Ampuh! Inilah Tips Diterima Kerja di Supermarket & Minimarket

Ampuh! Inilah Tips Diterima Kerja di Supermarket & Minimarket
Jobstreet tim kontendiperbarui pada 30 June, 2022
Share

Sama seperti tempat kerja lainnya, supermarket dan minimarket(convenience store)juga menerapkan sistem perekrutan yang terstruktur. Terkadang, hal ini mengejutkan bagi sebagian orang yang belum pernah memiliki pengalaman melamar pekerjaan di tempat-tempat seperti ini. Padahal, perlu disadari bahwa segala pekerjaan membutuhkan keterampilan dan pengalaman khusus. Maka, sangat wajar jika hanya kandidat tertentu yang bisa dipilih dan mengapa para perekrut juga menerapkan sistem yang cukup ketat.

Tapi, jangan khawatir karena kami sudah mencantumkan beberapa trik yang bisa kamu lakukan agar dapat mempersiapkan diri untuk wawancara kerja di supermarket atau minimarket!

Ketahui Dulu Pekerjaan yang Akan Dilamar

Saat membaca lowongan pekerjaan di supermarket atau minimarket, kamu mungkin sudah tahu nama posisi tersebut. Tapi, apakah kamu telah memahami pekerjaan yang akan dilakukan? Berikut adalah beberapa contoh pekerjaan di supermarket atau minimarket!

Manajer memiliki tanggung jawab atas toko secara menyeluruh (termasuk keuntungan yang diraih, barang-barang yang rusak, dan lainnya)

Kasir bertanggung jawab atas alur masuk dan keluarnya uang.

  • Pengurus Stok Barang(Stocker)

Stockerbertanggung jawab atas stok barang yang ada di supermarket.

  • Staf

Staf bertugas untuk membantu personel-personel lainnya dalam menjalankan tugas.

Security officeratau satpam bertanggung jawab atas keamanan supermarket dan minimarket.

Masih banyak lagi posisi yang mungkin tertera pada lowongan pekerjaan. Apapun posisinya, pastikan untuk mempelajari lebih lanjut lewat internet atau memperhatikan langsung saat Anda berkunjung ke supermarket atau minimarket terdekat.

Siapkan CV, Surat Lamaran Kerja, dan Surat Referensi (Bila Ada)

Sebelum melamar menjadi stafconvenienceataudepartment store,kamu juga perlu menyiapkan beberapa dokumen yang penting, yakni: curriculum vitae(CV) atauresume , cover letteratau surat lamaran kerja, dan bahkan surat referensi dari orang lain yang pernah bekerja denganmu. Namun, perlu diketahui bahwa seringnya surat referensi memang tidak diwajibkan, meski bisa membantu meningkatkan kesempatanmu diterima kerja di supermarket atau minimarket.

Miliki Keramahan dan Kemampuanmu dalam Berkomunikasi

Karakter utama yang harus dimiliki mereka yang ingin bekerja menjadi staf atau karyawan diconvenienceataudepartment storeadalah sikap yang ramah. Sikap ini hanya bisa kamu miliki jika kamu memiliki kesabaran saat menghadapi orang lain.

Jadi, ketika wawancara dengan perekrut, sebutkan kemampuanmu dalam berkomunikasi dan caramu menghadapi orang lain secara ramah. Bila perlu, sebutkan beberapa contoh situasinya. Para perekrut akan suka jika kandidatnya ramah karena sikap ini diperlukan ketika menghadapi calon pembeli atau konsumen.

Jadilah Kandidat yang Solutif

Para konsumen atau pembeli datang ke supermarket atau minimarket untuk menemukan produk yang mereka butuhkan. Terkadang, mereka mungkin akan memiliki keluhan. Di sinilah sifat ramah yang disebutkan sebelumnya dibutuhkan. Cobalah untuk selalu menjadi solutif dengan cara menyelesaikan masalah yang dimiliki pembeli. Ketika tidak tahu, jangan ragu untuk bertanya pada rekan kerja dan atasan.

Demikian hal-hal yang perlu diperhatikan jika kamu ingin melamar kerja di supermarket,minimarket,dan tempat-tempat sejenisnya. Kesimpulannya, melamar kerja diconveniencedandepartment storetetap membutuhkan profesionalisme layaknya melamar kerja di perusahaan lainnya. Kemudian, tempat-tempat ini juga erat hubungannya dengan layanan konsumen atauconsumer service.Jadi, selalu kebangkan kemampuan berkomunikasi, ya!

Jika ingin mencari pekerjaan diconvenienceataudepartment store(dan pekerjaan di industri lainnya), jangan ragu untuk meng-updateprofil JobStreet-mu hari ini dan tambahkan tanda pagar #LangsungKerja. Dengan begitu, akan banyak perusahaan yang tahu kalau kamu merupakan salah satu kandidat yang siap bergabung.

Kemudian, bila ingin memperoleh trik, berita, atau informasi lainnya seputar dunia karier, akses laman Tips Karier JobStreet hari ini. Semoga bermanfaat, ya!

Tentang SEEK Asia

SEEK Asia , gabungan dari dua merek ternama Jobstreet dan jobsDB, adalah portal lowongan pekerjaan terkemuka dan destinasi pilihan untuk pencari dan pemberi kerja di Asia. Kehadiran SEEK Asia menjangkau 7 negara yaitu Hong Kong, Indonesia, Malaysia, Singapura, Thailand, Filipina dan Vietnam. SEEK Asia adalah bagian dari SEEK Limited Company terdaftar di Bursa Efek Australia, portal lowongan pekerjaan terbesar di dunia berdasarkan kapitalisasi pasar. SEEK Asia dikunjungi lebih dari 400 juta kali dalam setahun.

Tentang SEEK Limited

SEEK adalah grup perusahaan yang beragam, dengan portofolio yang kuat  yang mencakup usaha lowongan pekerjaan daring , pendidikan, komersial dan relawan. SEEK hadir secara global (termasuk di Australia, Selandia Baru, Cina, Hong Kong, Asia Tenggara, Brazil dan Meksiko), yang menjangkau lebih dari 2,9 miliar orang dan sekitar 27 persen PDB global. SEEK memberikan kontribusi positif kepada orang-orang dalam skala global. SEEK terdaftar dalam Bursa Efek Australia, yang menempatkannya sebagai 100 perusahaan teratas dan telah diperingkat sebagai 20 Perusahaan Paling Inovatif oleh Forbes.

More from this category: Melamar pekerjaan

Telusuri istilah pencarian teratas

Tahukah Anda bahwa banyak kandidat yang menyiapkan resume dan meneliti suatu industri dengan menjelajahi istilah pencarian teratas?

Jelajahi topik terkait

Pilih bidang minat untuk menelusuri karier terkait.

Berlangganan Panduan Karir

Dapatkan saran karier dari ahli yang dikirimkan ke kotak masuk Anda.
Anda dapat membatalkan email kapan saja. Dengan mengklik 'berlangganan', Anda menyetujui Pernyataan Privasi Jobstreet.