Fresh Graduate, Ini Cara Dapat Lowongan Kerja Tanpa Pengalaman!

Fresh Graduate, Ini Cara Dapat Lowongan Kerja Tanpa Pengalaman!
Jobstreet tim kontendiperbarui pada 27 September, 2022
Share

Sebagai seorangfresh-graduate, mungkin kamu pernah merasa bingung mempersiapkan diri untuk melamar kerja, apalagi jika kamu sama sekali belum memiliki pengalaman kerja. Namun, jangan khawatir. Artikel ini akan membantumu melihat dunia pelamaran kerja secara lebih luas. Nah, agar tidak terlalu lama menganggur, yuk langsungscrollke bawah!

Berikut adalah 6 tips yang bisa kamu ikuti untuk sukses mendapat lowongan kerja tanpa pengalaman:

1. Buatcover letterdan CV yang menarik

Salah satu poin yang harus diperhatikan untuk sukses melamar kerja tanpa pengalaman adalahcover letter(surat lamaran) dan CV-mu. Kedua dokumen tersebut adalah bagian dari tahap pertama dalam proses pelamaran kerja untuk memberikan kesan pertama HRD terhadap dirimu.

Melalui dua dokumen itu, kamu bisa meyakinkan perusahaan bahwa kamu kandidat yang paling cocok dan bisa memberikan dampak baik untuk perusahaan, meskipun kamu bukan pencari kerja yang berpengalaman. Karena itu, cover letter dan CV yang menarik sangat penting untuk memperbesar kesempatanmu diterima kerja.

Cover Letter

Ketika kamu mengirim CV, kamu juga harus menyertakancover letterdi email-mu. Gunanya adalah untuk memberikan pengenalan diri yang lebih detail kepada HRD.

Isi daricover letterdi antaranya adalah dari mana kamu mengetahui tentang lowongan kerja tersebut, motivasimu bekerja di perusahaan yang kamu lamar, serta ringkasan singkat mengenai pencapaian-pencapaian yang kamu tulis dalam CV.

Simak cara membuatcover letteryang baik dan dapatkan template gratis-nya di sini !

Curriculum Vitae (CV)CV bisa dibilang merupakan “tiket masuk”-mu dalam melamar kerja, karena di sinilah kamu bisa menarik perhatian HRD dengan merangkum keterampilan dan pencapaian yang kamu punya. Sebelum mengirim CV ke perusahaan, yuk pastikan lagi, apakah CV-mu sudah ditulis dengan memperhatikan poin-poin berikut ini?

  • Persyaratan untuk posisi yang ingin dilamarPerhatikan persyaratan lowongan kerja yang ingin kamu lamar. Misalnya, pengalaman kerja tidak diperlukan tetapi kamu harus memiliki keterampilan teknis tertentu seperticodingatau bahasa asing.

Dengan memperhatikan keterampilan apa yang menjadi fokus di iklan lowongan kerja, kamu bisa menonjolkan contoh spesifik tentang bagaimana kamu memanfaatkan keterampilan tersebut untuk mengerjakan sebuah proyek atau menyelesaikan masalah yang pernah kamu hadapi.

  • KejujuranMeskipun CV memang diisi dengan berbagai pencapaian dan keunggulanmu, jangan sampai kamu melebih-lebihkan dan mencantumkan pencapaian yang sebenarnya tidak ada, ya. Jika kamu tidak jujur, ketika tahap wawancara ataubackground checkingHRD bisa tahu kalau pencapaian yang kamu cantumkan di CV itu benar atau tidak.
  • Layout CV yang menarikPerusahaan bisa menerima ratusan CV tiap membuka lowongan kerja. Karena itu, kamu harus memastikan bahwa CV-mu dapat menarik perhatian HRD. Kamu juga bisa menggunakan CV untuk menonjolkan kemampuan desain,codingatauhard skilllainnya yang kamu miliki, apalagi jika kamu melamar untuk pekerjaan yang membutuhkan keterampilan tersebut.

Berikut adalah contoh CVfresh graduate SMA tanpa pengalaman kerja yang bisa kamu jadikan inspirasi!

MUHAMMAD DHANIDesainer Grafis(+62)[email protected], BogorPROFILSaya adalah lulusan SMAN 12 Bogor yang telah menekuni bidang desain grafis selama 5 tahun. Melalui berbagai pelatihan, saya mahir menggunakan Adobe Illustrator dan Adobe Photoshop yang membuat saya dipercaya sebagai desainer dalam berbagai kegiatan sekolah.  Dengan berbagai kesempatan yang diberikan, saya ingin terus belajar dan memperdalam kemampuan saya.EDUKASI
  • SMAN 12 BogorIlmu Pengetahuan Sosial2019 - 2022
  • SMPN 12 Bogor2016 - 2019
  • SDN Ciomas 082010 - 2016
PENGALAMAN
  • OSIS SMAN 12 Bogor (2021 - 2022)Sekbid Kreativitas dan Kewirausahaan
  • Panitia Porseni SMPN 12 Bogor (2018)Ketua Divisi PDD
  • OSIS SMPN 12 Bogor (2018 - 2019)Sekbid Sastra dan Budaya
KETERAMPILAN
  • Adobe Illustrator (Mahir)
  • Photoshop (Menengah)
KETERAMPILAN BERBAHASA
  • Bahasa Indonesia
  • Bahasa Inggris

2. Cari lowongan kerjaentry-levelyang tidak mengharuskan punya pengalaman

Lowongan kerjaentry-level ada banyak macamnya dan tidak semua menerima pelamar yang tidak memiliki pengalaman sama sekali. Karena itu, kamu juga harus teliti ketika membaca persyaratan lamaran. Pastikan kalau kamu melamar ke lowongan kerja tanpa pengalaman, ya.

Selain itu, ketika mencari pekerjaanentry-level, kamu belum perlu terlalu banyak pusing mengenai jenjang karir kedepannya. Pekerjaan di level ini bisa digunakan untuk memberi gambaran industri bagimu, supaya kamu bisa mengukur apa industri itu benar-benar cocok untukmu atau tidak. Jadi, kamu masih bisa “mencoba-coba” di tahap ini.

Bagaimana jika kamu sudah yakin akan menekuni industri apa? Tentu saja tidak apa-apa, justru lebih baik seperti itu. Dengan mencari pekerjaanentry-leveldalam industri yang kamu minati, kamu bisa lebih cepat merencanakan jenjang karirmu!

3. Daftarkan diri untuk ikut magang

Mencari lowongan kerja tanpa pengalaman sama sekali memang akan lebih sulit, apalagi jika saingan-sainganmu sudah memiliki banyak pengalaman.

Di antara ratusan kandidat yang melamar, kamu harus bisa meyakinkan perusahaan untuk menerimamu. Karena itu, ada baiknya untuk tetap mencari pengalaman selama kamu melamar kerja. Salah satunya adalah dengan mendaftar magang.

Dengan melakukan magang, kamu akan bisa mendapatkan gambaran pekerjaan yang kamu incar, mempelajari tiap potensi di industri, serta mengeksplorasi berbagai pilihan karir.

Jika kamu sudah kuliah dan pernah magang, kamu bisa coba menanyakan lowongan kerja kepada atasanmu yang sebelumnya bertugas menjadisupervisorketika kamu magang di perusahaan tersebut. Dengan magang, kamu juga memiliki peluang untuk diterima sebagai karyawan tetap!

Kemudian, kamu juga bisa bertanya kepada alumni ataupun dosen yang kamu kenal dari kuliah mengenai lowongan magang atau pekerjaan dari koneksi yang dimilikinya. Karena itu, jangan malu-malu untuk berkomunikasi, ya.

4. Aktif menjadi sukarelawan

Ini adalah salah satu pengalaman yang sering kali “dilewati” oleh pelamar kerja. Padahal, pengalaman pekerjaan sukarela dapat membedakan kamu dari kandidat lain juga, lho.

Meskipun tidak memiliki pengalaman kerja, kamu bisa menunjukkan komitmenmu kepada komunitas di sekitarmu dan itu merupakan nilai plus yang cukup besar.

Selain itu, lewat pekerjaan sukarela, kamu bisa mempelajari berbagai keterampilan penting di tempat kerja seperti pembiayaan proyek, membuat konsep, merencanakan dan mengimplementasikan proyek, hingga memahami dampaknya di dunia nyata. Kamu juga bisa memperkuat keterampilan komunikasi serta memperluas koneksi sembari berkontribusi pada komunitas lokal.

Tidak hanya itu, kamu juga akan memperoleh pengalaman langsung tentang bagaimana perusahaan beroperasi dalam hal administrasi, pemasaran, kemitraan, dan keuangan.

Karena alasan-alasan di atas, menjadi sukarelawan patut kamu coba untuk melancarkan proses mendapat lowongan kerja tanpa pengalaman.

5. Menonjolkansoft skillketika wawancara

Untuk menghindari perasaan terintimidasi karena belum punya pengalaman, persiapkan dirimu sematang mungkin untuk tahap wawancara. Di sinilah kamu justru bisa menonjolkan berbagaisoft skillyang kamu kuasai.

Pastikan kamu sudah melakukan riset mengenai perusahaan yang ingin kamu tuju, kemudian identifikasi soft skill seperti apa yang kira-kira wajib dimiliki untuk bekerja di sana. Kemudian, evaluasi dirimu sendiri, apakah kamu sudah memilikisoft skilltersebut?

Jika sudah, langsung saja latihan untuk menjelaskan suatu masalah yang pernah kamu hadapi, kemudian jabarkan bagaimana kamu menyelesaikannya menggunakansoft skilltersebut. Agar semakin siap, kamu juga bisa berlatih untuk menjawab pertanyaan sering ditanyakan di wawancara kerja.

Jika kamu belum mempunyaisoft skill yang dibutuhkan, kamu bisa mengikuti pelatihan keterampilan tersebut untuk menyiapkan diri lebih matang lagi! Sertifikat yang didapat setelah pelatihan selesai akan berguna sebagai bukti bahwa kamu benar-benar menguasaiskilltersebut.

Kamu bisa memulai dengan mengakses seekMAX di aplikasi JobStreet untuk akses ke 1000+ video pembelajaran secara gratis!

6. Perluas koneksi

Di dunia kerja, koneksi yang luas sangat penting untuk dimiliki. Dengan memiliki banyak koneksi, kamu bisa mendapat akses ke lebih banyak peluang untuk mengembangkan karirmu.

Karena itu, jangan malas mengikuti acara-acara di mana kamu bisa bertemu berbagai macam orang dalam industri yang ingin kamu masuki. Misalnya, jika kamu ingin masuk industri film, kamu bisa mulai dengan sering mengunjungi festival film di sekitarmu. Acaranetworkingseperti itu adalah salah satu cara untuk mendapatkan kontak dan informasi berharga yang berguna untuk mencari pekerjaan maupun pengembangan karirmu di masa depan.

Orang-orang yang kamu temui di acaranetworkingitu bisa jadi orang yang nantinya menghubungkanmu dengan pekerjaan impianmu.

Kalau kamu bukan tipe orang yang berminat bersosialisasi di acara seperti itu, kamu bisa mencari koneksi dengan cara berpartisipasi di berbagai pelatihan atau lokakarya.

Selama kegiatannya berlangsung, jadilah peserta yang aktif dan banyak berdiskusi dengan pemateri dan peserta lainnya. Dengan begitu, kemungkinan besar kamu akan diingat oleh pemateri maupun para peserta yang ada di sana. Jika bertemu rekan yang cocok saat berdiskusi, kamu juga bisa meminta kontak mereka supaya kalian tetap bisa berhubungan.

Kamu memang mencari lowongan kerja tanpa pengalaman, tapi tidak ada salahnya mencari pengalaman sekaligus memperluas koneksi!

Selain tips di atas, ingatlah untuk tetap proaktif, berpikirout-of-the-box, dan fokus menemukan solusi untuk mengatasi kurangnya pengalaman kerjamu. Padu-padankan saran dan strategi di atas untuk merencanakan jenjang karir yang sesuai dengan kemampuan danpassion-mu!

Bersabarlah dan giat belajar melalui peluang apa pun untuk mendapatkan pengalaman yang kamu butuhkan, tidak hanya untuk lamaran kerja saat ini, tetapi juga untuk karirmu kedepannya. Salah satu caranya adalah dengan #MAXimalinDirimu dengan belajar berbagai keterampilan kerja lewat SeekMAX!

Setelah kamu mendapatkan pengalaman dan keterampilan baru, jangan lupa perbarui profil JobStreet-mu juga untuk persiapan maksimal kerja bersama JobStreet! Kunjungi pula laman Bantuan Karir kami untuk mendapat tips-tips melamar kerja seperti di artikel ini.

Selain itu, pastikan kamu sudah mengunduh aplikasi JobStreet di App Store atau Play Store untuk proses lamaran kerja yang lebih mudah di mana saja dan kapan saja!

Tentang SEEK di Asia

SEEK adalah grup perusahaan, yang terdiri dari bisnis rekrutmen online, pendidikan, komersial dan nirlaba. SEEK memberikan kontribusi positif pada kehidupan orang banyak dalam skala global. SEEK terdaftar dalam Australian Securities Exchange, dan menjadi salah satu dari 100 perusahaan terbesar. Di Asia, SEEK beroperasi dengan brand JobStreet dan JobsDB, platform ketenagakerjaan terbesar di Asia dan pilihan utama bagi kandidat dan perusahaan. SEEK menarik lebih dari 500 juta kunjungan per tahun di enam pasar yang dioperasikannya, yaitu Hong Kong, Indonesia, Malaysia, Filipina, Singapura, dan Thailand.

Tentang SEEK Limited

SEEK adalah grup perusahaan, yang terdiri dari bisnis rekrutmen online, pendidikan, komersial dan nirlaba. SEEK memberikan kontribusi positif pada kehidupan orang banyak dalam skala global. SEEK terdaftar dalam Australian Securities Exchange, dan menjadi salah satu dari 100 perusahaan terbesar. Pada tahun 2022, SEEK diakui sebagai salah satu dari Australia’s Top Ten Places to Work in Tech dalam penghargaan AFR BOSS Best Places to Work. Tahun ini, SEEK merayakan 25 tahun membantu warga Australia menjalani kehidupan kerja yang lebih memuaskan dan produktif.

More from this category: Melamar pekerjaan

Telusuri istilah pencarian teratas

Tahukah Anda bahwa banyak kandidat yang menyiapkan resume dan meneliti suatu industri dengan menjelajahi istilah pencarian teratas?

Jelajahi topik terkait

Pilih bidang minat untuk menelusuri karier terkait.

Berlangganan Panduan Karir

Dapatkan saran karier dari ahli yang dikirimkan ke kotak masuk Anda.
Anda dapat membatalkan email kapan saja. Dengan mengklik 'berlangganan', Anda menyetujui Pernyataan Privasi Jobstreet.