Bagaimana Kegiatan Volunteering Mampu Latih Kepemimpinan Kamu

Bagaimana Kegiatan Volunteering Mampu Latih Kepemimpinan Kamu
Jobstreet tim kontendiperbarui pada 30 June, 2022
Share

Tahukah kamu bahwa kegiatan sukarela(volunteering)bukan hanya penting dalam membantu komunitas dan khalayak banyak, tetapi juga bagi dirimu sendiri? Hal ini karena lewatvolunteeringkamu dapat melatih jiwa kepemimpinan sertasoft skillslainnya yang bahkan bisa bermanfaat di dunia kerja.

Ingin tahu apa saja manfaatnya? Langsung simak penjelasannya berikut ini, yuk!

VolunteeringMendorongmu untuk Menghargai Sesama

Perbedaan antara para pemimpin yang baik dan yang kurang baik terletak pada cara mereka memperlakukan orang-orang yang ada di tim mereka. Bagi pemimpin yang baik, anggota tim adalah aset berharga dalam mencapai tujuan bersama, sehingga mereka akan terus melakukan kolaborasi yang didasari oleh rasa saling menghargai. Sebaliknya, untuk kepemimpinan yang kurang baik, dorongan untuk menghargai mungkin akan jarang ditemukan.

Kegiatanvolunteeringbisa memberimu kesempatan untuk melihat kehidupan lainnya yang berada di luar jangkauanmu sebelumnya, misalnya korban banjir atau bencana alam lainnya. Saat melihat dampak dari musibah yang ada, kamu akan berbelas kasih dan menghargai jerih payah orang lain; rasa empatimu pun nantinya akan berkembang.

VolunteeringDapat Mengembangkan Rasa Tanggung Jawab

Faktanya, pada kegiatanvolunteering, kamu akan dituntut untuk membantu sesama serta mengeluarkan keringat dan tenaga untuk kepentingan umum.

Kepentingan ini mungkin tidak ada hubungannya denganmu. Namun, secara bersamaan, kamu akan diajarkan bagaimana tindakan baik sekecil apapun dapat membawa pengaruh besar bagi masyarakat, sehingga kamu bisa lebih bertanggung jawab atas keputusanmu serta tindakan yang telah kamu ambil. Hal ini sangatlah penting jika ingin mengembangkan kepemimpinan.

VolunteeringDapat Mengembangkan Kemampuan Berkomunikasi

Kegiatan dengan tujuan yang baik sepertivolunteeringakan cenderung menghadapkanmu pada situasi yang berbeda dari biasanya. Sebagai contoh, aksivolunteeringuntuk korban bencana alam.

Saat berada di situasi seperti ini, kamu sewajarnya juga akan berkolaborasi dengan orang-orang dengan latar belakang serta kepribadian yang berbeda. Dari situ, kamu dapat menyesuaikan cara berkomunikasi agar semakin menjadi efektif dan dapat mempertahankan hubungan yang baik. Alhasil, kamu pun bisa memiliki jiwa kepemimpinan dan percaya diri untuk berkomunikasi di lingkungan kerja.

VolunteeringDapat Melatih Kemampuan Teknis Juga

Kemampuan teknis, atau yang kerap disebut sebagaihard skills,juga bisa kamu kembangkan saat mengikuti kegiatanvolunteering. Namun, hal ini bisa diraih kalau kamu sudah yakin akan kemampuan mana yang ingin dikembangkan, sehingga kamu tidak salah pilih peranan.

Sebagai contoh, jika kamu ingin mencari pengalaman di bidang media sosial, kamu dapat menawarkan diri sebagaisocial media officeryang mendokumentasikan kegiatan agar dapat menginspirasi calon sukarelawan(volunteer)lainnya. Meski peranannya tidak berhubungan dengan kepemimpinan, kegiatanvolunteeringbisa menjadi bekal saat kamu jadi teknisi tingkat senior nanti.

VolunteeringMelatih Kemampuan Memecahkan Masalah

Banyakentrepreneurdan CEO ternama di dunia yang mengawali bisnis mereka dari ide-ide yang muncul karena ingin menyelesaikan masalah yang fundamental, misalnya Jeff Bezos yang ingin menawarkan pengalaman belanja lebih mudah, Nadiem Makarim yang ingin menambah moda transportasi alternatif, dan masih banyak lagi.

Perlu diketahui bahwa kegiatanvolunteeringakan menghadapkanmu pada masalah-masalah yang serupa. Sebagai calon pemimpin, kamu dapat melatih kemampuan memecahkan masalah dengan mencari solusi dari rintangan yang warga hadapi.

Demikian ulasan singkat seputar kegiatanvolunteeringserta apa saja manfaatnya dalam melatih kepemimpinan seseorang. Kesimpulannya, kegiatan yang membawa manfaat bagi masyarakat secara umum bisa menjadi awalan bagi kamu para calon pemimpin. Pasalnya, kegiatan-kegiatan seperti ini bukan hanya dapat melatih kemampuan teknis(hard skills),tapi juga rasa empati, tanggung jawab, komunikasi, dan kemampuan memecahkan masalah.

Jika ingin mengasah kepemimpinan, jangan ragu untuk ikut pelatihan secara online dari FutureLearn. Melalui kelas-kelas yang ada di situs ini, kamu dapat memahami cara mengaplikasikan kepemimpinan dalam pekerjaan sehari-hari, cara membangun tim yang saling menghargai, atau cara agar dapat lebih percaya diri sebagai seorang pemimpin. Nantinya, kemampuan-kemampuan yang telah kamu asah ini bisa bermanfaat saat kamu melamar kerja.

Maka dari itu, segera ikuti kelasnya, perbarui profil JobStreet-mu dan masukkan informasi seputar kegiatanvolunteeringyang telah kamu jalani atau kelas seputar kepemimpinan yang sudah kamu ikuti. Kemudian, cari lowongan pekerjaan yang sesuai dengan bakatmu dan tambahkan tagar #LangsungKerja, sehingga para perekrut tahu jika kamu siap untuk bergabung secepatnya!

Ingin tips, berita, atau informasi lainnya seputar pengembangan karier? Kunjungi Halaman Tips Karier JobStreet sekarang juga. Semoga bermanfaat, ya!

Jika sudah siap untuk melamar kerja, kini saatnya bagi kamu untuk mencari lowongan pekerjaan baru saat ini. Kamu bisa melakukannya dengan memperbarui profil JobStreet-mu dan mencari berbagai lowongan pekerjaan yang sesuai dengan minat serta bakatmu. Kemudian, tambahkan juga tanda pagar #LangsungKerja agar para perekrut tahu akan kesiapanmu untuk bergabung secepatnya. Selanjutnya, apabila ingin mengetahui informasi, berita, serta tips menarik lainnya tentang pengembangan karier, jangan ragu untuk mengunjungi laman Tips Karier JobStreet hari ini. Selamat mencoba, ya!

Tentang SEEK Asia

SEEK Asia ,gabungan dari dua merek ternama Jobstreet dan jobsDB, adalah portal lowongan pekerjaan terkemuka dan destinasi pilihan untuk pencari dan pemberi kerja di Asia. Kehadiran SEEK Asia menjangkau 7 negara yaitu Hong Kong, Indonesia, Malaysia, Singapura, Thailand, Filipina dan Vietnam. SEEK Asia adalah bagian dari SEEK Limited Company terdaftar di Bursa Efek Australia, portal lowongan pekerjaan terbesar di dunia berdasarkan kapitalisasi pasar. SEEK Asia dikunjungi lebih dari 400 juta kali dalam setahun.

Tentang SEEK Limited

SEEK adalah grup perusahaan yang beragam, dengan portofolio yang kuat  yang mencakup usaha lowongan pekerjaan daring , pendidikan, komersial dan relawan. SEEK hadir secara global (termasuk di Australia, Selandia Baru, Cina, Hong Kong, Asia Tenggara, Brazil dan Meksiko), yang menjangkau lebih dari 2,9 miliar orang dan sekitar 27 persen PDB global. SEEK memberikan kontribusi positif kepada orang-orang dalam skala global. SEEK terdaftar dalam Bursa Efek Australia, yang menempatkannya sebagai 100 perusahaan teratas dan telah diperingkat sebagai 20 Perusahaan Paling Inovatif oleh Forbes.

More from this category: Kepemimpinan

Telusuri istilah pencarian teratas

Tahukah Anda bahwa banyak kandidat yang menyiapkan resume dan meneliti suatu industri dengan menjelajahi istilah pencarian teratas?

Berlangganan Panduan Karir

Dapatkan saran karier dari ahli yang dikirimkan ke kotak masuk Anda.
Anda dapat membatalkan email kapan saja. Dengan mengklik 'berlangganan', Anda menyetujui Pernyataan Privasi Jobstreet.