Technical Skills Paling Dicari: Apa Saja dan Contoh untuk Resume

Technical Skills Paling Dicari: Apa Saja dan Contoh untuk Resume
Jobstreet tim kontendiperbarui pada 25 August, 2023
Share

Saat ini persaingan di dunia kerja sangat ketat. Bukan hanya bagi kandidat, para perekrut juga berebut untuk mendapatkan kandidat terbaik yang bisa berkontribusi di perusahaan mereka. Lalu, bagaimana caranya supaya kamu bisa mendapatkan pekerjaan impian? Tentu saja, kamu perlu menunjukkanskillsyang kamu punya, apalagi kalau kamu punyaskillspesifik yang berkaitan dengan bidang teknologi.Skillseperti itu disebut sebagai kemampuan atau keterampilan teknis (technical skills).Jika kamu menguasaitechnical skills,kamu punya kesempatan yang lebih besar untuk dilirik perekrut.

Pertanyaan selanjutnya adalah: bagaimana ya, cara menunjukkantechnical skillske perekrut? Lalu, bagaimana cara mengasahtechnical skillsagar kariermu makin berkembang? Tidak perlu bingung, karena JobStreet akan mengupas tuntastechnical skillsdan bagaimana kamu bisa memanfaatkannya dengan baik. Baca terus artikel ini ya!

Apa itutechnical skills?

Apa itu technical skills

Technical skillsadalah kemampuan teknis yang bisa diterapkan secara spesifik untuk suatu pekerjaan. Kemampuan ini dibutuhkan untuk menyelesaikan beragam pekerjaan yang membutuhkan pemahaman mendalam dan tingkat kemampuan tertentu.Technical skillsjuga termasuk sebagaihard skills,karena bisa dipelajari seiring berjalannya waktu, baik itu lewat pelatihan maupun pengalaman kerja.

Salah satu industri yang membutuhkantechnical skillsadalah industri IT atau Teknologi Informasi. Mulai dari kemampuanprogramming,data sciencehinggaweb designing.Bukan cuma untuk ranah digital,technical skillsjuga dipakai di sektor non-digital. Misalnya, jika kamu adalah seorang perawat, kamu membutuhkantechnical skillsuntuk membaca data kesehatan pasien, memeriksa tanda-tanda vital, dan merawat pasien sehari-hari. Apa pun pekerjaannya, kamu perlu keterampilan dan pengetahuan spesifik untuk industri yang kamu jalani, termasuktechnical skills.

Di sisi lain,softskillsbisa diterapkan di berbagai bidang atau disebut juga dengantransferable skills.Keterampilan ini tidak terlihat secara gamblang serta berkaitan dengan kepribadian dan etos kerja karyawan. Beberapa contohsoft skillsadalah manajemen waktu, kemampuan bekerja di tim dan kemampuan berkomunikasi.

Kandidat dengantechnical skillsyang spesifik sangat dicari saat ini. Bukan hanya di bidang teknologi, industri lain juga mencari kandidat yang punya kemampuan teknis. Coba pikirkan apa sajatechnicalskills yang kamu punya. Bisa jadi kemampuan tersebut akan mengantarkanmu ke pekerjaan impianmu.

Apa saja yang termasuk dalamtechnical skills?

Pertanyaan yang lebih tepatnya lagi: apa sajatechnical skillsyang sedang diminati? Menurut Laporan JobStreet tentang Apa yang Diharapkan Pekerja Diketahui oleh Perusahaan: Membuka Pintu Masa Depan Rekrutmen, beberapa kemampuan yang paling sering dicari adalah terkait IT, teknis dan analisis data. Namun, tidak terbatas pada itu saja, berikut beberapatechnical skillsyang relevan dan dibutuhkan di banyak industri.

Software development

Saat ini, makin banyak bisnis yang menyediakan pelayanan secaraonline. Karena itulah, kemampuansoftware developmentsangat dibutuhkan.Skillini berfokus pada pengetahuan tentang bahasa pemrograman yang dibutuhkan guna membangunsoftwareuntuk keperluan tertentu. Seorang software developer menguasai keterampilan seperti melakukancodinguntuk membuatwebsiteinterface.

Data science

Hampir tiap industri melibatkan data untuk berbisnis, baik itu statistik tentang tren pasar saat ini atau analisis produk. Meskipun data bisa diakses dengan mudah, perusahaan membutuhkan karyawan denganskill setini untuk mengumpulkan, mengorganisir dan membaca data. Kemampuandata mining,analisis statistik danpredictive modellingsangat dibutuhkan di bidang ini. Untuk membantumu memahami lebih jauh tentang bedanyaData ScientistdanData Analyst, kamu bisa membaca penjelasannya di sini.

Cloud computing

Cloud computingmemungkinkan orang untuk mengaksessoftware,penyimpanan data dan layanan lainnya melalui internet dan bukan melalui penyimpanan tradisional seperti mesin penyimpanan di ruangserver.

Beberapa tahun terakhir, perusahaan dan berbagai bisnis sudah menggunakancloud,sehingga mengurangi biaya lebih untuk tempat fisik penyimpanan data dan ruangserver. Artinya, perekrut saat ini sedang mencari ahlicloud computingberkualitas yang memiliki kemampuancloud architecture and design,keamananclouddancloud migration.

Infrastruktur jaringan

Infrastruktur jaringan ataunetwork infrastructuremelibatkan perangkat keras dan perangkat lunak yang menyediakan koneksinetworkdan memungkinkan terjadinya komunikasi antarauser,gawai, aplikasi dan internet.

Dengan semakin umumnya sistem kerjahybrid,infrastruktur jaringan nirkabelmenjadi kebutuhan esensial bagi para pekerja untuk mengakses internet kapan saja, di mana saja, dan lewatdeviceapa pun dengan aman. Perusahaan membutuhkan karyawan yang bisa berinovasi dengan teknologi ini guna membangun infrastruktur jaringan untuk keperluan kerja perusahaan.

Cybersecurity

Menjalankan bisnis secaraonlinetentunya membuat perusahaan terpapar ancaman ataucyber threats.Inilah mengapa perusahaan membutuhkan perlindungan dari berbagai ancaman kriminalcyber.Jika kamu tertarik untuk membangun sistem keamanan untuk aset digital perusahaan, ini adalah pekerjaan yang cocok untukmu. Beberapaskillsyang dibutuhkan di bidangcybersecurity adalah kemampuan analisis risiko (vulnerability assessment),analisismalwaredancryptography.

Web development

Seiring banyaknya bisnis yang berkomunikasi dengan konsumen secaraonline,websitemenjadi salah satu kebutuhan perusahaan. Halaman situswebdan aplikasi dibuat untuk memenuhi kebutuhan konsumen dan mencatat jejak digital yang dibutuhkan. Pekerjaanweb developmentmembutuhkan pemahaman dalamweb design,programming, publikasi, dan manajemendatabase. Jika kamu punyaskill settersebut, kamu bisa mencoba peluang karier sebagaiweb developer.

Mobile development

Saat ini,mobile deviceatau HP adalah gawai paling populer yang bisa menghubungkan bisnis dengan konsumen. Di sinilah kemampuan pengembanganmobile appdiperlukan.

Dengan menyediakan layanan yang bisa diakses dari HP, berbagai industri seperti ritel, telekomunikasi, e-commerce, dan bahkan lembaga pemerintah pun bisa tetap relevan dan responsif terhadap kebutuhan konsumen.Skill setyang dibutuhkan termasukapp developmentuntuk iOS dan Android, desainmobile app,danpush notifications.

UI/UX design

Sebuah bisnis harus berfokus pada kebutuhan konsumen agar bisa sukses di pasar. Salah satu cara untuk menarik minat konsumen adalah dengan menyediakan tampilan danuser experienceyang nyaman dan mudah digunakan di aplikasi. Ini mungkin terjadi dengan adanya tim UI/UXdesign .

Desain dari UI (User Interface) dan UX (User Experience) yang bisa dibilang sukses adalah yang memudahkan konsumen, sehingga membuat mereka kembali lagi dan menjadi pelanggan setia. Perekrut membutuhkantalentyang memiliki keterampilanwireframing,membuatprototype, design thinking,dan arsitektur informasi.

Product management

Product managementadalah bagian dari timproduct development.Tugas dari seorangproduct manageradalah memastikan proses produksi dapat terus berjalan dengan lancar. Sehari-harinya,product managerbekerja sama dengan tim UX, timengineering,dan para pemimpin tim untuk menyamakan tujuan dari pengembangan produk.

Dengan membuat strategi produk, product manager memastikan hasil produksi sesuai dengan target yang diinginkan.Skillyang dibutuhkan antara lain adalah analisis kompetitor, riset kebutuhan konsumen, manajemenproduct launching,strategi dan eksekusi produk.

IT operations

IT operations meliputi seluruh proses dan layanan yang berada dalam lingkup departemen IT di sebuah perusahaan. Apa pun industrinya, konsumen membutuhkan akses yang cepat ke aplikasi dan layananonline, dan tentunya mengharapkan proses yang lancar.

SeorangIT operatormemastikan performa teknologi perusahaan berjalan lancar tanpa kendala agar bisnis tetap bisa beroperasi. Beberapaskillsyang dibutuhkan adalah manajemen infrastruktur, manajemen insiden dan ITservice management.

Baca juga: Panduan Memulai Karier di Bidang Teknologi Informasi untukFresh Graduate

Seberapa penting memilikitechnical skills?

Seberapa penting memiliki technical skills

Apa pun industri atau bidang yang kamu jalani, memilikitechnical skillsyang baik adalah salah satu kunci dari kesuksesan bisnis, termasuk kesuksesan kariermu. Karenaskillstersebut spesifik, mungkin terkesan tidak relevan untuk bidang lainnya atau tidaktransferable.Namun, menguasai atau paling tidak memahami dasar dariskillsini bisa membantumu mengembangkan karier. Berikut beberapa alasan mengapatechnical skillssangat fundamental dalam berkarier.

Menjaga karier di masa depan

Pekerjaan dan bisnis sangat bergantung pada teknologi, sehingga mengembangkantechnical skilljadi hal yang esensial untuk kamu lakukan. Kamu jadi bisa beradaptasi dan bisa mengembangkan karier seiring dengan perkembangan teknologi lainnya yang datang di masa depan.

Semakin percaya diri

Jika kamu bekerja di lingkup teknologi, tentunya perusahaan memiliki ekspektasi tertentu terhadap performamu. Memahami teknologi dan mengembangkantechnical skillsbisa membuatmu merasa percaya diri saat menjalani pekerjaanmu.

Bekerja dengan lebih efisien

Punya keterampilan yang diperlukan dan disertai dengan rasa percaya diri, akan membantumu bekerja dengan kompeten dan lebih efisien. Kamu bisa terhindar dari rasa khawatir akan ketidakpahamanmu tentang teknologi.

Tetap relevan

Menguasai dasar daritechnical skillsadalah awal yang bagus.Dari sana, kamu bisa terus belajar dan mengasah kemampuanmu.Teknologi akan terus berkembang, karena itu konsistensi dalam belajar dan mengembangkanskillsdiperlukan agar kamu tetap relevan danup-to-date.

Menjaditalentberharga

Di tengah dunia kerja yang sangat erat dengan perkembangan teknologi, seorang karyawan yang memiliki pengetahuan teknis bisa menjadi panutan dan memberikan bantuan yang bisa dipraktikkan langsung di dalam tim. Dengan mengembangkantechnical skills,kamu bisa menjaditalentyang diandalkan di perusahaan.

Memperbesar peluang promosi

Technical skillssemakin diminati saat ini. Dengan memiliki dan mengembangkan kemampuan teknis, kontribusimu akan semakin diperhatikan di perusahaan, sehingga membuka peluang yang lebih besar untuk mendapatkan promosi atau kenaikan jabatan.

Menjadi kandidat yang lebih unggul

Kalau saat ini kamu sedang mencari kerja, apa pun industri dan posisinya, memilikitechnical skillsdi resume akan memberikan nilai tambah dan membuatmu lebih menarik di mata perekrut. Dengan begitu, kamu bisa lebih menonjol dibandingkan kandidat lain, apalagi di tengah kompetisi dunia kerja yang makin ketat.

Menumbuhkan minat

Kamu mungkin sudah menjalani suatu pekerjaan selama bertahun-tahun, sehingga mungkin saja kamu semakin kehilangan minat dan motivasi dalam bekerja. Mempelajari hal baru bisa membantumu meningkatkan lagi minatmu dalam bekerja, sehingga kamu kembali terpacu untuk memberikan usaha dan hasil terbaik.

Baca juga: Tips dan Pilihan Ganti Profesi setelah Kerja di Startup

Cara mengembangkantechnical skills

Cara mengembangkan technical skills

Nah, sekarang kamu sudah memahami pentingnya memilikitechnical skills.Tapi, bagaimana cara mengembangkannya?

Memahami cara mengasahskillteknis sangat krusial agar tetap bisa memberikan performa terbaik saat bekerja. Masing-masingskillpunya cara spesifik untuk dikembangkan, tapi tentunya mengembangkanskillsmemerlukan pelatihan, edukasi, eksperimen, dan pengalaman saat bekerja. Berikut adalah cara yang bisa kamu lakukan agar kemampuanmu tetap tajam.

Program pelatihan

Beberapa perusahaan menyediakan program pelatihan untuk karyawan. Tanyakan kepada pihak HR atau atasanmu tentang fasilitas yang tersedia untuk mengasahskill.Kamu juga bisa mengusulkan programupskillingke perusahaan untuk dipertimbangkan.

Mengikuti pelatihanonline

Saat ini semakin banyak pelatihanonlineyang tersedia untuk mengasah keterampilan di berbagai bidang, bahkan menyediakan sertifikasi juga. Kamu bisa mencari program yang bisa mengasahtechnical skills-mu, seperti kumpulan video penjelasan, studi kasus, tutorial, atau kelasonline.

Dengan begitu, kamu bisa mengatur sendiri waktumu belajar di sela-sela kesibukanmu. Saat ini, seekMAX juga tersedia untuk membantumu mengasahtechnical skills.Bukan hanya melihat materi, di sana kamu juga bisa bertemu komunitas profesional untuk berdiskusi dan membangun koneksi.

Menonton konten edukasi

Menonton konten edukasi juga bisa jadi cara mudah dan ringan untuk menambah kemampuanmu, paling tidak membantumu tetapup-to-date.Banyak informasi dan video pendek yang tersedia di internet. Carilahcreatoratau ahli yang memberikan konten edukasi tentangtechnical skills.

Bersosialisasi sambil belajar

Salah satu cara untuk mengembangkanskillsadalah belajar bersama dengan rekan lainnya. Mungkin ada rekan kerja di kantormu yang juga sedang ingin mengembangkanskillsdan bisa kamu ajak berdiskusi dan bertukar informasi.Berkoneksi dan berbagi pengalaman bisa membuat proses belajarmu jadi lebih menyenangkan, apalagi kamu jadi bisa membangun hubungan baik dengan orang di bidang yang sama.

Belajar dari ahlinya

Bekerja bersama seorang mentor yang ahli di bidangnya bisa jadi salah satu cara untuk mengembangkanskill.Dengan menghabiskan waktu bersama mereka, kamu bisa mengadaptasiskilldan mendapatkan masukan, terutama saat menemui tantangan.

Punya keinginan untuk terus belajar

Terakhir, memilikigrowth mindsetadalah hal yang sangat mendasar. Rasa ingin tahu dan keinginan untuk terus belajar hal baru bisa membantumu berkembang, seiring dengan teknologi yang juga berkembang dengan pesat.

Mengukur keterampilan teknis

Sertifikasi, gelar dan bukti pendidikan lainnya bisa menjadi bukti pendukung bahwa kamu memiliki kualifikasi diskilltertentu. Menurut Harvard Business Review, hampir 50% kandidat “mempercantik” resume mereka dibandingkan sebelumnya. Cara ini mengurangi akurasi CV sebagai bahan pertimbangan. Kebanyakan perusahaan mulai mengandalkan tes untuk menilai pengetahuan danskillsaat membuka lowongan untuk posisi teknis. Jadi, sebaiknya kamu mempersiapkan diri untuk menjalani tes supaya bisa menunjukkanskillyang dibutuhkan.

Beberapa tes teknis di antaranya berupa tes tulis atau pilihan ganda. Tes seperti ini bisa membantu perekrut untuk menyaring kandidat yang potensial. Cara ini menjadi pilihan perusahaan karena lebih efektif dari segi biaya dan akurasi dalam memprediksi kemampuan dasar kandidat.

Selain itu, ada kemungkinan kamu juga akan diminta mengikutiinterviewmengenai hal teknis dengan calon atasan atau spesialis teknis terkait untuk menilaiskillyang kamu miliki. Selaintechnical skills, interviewteknis juga akan menilaisoft skillsyang kamu miliki, seperti kemampuan berkomunikasi dan kemampuan berkolaborasi dalam tim. Dari sini, perekrut tentunya berharap bisa menemukan kandidat terbaik untuk posisi tersebut.

Tes mengenai hal teknis di satu sisi juga menguntungkan bagi pencari kerja. Salah satunya adalah bisa menghemat waktu dan memangkas jumlahinterviewkarena keahlianmu di bidang teknis langsung dievaluasi di sana. Selain itu, tes teknis juga bisa mengurangi bias sehingga penilaian jadi lebih objektif.

Sayangnya, di sisi lain cara ini bisa merugikan karena mungkin saja tes menjadi sangat panjang untuk dikerjakan karena perlu melihatskillsecara keseluruhan. Selain itu, bisa saja kandidat yang punya potensi bagus malah gagal karena sebuah tes.

Jika kamu mengincar pekerjaan dengan level kemampuan yang tinggi, pastikan kamu mempersiapkan diri dengan matang agar bisa mengerjakan semua tes dengan baik dan lolos ke tahap selanjutnya. Kamu juga bisa berlatih menjawab pertanyaaninterviewdengan Fitur Simulasi Wawancara dari JobStreet agar semakin lancar.

Mendemonstrasikantechnical skills

Tunjukkan kepada perekrut bahwa kamu punyaskillsyang tepat untuk posisi yang kamu lamar. Setiap perusahaan tentunya akan mencari tahu dan memastikan apakah kamu punya kemampuan yang dibutuhkan sebagai kandidat. Karena itu, penting untuk memastikan bahwaskillyang kamu punya menarik perhatian perekrut, bahkan dari awal tahap rekrutmen.

Ketika kamu menulis daftar riwayat pekerjaan beserta deskripsi dan posisi kerja, utamakan keahlian yang paling relevan. Kamu juga bisa membuat daftar terpisah untukcase studyatau contoh kasus yang pernah kamu selesaikan dengan kemampuanmu. Dengan begitu, akan lebih mudah bagi perekrut untuk langsung memahami caramu menerapkanskill setyang kamu miliki.

Dicover letter,sebutkan satu atau dua keterampilan yang paling cocok untuk kriteria pekerjaan yang dilamar dan bagaimana kamu menerapkannya saat bekerja. Pastikan kamu sudah memahami kriteria yang dicari di iklan lowongan kerja.

Ketikainterview,jelaskan lagi mengenaiskillkamu sambil berikan juga contoh penerapannya di pekerjaanmu sebelumnya. Kalau kamu punya contoh kejadian yang bagus untuk diceritakan, kamu juga bisa menceritakannya supaya perekrut bisa lebih mengenal caramu bekerja sebagai karyawan.

Cara lain untuk menunjukkan kemampuanmu adalah melalui portofolioonline. Cara ini bisa membantumu semakin dilihat perekrut dan membuat kesan pertama yang baik. Kamu bisa membuat situs web yang berisi pengalamanmu dan menunjukkanskill-mu. Selain itu, kamu juga bisa mengirimkan portofolio dalam bentukfileketika melamar pekerjaan. Ini bisa jadi bukti yang konkret ketika perekrut ingin melihat hasil kerjamu danprojectyang pernah kamu tangani.

Kesalahpahaman yang sering muncul tentangtechnical skills

Mungkin kamu beranggapan bahwatechnical skillssulit untuk dipelajari dan butuh pendidikan formal agar bisa menguasainya dengan baik. Jangan khawatir, mungkin kamu hanya salah paham. Supaya kamu makin yakin, yuk, kita kupas beberapa miskonsepsi tentangtechnical skills.

Technical skillscuma dibutuhkan untuk pekerjaan teknik

Memang banyak pekerjaan di bidang teknologi yang membutuhkanskill setyang spesifik. Namun, kemampuan teknis yang esensial juga diperlukan di industri selain teknologi digital, seperti industri kesehatan,financedan manufaktur.

Technical skillshanya relevan untuk pekerjaanentry-level

Seiring berjalannya karier dan semakin berkembangnya dunia teknologi, tentu saja peran kamu semakin bertambah. Perubahan juga mungkin terjadi di masa depan, sehingga ketika kamu sudah memiliki jabatan yang lebih tinggi puntechnical skillstetap diperlukan dan tentunya dikembangkan juga.

Technical skillscuma bisa dipelajari lewat pendidikan formal

Pendidikan memang penting, namun itu bukan satu-satunya yang dilihat dari kandidat. Pendidikan formal adalah salah satu bagian atau titik awal kandidat untuk dipertimbangkan, tapi bukan berarti perekrut langsung menentukan diterima atau tidaknya seorang kandidat berdasarkan hal itu.Technical skillsbisa dipelajari sendiri jika kamu punya ambisi dan keinginan yang kuat untuk belajar dan jadi unggul di bidang teknologi.

Jangan biarkan miskonsepsi mematahkan semangatmu untuk meraih pekerjaan impian kamu, ya!

Contohtechnical skillsuntuk resume

Berikut adalah kumpulantechnical skillsyang bisa kamu sertakan di resumemu. Ingat,skillsini tidak terbatas untuk perusahaan IT saja. Keterampilan tersebut tetap bisa kamu pakai di bidang atau industri lainnya.

Software development

  • Object-oriented programming
  • Pengembangansoftware
  • Pengecekansoftware
  • Integrasi lanjutan (CI/CD)
  • Manajemen kode sumber (e.g. Git, SVN)
  • Pemfaktoran ulang
  • Dokumentasisoftware
  • Optimalisasi performa aplikasi
  • Manajemen kebutuhan
  • Desain pola

Data science

  • Analisis statistika
  • Mesin algoritma
  • Miningdata
  • Pembersihan danpre-processingdata
  • Natural language processing(NLP)
  • Pembelajaran mendalam
  • Pemodelan prediktif
  • Teknologibig data(contoh: Hadoop, Spark)
  • Pemrograman statistik (contoh: R, SAS)

Cloud computing

  • Desain arsitekturcloud
  • Manajemen infrastrukturcloud
  • Keamanancloud
  • Migrasicloud
  • Amazon Web Services (AWS)
  • Microsoft Azure
  • Google Cloud Platform (GCP)
  • Automasicloud
  • Alat DevOps (contoh: Docker, Kubernetes)
  • Komputasi tanpa server

Jaringan dan infrastruktur (network and infrastructure)

  • Desain arsitektur jaringan
  • Keamanan jaringan
  • Routingdanswitching
  • Teknologi visualisasi (contoh: VMware, VirtualBox)
  • Konfigurasifirewall
  • Penyeimbangan beban
  • Pemantauan jaringan
  • Manajemen DNS
  • Manajemen direktori aktif
  • Jaringancloud

Keamanancyber(cybersecurity)

  • Penetration testing
  • Vulnerability assessment
  • Analisis risiko keamanan
  • Pengembangan kebijakan keamanan
  • Manajemen pusat operator keamanan
  • Manajemen respons insiden
  • Peretasan etis
  • Analisismalware
  • Cryptography
  • Manajemen identitas dan akses

Web development

  • Front-end development
  • Back-end development
  • Full-stack development
  • Desain web
  • Desain web responsif
  • Web frameworks
  • Sistem manajemen konten (CMS)
  • Platforme-commerce
  • Search engine optimisation(SEO)
  • Analisiswebsite

Mobile development

  • Pengembangan aplikasi iOS
  • Pengembangan aplikasi Android
  • Pengembangan aplikasi lintas platform
  • Desain aplikasimobile
  • Testingdan penangananbugdi aplikasimobile
  • Mobile app deployment
  • Strategi monetisasi aplikasimobile
  • Analisis aplikasimobile
  • Push notifications
  • Manajemenmobile device

UI/UXdesign

  • User interface design
  • User experience design
  • Wireframing and prototyping
  • Usability testing
  • Design thinking
  • Desain interaksi
  • Desain visual
  • Arsitektur informasi
  • Desain sistem
  • Desain kolaboratif

Manajemen produk

  • Pengembangan strategi produk
  • Analisis pasar
  • Analisis kompetitor
  • Riset konsumen
  • Riset pengalaman danuser persona
  • Roadmapping
  • Agile development methodology
  • MVP development
  • Pemantauan dan pengukuran KPI (Key Performance Indicator)
  • Perencanaan dan eksekusilaunchingproduk

IT operations

  • Manajemen infrastruktur IT
  • Manajemen layanan IT (IT Service Management)
  • Manajemen insiden
  • Manajemen perubahan
  • Perencanaan penanggulangan bencana (DRP)
  • Manajemen aset IT
  • Manajemen vendor IT
  • Perencanaan keberlangsungan bisnis
  • SLAmanagement
  • ITIL (Information Technology Infrastructure Library)

Sukses mencari kerja bersama JobStreet!

Di samping memilikitransferable skills,memilikitechnical skillsjuga sangat penting agar kamu tetap bisa relevan di tengah teknologi yang terus berkembang.Technical skillstidak lagi terbatas hanya untuk industri teknik atau IT. Industri lainnya juga sangat membutuhkan karyawan denganskillsini agar tetap bisa bertahan dan berkembang di era digital ini.

Karenanya, kembangkan terus keterampilan yang kamu punya agar tetap bisa memberikan performa terbaik di perusahaan. Pastikan untukupdateresume dan CV-mu dengantechnical skillsterbaru yang kamu miliki.

Memilikitechnical skillsbisa membantu masa depan kariermu menjadi lebih cerah, karenaskillsini kemungkinan besar akan masih sangat dibutuhkan di tahun-tahun ke depan, seiring perkembangan IT dan digital. Perusahaan dan bisnis perlu beradaptasi dan meningkatkan layanan dengan teknologi, sementara pekerja juga perlu memperdalam keahlian teknis mereka.

Sekarang kamu sudah memahami pentingnyatechnical skillsuntuk berkarier, apa sajatechnical skillsyang diinginkan saat ini, cara mengembangkantechnical skills,dan cara menunjukkanskillsyang kamu miliki ke perekrut. Untuk membantu agar persiapanmu makin matang, JobStreet punya Fitur Simulasi Wawancara yang bisa kamu gunakan agar kamu semakin lancar saat wawancara.

Sekarang kamu juga bisa mempelajari keterampilan baru dari mengikuti berbagai pelatihan berkualitas di seekMAX agar kamu semakin dekat dengan kesuksesan karier yang diinginkan. Di sana, kamu juga bisanetworkingdengan komunitas JobStreet untuk diskusi secaraonlinedengan ahli berpengalaman dan sesamatalent.

Jika kamu belum juga menerima undangan wawancara dari perusahaan yang kamu lamar, mungkin ini tandanya kamu harus segera perbarui profil JobStreet kamu. Kunjungi juga laman Tips Karier kami untuk berbagai tips seputar cara melamar kerja, fitur latihan wawancara, hingga survei soal pekerjaan dengan gaji tinggi.

Untuk akses yang lebih mudah, unduh aplikasi JobStreet di Google Play Store dan juga Apple App Store. Dengan begitu, kamu bisa melihat lowongan kerja baru langsung darismartphonesaja!

FAQ

  1. Apa sajatechnical skillsyang paling dicari?
    Yang banyak dicari di tahun 2023 adalah:

    • Pemrograman dasar

    • Low-code platforms

    • UI/UX design

    • Data engineering

    • Data visualisation

    • Video editing

    • CRMs

    • Product management

  2. Apakahtechnical skillsbisa dipelajari secaraonline?
    Technical skillsbisa dipelajari sendiri dengan berbagai cara, bisa dari sertifikasi, belajar dari buku, atau dari sumber lainnya yang tersedia secaraonline. Kamu juga bisa cek beberapa situs berikut yang menyediakan sertifikasi di ranah IT, seperti:

  3. Bagaimana cara saya tahu bahwatechnical skillsyang saya miliki berguna di bidang saya
    Pertama-tama, pastikan dulu posisi yang kamu incar dan cek lagi iklan lowongan kerja untuk posisi tersebut dan lowongan lainnya untuk pekerjaan serupa. Catattechnical skillsapa saja yang diperlukan untuk posisi tersebut. Kemudian, lihat apakah kamu sudah memiliki kapasitas dan kemampuan yang dibutuhkan. Jika sudah, kamu bisa menunjukkannya di resume atau CV-mu.

  4. Bagaimana caranya mengembangkantechnical skillstanpa mengeluarkan biaya besar?
    Ada beberapa cara untuk mengembangkantechnical skillsselain ikut kelasonline, sertifikasi, atau pun membeli buku. Kamu bisa mengakses pelatihanonlinegratis dan konten edukasi daricontent creatoryang juga ahli di bidangnya.

  5. Apakahtechnical skillslebih penting darisoft skills?
    Baiktechnical skillsmaupunsoft skillssama-sama penting dan dibutuhkan di semua pekerjaan. Memang betul,technical skillsdan pendidikan diperlukan, namunsoft skillsjuga sama pentingnya. Sebagai contoh, jika seorangprogrammersangat pintar secara teknis namun tidak bisa bekerja sama dengan tim, tentunya dia akan kesulitan untuk menyesuaikan diri dengan lingkungan dan budaya kantor.Programmertersebut pastinya akan bekerja lebih baik jika memiliki kemampuan berkolaborasi dengan tim, sehingga pekerjaan dapat diselesaikan dengan lebih efisien dan efektif.

  6. Apakah saya masih bisa dapat pekerjaan tanpatechnical skills?
    Ada banyak pekerjaan yang tersedia untuk kandidat yang belum memiliki pengalaman dan memberi kesempatan untuk belajar juga, seperti magang ataumanagement trainee.Namun, jika kamu bisa menunjukkan kemampuan teknis, kamu bisa lebih unggul dibanding kandidat lain.

More from this category: Melamar pekerjaan

Telusuri istilah pencarian teratas

Tahukah Anda bahwa banyak kandidat yang menyiapkan resume dan meneliti suatu industri dengan menjelajahi istilah pencarian teratas?

Jelajahi topik terkait

Pilih bidang minat untuk menelusuri karier terkait.

Berlangganan Panduan Karir

Dapatkan saran karier dari ahli yang dikirimkan ke kotak masuk Anda.
Anda dapat membatalkan email kapan saja. Dengan mengklik 'berlangganan', Anda menyetujui Pernyataan Privasi Jobstreet.