Ganti Karier: Persiapan Cari Kerja (Infografis)

Ganti Karier: Persiapan Cari Kerja (Infografis)
Jobstreet tim kontendiperbarui pada 27 February, 2023
Share

Mulai dengan mengukurskillsetdan memahami pilihan yang kamu punya. Lakukan riset yang diperlukan untuk memahami pasar kerja dan peluang potensial, juga tambah lagi jaringan untuk mengembangkan profesional kontakmu.  Jangan lupa pertimbangkan pelatihan ulang, pendidikan, ataumentorshipjika perlu. Kalau kamu kepikiran untuk menjadifreelancer, lihat apa yang diperlukan untuk menjadifreelancersukses. Ukur risikonya dan pertimbangkan prospek kamu.

Setelah memutuskan jalur karier yang kamu mau, kamu bisa bikin rencana untuk mengusahakannya. Dengan saran yang tepat, kamu dapat memulai kisah sukses dari perubahan kariermu.

Kalau kamu udah mutusin jalur karier yang mau kamu ambil, saatnya memulai pencarian kerja! Berikut ini cara agar kamu masuk radar para HR:

Saat kamu udah mantap buat ganti profesi, mulai langsung aja cari lowongan kerjanya. Berikut beberapa tips supaya kamu bisa dilirik HRD:

1. Mulai perbanyak pengalaman

Kalau kamu emang minat sama bidang baru yang bakal kamu masuki, mulai coba cari tiap kesempatan buat pengalaman. Bangun portofolio kamu dengan nampilin kerja dan prestasi terbaik yang pernah kamu raih! Beberapa industri jauh lebih pentingin pengalaman dibanding kualifikasi di atas kertas.

2. Update CV dan profil JobStreet kamu

Ini adalah alat utama setiap kamu nyari kerjaan, jadi penting banget buat bikin ini berkesan baik. Bikin daftar pengalaman kerja yang relevan dan deskripsikan kenapa pengalaman dan skill kamu bisa jadi nilai tambah di karier baru kamu nanti. Udah saatnya sekarang dilirik HRD!

3. Cari saran, info, dan peluang potensial dari kenalan kamu.

Komunikasi sama teman kantor, siapa tau ada posisi kerjaan yang kamu pengen di kantor kamu. Nyatanya, cara ini bisa bantu proses transisi jadi mulus banget dan kamu sukses di kerjaan baru nanti. Bisa juga manfaatin kenalan kamu yang kerja di industri yang lagi kamu incar. Mereka bisa ngasih kamu informasi berharga dan bahkan berpotensi cariin kamu kerjaan.

4. Mulai apply kerja

Kesempatan datang bagi yang berusaha. Lihat lowongan kerja yang sesuai sama rencana kamu? Langsung apply! Kamu bisa langsung cek JobStreet sekarang juga!

5. Persiapan hadapi interview

Kumpulin semua dokumen pelengkap digital di satu folder. Kalau kamu belum juga dipanggil interview atau khawatir sama pertanyaan apa aja yang bakal ditanyain sama perusahaan, kamu bisa coba ningkatin skill interview kamu di depan cermin, atau pakai JobStreet’s Interview Practice Tool.

Saran Tambahan Terkait Ganti Profesi

Ganti profesi bisa jadi hal yang menakutkan, tapi ini juga bisa mendatangkan hasil yang setimpal dan berbagai kesempatan yang seru serta pengalaman baru.

Kalau kamu lagi di persimpangan jalan masih ragu buat langkah selanjutnya, ingat aja bahwa kamu harus jujur sama diri sendiri dan cari tau apa yang sebenarnya kamu cari di karier. Dapatkan segala saran yang kamu butuhin dalam fase ini, bikin deadline untuk setiap langkah, misalnya kapan kamu udah harus ada keputusan final, dan kapan kamu akan ajuin resign.

Saat kamu udah mantap mutusin, lanjutin terus aja sambil ingetin diri sendiri kenapa kamu ambil langkah ini. Prosesnya bisa jadi berat banget, jadi teruslah cari inspirasi dan motivasi lewat cerita-cerita sukses orang yang berhasil ganti profesi.

Sukses terus ya menggapai karier impian!

More from this category: Melamar pekerjaan

Telusuri istilah pencarian teratas

Tahukah Anda bahwa banyak kandidat yang menyiapkan resume dan meneliti suatu industri dengan menjelajahi istilah pencarian teratas?

Jelajahi topik terkait

Pilih bidang minat untuk menelusuri karier terkait.

Berlangganan Panduan Karir

Dapatkan saran karier dari ahli yang dikirimkan ke kotak masuk Anda.
Anda dapat membatalkan email kapan saja. Dengan mengklik 'berlangganan', Anda menyetujui Pernyataan Privasi Jobstreet.