Cara untuk termotivasi saat Anda frustrasi saat mencari kerja

Cara untuk termotivasi saat Anda frustrasi saat mencari kerja
Jobstreet tim kontendiperbarui pada 30 June, 2022
Share

5 cara untuk tetap termotivasi saat Anda frustrasi saat mencari kerja

Sangat mudah untuk merasa berkecil hati saat Anda mencari pekerjaan cukup lama tanpa sedikitpun dekat untuk mendapatkan jenis pekerjaan yang Anda inginkan. Ini menjadi sulit, apalagi dengan ekonomi lesu kita. Meningkatnya persaingan untuk pekerjaan pasti akan mengarah pada harapan yang lebih tinggi dari para pengusaha. Tantangannya nyata, dan itu membuatnya semakin penting bagi Anda untuk tetap fokus dan termotivasi.

Meskipun tidak mudah, inilah lima cara bagi Anda untuk menjaga mata Anda tetap fokus pada 'hadiah' ketika Anda frustasi saat mencari kerja:

1. Memiliki tujuan yang jelas dan spesifik

Ini membantu untuk menyimpan catatan tertulis tentang tujuan karir Anda, dan Anda harus membuatnya jelas dan spesifik tentang hal itu. Misalnya, bagaimana hari yang khas pada pekerjaan ideal Anda? Apa yang Anda lihat Anda lakukan? Berapa banyak jumlah gajinya, dan jenis tunjangan apa yang ditawarkan pekerjaan itu? Bagaimana Anda membayangkan budaya kerja nya?

Ini adalah pertanyaan sulit untuk dijawab, namun jika tujuan Anda lebih jelas dan lebih spesifik, semakin mudah bagi Anda menghadapinya.

2. Kembangkan jaringan profesional Anda

Siapa yang Anda kenal sering lebih penting daripada yang Anda tahu, seperti kata pepatah. Rujukan dan rekomendasi pribadi mendapat prioritas lebih tinggi daripada lamaran tertulis, jadi pastikan Anda meminta teman dan anggota keluarga untuk menyebarkan berita tentang Anda.

Pergilah ke pertemuan dan acara sosial dengan orang-orang di industri yang sama untuk mengembangkan jaringan profesional Anda (Anda dapat menautkan ini ke artikel kami dalam jaringan) - Anda tidak akan pernah tahu siapa yang akan Anda temui dan apa yang akan ditimbulkan dari interaksi ini.

3. Lakukan olahraga rutin

Jika Anda tidak berolahraga secara teratur, inilah saat yang tepat bagi Anda untuk memulai. Selain manfaat kesehatan, berolahraga melepaskan endorfin ke dalam sistem tubuh Anda, membuat Anda merasa berenergi dengan banjirnya sistem tubuh Anda dengan perasaan yang menyenangkan.

Jika Anda merasa sangat frustrasi atau stres, Anda juga bisa mempertimbangkan untuk mengambil tinju atau latihan bela diri untuk mengatasi frustrasi tersebut. Anda akan merasa jauh lebih baik setelah memukul bantalan selama satu jam.

4. Dapatkan umpan balik yang membangun

Jika Anda memiliki teman di posisi manajerial (hubungkan ini ke daftar pekerjaan Anda pada posisi manajerial), mintalah masukan yang membangun pada resume dan lamaran Anda. Penting bagi Anda untuk mendapatkan umpan balik sehingga Anda tahu apa yang Anda lakukan salah dan di mana Anda bisa memperbaikinya, agar bisa mendapat kesempatan lebih baik dalam lamaran Anda selanjutnya.

5. Ubah pendekatan Anda

Berikut dari poin di atas, jika usaha Anda tidak memberikan hasil, saatnya mengubah pendekatan Anda. Pendekatan "melamar dan melewatkannya" tidak berkelanjutan dalam jangka panjang, dan mungkin inilah yang membuat Anda merasa frustrasi saat mencari kerja. Dengan meminta umpan balik dari orang-orang yang berpengalaman dalam perekrutan, Anda dapat melakukan penyesuaian yang diperlukan, baik itu dalam tulisan resume Anda (Anda dapat menautkan ini ke bagian situs Anda di penulisan resume), proses seleksi untuk pekerjaan, atau gaya wawancara (Anda dapat menautkan ini ke bagian situs tentang kiat wawancara kerja).

Kuncinya adalah Anda meminta bantuan dan berusaha secara sadar untuk mencoba pendekatan yang berbeda. Jangan hanya terus melakukan hal yang sama berulang-ulang, mengharapkan hasil yang berbeda, karena itu tidak akan terjadi.

Mencari pekerjaan tidak mudah (seperti kebanyakan hal dalam hidup), tapi ketekunan dan tetap proaktif akan membawa Anda lebih jauh daripada bersikap pasif dan tidak orisinil. Posisikan diri Anda ke dalam situasi perekrut dan bayangkan apa yang mereka jalani yaitu melihat ratusan aplikasi untuk setiap lowongan, lalu tanyakan pada diri Anda apakah yang Anda lakukan sudah cukup untuk menarik perhatian perekrut.

Untuk mendapatkan wawasan baru tentang pencarian pekerjaan dan tren ketenagakerjaan terbaru, ikuti halaman Facebook kami !

More from this category: Melamar pekerjaan

Telusuri istilah pencarian teratas

Tahukah Anda bahwa banyak kandidat yang menyiapkan resume dan meneliti suatu industri dengan menjelajahi istilah pencarian teratas?

Jelajahi topik terkait

Pilih bidang minat untuk menelusuri karier terkait.

Berlangganan Panduan Karir

Dapatkan saran karier dari ahli yang dikirimkan ke kotak masuk Anda.
Anda dapat membatalkan email kapan saja. Dengan mengklik 'berlangganan', Anda menyetujui Pernyataan Privasi Jobstreet.