10 Contoh dan Format Body Email Lamaran Kerja

10 Contoh dan Format Body Email Lamaran Kerja
Jobstreet tim kontendiperbarui pada 17 January, 2024
Share

Mengirim lamaran kerja kini semakin praktis karena dokumen bisa dikirim melalui email. Kamu hanya perlu membuat body email lamaran kerja yang tepat dan menarik. 

Sayangnya, masih banyak kandidat yang mengirim email lamaran kerja hanya berisi CV saja. Mereka tidak menulis body email dan membiarkannya kosong begitu saja. Alhasil, lamaran mereka tidak dilirik oleh rekruter. 

Dengan kata lain, menulis body email ketika melamar kerja memiliki fungsi yang penting. Bahkan, dapat meningkatkan peluangmu memperoleh kerja lho. Yuk, simak contoh dan format penulisan body email lamaran kerja berikut ini!

Apa Itu Body Email Lamaran Kerja? 

Seorang pria sedang menulis body email lamaran kerja di laptop.

Sederhananya, body email adalah pengantar dalam surat lamaran kerja. Bisa dibilang, body email dalam melamar pekerjaan disebut juga cover letter singkat. Apalagi, jika kamu sudah melihat contoh isi email lamaran kerja. 

Dalam body email, kamu bisa menjelaskan secara singkat profil pribadi sebagai bentuk perkenalan. Manfaatkan bagian ini untuk mempromosikan dirimu secara singkat sebelum rekruter membaca CV-mu. 

Jadi, pastikan kamu tidak mengosongkan body email lamaran kerja kamu, ya!

Isi Body Email Lamaran Kerja 

Seorang pria sedang memeriksa body Email lamaran kerja sebelum mengirimnya ke perusahaan tujuan.

Lalu, apa saja informasi yang bisa dituliskan dalam badan email lamaran kerja? Berikut ini poin penting yang wajib kamu masukkan ketika menulis email lamaran kerja:

  • Tujuan atau alasan kamu mengirimkan surat lamaran kerja.
  • Kalimat perkenalan awal yang ditulis secara singkat.
  • Posisi yang ingin dilamar dan informasi dari mana kamu memperoleh info lowongan kerja tersebut.
  • Alasan mengapa kamu cocok menempati posisi yang dilamar.
  • Apa saja yang bisa kamu tawarkan kepada perusahaan?
  • Alamat kontak yang bisa dihubungi perusahaan ketika ingin melakukan tindak lanjut terhadap lamaran.
  • Salam penutup.

Format Body Email Lamaran Kerja 

Contoh format body email lamaran kerja.

Agar lebih jelas, ada berbagai template body email lamaran kerja yang bisa kamu tiru. 

Secara umum, template-template body email lamaran kerja terdiri dari enam bagian. Berikut gambaran struktur body email lamaran kerja:  

1. Salam pembuka 

Bagian pertama dalam struktur body email lamaran adalah salam pembuka. Kamu perlu menuliskan secara lengkap kepada siapa surat tersebut ditujukan. 

Pada bagian ini, kamu bisa menuliskannya dengan menyebutkan HRD yang disertai nama perusahaan. Kamu juga bisa menyebutkan nama lengkap HRD-nya secara langsung, kalau kamu tahu, ya!  

Jangan lupa pilih salam yang sesuai, seperti "Dengan hormat,". 

2. Paragraf awal 

Berikutnya adalah bagian paragraf pertama yang menjelaskan alasan kamu mengirimkan surat lamaran. Berikan pemaparan secara jelas dari mana kamu memperoleh informasi lowongan kerja tersebut. 

Kalau perlu, tuliskan nama media yang memublikasikan info tersebut. Jangan sekadar menuliskannya berasal dari media sosial, internet, dan lain sebagainya. Misalnya, kamu memperoleh info loker dari Jobstreet. Jadi, kamu harus menulis Jobstreet.  

3. Paragraf isi 

Setelah paragraf pembuka, kamu bisa menuliskan isi dari surat lamaran. Manfaatkan bagian ini untuk menjelaskan kecocokanmu dengan posisi yang kamu lamar. Jelaskan juga nilai lebih dalam diri kamu yang bisa kamu tawarkan kepada perusahaan.  

Jangan lupa untuk menjelaskan pengalaman kerja terdahulu beserta pencapaian yang pernah diraih. Penulisannya tidak boleh sama dengan CV. 

Berikan penjelasan dalam bentuk narasi secara mendetail. Dalam bagian inti ini, pastikan kamu menonjolkan kelebihan dan skills yang kamu miliki. Sebab, bagian inilah yang menjadi inti body email lamaran kerja untuk mempromosikan dirimu. 

4. Paragraf akhir 

Sebelum menutup email, rangkailah kata-kata untuk paragraf akhir email-mu. Gunakan bagian ini untuk memberitahu berbagai dokumen pendukung yang telah kamu lampirkan sebagai persyaratan melamar kerja.  

Tak lupa, kamu bisa menyampaikan apresiasi dan rasa terima kasih kepada perekrut karena telah membaca serta mempertimbangkan surat lamaran.  

5. Penutup 

Selanjutnya, kamu perlu menggunakan kalimat penutup. Ada banyak kalimat penutup yang bisa kamu gunakan, seperti:

  • Hormat saya
  • Salam hangat
  • Best regards
  • Salam 

6. Signature email 

Signature dalam email lamaran kerja ini bukan berarti tanda tanganmu secara nyata, ya! Inilah bagian terakhir dari body email surat lamaran kerja. 

Kamu bisa menuliskan informasi kontak agar perekrut dapat menghubungi kandidat. Kamu bisa menulis alamat email, nomor telepon, maupun akun media sosial LinkedIn, dalam signature email.

Cara Menulis Body Email Lamaran Kerja 

Ilustrasi Body Email Lamaran Kerja.

Setelah tahu format penulisan badan email lamaran kerja, kamu bisa lanjut menulisnya. Biar lebih jelas, ada beberapa tips menulis body email yang perlu kamu perhatikan, yakni:  

1. Isi subject email dengan singkat dan jelas 

Dalam setiap email lamaranmu, pastikan memperhatikan bagian subjek atau judul email. Tuliskan subject email secara singkat, jelas, dan padat. Tak kalah penting, subjek email harus relevan dengan posisi yang tengah dilamar.  

Dalam praktiknya, perusahaan kerap menetapkan format subjek yang perlu kamu ikuti. Biasanya, format yang digunakan adalah "Nama Lengkap_Posisi yang dilamar_Domisili". Namun, banyak pula pula perusahaan yang memilih format subjek “Nama_Posisi yang dilamar”.  

Jadi, pastikan penulisan subject email lamaran kerjamu sudah sesuai dengan ketentuan perusahaan, ya! 

2. Pastikan alamat email sudah tepat 

Ketika mengirimkan lamaran kerja secara online, kamu perlu memperhatikan pemakaian alamat email. Sebab, alamat email yang kamu gunakan merupakan representasi di mata perekrut. 

Buat alamat email yang profesional, dengan memperhatikan beberapa poin berikut:

  • Pilih platform email yang dikenal luas dan populer, seperti gmail.com.
  • Gunakan alamat email yang disertai dengan nama lengkap.
  • Hindari pemakaian karakter yang sulit. 

3. Hindari pengulangan 

Isi surat lamaran harus dibuat secara ringkas dan praktis. Jangan sampai kamu mengulang-ulang perkataan atau informasi yang sama. 

Misalnya, mencantumkan informasi yang sama dalam CV, cover letter, dan badan email. Hal seperti ini sangat merugikan perekrut karena menimbulkan kesan membuang-buang waktu mereka. 

4. Sajikan lampiran dalam format PDF 

Dalam surat lamaran, kamu tentu melampirkan berbagai dokumen pendukung. Terkait hal yang satu ini, pastikan untuk membuat dokumen tersebut dengan format PDF. 

Kelebihan format PDF adalah lebih praktis, file tidak akan pecah, dan ukuran file juga masih dalam batas wajar. Jika ukurannya terlalu besar, kamu bisa memanfaatkan tools compress .pdf di internet. 

5. Periksa dan lampirkan semua dokumen yang diperlukan 

Sebelum mengirim email lamaran kerja, ada baiknya kamu melakukan pemeriksaan dokumen pendukung secara lengkap. 

Sesuaikan dokumen pendukung yang dilampirkan dengan persyaratan yang ditetapkan pihak perusahaan. Jangan sampai ada yang terlewat. 

6. Tutup dengan signature email 

Kamu perlu mencantumkan signature email dalam bagian penutup. Kamu bisa membuat signature email secara otomatis lewat fitur yang tersedia. Selain itu, kamu juga bisa membuatnya secara manual.  

7. Periksa dan perbaiki dari awal hingga akhir 

Langkah terakhir, cek kembali email lamaran mulai dari awal sampai akhir. Jangan sampai ada kesalahan penulisan, terutama pada bagian alamat email yang dituju, subjek email, dan posisi yang dilamar. 

Pastikan juga kamu sudah menggunakan bahasa yang formal dan tidak bertele-tele.

Contoh Body Email Lamaran Kerja 

Ilustrasi contoh body email lamaran kerja.

Agar lebih mudah dalam menyusun badan email lamaran kerja, yuk simak referensinya berikut ini: 

1. Contoh body email lamaran kerja fresh graduate 

Berikut template body email lamaran kerja fresh graduate yang bisa kamu tiru:

Yth. Bapak/Ibu Pimpinan HRD
⁠PT Suksesindo Bersama
⁠Di Surabaya
 

Dengan hormat,  

Perkenalkan saya Bobby Suganda. Berdasarkan informasi melalui LinkedIn, saya tertarik melamar lowongan kerja sebagai staf media sosial di PT Suksesindo Bersama. 

Saya merupakan seorang lulusan baru dari Jurusan Komunikasi di Universitas Airlangga. Sebagai lulusan jurusan ekonomi, saya memiliki pengetahuan yang mencukupi untuk bisa menjalankan tugas dan tanggung jawab sebagai staf media sosial.  

Saya memiliki keahlian story telling dan kemampuan menulis yang mumpuni. Hal ini tidak lepas dari pengalaman saya selama ikut organisasi pers kampus. Selain itu, saya juga sering terlibat secara langsung dalam aktivitas reportase berbagai kegiatan, baik di dalam malupun di luar kampus.  

Kemudian, saya juga memiliki keahlian dasar dalam dunia fotografi. Pun demikian dengan kemampuan dalam mengoperasikan aplikasi edit foto. Dengan seluruh keahlian tersebut, saya yakin bisa menjalankan tugas serta tanggung jawab sebagai staf media sosial dengan baik.  

Sebagai pelengkap, saya melampirkan beberapa dokumen pendukung termasuk CV dan surat lamaran lengkap. Semoga bisa menjadi pertimbangan.  

Terima kasih, 

Hormat saya,
⁠Bobby Suganda
 

============== 

Bobby Suganda
⁠No Hp:+628585466****
⁠Email:
 [email protected] 


⁠⁠2. Contoh 
body email lamaran kerja bahasa Inggris 

Lalu bagaimana body email lamaran kerja bahasa Inggris? Berikut ini adalah contohnya: 

Dear hiring manager of PT Komisi Maju 

Allow me to introduce myself. My name is Bobby Suganda. Following the information on Jobstreet about the job vacancy as a public relations at PT Komisi Maju, I hereby express my interest in filling the position.  

I was a staff writer at mediaindo.com and published content on their website and social media. Also, I am interested in writing and its creative process. So, I am very interested in the position of public relations at your company.  

As an alumnus of a communication major at the University of Airlangga, I learned much about mass communication. I can improve my communication skills by becoming a public relations professional.  

I look forward to the possibility of discussing my application further. I have attached my CV and portfolio for your consideration. Thank you for your time and attention. 

Sincerely,  

Bobby Suganda 

============== 

Bobby Suganda
⁠No Hp:+628585466****
⁠Email:
 [email protected] 


⁠⁠3. Contoh 
body email untuk melamar sebagai operator produksi 

Gunakan template body email lamaran kerja operator produksi berikut: 

Kepada Yth Pimpinan HRD PT Connect Road
⁠Di Jakarta
 

Dengan hormat,  

Perkenalkan nama saya Budi Baihaki yang merupakan lulusan dari SMKN 4 Kota Bandung. Saya mempunyai ketertarikan tinggi untuk melamar posisi sebagai operator produksi di PT Connect Road. Saya mendapatkan informasi lowongan kerja tersebut dari postingan di grup Telegram Infokerja Terbaru.  

Sebagai lulusan SMK, saya memiliki pengetahuan yang memadai tentang pengoperasian berbagai jenis mesin pabrik. Sebelumnya, saya mempunyai pengalaman kerja di posisi yang sama selama dua tahun di PT Kinta Maju Cipta di Kota Surabaya.  

Sebagai persyaratan dalam melamar kerja, berikut saya melampirkan CV dan pendukung lainnya yang dibutuhkan, termasuk:

  • Pas foto terbaru
  • Scan SKCK
  • Scan ijazah 

Melalui pengalaman dan pendidikan saya, saya harap dapat menjadi pertimbangan untuk diterima. Terima kasih. 

Hormat saya,  

Budi Baihaki

==============

Nomor telepon: 0845624***** 
Email: [email protected] 


⁠⁠4. Contoh 
body email lamaran kerja fresh graduate SMK 

Buat kamu lulusan baru SMK, berikut ini contoh badan email lamaran kerja yang bisa kamu jadikan referensi:

Yth. Pimpinan HRD PT Sukses Maju Indonesia
⁠Di Tangerang
 

Hormat saya,  

Perkenalkan, nama saya Budi Baihaki yang merupakan lulusan baru dari SMKN 10 Kota Tangerang. Dari informasi yang diunggah di akun LinkedIn, tentang tersedianya lowongan kerja di PT Sukses Maju Indonesia sebagai desainer grafis. Maka, saya ingin mengajukan diri untuk mengisi posisi tersebut. 

Latar belakang pendidikan saya yang berasal dari jurusan desain grafis di SMKN 10 Tangerang. Saya telah menyelesaikan program kerja lapangan dengan posisi desain grafis selama enam bulan di salah satu perusahaan percetakan di Kota Tangerang.  

Keahlian saya dalam dunia desain grafis meliputi mengoperasikan beberapa aplikasi desain seperti CorelDraw, Figma, serta Canva. Selain itu, saya juga punya pengetahuan mendasar dalam mengoperasikan kamera DSLR.  

Sebagai pertimbangan, berikut saya lampirkan portofolio dan CV terbaru sebagai bahan referensi. Saya siap melakukan diskusi berkaitan dengan posisi yang tengah saya lamar. Terima kasih.  

Hormat saya,  

Budi Baihaki

==============

No telp: 0845624*****
⁠Email:
 [email protected]  


⁠⁠5.Contoh 
body email lamaran kerja tanpa pengalaman 

Lalu, bagaimana kalau kamu tengah mencari kerja tanpa memiliki bekal pengalaman apa pun? Berikut ini adalah contoh body email lamaran kerja fresh graduate tanpa pengalaman:

Kepada Yth PT Korporindo Berkat
⁠Di Bojonegoro
 

Hormat saya,  

Perkenalkan, nama saya Muhammad Suganda yang merupakan lulusan baru dari Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya jurusan Teknik Kimia. 

Berdasarkan informasi dari situs resmi PT Korporindo Berkat terkait dibukanya lowongan kerja untuk posisi sebagai junior process engineer, maka saya ingin mengajukan diri. 

Bekal pengetahuan selama belajar di Jurusan Teknik Kimia ITS membuat saya memiliki pemahaman yang mencukupi tentang proses industri. Selain itu, saya berpengalaman magang selama enam bulan sebagai staf produksi di salah satu pabrik produksi pupuk di Kota Gresik. 

Pengalaman tersebut membuat saya bisa memahami proses perancangan desain dan mampu bekerja secara efektif dan efisien. 

Selain itu, saya juga memiliki kemauan keras untuk belajar tentang hal-hal baru. Dengan begitu, saya tidak akan mengalami kesulitan untuk beradaptasi dan melakukan berbagai tugas serta tanggung jawab berkaitan dengan posisi junior process engineer di PT Koporindo Berkat.  

Sebagai tambahan, berikut saya lampirkan CV terbaru dan surat lamaran lengkap. Semoga bisa menjadi pertimbangan. Terima kasih.  

Hormat saya,  

Muhammad Suganda 

Email: [email protected]
⁠Telp: 08565555*****
 


⁠6. Contoh 
body email lamaran kerja magang 

Berikut ini template body email lamaran kerja magang yang bisa kamu tiru:

Yth Pimpinan HRD PT Wisata Surga Indonesia
⁠di Malang
 

Selamat siang,  

Perkenalkan, saya Imam Baihaki, yang saat ini berstatus sebagai mahasiswa tingkat akhir di Universitas Pembangunan Nasional (UPN) Jawa Timur. Berdasarkan informasi lowongan kerja sebagai content writer intern di akun LinkedIn resmi perusahaan, saya tertarik untuk melamar sebagai mahasiswa magang di PT Wisata Surga Indonesia 

Saya ingin menjadikan pengalaman sebagai content writer intern untuk bekal terjun ke dunia kerja. Saya secara khusus memiliki ketertarikan tinggi terhadap dunia penulisan. Selain memiliki kemampuan menulis yang baik, saya memiliki kemampuan story telling dan didukung dengan keahlian terkait fotografi.  

Saya mempunyai keinginan tinggi untuk bisa segera menjadi bagian dari keluarga besar PT Wisata Surga Indonesia. Sebagai pertimbangan, berikut saya lampirkan surat lamaran, CV terbaru, serta transkrip nilai. Terima kasih.  

Best regards,  

Imam Baihaki 

Telp: 08965621****
⁠Email:
 [email protected]  


⁠7. Contoh 
body email lamaran kerja marketing 

Kalau kamu memiliki ketertarikan dengan karier di dunia marketing, kamu bisa memperhatikan contoh penulisan body email lamarannya sebagai berikut:

Kepada Yth. Pimpinan Personalia
⁠PT Sukmajaya Sukses
⁠di Salatiga
 

Dengan hormat, 

Berdasarkan informasi dari akun Instagram Loker Salatiga, PT Sukmajaya Sukses tengah membutuhkan tenaga karyawan untuk bagian marketing. Oleh karena itu, saya Imam Baihaki, berniat untuk melamar pekerjaan sebagai sales marketing di PT Sukmajaya Sukses.  

Saya memiliki kemampuan di bidang sales. Hal ini tidak lepas dari kemampuan komunikasi serta berbahasa asing yang saya miliki. Selain itu, saya juga memiliki pengalaman kerja di posisi sebagai sales selama tiga tahun di salah satu perusahaan FMCG di Kota Surabaya.  

Besar harapan saya untuk bisa diterima sebagai karyawan bagian marketing di PT Sukmajaya Sukses. Sebagai referensi, berikut saya lampirkan CV terbaru beserta surat lamaran. Semoga bisa menjadi bahan pertimbangan. Terima kasih. 

Hormat saya, 

Imam Baihaki 

Telp: 08965621****
⁠Email:
 [email protected]  


⁠8. Contoh 
body email lamaran kerja IT 

Tertarik melamar lowongan kerja di bidang IT? Berikut ini contoh body email lamaran kerja singkat yang bisa kamu jadikan referensi:

Kepada Yth. Pimpinan Personalia
⁠PT Maju Bersama Sukses
⁠di Jakarta
 

Dengan hormat,  

Berdasarkan informasi lowongan kerja di Jobstreet, saya mengetahui adanya lowongan kerja sebagai IT support di PT Maju Bersama Sukses. Saya, Imam Baihaki, mempunyai ketertarikan tinggi untuk melamar lowongan kerja ini.  

Sebagai informasi, saya merupakan lulusan dari teknik informatika Universitas Pancasila Jakarta. Saya mempunyai tingkat pemahaman yang mendalam tentang cara pembuatan aplikasi, pola kerja, serta hal-hal yang berkaitan lainnya.  

Dengan bekal kemampuan tersebut, saya memiliki keyakinan tinggi mampu menjalankan berbagai tugas dan tanggung jawab sebagai IT support dengan baik.  

Sebagai referensi tambahan, berikut saya lampirkan CV terbaru dan surat lamaran. Semoga bisa menjadi pertimbangan. Terima kasih 

Hormat saya,  

Imam Baihaki 

Telp: 08965621****
⁠Email:
 [email protected]  


⁠9. Contoh 
body email lamaran kerja customer service 

Buat kamu yang mencari referensi surat lamaran sebagai customer service, berikut ini contohnya:  

Kepada Yth. Pimpinan Personalia
⁠PT Republik Maju
⁠di Surabaya
 

Selamat siang,  

Berdasarkan pengumuman lowongan pekerjaan di akun LinkedIn Loker Jawa Timur, saya mendapati info lowongan kerja sebagai customer service di PT Republik Maju. Oleh karena itu, Saya Imam Baihaki yang merupakan lulusan baru dari Jurusan Komunikasi Unair, tertarik untuk mengajukan lamaran.  

Saya mempunyai kepercayaan diri tinggi untuk bisa menjalankan tugas customer service dengan baik. Saya juga memiliki kemampuan komunikasi dan melafalkan kata-kata dengan baik dan jelas. Selain itu, saya juga fasih berbahasa Inggris dan Mandarin.  

Untuk referensi tambahan, berikut saya lampirkan CV terbaru beserta surat lamaran lengkap. Semoga bisa menjadi pertimbangan. Terima kasih.  

Hormat saya, 

Imam Baihaki 

Telp: 08965621****
⁠Email:
 [email protected]  


⁠10. Contoh 
body email lamaran kerja accounting 

Untuk melamar posisi di bidang akuntansi, berikut ini referensi badan email lamaran kerja yang bisa kamu tiru:

Kepada Yth. Pimpinan Personalia
⁠PT Sindolaras Indonesia
⁠Di Malang
 

Selamat siang,  

Saya Imam Baihaki, seorang lulusan sarjana akuntansi dari Universitas Negeri Malang tertarik untuk melamar kerja di PT Sindolaras Indonesia. Dari informasi yang ada di Jobstreet, PT Sindolaras Indonesia tengah membutuhkan tenaga kerja untuk posisi sebagai staf akuntansi.  

Berkaitan dengan posisi ini, saya memiliki kepercayaan diri untuk bisa menjalankannya dengan baik. Saya tidak hanya punya bekal pengetahuan dari perkuliahan. Tapi, saya juga memiliki kemampuan dalam mengoperasikan berbagai aplikasi akuntansi, termasuk di antaranya adalah Accurate dan Jurnal.  

Sebagai pelengkap, berikut saya melampirkan dokumen pendukung berupa CV terbaru dan surat lamaran. Semoga bisa menjadi pertimbangan. Terima kasih.  

Hormat saya,  

Imam Baihaki 

Telp: 08965621****
⁠Email: [email protected] 
 


⁠⁠Kesimpulan 

Itulah penjelasan dan contoh lengkap cara menulis body email lamaran kerja yang bisa kamu tiru. Selanjutnya, kamu bisa mempraktikkan cara pembuatannya menggunakan format dan template yang tersedia. 

Body email lamaran ini juga bisa kamu gunakan untuk melamar kerja di situs atau aplikasi Jobstreet, lho

Sudah siap melamar kerja? Yuk, persiapkan diri kamu sebelum melamar kerja dengan membaca berbagai informasi dan Tips Karier di situs Jobstreet by SEEK.

Setelah itu, jangan lupa perbarui profil Jobstreet kamu dan temukan dan temukan lowongan kerja yang tepat. 

Download aplikasi Jobstreet by SEEK di Play Store atau App Store dan nikmati kemudahan untuk mengakses informasi terbaru seputar dunia kerja hanya dalam satu genggaman saja! Semoga berhasil!

Pertanyaan Seputar Body Email Lamaran Kerja

  1. Apa itu body email lamaran kerja?
    ⁠Sederhananya, body email dalam surat lamaran kerja berguna sebagai pengantar. Bisa dibilang, body email dalam melamar pekerjaan disebut juga cover letter singkat.
  2. Body email lamaran kerja diisi apa?
    ⁠Berikut beberapa poin penting untuk mengisi body email pada sebuah surat lamaran pekerjaan:
    ⁠- Tujuan atau alasan mengirimkan surat lamaran kerja
    ⁠- Perkenalan awal yang bisa kamu tuliskan secara singkat dan padat
    ⁠- Posisi yang tengah dilamar
    ⁠- Kata-kata promosi yang menunjukkan kalau memiliki kecocokan dengan posisi yang dilamar
    ⁠- Kontribusi yang siap diberikan kepada perusahaan
    ⁠- Kontak yang bisa dihubungi
  3. Bagaimana cara menulis body email surat lamaran kerja?
    ⁠Penulisannya bisa kamu lakukan secara langsung pada body email. Sampaikan secara jelas informasi yang dituliskan dan jangan sampai ada kesalahan dalam penulisan. 
  4. Apa format penulisan body email surat lamaran kerja?
    ⁠Kamu bisa menyusun body email surat lamaran kerja dengan format sebagai berikut:
    ⁠A. Salam Pembuka
    ⁠B. Paragraf Pembuka
    ⁠C. Paragraf isi
    ⁠D. Paragraf Penutup
    ⁠E. Salam Penutup
    ⁠F. Signature email

More from this category: Melamar pekerjaan

Telusuri istilah pencarian teratas

Tahukah Anda bahwa banyak kandidat yang menyiapkan resume dan meneliti suatu industri dengan menjelajahi istilah pencarian teratas?

Jelajahi topik terkait

Pilih bidang minat untuk menelusuri karier terkait.

Berlangganan Panduan Karir

Dapatkan saran karier dari ahli yang dikirimkan ke kotak masuk Anda.
Anda dapat membatalkan email kapan saja. Dengan mengklik 'berlangganan', Anda menyetujui Pernyataan Privasi Jobstreet.