhir saya adalah supervisor di kantor publik berukuran sedang, di mana saya memimpin tim beranggotakan 15 orang. Saya bertanggung jawab mengelola operasional harian dan mengatur semua fungsi kantor. Saya mampu menyelesaikan tugas-tugas di bawah tekanan.

Saya berhasil memimpin tim mencapai target bulanan dan tahunan kami. Saya juga memiliki jiwa kepemimpinan dan tanggung jawab serta mampu memotivasi anggota tim. Saya yakin keahlian dan pengalaman saya akan menjadi aset untuk Supermarket B.

Saya berharap bisa berdiskusi tentang keahlian dan pengalaman saya dengan Anda. Terima kasih untuk waktu dan kesempatannya.

Salam hormat,

(Nama lengkap)


⁠4. Surat Lamaran Kerja Business Development Officer

Dear Mr. C,

I am writing this email to apply for a position of Business Development Officer. I have over 7 years of experience that fit all the requirements as a Business Development Officer.

My latest position was a business development senior staff at X Manufacturing Company. My work included identifying potential new clients, conducting market research, and collaborating in business expansion plans.

I am able to work in a high-pressure environment and am good with teamwork. My communication and negotiation skills also helped my team to build great connections with new and long standing clients. I believe my skills will be beneficial for your company’s growth.

Thank you for your time and consideration and I hope to hear good news from you.

Regards,

(Your name)

Contoh cover letter bahasa Inggris ini ditujukan untuk melamar posisi staf senior bidang pengembangan bisnis. Berikut terjemahan contoh surat lamaran kerja bahasa Inggris tersebut:

Kepada Bapak C,

Saya menulis email ini untuk melamar posisi sebagai Business Development Officer. Saya memiliki tujuh tahun pengalaman kerja yang sesuai dengan persyaratan posisi tersebut.

Pekerjaan terakhir saya adalah staf senior pengembangan bisnis di Perusahaan Manufaktur X. Pekerjaan saya meliputi identifikasi klien potensial, melakukan riset pasar, dan berkolaborasi dalam rencana ekspansi bisnis.

Saya mampu bekerja di bawah tekanan dan bekerja sama dalam tim. Kemampuan komunikasi dan negosiasi saya membantu tim dalam membangun koneksi erat dengan klien baru maupun lama. Saya percaya kemampuan saya akan membawa keuntungan bagi perusahaan Anda.

Terima kasih untuk waktu dan pertimbangannya, dan saya mengharapkan kabar baik dari Anda.

Salam hormat,

(Nama lengkap)


⁠5. Surat Lamaran Kerja SEO Specialist

Dear Ms. A,

I am writing to express my interest to apply as an SEO Specialist. I believe I have the required skills and experiences to fulfill the responsibilities of this position.

I am a creative-driven marketing professional with focus on digital marketing and social media advertising. I excel at conducting keyword and market research, and I have experiences improving engagement in popular social media like Instagram, Facebook, and Twitter.

I have three years of working experience at a medium-sized digital marketing agency. I have proven that I am able to work under pressure and collaborate with teams of various sizes. I am also familiar with programs such as SEMRush, Ahrefs, and SpyFu.

I believe my experiences and skills will be great assets for your company. I look forward to hearing from you. Thank you for your consideration.

Regards,

(Your name)

Surat lamaran ini cocok untuk pelamar dengan keahlian berupa strategi SEO. Berikut terjemahan contoh surat lamaran kerja bahasa Inggris tersebut:

Kepada Ibu A,

Saya menulis surat ini untuk melamar jabatan SEO Specialist. Saya memiliki keahlian dan pengalaman yang dibutuhkan untuk mengisi posisi tersebut.

Saya adalah pekerja profesional kreatif bidang marketing dengan fokus pemasaran digital dan media sosial. Saya mampu melakukan riset pasar dan keyword, dan saya memiliki pengalaman meningkatkan engagement lewat Instagram, Facebook, dan Twitter.

Saya memiliki tiga tahun pengalaman bekerja di agensi marketing digital ukuran sedang. Saya mampu bekerja di bawah tekanan dan berkolaborasi dengan tim yang jumlah anggotanya bervariasi. Saya akrab dengan program seperti SEMRush, Ahrefs, dan SpyFu.

Pengalaman dan keahlian saya akan menjadi aset bagi perusahaan Anda. Saya menanti kabar baik dari Anda dan terima kasih untuk pertimbangannya.

Salam hormat,

(Nama lengkap)


⁠6. Surat Lamaran Kerja Live Stream

To Ms. Sunita,

My name is (your name) and I am writing to apply for the Live Streamer position that you shared on Instagram last Wednesday.

I have a 2-year experience as a video content creator for my campus bulletin. I am confident speaking in front of the camera, both with tight script and improvisations. I have good adaptation skills in adjusting my communication style with different types viewers. I am also fluent in English and Mandarin.

I understand video editing and basic SEO, and I am familiar with increasing engagements in TikTok, Instagram, and Facebook. My experiences include promoting campus extracurricular activities and small business products for charity purposes.

I believe my experiences will be a great addition for your business, and I look forward to hearing from you. Thank you for your consideration.

Best regards,

(Your name)

Lamaran kerja bahasa Inggris ini cocok untuk pekerjaan live stream bagi pelamar baru maupun dengan sedikit pengalaman. Berikut terjemahan contoh surat lamaran kerja bahasa Inggris tersebut:

Kepada Ibu Sunita,

Nama saya (nama lengkap) dan saya menulis surat ini untuk melamar posisi Live Streamer berdasarkan iklan yang Anda bagikan di Instagram Rabu lalu.

Saya memiliki 2 tahun pengalaman sebagai kreator konten video untuk buletin kampus. Saya percaya diri dalam berbicara di depan kamera, baik dengan naskah maupun improvisasi. Saya pandai menyesuaikan gaya komunikasi dengan tipe pemirsa yang beragam. Saya juga lancar berbicara bahasa Inggris dan Mandarin.

Saya memahami teknik penyuntingan video dan strategi SEO dasar serta cara meningkatkan engagement di TikTok, Instagram, dan Facebook. Pengalaman saya meliputi promosi kegiatan ekstrakurikuler kampus serta produk bisnis kecil untuk amal.

Saya yakin pengalaman saya akan menjadi berguna bagi bisnis Anda, dan saya berharap mendengar kabar baik. Terima kasih atas pertimbangan Anda.

Salam hormat,

(Nama lengkap)

7. Surat Lamaran Kerja Fresh Graduate

Dear, Ms. M,

My name is (Your name) and I am excited to apply at S Company as a marketing staff. I graduated from Z University with the focus study on digital marketing. I believe I have all the academic requirements to fulfill the position.

Apart from all my courses at Z University, I developed an interest in the application of digital technology to promote small businesses. During my final years, I became a volunteer for an education program that introduced social media marketing to local small business owners in my area.

I am excited about the opportunity to apply my knowledge and experiences in your company. I would love to discuss my goals and visions as a productive member of your company. Thank you for your time and consideration.

Regards,

(Your name)

Surat lamaran kerja bahasa Inggris ini cocok untuk lulusan baru, dengan penekanan kepada minat serta pengalaman kegiatan saat masih menjadi mahasiswa. Berikut terjemahan contoh surat lamaran kerja di atas:

Kepada Ibu M,

Nama saya (nama lengkap) dan saya ingin melamar di Perusahaan S sebagai staf marketing. Saya lulus dari Universitas Z dengan fokus studi pada marketing digital. Saya percaya memiliki semua ketentuan akademik yang dibutuhkan untuk posisi tersebut.

Selain semua pelajaran di Universitas Z, saya mengembangkan minat dalam aplikasi teknologi digital untuk mempromosikan bisnis kecil. Saat tahun terakhir perkuliahan, saya menjadi sukarelawan program edukasi yang memperkenalkan marketing media sosial ke pelaku usaha kecil di area saya.

Saya antusias terhadap kesempatan untuk menerapkan wawasan dan pengalaman saya di perusahaan Anda. Saya berharap bisa mendiskusikan tujuan dan visi sebagai anggota produktif dalam perusahaan Anda. Terima kasih untuk waktu dan pertimbangan Anda.

Salam hormat,

(Nama lengkap)

8. Surat Lamaran Kerja Posisi Penjualan/Sales

Dear Hiring Manager,

I am writing to apply as a sales staff at Top Cleaning Supply Company. I believe my professional track records will benefit your company’s sales goals.

I have a solid sales background with five years of experience. I am passionate about driving sales and meeting targets while providing excellent customer service. I have proven ability to maintain positive connections with potential clients to ensuring long-term profits.

I have also acquired necessary skills to support sales activities, such as communication, problem solving, and negotiation. In my previous job, I managed to increase the sales up to 30% and identified potential customers.

I believe I can become an asset for your company. I cannot wait to hear from you. Thank you for the time and consideration.

Best regards,

(Your name)

Surat lamaran kerja bahasa Inggris di atas cocok untuk melamar posisi sales di mana pun karena isinya cukup umum. Berikut terjemahannya:

Kepada Manajer Rekrutmen,

Saya menulis surat ini untuk melamar posisi staf penjualan di Perusahaan Pemasok Top Cleaning. Saya yakin bahwa rekam jejak profesional saya akan menguntungkan target penjualan perusahaan Anda.

Saya memiliki latar belakang kuat dalam penjualan dengan lima tahun pengalaman. Saya paling bersemangat dalam menggenjot penjualan dan mencapai target sambil menyediakan layanan pelanggan terbaik. Saya mampu membangun koneksi positif dengan klien potensial sehingga menjamin keuntungan jangka panjang.

Saya juga telah menguasai berbagai keahlian yang penting untuk mendukung aktivitas penjualan, seperti komunikasi, pemecahan masalah, dan negosiasi. Dalam pekerjaan terakhir, saya sukses meningkatkan penjualan hingga 30 persen serta mengidentifikasi beberapa pelanggan potensial.

Saya yakin mampu menjadi aset bagi perusahaan Anda, dan saya berharap bisa berbicara lagi dengan Anda. Terima kasih atas waktu dan perhatiannya.

Hormat saya,

(Nama lengkap)

9. Surat Lamaran Kerja Customer Service

Dear Hiring Manager,

I am writing this email to apply for the role of customer service staff at your company. With my dedication in providing excellent service, I will become a great asset for your company.

I have been working in the customer service field for five years. I am familiar with software such as Salesforce and Zendesk. I am also able to serve customers through direct call, chat, and email. I can quickly and accurately respond to customer inquiries.

I am a fast learner and team player, with a positive track record in customer service, which my references will gladly provide. I am also a good problem solver and able to provide creative solutions for various customer demands.

I am dedicated to providing the best customer service in your company. I would be thrilled for the opportunity to discuss my skills and experiences. Thank you for your consideration.

Best regards,

(Your name)

Surat lamaran pekerjaan bahasa Inggris di atas cocok untuk posisi customer service di berbagai industri. Berikut terjemahan contoh surat lamaran kerja bahasa Inggris di atas:

Kepada Manajer Rekrutmen,

Saya menulis email ini untuk melamar posisi staf customer service di perusahaan Anda. Dengan dedikasi saya dalam menyediakan layanan terbaik, saya akan menjadi aset besar untuk perusahaan.

Saya telah bekerja dalam bidang customer service selama lima tahun. Saya akrab dengan software seperti Salesforce dan Zendesk. Saya juga mampu melayani pelanggan lewat telepon, chat, dan email. Saya bisa menanggapi pertanyaan pelanggan dengan cepat dan akurat.

Saya cepat belajar dan mampu bekerja dalam tim, dengan rekam jejak positif dalam layanan pelanggan, dan referensi saya akan membuktikannya. Saya mampu memecahkan masalah dan menyediakan solusi kreatif untuk berbagai permintaan pelanggan.

Saya memiliki dedikasi untuk menyediakan layanan terbaik bagi pelanggan di perusahaan Anda. Saya akan senang menerima kesempatan untuk mendiskusikan kemampuan dan pengalaman saya. Terima kasih atas pertimbangannya.

Salam hormat,

(Nama lengkap)


⁠10. Surat Lamaran Kerja Public Relation Manager

Dear Hiring Manager,

With over eight years of experience in managing brand reputation and strategic public and media relations, I am excited to apply for the position of Public Relation Manager at your company.

Throughout my career, I have been recognized for creating effective public and media relations strategies, resulting in positive media exposure. In my previous company, I protected the firm and its reputations by introducing public relation campaigns, pitching social media content, and writing press releases.

My most successful projects in the previous company have resulted in a 30% increase of sales and a total of 2 billion Rupiah of donations for our charity programs. With these achievements, I am ready to increase the reputation of your company. I look forward to meeting you and discussing my strategic visions and goals.

Thank you for your consideration.

Sincerely,

(Your name)

Contoh surat lamaran kerja Bahasa Inggris di atas cocok untuk pelamar kerja yang sudah berpengalaman, terutama di bidang public relation atau humas. Berikut terjemahannya:

Kepada Manajer Rekrutmen,

Dengan pengalaman lebih dari delapan tahun dalam mengelola reputasi brand dan strategi relasi publik serta media, saya hendak melamar untuk posisi Manajer Public Relation di perusahaan Anda.

Sepanjang masa kerja, saya dikenal mampu menciptakan strategi relasi publik dan media yang efektif dan menghasilkan liputan media yang positif. Di perusahaan sebelumnya, saya membantu melindungi reputasi perusahaan lewat kampanye relasi publik, mengajukan ide konten media sosial, dan menulis rilis pers.

Proyek saya yang paling sukses di perusahaan sebelumnya adalah menciptakan peningkatan penjualan sebesar 30 persen serta total donasi sebesar 2 miliar Rupiah untuk program amal kami . Saya siap meningkatkan reputasi perusahaan Anda. Saya berharap bisa berdiskusi tentang tujuan dan visi strategis bersama Anda.

Terima kasih atas pertimbangannya.

Dengan hormat,

(Nama lengkap)


⁠11. Surat Lamaran Kerja Content Writer

Dear Mr. B,

I am writing this email to apply as a content writer at XYZ Digital Marketing Company. I have 3 years of experience in a similar field and my skills will be beneficial for your company.

My last position was a content writer at HIJ Publication, where I was responsible for writing long-form content and social media captions. My works revolve around topics such as the newest marketing trends, IoT, digital marketing, and SEO tips. I am familiar with various forms of writing, such as newsletters, press releases, and editorial writing.

I have proven myself as a disciplined worker who can work under strict deadlines. I am also familiar with plagiarism checking machines and keyword research tools. I would love to discuss my skills and experiences in an interview. Thank you for your consideration.

Regards,

(Your name)

Contoh surat lamaran dalam bahasa Inggris di atas cocok untuk pelamar yang punya pengalaman menulis artikel panjang maupun konten media sosial. Berikut terjemahannya:

Kepada Bapak B,

Saya menulis email ini untuk melamar posisi sebagai penulis konten di Perusahaan Marketing Digital XYZ. Saya memiliki tiga tahun pengalaman di bidang serupa sehingga kemampuan saya akan menguntungkan untuk perusahaan Anda.

Posisi terakhir saya adalah penulis konten di Penerbit HIJ, di mana saya bertanggung jawab menulis konten panjang serta caption media sosial. Pekerjaan saya berkutat di topik seperti trend marketing terbaru, IoT, pemasaran digital, dan tips SEO. Saya akrab dengan berbagai tipe tulisan seperti newsletters, rilis pers, dan penulisan editorial.

Saya telah membuktikan diri sebagai pekerja yang disiplin dan mampu bekerja di bawah tenggat waktu singkat. Saya juga akrab dengan alat pengecek plagiarisme dan riset kata kunci. Saya akan senang mendiskusikan keahlian dan pengalaman saya dalam wawancara. Terima kasih atas pertimbangannya.

Salam hormat,

(Nama lengkap)


⁠12. Surat Lamaran Kerja Staf Marketing

Dear Ms. Anita,

Thank you for the opportunity to submit my application as a marketing staff at your company. I possess the experience, knowledge, and skills required to handle the tasks of this position.

I have a background as a marketing staff at S Retail Store, where I have worked for three years. During my time there, I was responsible for minor and major promotional activities, such as creating digital content for social media and organizing various industry events. I was awarded Employee of the Month five times in a row for achieving great results,.

I always take the opportunity to learn about current market trends, including SEO strategies and TikTok marketing. This allowed me to propose innovative and fresh marketing ideas, which led to consistent monthly target achievements.

I am responsible, a fast-learner, and a team player. I believe I can be a marketing asset for your company. Thank you for your consideration.

Kind regards,

(Name)

Surat lamaran kerja bahasa Inggris singkat di atas cocok untuk melamar pekerjaan jika pengalamanmu memang masih sedikit. Berikut terjemahan contoh surat lamaran kerja tersebut:

Kepada Ibu Anita,

Terima kasih atas kesempatan untuk mengirimkan lamaran saya sebagai staf marketing ke perusahaan Anda. Saya memiliki pengalaman, wawasan, dan keahlian yang dibutuhkan untuk tugas-tugas dalam posisi tersebut.

Saya punya pengalaman kerja tiga tahun sebagai staf marketing di Toko Grosir S. Selama bekerja di sana, saya bertanggung jawab terhadap kegiatan promosi besar dan kecil, seperti membuat konten digital untuk media sosial dan mengelola beragam kegiatan industri. Prestasi saya menjadikan saya Pegawai Bulan Ini sebanyak lima kali berturut-turut.

Saya selalu belajar tentang tren pasar terkini, termasuk strategi SEO dan marketing TikTok. Hal ini membantu saya mengajukan proposal ide marketing yang unik dan segar, serta mengarah ke pencapaian target bulanan secara konsisten.

Saya bertanggung jawab, cepat belajar, dan mampu bekerja di dalam tim. Saya yakin akan menjadi aset untuk perusahaan Anda. Terima kasih atas pertimbangannya.

Salam hormat,

(Nama lengkap)

13. Surat Lamaran untuk Profesional (Contoh: Manajer HR)

Dear Mr. Foster,

As a highly skilled Human Resource Manager, I read your application posting for a new Human Resource Manager with interest. I have 10 years of experience that align well with the requirements you posted for the position.

My name is (full name) and I was a Human Resource Manager at G Department Store. I am adept in program development and employee relations. My job also provided me with important skills such as first-rate interpersonal and organizational abilities.

Highlights of my achievements include reduced employee turnover for 20 percent through an incentive program and saving $100,000 per year by reorganizing and reducing unnecessary positions.

Please review my attached resume for additional details regarding my expertise. I will follow up with an appointment to discuss how my experiences and skills meet your needs. Thank you.

Regards,

(Name)

Contoh surat lamaran kerja bahasa Inggris di atas cocok untuk pekerjaan yang membutuhkan keahlian profesional, seperti Manajer HR. Berikut terjemahan contoh surat lamaran kerja di atas:

Kepada Tuan Foster,

Sebagai Manajer HR profesional, saya tertarik membaca lowongan pekerjaan perusahaan Anda sebagai manajer HR baru. Saya memiliki 10 tahun pengalaman yang sesuai dengan persyaratan untuk posisi tersebut.

Nama saya adalah (nama lengkap) dan saya pernah bekerja sebagai Manajer HR di Pusat Perbelanjaan G. Saya mahir dalam program pengembangan dan relasi pegawai. Saya juga berhasil mendapatkan berbagai keahlian penting dalam pekerjaan sebelumnya, seperti kemampuan dalam relasi interpersonal dan organisasi.

Pencapaian terbesar saya meliputi pengurangan tingkat keluarnya pegawai hingga 20 persen berkat program insentif, serta menghemat $100.000 per tahun lewat reorganisasi dan pengurangan posisi yang tidak penting.

Silakan membaca resume yang saya sertakan untuk rincian lebih lanjut. Saya berharap bisa bertemu untuk mendiskusikan bagaimana pengalaman dan keahlian saya adalah sesuatu yang perusahaan Anda butuhkan. Terima kasih.

Salam hormat,

(Nama lengkap)

14. Surat Lamaran Kerja Pendek/Tulis Tangan

To Mr. John,

My name is (your name) and I am writing to apply as an office helper.

I have qualities that your office needs to become a good helper. I am organized, have a good communication skill, able to take direction well, and have good time management. I also speak basic English, can drive cars, and am able to repair electronic equipment.

You can check more information about me in my CV. I believe it will be a great help for the daily operation in your office. Thank you for your consideration.

Regards,

(Your name)

Surat lamaran kerja bahasa Inggris ini cocok untuk jenis pekerjaan yang kualifikasinya tidak begitu rumit, bahkan bisa ditulis tangan. Berikut terjemahan dari surat lamaran kerja bahasa Inggris di atas:

Kepada Bapak John,

Nama saya (nama lengkap) dan saya hendak melamar kerja sebagai OB.

Saya memiliki kemampuan yang berguna untuk mendukung kegiatan kantor. Saya terorganisir, mampu berkomunikasi dan menerima instruksi dengan baik, dan punya kemampuan manajemen waktu. Saya juga bisa berbicara bahasa Inggris level dasar, mengemudi mobil, dan memperbaiki alat elektronik.

Silakan memeriksa informasi tentang saya lebih lanjut di CV. Saya yakin akan mampu membantu kegiatan harian kantor Anda. Terima kasih atas pertimbangannya.

Salam hormat,

(Nama lengkap)


⁠15. Surat Lamaran Videografer

Dear Mr. John Smith,

I would like to submit my application letter for the videographer position you posted on your Instagram. I have three years of experience that will benefit your business plans and future programs.

I have worked in several projects as an independent videographer, responsible for rough cuts for feedback, audio mixing and syncing, creating animation, and other post-production projects for finalizations.

I have experience required for the position. I am fluent in Premier, FCP, Avid, and familiar with digital editing tools and software. I have knowledge about audio-visual equipment and basic skills in audio, video, and lighting.

I am used to working within strict deadlines and able to find creative solutions for problems. I hope we could meet to discuss how my experiences and skills will benefit your future endeavors. Thank you for your consideration.

Kind regards,

(Your name)

Application letter surat lamaran kerja bahasa Inggris di atas ini cocok untuk pekerjaan sebagai videografer dengan pengalaman yang masih relatif singkat. Berikut terjemahan contoh surat lamaran kerja bahasa Inggris di atas:

Kepada Bapak John Smith,

Saya ingin mengajukan surat lamaran untuk posisi videografer yang Anda bagikan di akun Instagram. Saya memiliki tiga tahun pengalaman yang akan menguntungkan rencana bisnis dan program Anda di masa mendatang.

Saya telah mengerjakan berbagai proyek sebagai videografer independen dan bertanggung jawab terhadap rough cuts untuk feedback, pencampuran dan penyelarasan audio, membuat efek animasi, serta proyek pasca-produksi lainnya untuk keperluan finalisasi.

Saya memiliki semua kemampuan yang diperlukan untuk mengisi posisi tersebut. Saya bisa menggunakan Premier, FCP, Avid, dan alat serta perangkat lunak editing digital. Saya memiliki wawasan tentang perlengkapan audio-visual dan kemampuan dasar terkait audio, video, dan pencahayaan.

Saya terbiasa bekerja dalam tenggat waktu ketat serta mampu menemukan solusi kreatif untuk berbagai problem. Saya berharap bisa mendiskusikan pengalaman dan keahlian saya serta manfaatnya bagi bisnis Anda. Terima kasih untuk pertimbangannya.

Salam hormat,

(Nama lengkap)

16. Surat Lamaran Kerja Pendek

Dear Ms. Mary Anne,

My name is (full name). I am writing to apply for the part-time job at your store, which I found listed on your website. 

I am well-organized with good time management, and I respond well to directions and guidelines. Aside from product organizing and listing, I can help with the cashier and cleaning to make sure that the shoppers feel comfortable.

I also have a good interpersonal skill, which is beneficial for communicating with customers. I am open to work three to four days in a week, from 2 PM to 7 PM, and I promise to do all the required tasks to the highest of my capacity.

Thank you for your consideration, and I look forward to hearing from you.

Regards,

(Your name)

Surat lamaran pendek ini bersifat umum dan bisa digunakan untuk berbagai jenis pekerjaan paruh waktu, terutama bagi yang masih kuliah atau baru lulus. Berikut terjemahan surat lamaran kerja bahasa Inggris di atas:

Kepada Ibu Mary Anne,

Nama saya (nama lengkap). Saya menulis surat ini untuk melamar sebagai pekerja paruh waktu di toko Anda, berdasarkan lowongan yang saya temukan di website.

Saya sangat terorganisir dan memiliki manajemen waktu yang bagus. Saya mampu mengikuti arahan dan panduan dengan baik. Selain mengatur dan mendata produk, saya bisa membantu kasir serta membersihkan toko agar pelanggan lebih nyaman.

Saya juga memiliki kemampuan interpersonal yang baik, cocok untuk berkomunikasi dengan pelanggan. Saya bisa bekerja tiga hingga empat hari seminggu dari pukul 14:00 hingga 19:00, dan saya berjanji akan menyelesaikan semua tugas dengan baik dan dalam kapasitas semaksimal mungkin.

Terima kasih atas pertimbangannya dan saya menanti kabar baik dari Anda.

Salam hormat,

(Nama lengkap)


⁠17. Surat Lamaran Kerja Word (Posisi Head Chef)

To: Mr. John Smith
⁠Hiring Manage
⁠M Italian Restauran
⁠Road X, District
⁠Sydney, Australia

Dear, Mr. Smith

My name is (Full name) and I would like to apply for a position of a head chef at your restaurant, which you listed on your website. I have ten years of experience in a fast-paced environment that will benefit your restaurant.

I graduated from ABC Culinary Academy where I focused on Western food, with interests in American, Italian, and French cuisines. I have worked at a small family bistro, a catering company, and a family restaurant. I am experienced in menu planning, food safety, and cost control.

I have also gained experience in team management and problem solving. I am an effective communicator, with a drive to motivate my team members and create the best customer service quality.

I have included all my past experiences and achievements in my CV. I look forward to discussing how my skills will contribute to the success of your restaurant. 

Kind regards,

(Your name)

Contoh surat lamaran kerja bahasa Inggris Word di atas cocok untuk versi yang harus dicetak dan dikirim atau diserahkan langsung. Berikut versi terjemahan surat lamaran kerja bahasa Inggris di atas:

Kepada: Bapak John Smith
⁠Manajer Rekrutmen
⁠M Italian Restaurant
⁠Jalan X, Distrik Y
⁠Sydney, Australia

Kepada Bapak Smith,

Nama saya (nama lengkap) dan saya ingin melamar sebagai head chef di restoran Anda setelah melihat lowongannya di website. Saya memiliki 10 tahun pengalaman dalam lingkungan kerja yang cepat sehingga dapat menguntungkan restoran Anda.

Saya lulus dari Akademi Kuliner ABC dengan fokus pada makanan Barat serta minat dalam masakan Amerika, Italia, dan Prancis. Saya telah bekerja di bistro keluarga, perusahaan katering, dan restoran keluarga. Saya berpengalaman dalam merancang menu, keamanan pangan, serta kendali biaya.

Saya juga berpengalaman dalam manajemen tim dan memecahkan masalah. Saya mampu berkomunikasi secara efektif, memotivasi anggota tim, dan menciptakan layanan pelanggan terbaik.

Saya telah menyertakan pengalaman dan prestasi di CV saya. Semoga saya bisa bertemu dengan Anda untuk mendiskusikan keahlian dan kontribusi saya bagi restoran Anda.

Salam hormat,

(Nama lengkap)


⁠Kesimpulan

Itulah 17 contoh surat lamaran kerja bahasa Inggris beserta versi terjemahannya dalam bahasa Indonesia. Berbagai contoh application letter bahasa Inggris dalam artikel ini bisa kamu jadikan acuan untuk membuat surat lamaran kerja bahasa Inggris sesuai kebutuhanmu. Jangan lupa perbarui CV kamu di Jobstreet agar serasi dengan surat lamaran buatanmu!

Butuh saran terkait melamar kerja terutama di perusahaan asing? Coba kunjungi berbagai Tips Karier Jobstreet agar kamu lebih jago menyusuri seluk-beluk dunia kerja. Unduh aplikasi Jobstreet di Play Store atau App Store agar kamu bisa melamar kerja dari mana saja!

Pertanyaan Seputar Surat Lamaran Bahasa Inggris

  1. Apakah semua surat lamaran harus ditulis dalam bahasa Inggris?
    Tidak juga. Kamu bisa menyesuaikan penggunaan bahasa dalam surat lamaran dengan bahasa lowongan serta lokasi perusahaan. Jika perusahaan berkomunikasi dalam bahasa Inggris (misalnya lewat website resmi atau lowongannya), atau berlokasi di luar negeri, sebaiknya tulis lamaran kerja dalam bahasa yang sama.
  2. Apakah surat lamaran kerja harus dibuat dalam bentuk PDF?
    Surat lamaran kerja dalam bahasa Inggris maupun Indonesia biasanya ditulis langsung di badan email. Jadi, kamu tidak perlu membuat PDF-nya. Akan tetapi, kamu juga harus menyesuaikan hal ini dengan syarat lowongan. Jika kamu diminta menyiapkan surat lamaran kerja bahasa Inggris dan terjemahannya PDF, ikuti persyaratan tersebut.
  3. Apakah saya bisa meniru format surat lamaran bahasa Inggris yang sudah ada?
    Ya. Jika kamu tidak yakin, lebih baik meniru contoh surat lamaran dalam bahasa Inggris yang sudah ada. Pastikan suratmu terlihat profesional dan enak dibaca.

More from this category: Cover letters

Telusuri istilah pencarian teratas

Tahukah Anda bahwa banyak kandidat yang menyiapkan resume dan meneliti suatu industri dengan menjelajahi istilah pencarian teratas?

Jelajahi topik terkait

Pilih bidang minat untuk menelusuri karier terkait.

Berlangganan Panduan Karir

Dapatkan saran karier dari ahli yang dikirimkan ke kotak masuk Anda.
Anda dapat membatalkan email kapan saja. Dengan mengklik 'berlangganan', Anda menyetujui Pernyataan Privasi Jobstreet.