Bekerja Ala Generasi Millennials

Bekerja Ala Generasi Millennials
Jobstreet tim kontendiperbarui pada 30 June, 2022
Share

Generasi Millenials itu siapa sih? Apabila kamu lahir di periode tahun 1981 – 2000? Selamat! Kamu dikenal sebagai generasi Millennials! Menurut generasi ‘tua’ atau mereka yang lahir sebelum periode itu menggangap kamu memiliki sifat yang pemalas, materialistis, manja dan memiliki konsumsi tinggi pada media!

Akan tetapi, mereka juga melihat generasi Millennials sebagai sosok yang ambisius dan mudah untuk beradaptasi. Keinginan yang tinggi untuk mencoba hal baru serta sifat yang mandiri menjadi dua aset penting saat bekerja.

Di tahun 2025 diprediksi, jumlah Millennials yang akan ada di tempat bekerja ialah 75%.

Banyak tantangan yang harus dihadapi oleh generasi Millennials seperti stereotip yang negatif atau tekanan dari lingkungan mereka.

Millenials, berikut adalah tips yang bisa kamu ikuti untuk bisastand outdi dunia kerja!

Image is everythingdi media sosial

91% dari perusahaan menggunakan Facebook dan Twitter sebagai cara untuk melihat latar belakang dirimu. Nah, sudah waktunya kamu untuk mulai ‘membersihkan’ hal yang kamupostingagar mendapatkan kesan terbaik! Hilangkan konten yang membuatmu dirimu tidak profesional. Foto saat kamu sedang mabuk atau memegang pistol api sudah pasti tidak boleh ada di halaman sosial mediamu.

Kamu bisa membiasakan dengan posting artikel atau menulis status yang menunjukkan tingkat intelegensi serta kemampuan berpikir kritis. Kemampuan inilah yang ingin dilihat oleh perusahaan saat ingin memanggilmu untuk sesi wawancara pekerjaan!

Gunakan kegiatanonline-mu bermakna

Membuat suatuimagedirimu di dunia media sosial tidak hanya dengan memikirkanpostyang dapat diterima oleh perusahaan. Akan tetapi, membuat blog menjadi trik yang paling jitu untuk pamer ke perusahaan mengenai kemampuanmu. Misalnya saja, kamu sangat suka dan pandai menulis dan bercita-cita ingin menjadi seorang jurnalis. Buat apa pusing untuk memasukkan tulisanmu ke koran cetak apabila bisa membuat blog atau memberikan tulisanmu ke portal beritaonlineyang biasa menerima tulisan dari kontributor seperti kamu?

Kamu bisa memasukkanlinkdengan membuat profil di JobStreet.com Indonesia di bagian kolom info lain saat melengkapi resume-mu untuk memudahkan perusahaan agar bisa melihat hasil karyamu!

Carilah pengalaman yang sesuai dengan rencana karirmu

Banyak lho, pencari kerja dari generasi Millenials yang memperjuangkan posisi yang sama. Kamu harus bisa terlihat mencolok dari yang lain dengan membuat profil di media sosial yang terlihat profesional. Selain itu, kamu harus memiliki pengalaman yang sesuai. Mulai dengan melakukan magang di industri yang kamu inginkan. Kamu akan belajar mengenai dunia kerja langsung dari para praktisi serta menambah kenalan yang bisa berguna saat sedang mencari pekerjaan penuh. Selain itu, jangan lupa melakukan kegiatanvolunteerserta menempuh pendidikan yang lebih tinggi untuk meningkatkan kompetensi dirimu di dunia kerja.

Perhatikan cara dirimu bertindak

Saat kamu sudah berhasil mendapatkan pekerjaan yang diinginkan, sekarang waktunya untuk mulai bekerja sebaik mungkin! Ingatlah, sebagai seorang Millenials kamu adalah junior di perusahaan tersebut. Ingat! Kesan yang positif dan pengalaman tidak akan terhitung apabila dirimu memiliki sifat yang kurang baik. Hormatilah semua orang yang kamu temui di tempat bekerja.

More from this category: Kesejahteraan di tempat kerja

Telusuri istilah pencarian teratas

Tahukah Anda bahwa banyak kandidat yang menyiapkan resume dan meneliti suatu industri dengan menjelajahi istilah pencarian teratas?

Berlangganan Panduan Karir

Dapatkan saran karier dari ahli yang dikirimkan ke kotak masuk Anda.
Anda dapat membatalkan email kapan saja. Dengan mengklik 'berlangganan', Anda menyetujui Pernyataan Privasi Jobstreet.