Cara Mencari Pekerjaan Dengan Membuat Daftar Target Perusahaan

Jobstreet tim kontendiperbarui pada 30 June, 2022
Share

Perhatian bagi para pelamar: Ini saatnya bagi Anda untuk meningkatkan usaha pencarian kerja pada tahap selanjutnya dan mendekatkan pencarian Anda pada cara yang lebih proaktif. Selain mencari lowongan pekerjaan, kenapa tidak mencoba mencari perusahaan untuk menemukan budaya kerja yang sesuai bagi Anda untuk sebuah perubahan? Lebih fokus untuk mencari pekerjaan dan perusahaan yang cocok dengan keahlian dan kebutuhan Anda adalah strategi yang bagus.

Pencarian kerja yang konvensional, di mulai dengan melamar pekerjaan yang diiklankan, menerima panggilan kerja dan kemudian melakukan wawancara. Separuh jalan menuju wawancara, Anda menyadari bahwa Anda tidak menyukai lingkungan kerja, budaya kerjanya dan bahkan pewawancaranya. Dalam hati Anda berkata “Jika saja saya tahu dari awal” dan hal itu akan menyelamatkan Anda dari pergolakan batin serta akan menghemat waktu Anda untuk wawancara.

Kami membuat 4 petunjuk langkah membuat target perusahaan untuk membantu Anda menentukan tempat kerja yang sesuai bagi Anda.

1.      Buatlah list tentang “Apa yang Anda inginkan” pada target perusahaan Anda

Langkah pertama yang dilakukan adalah menyempatkan waktu untuk merenungkan apa yang Anda cari dalam seorang pekerja potensial. Pikirkan hal-hal yang tidak bisa dinegosiasikan ketika mencari pekerjaan – hal-hal atau syarat yang harus ada ketika Anda memilih perusahaan untuk bekerja. Apakah Anda cukup memilikiwork-life balance?Gaji yang tinggi? Pilihan waktu kerja yang fleksibel? Atau mungkin Anda lebih suka untuk fokus pada produk perusahaan atau pelayanan untuk membantu Anda memutuskan apakah Anda akan bekerja dengan mereka? Mengetahui apa yang Anda inginkan dalam sebuah perusahaan akan membantu untuk memulai daftar Anda di tempat yang tepat.

2. Mulai membuat daftar target perusahaan

Setelah Anda menemukan apa yang Anda cari, saatnya untuk membuat daftar semua target perusahaan. Akan tetapi bagaimana mengetahui perusahaan mana yang sesuai dengan kriteria Anda? Inilah saat dimana penelitian diperlukan. Hidup di dunia yang terkoneksi kemanapun berarti ada banyak informasi di luar sana yang bisa membantu Anda untuk menemukan hal-hal tersebut dengan lebih mudah dan lebih cepat. Sumber yang Anda perlukan antara lain:

  • Publikasi Online dan  media cetak tentang daftar “Perusahaan Terbaik”
  • Eventdan pameran perdagangan industri
  • Networking
  • Perusahaan yang layanan dan produknya Anda konsumsi dan nikmati
  • Media sosial
  • Situs web perusahaan
  • Rekomendasi pribadi dari teman atau orang terdekat Anda

Berikut ini adalah sumber lain yang tidak kalah bagus mengenai informasi sebuah perusahaan, yakni: website ulasan. Situs ini berisikan testimoni dari masyarakat, yang digambarkan melalui fitur penilaian. Ingin mengetahui apakah restoran baru di pusat kota layak untuk dikunjungi? Lebih baik membaca situs ulasan untuk mengetahuinya. Sama halnya dengan apabila pencari kerja ingin mengetahui apakah perusahaan yang akan dilamar layak untuk dicoba atau tidak. Situs ulasan dapat menjadi sumber yang bermanfaat apabila Anda ingin mengetahui lebih dalam mengenai perusahaan tertentu.

JobStreet.com baru saja meluncurkan fitur Ulasan Perusahaan ( Company Reviews ), sebuah fitur baru dan mudah digunakan bagi para pekerja untuk memberikan umpan balik tentang tempat kerja mereka yang sekarang atau yang terdahulu. Ingin tahu pro dan kontra bekerja untuk perusahaan tertentu? Ulasan Perusahaan menyediakan pengunjungnya akun yang sebenarnya dari pekerja yang terdahulu maupun yang sekarang berdasarkan rentang waktu ketika mereka bekerja dengan perusahaan pilihan Anda. Sebagai imbalannya, Anda mendapatkan kesempatan untuk berbagi pengalaman kerja Anda dan membuat ulasan Anda sendiri. Tertarik untuk mencoba fitur ini?

3. Pelajari lebih mendalam daftar Anda dan carilah kesempatan

Anda sudah punya daftarnya sekarang? Bagus! Sekarang waktunya untuk menyelidiki lebih jauh untuk melihat apa yang tersimpan bagi Anda. Anda dapat melihat kembali daftar target perusahaan Anda sebagai bagian dari proses, hanya sekarang tujuannya adalah untuk mengetahui apakah mereka mempunyai pekerjaan yang sesuai dengan keahlian dan pengalaman Anda.

Di JobStreet.com, kami memiliki lebih dari 17.000 lowongan pekerjaan di dalam Data Base kami, sehingga di sini merupakan tempat yang tepat untuk mencari pekerjaan. Gunakan daftar  target perusahaan Anda sebagai panduan untuk mencari pekerjaan di situs ini. Tidak seperti sebelumnya di mana Anda mengirimkan lamaran pekerjaan Anda ke semua perusahaan yang Anda tahu, sekarang pencarian Anda mempunyai fokus. Lupakan tentang mengambil kesempatan di perusahaan-perusahaan dan lamaran-lamaran yang sebenarnya tidak menarik bagi Anda. Membuat target perusahaan menghilangkan semua kerja berat yang harus dilalui selama proses pencarian kerja dengan membantu Anda untuk lebih berkonsentrasi pada pekerjaan dan perusahaan  yang penting bagi Anda.

4. Mulai untuk menyebarkan tentang keahlian dan pencapaian-pencapaian Anda untuk mendapatkan perhatian perusahaan target Anda.

Perusahaan target Anda mungkin tidak selalu membuka lowongan pekerjaan, akan tetapi Anda bisa untuk terus mencoba untuk menempatkan diri di radar dengan menjadikan diri Anda sebagai pusat perhatian. Sekarang bukan lagi waktunya untuk merasa malu - banggalah pada bakat Anda dan tunjukkan kepada mereka kemampuan Anda.

Semisal Anda ingin diperhatikan oleh publikasi tertentu, Anda dapat menempatkan diri dengan menunjukkan karya yang sesuai dengan tema publikasi atau visi mereka. Eric Ravenscraft di Lifehacker membagikan pengalamannya tentang bagaimana ia membuat sebuah situs memperhatikan karyanya dengan menulis cara memandu yang relevan dengan situs tersebut. Pendekatan lain adalah dengan bergabung di acara-acaranetworkingatau asosiasi profesional di mana perusahaan target Anda tergabung di dalamnya. Di sini, Anda akan mendapatkan kesempatan untuk mengesankan para pembuat kebijakan yang akan membuka peluang baru bagi Anda.

Tidaklah menyakitkan untuk mencoba sesuatu yang baru ketika Anda mencari pekerjaan. Ada banyak informasi di luar sana menanti Anda, jadi lengkapi diri Anda dengan strategi yang tepat untuk tetap berada di puncak permainan dalam mencari pekerjaan. Cobalah teknik ini untuk diri Anda dan tingkatkan kesempatan untuk menemukan perusahaan yang paling tepat bagi Anda.

More from this category: Melamar pekerjaan

Telusuri istilah pencarian teratas

Tahukah Anda bahwa banyak kandidat yang menyiapkan resume dan meneliti suatu industri dengan menjelajahi istilah pencarian teratas?

Jelajahi topik terkait

Pilih bidang minat untuk menelusuri karier terkait.

Berlangganan Panduan Karir

Dapatkan saran karier dari ahli yang dikirimkan ke kotak masuk Anda.
Anda dapat membatalkan email kapan saja. Dengan mengklik 'berlangganan', Anda menyetujui Pernyataan Privasi Jobstreet.