Bahas Tuntas Quiet Quitting: tren baru di dunia kerja yang picu kontroversi

Bahas Tuntas Quiet Quitting: tren baru di dunia kerja yang picu kontroversi
Jobstreet tim kontendiperbarui pada 14 February, 2023
Share

Kalau kamu aktif di media sosial (apalagi TikTok!), kamu pasti udah sering banget denger istilah quiet quitting!

Walaupun udah sering denger, tapi kamu tau gak sih arti sebenarnya? Yuk kita bahas:

Apa sih Quiet Quitting itu?

Eits, jangan terjemahin quiet quitting apa adanya ya. Karena ini bukan soal kamu diem-diem ngasih surat resign.

Di sisi lain, saat kamu alami quiet quitting, ya berarti kamu lagi banyak kerjaan. Kira-kira begitu…

Menurut Harvard Business Review, ada beberapa tanda kamu lagi alamiquiet quitting:

  • Kerja sih, tapi pake usaha seminimum mungkin
  • 9 to 5banget, gak mau kerja di luar jam kerja
  • Gak usaha buat nunjukkin yang terbaik

Eits pasti kamu mikir gini “lho itu kan biar ada batasan jelas antara waktu kerja sama waktu pribadi?”

Nah ini bedanya: batasan yang jelas itu ada sisi di mana kamu bisa ngontrol kerjaan kamu, tapi juga tetap prioritasin waktu pribadi kamu. Kalau quiet quitting, kamu bersikap pasif dan cenderung jadi kebiasaan yang justru gak kamu sadari. Ujungnya, kamu malah gak bisa ngerjain kerjaan kamu. Akibatnya kamu ngerasa kesel, capek, dan bahkan ngerasa udah ngelakuin yang terbaik padahal nyatanya cuma usaha minimum kamu.

Banyak dari kita secara sadar (atau bahkan gak sadar!), memilih jalanquiet quittingkarena hal-hal berikut. Hal-hal yang kamu udah familiar banget 😏

  • Ngerasa diremehin
  • Kerjaan banyak banget
  • Gaji gak sesuai sama kerjaan
  • Gak didukung sama temen kantor dan/atau atasan
  • Kurang batasan yang jelas

Akhirnya, pekerja yang terus-terusan ngerasa kecewa, kurang motivasi, dan ngerasa gak ada yang ngasih solusi, lama-lama bakal nunjukin penurunan performa. Nahquiet quittingbisa kita lihat sebagai mekanisme yang akhirnya dipilih oleh pekerja yang tadinya punya performa bagus banget, tapi justru gak dapat apa yang diharapkan.

Buat kamu yang ternyata sekarang lagiquiet quitting, gak perlu ngerasa bersalah dan malu ke diri sendiri. Karena kamu emang punya alasan yang jelas kok, dan untungnya masih ada jalan keluarnya lho. Kamu masih bisa ngebalik keadaan ini.

Ini caranya:

5 cara supaya lepas dari quiet quitting

1.Ceplas-ceplos: ngomong aja ke atasan

Daripada kamu tersiksa tapi gak pernah ngomong dan diam-diam jadi benci sama atasan, baiknya kamu sampaikan apa yang kamu mau ke atasan kamu. Bisa jadi kamu malah kaget, karena ternyata selama ini atasan kamu emang beneran gak tau apa yang kamu rasain. Kasih tau ke atasan apa yang kamu rasain dan diskusiin supaya ada jalan tengah antara ekspektasi kamu sama atasan. Singkatnya, kalau kamu bantu atasan, dia harusnya juga bakal bantu kamu!

2. Inget ini: “Batasan yang jelas, nguntungin kedua belah pihak”

Wajar banget kalau kamu mau bikin batasan yang jelas antara waktu kerja dan waktu pribadi. Justru di era sekarang, ini udah jadi hal WAJIB. Nah bikin batasan yang jelas juga berarti kamu harus maksimal sewaktu kerja, gak cuma maksimal pas main aja. Saat kamu ngasih yang terbaik sewaktu kerja, kamu bakal termotivasi dari perasaan ingin segera menyelesaikan pekerjaan. Sehingga kamu bakal lebih produktif, dan ini bikin peran kamu makin bernilai bukan cuma buat atasan tapi juga sama teman kantor!

3. Tingkatin skill dan sombongin aja tipis-tipis

Kalau kamu terus-terusan gak ada motivasi dan ngerasa hampa di kantor, ningkatin skill bisa jadi jalan terbaik buat ngelawan hal tersebut. Punya atau lagi belajar hal baru, bakal ngasih perspektif yang sebelumnya kamu gak tau. Nah ini bisa bikin kamu terinspirasi dan tentunya termotivasi!

Cek seekMAX buat ngembangin skill dan bangun karier lewat satu video pendek sekaligus. Akses ribuan video edukasi GRATIS yang relevan dengan dunia kerja Indonesia. Serta, temukan para ahli karier, pemimpin industri, dan orang-orang yang sepemikiran sama kamu!

4. Selamat tinggal target kerjaan – halo matahari, pasir, dan hari yang cerah!

Ngambil cuti bikin kamu bisa istirahat, rileks, dan fokus sama hal yang bikin kamu senang. Kalau pikiran kamu udah jernih, kamu bakal ngerasa segar, berenergi, dan semangat saat balik ke kantor! Perubahan suasana ini juga ngebantu kamu buat menghasilkan ide-ide baru.

Kalau kamu masih ragu mau liburan, eits sains udah membuktikan lho: sebuah studi dari America’s International Foundation of Employee Benefit Plans bilang, pekerja yang liburan bikin tidur mereka lebih nyenyak dan perasaan jadi lebih tenang. Kondisi ini bisa bertahan sampai sebulan ke depan!

5. Ngerumpi bareng sahabat!

Saat kamu terjebak dalamquiet quitting, segala sesuatu yang ada hubungannya sama kerjaan bakal terlihat nyebelin dan suram. Lepaskan stres dengan tumpahin isi pikiran kamu ke teman atau keluarga. Menurut penelitian ekstensif American Psychology Association, curhat ke orang yang bisa kamu percaya jadi suatu terapi penyembuhan. Ini bisa ngurangin stres, memperkuat imun tubuh, dan ngurangin ketegangan fisik dan emosional.

6. Tau waktu yang tepat untuk bilang “bye!”

Meski tips-tips sebelumnya bisa ngebantu kamu keluar dari kondisiquiet quitting, kamu juga harus cari tau apa yang sebenarnya kamu inginkan dan pertimbangin juga apa emang jangan-jangan kerjaan kamu selama ini, ya emang bukan buat kamu. Kerjaan kamu sesuai gak sama minat dan kapasitas kamu sendiri? Kerjaan kamu sesuai gak sama rencana karier kamu? Atau… udah gak ada harapan? Gak ada orang yang ingin menyerah, tapi kamu harus evaluasi lagi di mana kamu saat ini dan di mana yang sebenarnya kamu mau.

Siap buat ambil langkah selanjutnya? Mulai dulu aja dengan apply kerjaan baru di Jobstreet.

Layaknya setiap perjalanan karier, kamu bakal ngadepin banyak rintangan. Tapi percaya diri aja dan kamu nantinya bisa raih apa yang kamu harapkan. Semoga beruntung ya!

Kalau kamu butuh masukan seputar karier atau mau cari tau soal seluk beluk lowongan kerja, kunjungi Tips Karir Jobstreet. Cari tau informasi, penunjang karier, dan nasihat dari para ahli, sembari kamu ngembangin pilihan karier yang sesuai sama minat dan skill.

Kalau kamu ngerasa sekarang saatnya buat ganti profesi, cek tips dan panduan dari JobStreet’s Pivot supaya kamu bisa percaya diri mulai pengalaman baru.

More from this category: Merubah karir

Telusuri istilah pencarian teratas

Tahukah Anda bahwa banyak kandidat yang menyiapkan resume dan meneliti suatu industri dengan menjelajahi istilah pencarian teratas?

Jelajahi topik terkait

Pilih bidang minat untuk menelusuri karier terkait.

Berlangganan Panduan Karir

Dapatkan saran karier dari ahli yang dikirimkan ke kotak masuk Anda.
Anda dapat membatalkan email kapan saja. Dengan mengklik 'berlangganan', Anda menyetujui Pernyataan Privasi Jobstreet.