Cara Lolos Wawancara Kerja Padahal Kamu Cuma Punya 24 Jam untuk Mempersiapkan Diri

Cara Lolos Wawancara Kerja Padahal Kamu Cuma Punya 24 Jam untuk Mempersiapkan Diri
Jobstreet tim kontendiperbarui pada 30 June, 2022
Share

Kamu mungkin merasa cemas ketika mendapatkan panggilan dari wawancara kerja dengan persiapan yang kurang dari 24 jam. Memang tampak waktunya sedikit untuk mempersiapkan diri, mengumpulkan data, dan berlatih menjawab pertanyaan wawancara. Namun, kalau kamu tahu hal-hal yang harus dilakukan, satu hari juga cukup untuk mempersiapkan diri. Justru itu kesempatan buat kamu membuktikan bahwa kamu fleksibel dan cerdas, khususnya ketika sedang berada di bawah tekanan.

Dengan waktu yang terus berjalan, ingatlah untuk tetap fokus dan mengutamakan hal yang harus diselesaikan. Mulai dari menerima panggilan hingga menemui pewawancara, inilah 14 tipslast minutewawancara kerja yang dapat membantumu.

24 jam sebelum wawancara kerja

Dengan terbatasnya waktu, fokuskan segala upaya ke persiapan wawancara.

#1: Cari tahu informasi penting mengenai perusahaan. Cermati filosofi dan nilainya, budaya kerjanya, dan gaya kepemimpinan dalam manajemennya. Periksa kalau-kalau ada berita terbaru mengenai perusahaan tersebut. Sumber terbaik dari informasi-informasi ini adalah situs dan akun media sosial resmi perusahaan--di situ kamu juga bisa melihat cara perusahaan berinteraksi dengan pelanggan.

#2: Antisipasi pertanyaan wawancara yang akan ditanyakan oleh perekrut. Untuk kumpulan contoh pertanyaan berdasarkan industri, lihat daftar ini:

Sumber Daya Manusia

Akuntansi dan Audit

Keuangan

Teknologi

Pemasaran

#3: Biasanya, kamu diberikan kesempatan untuk bertanya mengenai perusahaan di akhir wawancara kerja. Siapkan daftar pertanyaan dan buktikan bahwa kamu mahir dalam bertanya seperti halnya menjawab pertanyaan wawancara. Pertanyaan yang dilontarkan harus tertuju pada strategi perkembangan dan visi jangka panjang perusahaan, tujuan dan kendala yang dihadapi departemen yang lowongannya akan kamu isi, budaya kerja perusahaan, dan ekspektasi seandainya kamu diterima.

Malam sebelum wawancara

Pastikan kamu cukup tidur cukup semalam sebelum wawancara. Berusahalah untuk tidak terlalu stres. Untuk menenangkan pikiran, lakukanlah persiapanlast minutesebagai berikut:

#4: Pasang beberapa alarm untuk memastikan kamu bangun tepat waktu.

#5: Pilih pakaian yang tepat untuk wawancara. Pastikan sudah bersih dan rapi.

#6: Pelajari kembali catatan persiapanmu dan bacakan dengan lantang. Agar tetap terdengar natural, ingatlah data-datanya saja.

#7: Siapkan  rute terbaik menuju lokasi wawancara. Perkirakan waktu perjalanan dan siapkan waktu tambahan untuk mengantisipasi kemacetan.

#8: Tidurlah dengan nyenyak. Istirahat yang cukup dapat membuatmu merasa segar di pagi hari dan menaikkan kepercayaan diri.

Hari-H wawancara kerja

#9: Bangunlah lebih awal jika wawancara dilakukan pada pagi hari supaya kamu tidak perlu terburu-buru. Jangan lupa sarapan sebelum berangkat. Jika pertemuan dilakukan pada sore hari, konsumsi makanan yang ringan saat makan siang. Hindari makanan yang dapat mengganggu pencernaan atau membuat kamu mengantuk. Sehabis wawancara terserah kamu bebas makan apapun.

#10: Dengarkan musik yang menenangkan selama di perjalanan. Ini akan membantumu tetap rileks dan fokus.

Beberapa menit sebelum wawancara

#11: Datanglah ke lokasi wawancara 15 menit sebelum waktu yang ditentukan. Kamu bisa menunggu di kafe terdekat jika tiba terlalu dini.

#12: Pikirkan kembali tiga hal utama yang kamu harapkan pewawancara ingat tentang dirimu. Apakahlikeability, pengalaman yang cukup, atau keterampilan komunikasimu? Tujuannya adalah agar latihanmu tetap fokus.

#13: Cari toilet umum dan tanyakan dirimu hal berikut saat bercermin: Bagaimana penampilanku? Ingatlah bahwa kamu hanya memiliki satu kesempatan untuk membuat kesan pertama yang baik. Makanlah permen mint jika diperlukan.

#14: Berpikirlah positif. Kamu mungkin tidak menyadarinya, tetapi berpikir positif adalah kunci dari kesuksesan wawancara.

Mempersiapkan wawancara kerja dalam kurun waktu 24 jam mungkin dapat menegangkan ketika kamu sedang mencari pekerjaan. Namun, kamu bisa mengantongi posisi yang dilamar dengan tips ini. Apapun hasilnya, pengalaman unik ini akan terasa berharga dan memuaskan bagimu.

Ambil langkah pertama dalam menyukseskan wawancara kerja pertama. Perbarui profil JobStreet- mu dan tambahkan #LangsungKerja supaya perekrut mengetahui bahwa kamu siap untuk langsung bekerja. Cari pekerjaan yang tepat untukmu dalam situs JobStreet atau unduh aplikasi selulernya. Kunjung i Halaman Tips Karier kami untuk menemukan artikel tentangmenghadapi wawancara kerja dan lainnya.

Tentang SEEK Asia

SEEK Asia , gabungan dari dua merek ternama Jobstreet dan jobsDB, adalah portal lowongan pekerjaan terkemuka dan destinasi pilihan untuk pencari dan pemberi kerja di Asia. Kehadiran SEEK Asia menjangkau 7 negara yaitu Hong Kong, Indonesia, Malaysia, Singapura, Thailand, Filipina dan Vietnam. SEEK Asia adalah bagian dari SEEK Limited Company terdaftar di Bursa Efek Australia, portal lowongan pekerjaan terbesar di dunia berdasarkan kapitalisasi pasar. SEEK Asia dikunjungi lebih dari 400 juta kali dalam setahun.

Tentang SEEK Limited

SEEK adalah grup perusahaan yang beragam, dengan portofolio yang kuat  yang mencakup usaha lowongan pekerjaan daring , pendidikan, komersial dan relawan. SEEK hadir secara global (termasuk di Australia, Selandia Baru, Cina, Hong Kong, Asia Tenggara, Brazil dan Meksiko), yang menjangkau lebih dari 2,9 miliar orang dan sekitar 27 persen PDB global. SEEK memberikan kontribusi positif kepada orang-orang dalam skala global. SEEK terdaftar dalam Bursa Efek Australia, yang menempatkannya sebagai 100 perusahaan teratas dan telah diperingkat sebagai 20 Perusahaan Paling Inovatif oleh Forbes.

More from this category: Interview pekerjaan

Telusuri istilah pencarian teratas

Tahukah Anda bahwa banyak kandidat yang menyiapkan resume dan meneliti suatu industri dengan menjelajahi istilah pencarian teratas?

Jelajahi topik terkait

Pilih bidang minat untuk menelusuri karier terkait.

Berlangganan Panduan Karir

Dapatkan saran karier dari ahli yang dikirimkan ke kotak masuk Anda.
Anda dapat membatalkan email kapan saja. Dengan mengklik 'berlangganan', Anda menyetujui Pernyataan Privasi Jobstreet.