Ganti Profesi: Kapan dan Bagaimana Cara Menggapainya (Infografis)

Ganti Profesi: Kapan dan Bagaimana Cara Menggapainya (Infografis)
Jobstreet tim kontendiperbarui pada 09 February, 2023
Share

Merasa buntu dan gak puas sama kerjaan kamu sekarang, atau kamu emang butuh perubahan aja? Kalau kamu kepikiran buat ganti profesi, kamu gak sendirian. Nyatanya, data menunjukkan bahwa rata-rata pekerja bakal ganti profesi sekitar lima sampai tujuh kali sepanjang hidupnya. Baik itu mencoba di industri baru atau sekedar mencari kerjaan yang bisa work from home, usaha kamu buat ganti profesi bakal selalu banyak tantangan tapi sepadan dengan pengalaman yang bakal kamu dapat.

Tanda Saat Kamu Butuh Ganti Profesi

Ada beberapa tanda yang mengindikasikan udah saatnya kamu ganti profesi. Misal:

  • Kamu merasa takut pergi ke kantor setiap hari.
  • Kamu gak banyak belajar dan gak berkembang di kerjaan sekarang.
  • Kamu udah gak sejalan dengan visi misi kantor kamu sekarang.
  • Kamu gak digaji layak atau gak dapat pengakuan yang seharusnya.
  • Kamu selalu kepikiran sama lowongan kerja atau bidang industri yang sesuai sama minat.
  • Kamu merasa gak ada cara yang jelas buat mencapai tujuan karier kamu di kerjaan kamu sekarang.

Kalau kamu merasa kayak gitu, mungkin udah saatnya kamu ganti profesi. Tapi mulainya gimana ya?

Ada Beberapa Pilihan Ganti Profesi, Kamu yang Mana?

  • Kerjaan baru di industri yang sama: Kalau kamu gakhappysama kerjaan kamu sekarang tapi merasa udah cocok sama industrinya, coba deh cari kerjaan yang sesuai sama kelebihan dan minat kamu tapi tetap di industri yang sama.
  • Pindah industri: Kalau kamu ingin menantang diri kamu sendiri dan ningkatin skill di sebuah lingkungan yang bener-bener baru, kamu bisa pertimbangin buat pindah ke industri lain.
  • Ganti profesi total: Kalau yang kamu cari adalah rutinitas yang benar-benar baru atau ingin wujudin impian karier, kamu bisa banget pindah kerjaan baru di industri yang juga baru buat kamu.
  • Kerjaan work from home: Kalau yang kamu cari adalah work-life balance dan waktu kerja yang fleksibel, udah saatnya kamu nyari kerjaan yang izinin kamu untuk kerja dari rumah atau di belahan dunia mana pun!

5 Hal Penting Sebelum Kamu Ganti Profesi

Ganti profesi bisa nguras tenaga banget lho. Tapi dengan perencanaan dan persiapan, bisa jadi ini justru jalan kamu menuju kesuksesan. Coba deh mulai dengan hal-hal ini:

1. Cari tau kenapa kamu gak cocok dan pengen tinggalin karier kamu sekarang.

Mulai jujur sama sendiri. Kenapa kamu gakhappysama kerjaan kamu sekarang? Udah coba berbagai cara biar tetaphappy? Coba deh pake cara “The Regret Minimazation” ala Jeff Bezos kayak ini:“Kalau saya gak lakuin ini, saya bakal nyesel gak ya waktu umur 80 tahun nanti?”

2. Siap dengan hal baru, terima ketidak pastian, dan tetap realistis.

Ganti profesi pada mulanya sering kali bikin kamu banyak belajar tapi justru dengan gaji yang lebih kecil. Untuk itu, siapin diri dengan kondisi finansial, emosional, dan mental terbaik sebelum kamu ganti profesi. Pastikan kamu punya finansial yang cukup saat masa transisi ganti profesi.

3. Evaluasi minat dan skill yang kamu punya.

Dengan memahami kelebihan, bakat dan apa yang bikin kamu semangat, kamu jadi tau industri dan kerjaan apa yang cocok sama kelebihan dan minat kamu. Informasi dari JobStreet’s Transferrable Skills Checklist bisa bantu kamu ngelewatin proses ini.

4. Cari tau alternatif karier dan peluang lainnya.

Ada banyak jalan menuju kesuksesan, tapi jalan mana yang terbaik buat kamu? Cari tau dan identifikasi jalan mana yang sesuai sama tujuan, nilai, kelebihan, skill, dan minat kamu. Proses ini penting banget,  kami sampai bikin Explore Career Tool di mana kamu bisa menemukan 700 profesi di 30 industri berbeda!

5. Pelajari skill yang dibutuhin di karier baru kamu nanti.

Permudah jalan kamu masuki karier baru dengan asah skill. Bisa dimulai dengan perbanyak info industri yang kamu dapetin daristatementorang-orang besar di industri tersebut. Coba juga platform gratisan semisal JobStreet, Google Skillshop, Coursera, dan Udemy! Banyak orang sukses ganti profesi dengan cara seperti ini lho.

Kalau kamu udah memutuskan untuk ganti profesi, selanjutnya tinggal memilih jalan karier yang kamu mau. Luangkan waktu untuk mengeksplor pilihan-pilihan yang ada dan cari tahu cara yang mungkin bisa kamu tempuh. Pertimbangkan mana yang akan kamu lakukan, mengejar pendidikan lebih tinggi, atau mengembangkan skill di area tertentu.

More from this category: Melamar pekerjaan

Telusuri istilah pencarian teratas

Tahukah Anda bahwa banyak kandidat yang menyiapkan resume dan meneliti suatu industri dengan menjelajahi istilah pencarian teratas?

Jelajahi topik terkait

Pilih bidang minat untuk menelusuri karier terkait.

Berlangganan Panduan Karir

Dapatkan saran karier dari ahli yang dikirimkan ke kotak masuk Anda.
Anda dapat membatalkan email kapan saja. Dengan mengklik 'berlangganan', Anda menyetujui Pernyataan Privasi Jobstreet.