Anies Baswedan: Bapak pendidikan baru Indonesia

Anies Baswedan: Bapak pendidikan baru Indonesia
Jobstreet tim kontendiperbarui pada 30 June, 2022
Share

Bapak Anies Baswedan lahir di Kuningan, Jawa Barat pada 7 Mei 1969. Nama dirinya sudah tidaklah asing bagi telinga kita. Ia merupakan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia yang ke 29 yang mulai menjabat sejak tanggal 27 Oktober 2014.

Anies dikenal sebagai sosok yang sangat tersohor namanya di bidang pendidikan Indonesia. Jiwa perjuangannya untuk membuat semua warga Indonesia mendapatkan pendidikan yang layak, menjadikan dirinya sebagai Talent of the Month di edisi newsletter JobStreet bulan September kali ini.

Yuk, kenali lebih dekat sosok dari Anies Baswedan!

Pengalaman seorang Anies Baswedan di bidang pendidikan sudah tidak terhitung! Ia pernah menjabat sebagai seorang Rektor Universitas Paramadina. Kepemimpinannya lewat program Paramadina Fellowship; sebuah program beasiswa yang meliputi biaya kuliah, buku dan biaya hidup dengan mencantumkan nama dari sponsor dari mahassiswa tersebut telah meluluskan lebih dari 2000 mahasiswa. Selain itu, ia mencanangkan program bidang studi anti korupsi di bangku kuliah sebagai caranya untuk mengedukasi dampak negatif dari praktek korupsi.

2008-1

Sebagai seorang visioner, ia melanjutkan kiprahnya dengan membuat Gerakan Indonesia Mengajar. Kamu pasti pernah mendengar nama tersebut? Atau pernah kenal dengan teman atau rekan yang pernah bergabung menjadi salah satu tim pengajar dari Indonesia Mengajar? Gagasan ini dicetuskan karena Anies merasa bahwa anak-anak Indonesia harus punya kompetensi berkelas duia serta pemahaman mengenai negerinya sendiri. Mereka yang tergabung akan ditempatkan di suatu daerah di Indonesia yang dinilai butuh pengembangan di bidang pendidikan selama satu tahun. Lokasi penempatan tersebar dari Aceh Utara hingga Kabupaten Fakfak. Dimulai sejak akhir tahun 2010 hingga sekarang, lebih dari 200 ratus pengajar yang sudah memberikan kontribusinya.

Nah, kira-kira kontribusi apa yang ingin lakukan? Ingatlah bahwa sekecil apapun kontribusi yang kamu buat akan memberikan dampak positif di lingkunganmu!

More from this category: Kesejahteraan di tempat kerja

Telusuri istilah pencarian teratas

Tahukah Anda bahwa banyak kandidat yang menyiapkan resume dan meneliti suatu industri dengan menjelajahi istilah pencarian teratas?

Berlangganan Panduan Karir

Dapatkan saran karier dari ahli yang dikirimkan ke kotak masuk Anda.
Anda dapat membatalkan email kapan saja. Dengan mengklik 'berlangganan', Anda menyetujui Pernyataan Privasi Jobstreet.