Cari peluang kerja di Days of Law Career 2016

Cari peluang kerja di Days of Law Career 2016
Jobstreet tim kontendiperbarui pada 30 June, 2022
Share
Days of Law Career atau disingkat DOLC 2016 mengangkat tema “Into The Beyond” dengan tagline ”Take a bold step to the triviality, focus on your ability”. Tema “Into The Beyond” memberi makna bahwa DOLC 2016 akan mengajak mahasiswa dan lulusan mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Indonesia untuk memasuki menghadapi persaingan kerja, baik lingkup nasional maupun lingkup regional dengan terbentuknya MEA yang berpuncak pada tahun 2020 yang dianggap memperkecil batasan kesempatan yang ada. Tagline “Take a bold step to the triviality, focus on your ability” sendiri memberi artian pada “Take a bold step” untuk setiap mahasiswa dan lulusan Fakultas Hukum Universitas Indonesia untuk melangkah tegas tanpa keraguan, “to the triviality” menyatakan gambaran pada suatu jenjang yang lebih luas yang penuh tanda tanya yakni menggambarkan MEA. Dengan kata lain, maka “Take a bold step to the triviality” berarti setiap mahasiswa dan lulusan Fakultas Hukum Universitas Indonesia untuk memasuki dunia kerja yang lebih luas dengan penuh keyakinan. Pada bagian “Focus on your ability” menyatakan bahwa setiap mahasiswa ketika mengambil langkah menuju MEA bukan hanya harus yakin tetapi juga harus berfokus pada kapasitas dan kapabilitas mereka sebagai mahasiswa maupun lulusan fakultas hukum terbaik di Indonesia. Departemen Pengembangan Karier, BEM FHUI 2016 akan menyelenggarakan acara ini di Fakultas Hukum Universitas Indonesia dengan rangkaian acara yang berlangsung dari tanggal 22 sampai dengan 26 Februari 2016. Berikut adalah rangkaian acara DOLC 2016. logo dolc 2016

Presentasi Bursa Kerja

Kesempatan presentasi bagi perusahaan, kantor hukum, usaha di bidang perminyakan, perbankan, organisasi internasional, instansi pemerintah, lembaga swadaya masyarakat, yayasan pendidikan atau lembaga lainnya untuk melakukan open house dengan memaparkan profil beserta kegiatan instansi tersebut melalui kegiatan bursa kerja. Presentasi dan pameran ini diharapkan memberikan informasi yang lengkap dan jelas bagi para mahasiswa dan lulusan Fakultas Hukum Universitas Indonesia mengenai gambaran berkarier di perusahaan, kantor hukum, usaha di bidang perminyakan, perbankan, organisasi internasional, instansi pemerintah, lembaga swadaya masyarakat, yayasan pendidikan atau lembaga lainnya yang mereka inginkan.
  1. Tes Tertulis/Wawancara Kerja Langsung
Tes Tertulis/Wawancara Kerja Langsung adalah fasilitas yang diberikan kepada perusahaan, kantor hukum, yayasan pendidikan atau lembaga yang menjadi pengisi kegiatan dari Days of Law Career 2016 dan fasilitas juga bagi para pencari kerja. Kegiatan ini bertujuan untuk

memberikan kemudahan bagi perusahaan, kantor hukum, atau lembaga untuk menyeleksi langsung calon tenaga kerja dan memudahkan pencari kerja untuk melanjutkan tahap penerimaan calon tenaga kerja tanpa perlu mendatangi instansi-instansi bersangkutan. Namun, kegiatan ini bersifat tentatif, yaitu bergantung pada kebutuhan setiap instansi untuk mengadakan tes tertulis dan wawancara kerja langsung sepanjang kegiatan Days of Law Career 2016

Rekruitmen Tenaga Kerja

Mengajak perusahaan, kantor hukum, instansi profit, instansi pemerintah, instansi nonprofit dan lembaga lainnya untuk bergabung dalam membuka rekruitmen pegawai penuh atau magang yang dapat dilakukan melalui pengumuman lowongan pekerjaan, pengumuman pelatihan kerja. Selain itu, para pencari kerja dapat secara langsung memasukkan surat lamaran beserta Curriculum Vitae (CV) di stan-stan perusahaan, kantor hukum, atau lembaga yang berpartisipasi.

Bursa Magang & Beasiswa

Magang merupakan suatu kesempatan untuk memperoleh pengalaman kerja baik bagi para mahasiswa yang masih menjalani masa kuliahnya maupun para mahasiswa yang baru saja lulus untuk mendapatkan pengalaman kerja yang akan menjadi persiapan untuk masa depan saat meniti karier yang sesungguhnya. Magang ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas keterampilan mahasiswa maupun lulusan Fakultas Hukum Universitas Indonesia. Magang diberikan oleh perusahaan atau instansi yang membuka pelatihan kerja dengan jangka waktu tertentu, bergantung pada kebijakan perusahaan atau instansi tersebut. Bursa beasiswa pada DOLC 2016 ini akan berusaha untuk menyediakan berbagai opsi instansi pendidikan secara luas yang menyuluhkan beasiswa untuk para mahasiswa dan lulusan FHUI yang hendak melanjutkan ke jenjang pendidikan lanjut.

Workshop

Workshop adalah suatu kesempatan bagi mahasiswa dan lulusan mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Indonesia untuk mengikuti pelatihan kerja beserta para instansi-instansi yang bersangkutan dengan topik yang melingkupi beberapa program kekhususan yang tersedia di Fakultas Hukum Universitas Indonesia dan contoh workshop yang akan diadakan adalah mengenai Negotiation Skill, Legal Opinion, Contract Drafting, Pra Adjudikasi, Legistlative Drafting, Interpersonal Skill dan sebagainya yang dapat mewakili beberapa program kekhususan yang ada di Fakultas Hukum Universitas Indonesia, dimana akan bekerja sama dengan perusahaan, kantor hukum, instansi profit, instansi pemerintah, instansi nonprofit,. Bagi peserta yang mengikuti workshop akan mendapatkan sertifikat sebagai bukti keikutsertaan.

Talkshow

Alumni Sharing (The “Out of The Box”) Talkshow berupa Alumni Sharing ini akan dilangsungkan dengan tujuan untuk menginspirasi para mahasiswa dan lulusan Fakultas Hukum Universitas Indonesia maupun kalangan luar dalam mengambil langkah dan mencontoh keberhasilan para alumni yang telah berhasil pada bidangnya. Kegiatan ini akan dibuka untuk kalangan umum. Talkshow diadakan dengan tujuan untuk membuka mata para peserta akan bidang-bidang yang biasanya ragu untuk dijajaki para mahasiswa dan lulusan Fakultas Hukum Universitas Indonesia. Maka, akan didatangkan para lulusan yang berhasil di bidang-bidang yang seringkali belum cukup dilirik oleh mahasiswa dan lulusan Fakultas Hukum Universitas Indonesia. Bidang-bidangnya meliputi arbitrase, hukum pidana, hukum acara pidana, dan hukum acara perdata. Diharapkan, melalui talkshow ini maka para peserta dapat terinspirasi dan membuka mata mereka untuk berjuang di ranah yang jarang tersentuh banyak orang. Pembicara: 1. Dr. M. Idwan Ghanie 2. Prof. Dr. Maria Farida Indrati, SH, MH. 3. Gandjar Laksamana Bondan, SH, MH.Into Career 101Talkshow ini akan memberikan pengetahuan tentang persiapan memasuki karier secara umum. Hal ini meliputi persiapan para mahasiswa dan lulusan Fakultas Hukum Universitas Indonesia terkait penulisan Curricullum Vitae (CV) yang baik, dan juga bagaimana cara menghadapi wawancara kerja yang baik. Pembicara: Instansi Penyalur Kerja (jobstreet, careernews.com, jobsdb, dsb.)

TOEFL Test

Kegiatan ini bertujuan untuk membekali dan mempersiapkan para mahasiswa dan lulusan Fakultas Hukum Universitas Indonesia yang akan melanjutkan kuliah di luar negeri maupun yang akan melamar kerja, baik ke lawfirm maupun ke perusahaan-perusahaan yang membutuhkan TOEFL Test sebagai syarat dasar penerimaan mahasiwa baru/pegawai baru. Target kapasitas untuk TOEFL Test adalah sekitar 50 orang. Bagi peserta TOEFL Test akan dikenakan biaya sesuai dengan kebijakan instansi yang akan bekerjasama dalam menyelenggarakan TOEFL Test bersama Days of Law Career 2016.

Charity Days of Law Career

Kegiatan ini akan dilaksanakan setelah pelaksanaan Days of Law Career 2016. Charity ini akan diadakan bekerja sama dengan Departemen Pengabdian Masyarakat BEM FHUI 2015 dalam bentuk pemberian sumbangan di bidang pendidikan yang diberikan dalam bentuk uang tunai secara langsung kepada Departemen Pengabdian Masyarakat BEM FHUI 2015 guna disalurkan pada yang berhak.

Photo Booth Competition

Kegiatan ini diadakan selama acara bursa kerja berlangsung, diadakan bertujuan untuk menambah euphoria dalam bursa kerja itu sendiri bagi seluruh pengunjung bursa kerja.

Fashion Show

Kegiatan ini bertujuan untuk meramaikan pembukaan bursa kerja. Pada kegiatan ini akan ditampilkan rangkaian busana kerja yang menggambarkan suasana dalam dunia profesional nanti. Fashion show ini akan diperagakan oleh mahasiswa/i FakultasHukum Universitas Indonesia. Informasi dan peluang yang akan dipersiapkan pada DOLC 2016 ini, tidak hanya terpaku padaminat  dari  para  mahasiswa  dan  lulusan  FHUI  saja  tetapi  juga  memperhatikan  kebutuhan kebutuhan  yang  dibutuhkan  seiring  dengan  perkembangan  zaman.  Tema  DOLC  2016 merujuk dengan mekanisme MEA yang dapat dilihat dari 2 segi: 1)    Segi Peluang Kerja DOLC 2016 akan menyediakan lapangan pekerjaan dari lawfirm dan instansi lainnya di bidang hukum yang sesuai dengan minat dan kebutuhan perkembangan zaman khususnya melihat pada kondisi MEA 2015, melirik sektor-sektor usaha yang akan berkembang. 2)    Segi Kemampuan DOLC 2016 akan memberikan bekal bagi mahasiswa atau lulusan Fakultas Hukum Universitas Indonesia agar dapat mempersiapkan diri mereka memasuki dunia kerja.

Bagi kalian mahasiswa Fakultas Hukum, tunggu apa lagi? Segera daftarkan dirimu untuk DOLC 2016 saat pendaftaran dibuka! Pantau terus Path (DOLC 2016), Twitter (@dolc2016), Instagram (@dolc2016), dan Official Line Account (@kfn8901p) DOLC 2016.

More from this category: Melamar pekerjaan

Telusuri istilah pencarian teratas

Tahukah Anda bahwa banyak kandidat yang menyiapkan resume dan meneliti suatu industri dengan menjelajahi istilah pencarian teratas?

Jelajahi topik terkait

Pilih bidang minat untuk menelusuri karier terkait.

Berlangganan Panduan Karir

Dapatkan saran karier dari ahli yang dikirimkan ke kotak masuk Anda.
Anda dapat membatalkan email kapan saja. Dengan mengklik 'berlangganan', Anda menyetujui Pernyataan Privasi Jobstreet.