Cara Menghadapi Tantangan Mencari Kerja Setelah Lulus

Cara Menghadapi Tantangan Mencari Kerja Setelah Lulus
Jobstreet tim kontendiperbarui pada 30 June, 2022
Share

Bagi sebagian orang, lulus kuliah dapat menjadi langkah baru dalam hidup yang penuh tantangan. Mulai dari lowongan pekerjaan yang terbatas, dibandingkan dengan anak tetangga yang lebih sukses oleh orang tua, serta permintaan orang tua untuk segera menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS). Tidak sedikit juga para lulusan barumerasa tidak yakin denganpassiondan arah karier mereka. Bahkan, beberapa dari mereka kerap merasa terjebak dan tidak dapat berkembang ketika sudah bekerja. Selain itu, lulus kuliah ketika berada di Pandemi Covid-19 juga merupakan suatu tantangan baru untukfresh graduatesdi generasi ini.

Jika kamu merupakan salah satufresh graduatesyang merasa tidak yakin dengan masa depanmu, kamu tidak sendirian. Untukfresh graduatesdan kamu yang akan segera lulus telah mengalami hambatan yang signifikan dan tidak terduga pada rencanamu karena penyebaran dan dampak jangka panjang dari Covid-19. Namun, pandemi Covid-19 juga memberi harapan baru untuk pemuda Indonesia dengan adanya lapangan kerja baru yang dapat dikerjakan secararemote, seperti pekerjaan di bidang IT dancontent creation.

Ada beberapa tindakan yang dapat kamu ambil untuk memberdayakan diri sendiri dan membuat keputusan yang tepat untuk masa depanmu. Dengan memaknai nilai-nilai Sumpah Pemuda, kita bisa bersatu menghadapi tantangan setelah lulus kuliah di tengah pandemi. Baca terus artikel ini dan dapatkan tips untuk mempersiapkan diri yang dapat menjadi motivasi semangat kerjamu untuk berhasil memasuki dunia kerja sebagaifresh graduates.

Apa yang dapat kamu lakukan jika kamu tidak yakin dengan jalan karirmu?

Setiap jurusan dapat mempersiapkanmu untuk berkarir setelah lulus kuliah, namun beberapa jurusan memiliki jalur karir yang lebih terstruktur. Misalnya, jika kamu mengambil jurusan teknik sipil atau pertanian, besar kemungkinannya kamu akan memasuki salah satu bidang tersebut. Tetapi jika jurusan yang kamu pilih memberimu kebebasan untuk menjelajahi jalur karir yang berbeda, seperti jurusan manajemen bisnis, bahasa Inggris, atau ilmu sejarah, kamu mungkin bisa merasa tidak yakin kamu cocok di mana dan apa yang ingin kamu lakukan setelah lulus.

Tidak apa-apa jika kamu merasa belum yakin apa yang ingin kamu lakukan atau ke mana kamu ingin pergi. Berikut adalah beberapa cara untuk menemukan jenis pekerjaan yang cocok untukmu.

  • Buatlahlistuntuk semuaskilldan kelebihanmu, beserta pengalaman sebelumnya yang kamu suka

Sebelum kamu melamar pekerjaan tertentu, pastikan kamu tahu apa yang kamu kuasai, apa yang menurutmu dapat membuatmu senang melakukannya, dan bidang apa yang kamu minati untuk pelajari lebih lanjut.

Kamu dapat mulai dari membuat daftar pekerjaan, proyek, atau pengalaman masa lalu yang kamu sukai, serta daftar proyek atau pekerjaan yang kamu tidak sukai. Misalnya, apakah kamu senang menjadi pemimpin dan menjalankan rapat, tetapi tidak menyukai magang entri data dengan sedikit interaksi manusia? Kamu juga bisa menuliskan tanggung jawab utama dari setiap pengalaman, serta apa yang kamu sukai dari setiap peran. Dari daftar tersebut, kamu bisa mendapatkan gambaran tentang jenis tugas yang ingin kamu lakukan dalam suatu pekerjaan dan mana saja yang ingin kamu hindari.

  • Ambil tes bakat karir online

Selain refleksi diri, kamu juga bisa mencoba untuk mengambil beberapa kuis yang dibuat untuk membantu orang menemukan pekerjaan ideal mereka seperti, Sokanu Career Test, The O-Net Interest Profiler, dan Truity Career Tests. Perlu diperhatikan juga bahwa kuis-kuis berikut harus diperlakukan sebagai kelanjutan dari penelitian dan penemuan pencarian kerjamu, bukan sebagai jalur karir konkret yang harus kamu kejar.

  • Lihat berbagai deskripsi pekerjaan dan lihat mana yang sesuai dengan keahlianmu

Setelah kamu mengidentifikasi kelebihanmu, kamu dapat mencari sejumlah posisientry-leveldan lihat apakah ada keterampilan yang kamu list ada dalam deskripsi pekerjaan. Kamu harus memperlakukan ini sebagai penelitian, jadi jangan berkecil hati jika kamu menemukan beberapa pekerjaan yang tidak sesuai. Sebagian besar perusahaan mempekerjakan kandidat tingkat pemula untuk potensi mereka dan cenderung mencari kemampuan seseorang yang bisa belajar dengan cepat dan memiliki orientasi pada detail daripada mengharapkanmu menjadi ahli dalam sesuatu.

  • Jalin koneksi dengan orang-orang di industri yang kamu minati

Setelah kamu memiliki ide tentang industri apa yang kamu minati, atau bahkan posisi potensial, hubungi seseorang di posisi tersebut dan lihat apakah mereka akan berbicara denganmu tentang seperti apa pekerjaan mereka. Pastikan kamu menyiapkan pertanyaan, tetapi luangkan waktu untuk mencari tahu tentang tanggung jawab mereka sehari-hari dan orang seperti apa yang mereka rasa dapat berhasil dalam posisi mereka. Meskipun ini hanya pengalaman satu orang, berbicara dengan seseorang yang bekerja di bidangnya secara langsung dapat memberimu lebih banyak konteks di luar refleksi pribadi dan pengetahuan dari internet.

Pencarian pekerjaan sudah menjadi suatu hal yang sulit, jika kamu tidak tahu apa yang ingin kamu lakukan, hal tersebut dapat terasa lebih berat. Dengan meneliti apa yang kamu minati sebelum terjun ke lapangan, kamu dapat memastikan bahwa kamu merasa nyaman dengan peran tersebut dan menemukan sesuatu yang paling sesuai dengan keahlianmu. Setelah mengetahui kemampuanmu dan apa yang kamu inginkan untuk jalan karirmu, kamu mungkin mulai memiliki tekanan untuk segera mendapatkan pekerjaan.

Mendapatkan pekerjaan setelah kuliah seringkali sulit dan alasannya cukup luas. Meskipun beberapa orang gagal melakukan bagian mereka, di lain kesempatan situasinya bisa jadi di luar kendali mereka. Beberapa lulusan menerima pekerjaan pertama yang mereka temukan tanpa menyadari potensi dampaknya terhadap masa depan mereka.

Mengapa pekerjaan pertama penting untukmu?

Pekerjaan pertama yang diambilfresh graduatessetelah kuliah seringkali memiliki dampak yang signifikan pada rencana karir mereka. Misalnya, lulusan yang mendapatkan peran yang tidak ada hubungannya dengan bidang studi mereka (atau tidak memerlukan gelar sama sekali) lebih mungkin untuk tetap di posisi tersebut atau peran terkait selama lima tahun ke depan. Seseorang mungkin merasa sulit untuk keluar dari jalan tersebut setelah dipilih dan dapat mengurangi peluang mereka untuk mendapatkan pekerjaan di bidang mereka.Fresh graduateyang berjuang dalam pencarian pekerjaan mereka memiliki harapan. Memperbaiki beberapa kesalahan kecil seringkali mengarah pada prospek pekerjaan yang lebih baik. Berikut adalah tips yang dapat kamu pertimbangkan ketika mencari pekerjaan setelah kuliah:

  • Perluas koneksi

Koneksi adalah salah satu komponen terpenting dalam pencarian kerja yang sukses. Acaranetworkingdan peluang lainnya dapat menempatkanmu di depan para profesional industri. Perkenalan yang ramah terkadang diperlukan untuk mendapatkan pekerjaan di kemudian hari.

  • Buatlah situs personal

Di era digital, tidak ada cara yang lebih baik bagi seorangfresh graduateuntuk mempromosikan diri mereka sendiri selain membuat situs web pribadi. Banyak ahli di setiap industri menemukan manfaat besar dalam membangun situs. Mereka menjadi tempat untuk portofolio dan resume serta memberikan gambaran informatif tentang seperti apa orang tersebut. Situs web pribadi menjawab banyak pertanyaan yang diajukan manajer untuk wawancara, yang dapat membuatmu lebih menonjol dari kandidat lain.

  • Daftar magang

Sebagian besar bidang memiliki semacam peluang magang. Mereka bertindak sebagai sumber pengetahuan dan pengalaman yang berharga selama dan setelah kuliah. Beberapa lembaga pendidikan juga menyelenggarakan magang mereka sendiri sebagai bagian dari kurikulum mereka. Mempelajari bidang pilihan mereka memungkinkan mahasiswa untuk menemukan kemungkinan seperti ini.

  • Perbaiki resume

Salah satu faktor umum di antara banyak lulusan sulit untuk mendapatkan pekerjaan adalah kualitas resume mereka. Bahkan pendidikan dan pengalaman terbaik mereka pun gagal untuk menonjol dengan resume yang buruk. Industri kreatif, khususnya lebih memilih resume dengan warna dan design yang menampilkan karakter pelamar. Industri lain lebih memilih resume satu halaman yang hanya mencantumkan informasi yang paling penting. Jadi penting untuk membuat resume yang lebih efektif untuk mahasiswa maupunfresh graduates.

Itulah berbagai hal penting yang harus kamu perhatikan ketika akan melamar pekerjaan pertamamu. Walaupun kita sedang berada di tengah pandemi dan akan menjadi lebih menantang untukfresh gradmendapatkan pekerjaan pertama, namun dengan adanya berbagai kesempatan baru untuk bekerja dari rumah di beberapa industri tertentu dapat memberimu motivasi untuk kerja keras.

Tetap produktif di tengah masa pandemi dengan memperkaya keterampilanmu agar semakin dekat dengan kesuksesan karier yang kamu impikan. Jangan lupa untuk selalu memperbarui profil kamu setiap kali mendapatkan pengalaman atau keterampilan baru dari mengikuti berbagai pelatihan dan kursus. Inilah saatmu untuk tampil sebagai kandidat terbaik!

Tetaplah terkoneksi bersama kami kapanpun dan di manapun dengan mengunduh aplikasi JobStreet melalui Google Play Store atau Apple App Store. Kunjungi laman Tips Karier untuk mendapatkan tips, berita industri, dan informasi lainnya. Untuk mendapatkan lebih banyak informasi mengenai tren kerja, kamu dapat mengunduh laporan Mengupas Tren Talent Global 2021 dari JobStreet.

Di JobStreet kami selalu berupaya mengantarkan pekerjaan yang bernilai untuk Anda. Sebagai Partner Karier, kami berkomitmen membantu pencari kerja menemukan passion dan tujuan dalam setiap langkah karier. Sebagai Partner Talent nomor 1 di Asia, kami menghubungkan perusahaan dengan kandidat tepat yang dapat memberikan dampak positif dan berkualitas kepada perusahaan.

Temukan pekerjaan yang bernilai untuk Anda. Kunjungi JobStreet hari ini.

Tentang SEEK Asia

SEEK Asia, gabungan dari dua merek ternama Jobstreet dan jobsDB, adalah portal lowongan pekerjaan terkemuka dan destinasi pilihan untuk pencari dan pemberi kerja di Asia. Kehadiran SEEK Asia menjangkau 7 negara yaitu Hong Kong, Indonesia, Malaysia, Singapura, Thailand, Filipina dan Vietnam. SEEK Asia adalah bagian dari SEEK Limited Company terdaftar di Bursa Efek Australia, portal lowongan pekerjaan terbesar di dunia berdasarkan kapitalisasi pasar. SEEK Asia dikunjungi lebih dari 400 juta kali dalam setahun.

Tentang SEEK Limited

SEEK adalah grup perusahaan yang beragam, dengan portofolio yang kuat  yang mencakup usaha lowongan pekerjaan daring , pendidikan, komersial dan relawan. SEEK hadir secara global (termasuk di Australia, Selandia Baru, Cina, Hong Kong, Asia Tenggara, Brazil dan Meksiko), yang menjangkau lebih dari 2,9 miliar orang dan sekitar 27 persen PDB global. SEEK memberikan kontribusi positif kepada orang-orang dalam skala global. SEEK terdaftar dalam Bursa Efek Australia, yang menempatkannya sebagai 100 perusahaan teratas dan telah diperingkat sebagai 20 Perusahaan Paling Inovatif oleh Forbes.

More from this category: Melamar pekerjaan

Telusuri istilah pencarian teratas

Tahukah Anda bahwa banyak kandidat yang menyiapkan resume dan meneliti suatu industri dengan menjelajahi istilah pencarian teratas?

Jelajahi topik terkait

Pilih bidang minat untuk menelusuri karier terkait.

Berlangganan Panduan Karir

Dapatkan saran karier dari ahli yang dikirimkan ke kotak masuk Anda.
Anda dapat membatalkan email kapan saja. Dengan mengklik 'berlangganan', Anda menyetujui Pernyataan Privasi Jobstreet.